Thursday 14 December 2017

Struktur Kurikulum PPG Dalam Jabatan dan Capaian Lulusan Progam PPG Dalam Jabatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Struktur kurikulum PPG dalam jabatan - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang mengintegrasikan penyajian materi, workshop dan praktik lapangan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik.

 Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang mengintegrasikan penyajian materi Struktur Kurikulum PPG Dalam Jabatan dan Capaian Lulusan Progam PPG Dalam Jabatan
Struktur Kurikulum PPG Dalam Jabatan

Kurikulum program Pendidikan Profesi Guru bagi guru dalam jabatan adalah :
  1. Pendalaman Materi yaitu pemberian materi pembelajaran yang terkait dengan bidang studi yang diampu.
  2. Mata kuliah SSP adalah materi kependidikan yang meliputi standar kompetensi pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, strategi pemebelajaran, metoda, media, dan evaluasi.
  3. Program pengalaman lapangan (PPL) kependidikan merupakan tugas LPTK dalam pelaksanaan kurikulum PPG untuk mengatur alokasi jam pendalaman materi, dan pelatihan program PPG, serta workshop secara proporsional dan mengarah pada tujuan kurikulum. Pengembangan kurikulum PPG dalam jabatan menjadi tanggung jawab  LPTK sebagai penyelenggara program PPG dengan tetap memperhatikan aturan penyelenggaraan yang berlaku.
Model Kurikulum Program PPG
Model kurikulum program Pendidikan Guru dalam jabatan yang memuat isi kurikulum dan proporsi.
  • Isi kurikulum : Lokarya pengembangan perangkat pembelajaran dengan penguatan kompetensi pedagogik atau bidang studi dan keprofesian, serta rencana penelitian tindakan. Proporsi : 60 %.
  • Isi kurikulum : Praktik pengalaman lapangan. Proporsi : 40 %
Struktur Kurikulum PPG Dalam Jabatan 
Berikut ini struktur kurikulum PPG dalam jabatan yang nantinya bisa menjadi pedoman pembelajaran bagi guru yang akan melaksanakan program PPG.

Dengan struktur kurikulum di atas, diharapkan guru mampu menguasai empat kompetensi (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial) secara utuh.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program PPG
  1. Pedagogik : Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi pembelajaran.
  2. Kepribadian : Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kebribadian guru yang mencerminkan perilaku akhlak mulia, kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik.
  3. Sosial : Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali dan masyarakat sekitar.
  4. Profesional : Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasasikan oleh guru.
Silahkan bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mendownload struktur kurikulum PPG dalam jabatan pada tautan dibawah ini.
Download Struktur Kurikulum PPG dan Capaian Lulusan PPG. pdf 
Demikian tadi mengenai struktur kurikulum PPG dalam jabatan dan capaian lulusan program PPG dalam jabatan yang dapat saya informasikan. Semoga bermanfaat.
Sumber https://www.pelitaguru.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment