Friday 30 October 2015

Tugas Utama Barisan Pertahanan Pada Permainan Sepak Bola

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apapun formasi yang diterapkan dalam permainan sepak bola, tugas utama barisan pemain pertahanan adalah mencegah agar pemain lawan tidak dapat mencetak gol. Ada beberapa pola pertahan yang dapat diterapkan dalam permainan sepak bola, namun semuanya tergantung situasi dan kondisi. Apabila memungkinkan maka pemain bertahan dapat dikurangi dengan mengalihkan pemain untuk membantu melakukan serangan. Namun jika tidak memungkinkan maka harus dilakukan pertahanan penuh dengan sesekali mengadakan serangan balik. Situasi ini apabila musuh dirasa sangat kuat dalam menyerang.

Pembagian tugas pemain bertahan permainan sepak bola

  1. Bek tengah. Posisi ini juga dikenal sebagai stoper. Tugas utamanya adalah menghentikan pemain lawan untuk mendekati gawang dan mencetak gol di posisi tengah lapangan dan membuang bola dari area penalti.
  2. Libero. Peran libero  lebih bebas dari pada bek tengah, pemain libero dapat berkeliaran di seluruh area pertahan, bahkan juga turut menyerang. 
  3. Bek sisi. Mempuyai peran di sisi pertahanan kanan dan kiri. Tugasnya yaitu mengamankan barisan pertahanan bagian pinggir kiri dan kanan. Formasi yang memungkinkan untuk penerapan posisi ini adalah formasi yang menggunakan 4 bek sejajar seperti 4-5-1, 4-4-2, 4-3-3 dan 4-2-4.
  4. Sweeper. Adalap pemain yang bertugas membantu penjaga gawang dalam mengamankan gawangnya. Sweeper menempati posisi dibelakang garis pertahanan timnya, tepat di depan penjaga gawang. Dalam usahanya mengamankan gawangnya sweeper dapat melakukan buang bola dari kotak penalti ketika tim lawan berhasil menembus barisan pertahanan timnya. 
  5. Center-back. Center-back adalah dua pemain bertahan yang bermain pada posisi central. Inui jika jumlah back ada 4 orang, maka centre back adalah dua orang yang menempati posisi tengah. Centre back sebaiknya seorang pemain dengan kekuatan fisik dan keberanian yang tinggi serta memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan tackling. Tinggi badan juga merupakan salah satu hal yang dibutuhkan seorang pemain yang bermain pada posisi ini karena mereka akan menghadapi banyak duel udara.
  6. Penjaga Gawang. Disebut juga dengan kipper adalah pemain yang bertugas untuk menjaga gawang timnya agar tidak kebobolan oleh lawan. Dalam menjalankan penjaga gawang boleh menangkap bola dengan menggunakan tangan. 
 Ada 3 macam cara bertahan dalam permainan sepak bola,  yaitu :
  1. Pertahana individu ( man to man defence ). Pemain mempunyai tanggung jawab untuk menjaga setiap lawan tertentu dan mengikuti sampai lawan  menyerah.
  2. Pertahanan daerah ( zone defence ). Pemain mempunyai tugas menjaga daerahnya masing-masing yang menjadi ruang lingkupnya dan akan men-takle setiap ada pemain di daerahnya.
  3. Pertahanan kombinasi ( combination defence ).  Setiap pemain menjaga lawanya dengn tiba-tiba berpindah tempat. Tugasnya dapat diserahkan pada  pemain yang lebih dekat.
Yang harus diperhatikan oleh pemain bertahan adalah jangan sampai melakukan pelanggaran dalam area kotak penalty. Karena pelanggaran dalam area kotak penalti yang dilakukan oleh pemain bertahan dapat berbuah tendangan hukuman penalti yang itu sangat merugikan timnya.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment