Monday 16 February 2015

Perlengkapan Para Pemain Bola Voly

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Perlengkapan pemain bola voly sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya saja kaos pemain harus memiliki nomor punggung. Ini tujuannya agar pemain tersebut lebih mudah dikenali. Biasanya wasit mengenali para pemain yaitu melalui nomor punggung yang ada pada kaosnya. Namun dalam peraturan bola voly, perlengkapan pemain harus mematuhi peraturan. Beberapa perlengkapan permainan bola voly antara lain:

1. Perlengkapan pemain terdiri atas baju/ kaos, celana pendek, dan sepatu olahraga.
2. Baju, celana, dan kaos kaki harus seragam, bersih dan berwarna sama untuk satu regu, kecuali untuk pemain libero.
3. Nomor baju:
  • Baju pemain harus bernomor 1 sampai 18
  • Nomor harus ditempatkan pada bagian tengah depan dan belakang
4. Nomor harus berwarna kontras dengan baju, berukuran 15 cm pada bagian depan/dada dan 20 cm pada bagian belakang/punggung. Lebar garis yang membentuk nomor minimal 2 cm atau lebih besar. Hal ini bertujuan agar nomor mudah dibaca dari jarak jauh.

Disamping harus menggunakan perlengkapan seperti tersebut di atas, ada beberapa benda-benda yang menjadi larangan bagi pemain untuk memakainya. Benda-benda yang tidak boleh dipakai pemain antara lain:

1. Pemain dilarang memakai benda-benda yang memungkinkan terjadinya luka seperti perhiasan, peniti, gelang, pembalut dari gips, dan lain-lain.
2. Para pemain boleh memakai kacamata. Namun resiko harus ditanggung sendiri.
3. Pemain dilarang memakai seragam tanpa nomor tanpa nomor yang resmi atau yang warnanya berbeda dari pemain dalam satu regu. Kecuali pemain libero diperbolehkan memakai seragam yang berbeda. Hal ini untuk memperlihatkan bahwa pemain tersebut adalah Libero.

Larangan-larangan tersebut harus diperhatikan dan ditaati oleh para pemain bola voly. Jika ada pelanggaran, maka wasit boleh mengeluarkan peringatan atau mengeluarkan pemain dari lapangan pertandingan.

Komposisi dan registrasi Pemain Bola Voly

1. Satu regu maksimal terdiri dari 12 orang, seorang pelatih, seorang asisten pelatih, seorang trainer , dan seorang dokter medis.
2. Pemain libero:
  • Satu regu berhak mendaftarkan satu orang pemain bertahan atau LIBERO, diantara 12 pemain yang terdaftar
  • Pemain libero ditandai dengan dibelakang nomor punggung baju yang dipakainya dengan huruf “L”.
  • Semua pemain bola voly harus terdaftar. Termasuk nama dan nomor punggung dicatat dalam daftar.
  • Setelah kapten regu dan pelatih menandatangani lembaran angka maka para pemain yang telah terdaftar tidak boleh diganti

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment