Wednesday 19 October 2016

Pengertian Virus: Apa itu Virus?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Virus - Istilah Virus sering kali dikait-kaitkan dengan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan, baik itu terhadap manusia, hewan maupun tumbuhan. Virus adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang artinya racun. Pertamakalinya istilah virus ini diperkenalkan oleh Louis Pasteur. Pada peneletian Louis Pasteur menyampaikan bahwa ada sesuatu yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bakteri dan bisa mengakibatkan penyakit rabies.

Pertama kali virus yang berhasil diungkap yaitu virus yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Penemu virus tersebut adalah seorang ilmuwan yang berkebangsaaan Rusia (Dimitri Ivanovsky tahun 1892) dan seorang berkebangsaan Belanda (Martinus Beijerinck). Di tahun 1935 seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika yang bernama Wendell Stanley berhasil mengkristalkan virus yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman tembakau. Virus yang menyerang tembakau ini selanjutnya diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV). Tembakau yang terserang virus ini akan berbintik-bintik menyerupai mosaik. Keberhasilan seorang ilmuan Stanley menjadikan pendorong perkembangan ilmu tentang virus atau disebut Virologi.

Sebuah virus sering kali dikaitkan dengan sebuah racun, sehingga banyak orang yang beranggapan kalau virus itu identik dengan sesuatu yang dapat membuat rugi. Contohnya sebuah penyakit. Namun dalam kenyataannya virus tidak hanya merugikan tapi juga bisa menguntungkan bagi manusia yaitu virus bisa dibuat vaksin.
kaitkan dengan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan Pengertian Virus: Apa itu Virus?

Ciri-Ciri Virus

Pertama kali virus ditemukan seorang ilmuan berkebangsaan Jerman yang bernama Adolf Mayer. Virus juga disebut sebagai mikroorganisme (peralihan antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup). Hal tersebut dikarenakan virus bisa dikristalkan layaknya makhluk tak hidup dan tidak berbentuk sel namun didalamnya terkandung DNA dan RNA, serta dapat berkembang biak layaknya makhluk hidup. Ukuran virus sangatlah kecil, yaitu berkisar 20 – 400 nm, karena sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat melalui mata telanjang. Perkembangan virus hanya bisa hidup dan berkembang biak di dalam sel hidup. Hal ini membuktikan kalau virus hidup dalam sel makhluk hidup lain sebagai parasit, seperti hidup dalam tumbuhan, manusia, dan hewan. Virus bentuknya bermacam-macam ada yang bulat, batang, dan ada juga yang berbentuk T.

Demikian penjelasan tentang  Pengertian Virus, sekaran sudah tahu kan Apa itu Virus: dan Ciri-ciri Virus?, semoga penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat.

Sumber https://www.temukanpengertian.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment