Thursday, 4 January 2018

Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Melengkapi Kalimat Rumpang dan Mengurutkan Urutan Teks )

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

IndoINT.com_ Kali iniadmin akan membagikan contoh soal UNBK Bahasa Indonesia kelas 9 dengan contoh soal melengkapi kalimat rumpang dan mengurutkan urutan teks yang baik dan benar. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selamat belajar, dan semoga kiranya apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dan bisa membahagiakan orang tua.

1. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk [...] objek berukuran sangat kecil atau mikroskopis. Pengamatan tersebut sering dilakukan dalam rangka penelitian. Mikroskop tidak hanya digunakan oleh para peneliti, tetapi juga siswa sekolah.

Kata tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. mengamati
B. membandingkan
C. meletakkan
D. meneliti

Kunci Jawaban: A

2. Bacalah teks rumpang berikut!
Prosedur Penggunaan Mesin ATM
(1) Masukkan ke ruang mesin ATM dengan tertib.
(2) Masukkan kartu ATM ke tempat yang telah disediakan.
(3) Pilih bahasa yang ingin digunakan.

 Kali iniadmin akan membagikan contoh soal UNBK Bahasa Indonesia kelas  Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Melengkapi Kalimat Rumpang dan Mengurutkan Urutan Teks )

www.IndoINT.com

(4) [...]
(5) Pilih jenis transaksi yang diinginkan.
(6) Setelah selesai, tunggulah hingga kartu ATM keluar dari mesin.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah ....
A. Pilih nominal uang yang diinginkan
B. Pilih menu transaksi lain
C. Pilih menu ubah PIN
D. Masukkan PIN ATM Anda

Kunci Jawaban: D

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Sekolah ini memanfaatkan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos.
(2) Di antaranya SMP Insan Cendikia Yogyakarta sudah menerapkan pemilahan sampah organik dan anorganik.
(3) Sekolah yang peduli terhdap lingkungan hidup mulai marak di daerah.
(4) Selain itu, jenis sampah onorganik seperti plastik, kaleng, kertas dan kaca didaur ulang menjadi beragam hasta karya.
Urutan kalimat - kalimat tersebut agar menjadi laporan sistematik adalah ....
A. (1) - (3) - (4) - (2)
B. (2) - (4) - (1) - (3)
C. (3) - (2) - (1) - (4)
D. (3) - (4) - (1) - (2)

Kunci Jawaban: C

4. Urutan kalimat-kalimatan berikut!
(1) Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi  sampah organik dan sampah anorganik.
(2) Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan dan mudah membusuk seperti sisa makanan, daun-daun kering dan sayuran.
(3) Sementara itu, sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat diuraikan, seperti plastik, kaca dan kaleng.
(4) Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan sistematik adalah ....
A. (2) - (4) - (1) - (3)
B. (3) - (2) - (4) - (1)
C. (4) - (1) - (2) - (3)
D. (4) - (2) - (1) - (2)

Kunci Jawaban: C

5. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kegiatan menjaga kebersihan sekolah biasanya dilakukan dengan pembagian piket kelas dan 'Jumat Bersih'.
(2) Sementara itu, kegiatan 'Jumat Bersih'  setiap hari Jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersikan sekolah.
(3) Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
(4) Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan  'Jumat Bersih'.
(5) Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas, seperti menyapu kelas, menghapus tulisan di papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis.
(6) Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ....
A. (2) - (3) - (5) - (1) - (4) - (6)
B. (3) - (1) - (5) - (2) - (4) - (6)
C. (4) - (2) - (5) - (1) - (3) - (6)
D. (5) - (4) - (3) - (1) - (2) - (6)

Kunci Jawaban: B

6. Perhatikan kalimat-kalimat resensi buku berikut!
(1) Dengan demikian, pembaca dapat mengetahui dengan pasti cara yang dilakukan sudah benar atau salah.
(2) Alangkah baiknya, isi buku ini dilengkapi dengan gambar beruntut, mulai dari penamaan, pemeliharaan, hingga pemanenanya.
(3) Buku yang ditulis oleh redaksi majalah Trubus ini memiliki kelemahan dan kelebihan di dalamnya.
(4) Sementara itu, kekurangannya adalah buku ini hanya dilengkapi beberapa gambar yang tidak dilengkapi dengan gambar lain sebagai penunjangnya.
(5) Kelebihannya terdapat pada penggunaan bahasa yang komunikatif dan operasional.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A. (5) - (1) - (2) - (4) - (6) - (3)
B. (5) - (2) - (4) - (1) - (3) - (6)
C. (5) - (3) - (6) - (1) - (4) - (2)
D. (5) - (3) - (6) - (4) - (2) - (1)

