Sunday 25 October 2015

10 KEINGINAN KLIEN YANG DI BENCI DESAINER GRAFIS

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sebagai desainer kita dituntut untuk menjadi orang yang sabar dalam menghadapi klien. karena bagaimapun mereka adalah raja. namun terkadang, muncul beberapa hal yang membuat seorang desainer menjadi pusing untuk menghadapinya. seperti keluhan yang tidak masuk akal dan lain - lain. 

Menurut pengalaman dari beberapa desainer, ada beberapa hal yang paling di benci desainer saat di ucapkan oleh klien. tapi klien tak pernah tahu, kalau yang mereka ucapkan sudah merasuk hati kami para desainer. tapi tidak desainer menganggap ini adalah kebencian, namun merasa tertekan karena diluar dari bayangan mereka.
Sebagai desainer kita dituntut untuk menjadi orang yang sabar dalam menghadapi klien 10 KEINGINAN KLIEN YANG DI BENCI DESAINER GRAFIS

10 KEINGINAN KLIEN YANG DIBENCI DESAINER GRAFIS


1. Kenapa Biayanya Mahal Sekali ? Kan Cuma Buat Logo Kecil Kaya Gini.

Ketika berbicara masalah harga, klien yang tidak tahu apa - apa masalah ini. pasti akan banyak bertanya - tanya, mengapa cuma desain sederhana tapi bayarnya mahal. 

2. Desainnya sudah bagus, tapi ada yang harus di ubah.

Setelah berjam - jam mengerjakan desain klien akhirnya selesai juga. tapi tiba - tiba ada sesuatu yang ingin di ubah, hahaha. saya rasa ini yang buat desainer gemar gigit jari.

3. Saya ingin sesuatu yang unik dan menarik, tapi mirip dengan ini.

Banyak klien yang menginginkan suatu desain yang menarik. namun memiliki patokan, yaitu desain yang sudah ada. Alias duplikat desain orang lain, dan diubaha sedikit agar tidak terlalu nampak kesamaannya. haha, inilah yang menghambat kemajuan desainer.

4. Kalau anda bersedia desain rumah saya tolong hubungi yah.

Kadang ada klien yang ingin desain sesuatu yang menurut kita tidak mudah untuk dilakukan. agar tidak pusing, " Jawab dengan : saya punya kenalan yang bisa mengerjakannya pak/bu". 

5. Anda tahu yang bisa kerjakan ini dengan harga lebih murah ?

Setelah konsultasi bersama klien, maka harga yang menentukan apakah mereka tertarik menjadikan kita desainernya. jika tidak, kadang ada klien yang sanggup mengatakan "siapa yang bisa kerjakan ini dengan harga lebih murah ?". sakitnya tuh disini coy. hahaha

6. Saya perlu desain selesai hari ini. terima kasih.

Capek, letih, lesu, kurang vitamin. sms masuk - "Kalau bisa, desainnya selesai hari ini."

7. Tolong kirimkan file mentahnya.

Untuk menghasilkan sebuah desain pastilah ada file mentahnya. bagi sebagian desainer ini adalah rahasia seorang desainer. apalagi, menggunakan aplikasi photoshop atau corel draw. namun, semuanya berubah, ketika klien menginginkan file mentahnya juga. "aduh, bisa bisa skill saya ditiru nih".
 

8. Saya mau huruf yang menarik, yah kalau bisa sih pakai Comic San.

Para klien yang awam, banyak yang sudah terbiasa dengan huruf bawaan aplikasi microsoft. terutama Times new rowman dan Comicsan, jadi jagan heran, kadang sebagian dari klien, sangat mengagungkan huruf Comicsan ini. hahaha.

9. Bisa buat logo nya lebih besar lagi ?

Saya pernah mendapatkan pengalaman seperti ini. saat itu klien saya menginginkan logo yang dapat digunakan di websitenya. jadi saya berikan output dengan ukuran 150x150 pixels. setelah beberapa hari, sms pun muncul 
  •  "Aduh, bagaimana ini bos, masa logonya pecah pas saya besarkan" - kayaknya marah yah ni orang. wkwk
  • Memang pak ,pasti pecah, karena saya sesuaikan dengan tampilan webnya.
  • Kalau bisa  buat lagi yang lebih besar.
  • 2 menit kemudian, "ini pak sudah selesai". saya kirim di emailnya saja.
  • Wah,,luar biasa, cepat sekali,,yahhh.
  • Padahal, tinggal Save ajah. ckckck. (Corel Draw).

10. Bisa ketemu malam ini ? jam 01.00 di cafe, ada sedikit tambahan.

Masalah kaya gini, sangat dibenci desainer yang keras. kadang mereka merasa di anggap mainan, bisa diperintah kapan saja. 

11. Sudah selesai desainnya ?

Jangan salah, bukan cuma tugas kuliah yang kaget - kagetan. ketika anda sudah jadi desainer sungguhan, malah akan lebih ekstrim kagetnya. baru se jam, eh udah ada telpon " Sudah selesai ?". stress

Kesimpulannya, sebagai seorang desainer profesional. semua masalah diatas adalah hal yang sangat wajar bagi klien. jadi, bukan berarti harus membenci mereka. ini adalah ujian untuk meningkatkan kualitas berpikir. buatlah klien tahu kalau kalau anda adalah yang terbaik yang selama ini di cari.


Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment