Dalam system kepegawaian seseorang yang sudah menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ) atau yang sekarang di sebut sebagai Aparatur Sipil Negara ( ASN ) tentunya memiliki tingkat atau jenjang kepangkatan yang menjadi identitas yang harus di ketahui oleh seorang pegawai negeri sipil (PNS).
Pangkat,golongan dan ruang dalam status kepegawaian merupakan suatu identitas kepegawaian yang melekat pada tiap individu pegawai. Sebagai seorang pegawai negeri sipil urutan jenjang pangkat dan golongan ruang tentunya harus sudah di pahami namun pada kenyataannya masih banyak juga aparatur sipil negara yang belum memahami akan urutan dan tingkatan tersebut.
Pada artikel kali ini saya sebagai penulis ingin memberikan sedikit penjelasan dan penjabaran mengenai urutan jenjang pangkat,golongan dan ruang bagi PNS maupun pegawai yang berstatus sebagai seorang guru.
Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini telah banyak perubahan yang terjadi dalam melakukan proses kenaikan pangkat dan golongan bagi seorang pegawai negeri sipil. Penilaian kinerja dalam bentuk SKP merupakan salah satu yang menjadi syarat utama untuk bisa melakukan proses kenaikan pangkat.
Untuk mempersingkat waktu anda dalam membaca artikel ini maka baiklah saya akan langsung menampilkan urutan jenjang pangkat golongan dan ruang bagi seorang PNS, seperti yang akan di jabarkan pada tabel di bawah ini.
Urutan jenjang pangkat golongan dan ruang PNS di bawah ini telah terurut mulai dari tingkatan yang paling rendah hingga tingkatan yang paling tinggi.
GOLONGAN I ( Juru ) | |||
NO | JENIS PANGKAT | GOLONGAN | RUANG |
1 | Juru Muda | I | a |
2 | Juru Muda Tingkat I | I | b |
3 | Juru | I | c |
4 | Juru Tingkat I | I | d |
| |||
GOLONGAN II ( Pengatur ) | |||
NO | JENIS PANGKAT | GOLONGAN | RUANG |
1 | Pengatur Muda | II | a |
2 | Pengatur Muda Tingkat I | II | b |
3 | Pengatur | II | c |
4 | Pengatur Tingkat I | II | d |
| |||
GOLONGAN III ( Penata ) | |||
NO | JENIS PANGKAT | GOLONGAN | RUANG |
1 | Penata Muda | III | a |
2 | Penata Muda Tingkat I | III | b |
3 | Penata | III | c |
4 | Penata Tingkat I | III | d |
| |||
GOLONGAN IV ( Pembina ) | |||
NO | JENIS PANGKAT | GOLONGAN | RUANG |
1 | Pembina | IV | a |
2 | Pembina Tingkat I | IV | b |
3 | Pembina Utama Muda | IV | c |
4 | Pembina UtamaMadya | IV | d |
5 | Pembina Utama | IV | e |
Selain urutan jenjang kepangkatan,golongan dan ruang untuk PNS yang telah saya sajikan pada tabel di atas maka berikut ini saya sajikan pula urutan penyesuaian jenjang kepangkatan guru PNS yang berlaku saat ini dan dapat di jadikan sebagai pedoman dalam memperoleh informasi tentang identitas kepangkatan dan jenjang jabatan guru yang telah menjadi seorang pegawai negeri sipil.
Berikut ini tabel penyesuaian urutan jenjang kepangkatan bagi Guru berstatus PNS mulai dari tingkatan yang paling rendah hingga tingkatan yang paling tinggi.
NO | GOLONGAN / RUANG | JENJANG PANGKAT | JENJANG JABATAN | |
SEKARANG | SEBELUMNYA | |||
1 | II/a | Pengatur Muda | --- | Guru Pratama |
2 | II/b | Pengatur Muda Tk.I | --- | Guru Pratama Tk.I |
3 | II/c | Pengatur | --- | Guru Muda |
4 | II/d | Pengatur Tk.I | --- | Guru Muda Tk.I |
5 | III/a | Penata Muda | Guru Pertama, | Guru Madya |
6 | III/b | Penata Muda Tk.I | Guru Pertama, | Guru Madya Tk.I |
7 | III/c | Penata | Guru Muda, | Guru Dewasa |
8 | III/d | Penata Tk.I | Guru Muda, | Guru Dewasa Tk.I |
9 | IV/a | Pembina | Guru Madya, | Guru Pembina |
10 | IV/b | Pembina Tk.I | Guru Madya, | Guru Pembina Tk.I |
11 | IV/c | Pembina Utama Muda | Guru Madya, | Guru Utama Muda |
12 | IV/d | Pembina Utama Madya | Guru Utama, | Guru Utama Madya |
13 | IV/e | Pembina Utama | Guru Utama, | Guru Utama |
Demikianlah urutan jenjang kepangkatan,golongan dan ruang bagi seorang PNS dan Guru PNS yang dapat saya informasikan pada postingan kali ini, semoga apa yang telah saya bagikan ini dapat menjadi bahan referensi dan dapat menambah wawasan anda khususnya bagi anda yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS).
Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
No comments:
Post a Comment