Kunci Jawaban: D

7. Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
(1) Selain menceritakan kisah persahabatan sepuluh orang anak, film ini menyuguhkan cerita emosional.
(2) Diharapkan pada waktu mendatang, semakin banyak produser film termotifasi membuatt film dengan  kualitas sama, bahkan melebihi film Laskar Pelangi.
(3) Laskar Pelangi adalah sebuah film karya Riri Riza yang merupakan salah satu terbaik di Indonesia.
(4) Film tentang persahabatan yang diangkat  dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini diproduksi pada 2008.
(5) Aspek yang menjadikan film ini menarik adalah para pemain yang dipilih merupakan anak-anak asli Belitong, sebuah daerah yang menjadi latar dari novel aslinya.
(6) Karena kebanyakan pemainnya adalah anak-anak, film ini dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satupun adegan kekerasan ataupun seksual.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ....
A. (2) - (3) - (5) - (1) - (4) - (6)
B. (3) - (4) - (1) - (5) - (6) - (2)
C. (4) - (3) - (5) - (1) - (6) - (2)
D. (6) - (4) - (3) - (2) - (1) - (5)

Kunci Jawaban: B

8. Perhatikan kalimat-kalimat biografi berikut!
(1) Tidak heran, ia kemudian memilih untuk melanjutkan sekolahnya di Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) Jakarta.
(2) Pada1977, Nano meninggalkan kelompok teater tersebut dan mendirikan teater sendiri bernama Teater Koma.
(3) Di kemudian hari, Teater Koma tumbuh menjadi kelompok teater paling produktif di tanah air.
(4) Sejak duduk di bangku sekolah lanjutan atas, putra kelima M. Sumarni ini telah aktif bermain drama.
(5) Nobertus Riantiarno lahir pada 6 Juni 1949 di Cirebon.
(6) Di tempat ini, ia bertemu Tegh Karya, sebelum kemudian mendirikan Teater Populer bersama-sama pada 1968.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks biografi yang runtut adalah ....
A. (5) - (2) - (4) - (1) - (3) - (6)
B. (5) - (3) - (4) - (1) - (2) - (6)
C. (5) - (4) - (1) - (6) - (2) - (3)
D. (5) - (6) - (1) - (2) - (4) - (3)

Kunci Jawaban: C

9. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk Menyalakan Radio
(1) Atur volume dengan memutar tombol volume.
(2) Putarlah tombol pencari gelombang.
(3) Putar/tekan tombol power (on/off).
(4) Berhentilah memutar tombol setelah menemukan gelombang radio yang diinginkan.
(5) Jikalau ingin berpindah gelombang, putarlah tombol pencari gelombang ke kiri atau ke kanan.
Urutan menyalakan radio yang tepat berdasarkan petunjuk tersebut adalah ....
A. (2) - (1) - (3) - (5) - (4)
B. (3) - (2) - (1) - (5) - (4)
C. (3) - (1) - (2) - (5) - (4)
D. (2) - (3) - (1) - (5) - (4)

Kunci Jawaban: B

10. Bacalah petunjuk rumpang berikut!
Petunjuk Membuat Bubur Kacang Ijo
(1) [...]
(2) Rebus kacang hijau dengan 2,5 liter air, biarkan sampai kacang hijau empuk dan matang.
(3) Rebus gula merah dengan  500 ml air sampai larut mencair, kemudian di saring.
(4) [...]
(5) Setelah itu, masukkan garam dan daun pandan, biarkan hinggah mendidih.
(6) Setelah mendidih, tuangkan santan, diaduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah.
(7) Angkat dan bubur kacang ijo siap disajikan.
Kalimat tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah ....
A. (1) Cuci kacang hijau dengan air bersih dan buang kacang hijau yang mengapung.
(4) Rebus sampai sisa santan tinggal sedikit, lalu tuangkan ke dalam mangkuk.
B. (1) Cuci kacang hijau dengan air bersih dan buang kacang hijau yang mengapung.
 (4) Kemudian, tuang rebusan gula merah ke dalam kacang hijau yang sudah direbus tadi.
C. (1) Rebuslah daun pandan, garam, santan dan gula sampai mendidih.
(4) Kemudian, tuang rebusan gula merah ke dalam kacang hijau yang sudah direbus tadi.
D. (1) Gunakan kelapa tua agar menghasilkan santan kental dan gurih.
(2) Kemudian, tuang rebusan gula merah ke dalam kacang hijau yang sudah direbus tadi.

Kunci Jawaban: B

Demikianlah yang pat admin bagikan tentang contoh soal UNBK Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat peserta didik. Selamat belajar, semoga sukses. Salam sukses.

Sumber http://www.ilmubindo.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

No comments:

Post a Comment