Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.
Bapak ibu Guru mapel Pendidikan Kewarganegaraan pada artikel kali ini saya akan membagikan file tentang Silabus PKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi.
Silahkan baca di bawah ini.
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
Siswa mampu: 1.1 Bersyukur kepada Tuhan YME atas semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila 2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara 3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara | Mensyukuri Perumusan dasar Negara yang berhasil dirumuskan oleh para pendiri negara dan disepakati mulai dari pidato Bung Karno, piagam Jakarta, sampai pada pengesahan 18 Agustus 1945 Menerima dengan sepenuh hati dan tanggungjawab hasil perumusan Pancasila sebagai dasar Negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 sehingga bangsa Indonesia bisa seperti ini dan sampai saat ini Bangsa Indonesia memiliki dasar negara Pancasila Proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara: · Sejarah perumusan Pancasila · Pembentukan BPUPKI dan usulan dasar negara oleh tokoh perumus Pancasila · Penetapan Pancasila sebagai dasar negara · Komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila · Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara | · Menganalisis nilai- nilai semangat toleransi dan saling menghormati para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan dasar negara Pancasia · Menganalisis nilai- nilai komitmen (Menerima, menjaga, dan melaksanakan) hasil penetapan dasar negara Pancasia · Menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan khidmat dan penuh syukur · Membentuk kelompok menjadi 5-6 kelompok · Membaca buku teks untuk kemudian mengamati Video/film/gambar tentang sidang BPUPKI dengan penuh rasa syukur pada Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi vidio tersebut termasuk tokoh pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI · Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila serta sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggung jawab · Mencari informasi dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara dan sidang BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri · Mendiskusikan dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan kerja sama dan penuh tanggung jawab · Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikan nya baik secara tertulis maupun lisan di depan kelas dengan rasa percaya diri · Mensimulasikan atau memamerkan hasil proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Kinerja Tes tertulis Penugasan Tes tulis uraian Unjuk kerja hasil diskusi Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan 3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan 4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan | Mensyukuri bangsa Indonesia sebagai bangsa besar yang memiliki norma-norma dalam masyarakat yang harus ditaati oleh seluruh masyarakat Indonesia diantaranya norma agama, kesusilaan, kesopananan, dan hukum Melaksanakan dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dengan tanggung jawab sehingga terwujud keadilan Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat · Norma yang berlaku dalam masyarakat · Arti penting norma dalam mewujudkan keadilan · Perilaku sesuai norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari | · Mengamati aktivitas masyarakat (berdasarkan norma agama, kesopanan, kesusilaan, hukum) di lingkungan sekolah bedasarkan Kelompok Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan sehari- hari dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada · Mengidentifikasikan berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku dalam aktivitas masyarakat tersebut · Melakukan diskusi dengan kelompok asal tentang barbagai norma yang berlaku di masyarakat dengan penuh tanggung jawab · Melakukan diskusi dengan kelompok ahli tentang berbagai norma yang ada di masyarakat dengan penuh percaya diri · Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri dan kebersamaan kelompok asal · Memperagakan atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma dalam masyarakat, contoh: Kelompok 1 norma agama Kelompok 2 norma hukum Kelompok 3 norma kesopanan Kelompok 4 norma kesusilaan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Unjuk kerja hasil diskusi Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman 2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan undang- undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | Mensyukuri dan bangga memiliki Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi dengan melaksanakan dan menaati Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 yang telah dirumuskan dan disahkan oleh para pendiri Negara Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Arti penting UUD Negara Republik Indonesia bagi bangsa dan negara Indonesia · Peran Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945 | · Membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia · Mengidentifikasi pertanyaan tentang sejarah peru-musan dan pengesahan UUD Negara Republik Indo-nesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati · Menyusun pertanyaan yang terkait dengan sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab · Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet · Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan percaya diri · Mensimulasikan kepatuhan terhadap tata tertib atau perundang-undangan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Kinerja Penugasan Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.4 Menghormati keberagaman norma- norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan tuhan 2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika | Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia diantaranya keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan Saling menghormati perbedaan keberagaman yang ada di Indonesia dan itu merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia Keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Makna Bhinneka Tunggal Ika · Keberagaman dalam masyarakat Indonesia · Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia · Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan | · Mengamati gambar keanekaragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat di sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa · Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi · Mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh percaya diri · Menghubung dengan saling menghormati jawaban dari teman kelompok berbagai informasi tentang arti penting dan perilaku toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia · Menyusun dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung jawab tentang keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan · Menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 3.5 Menganalisis bentuk- bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 4.5 Menunjukkan bentuk- bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat | Mensyukuri bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna yang terdiri dari dua yaitu sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial Melaksanakan kerjasama dengan sesama manusia dalam berbagai kehidupan Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Makna kerja sama dalam hidup bermasyarakat · Pentingnya kerja sama · Bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat | · Mengamati tayangan video/gambar tentang kerja sama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai · Mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab · Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan kerja sama kelompok · Menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Menyajikan hasil telaah kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya diri · Melakukan gotong royong di sekolah | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Unjuk kerja Kinerja |
Siswa mampu: 1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya 3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia 4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat | Mensyukuri bangsa Indonesia akhirnya menjadi Negara yang merdeka melalui perjuangan yang panjang dan luar biasa Ikut serta menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar di mana kita berada Karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI · Makna Persatuan dan Kesatuan · Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya · Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia | · Mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa · Mengidentifikasi pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu · Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerja sama kelompok · Menghubungkan informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI · Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa · Mensimulasikan menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Unjuk kerja Unjuk kerja |
Mengetahui Kepala SMP Negeri 1 Alian Dra. MURILAH, S.Pd NIP. 19640807 198803 2 008 | | Alian, Juli 2018 Guru Mata Pelajaran Ngusman, S.Pd NIP. 19721020 199903 1 011 |
SIMPAN FILE
Sumber https://www.panduandapodik.id/Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
0 comments:
Post a Comment