Monday 23 November 2015

Pengertian Assosiatif dan Dissosiatif

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Assosiatif dan Dissosiatif| Manusia disebut-sebut sebagai makhluk sosial yang dapat kita artikan sebagai makhluk yang membutuhkan orang lain. Pada tataran inilah, manusia dituntut untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain sebgai ciri khas makhluk sosial.

Interaksi sosial sendiri hanya akan terjadi bilamana suatu individu melakukan suatu tindakan sehingga menimbulkan reaksi bagi individu-individu lain.

Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

Interaksi sosial tidak hanya berupa tindakan yang berupa kerja sama tetapi juga dapat berupa persaingan dan pertikaian. Makanya dalam ilmu sosiologi dikenal dua jenis interaksi sosial yaitu interaksi yang bersifat assosiatif dan interaksi yang bersifat disassosiatif.

Pengertian Assosiatif


sebut sebagai makhluk sosial yang dapat kita artikan sebagai makhluk yang membutuhkan oran Pengertian Assosiatif dan Dissosiatif
Contoh Assosiatif
Para pakar sosiologi menjelaskan bahwa yang dimaksud interaksi sosial adalah interaksi yang cenderung mengarah pada kebersamaan dan kesatu paduan antara pihak yang melakukan interaksi sosial. Adapun bentuk-bentuk interaksi jenis ini antara lain adalah :
  • Cooperation atau Kerja sama
  • Akomodasi atau Keseimbangan
  • Asimilasi
  • Akulturasi

Pengertian Disassosiatif

Contoh Disassosiatif

Interaksi sosial disassosiatif merupakan kebalikan dari interaksi assositif. Artinya, interaksi ini cenderung mengarah pada bentuk pertikaian atau perselisihan antara pihak yang melakukan interaksi sosial. Adapun bentuk interaksi jenis ini antara lain adalah :
  • Competition atau Persaingan 
  • Kontravensi
  • Pertikaian
  • Permusuhan (konflik)

Untuk lebih detailnya silahkan baca : Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Bersifat Dissosiatif Beserta Contohnya

Dari artikel ini semoga pembaca sudah mendapatkan bayangan apa pengertian Assosiatif dan Dissosiatif. Supaya lebih gamblang silahkan ikuti link-link yang saya rekomendasikan di atas. InsyaAlloh anda akan mendapatkan beberapa penjelasan dan contoh yang akan lebih memperjelas pemahaman anda tentang kedua istilah tersebut.

Sumber https://www.abimuda.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment