Friday, 19 August 2016

Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Aplikasi PMP.

Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan. Salam Satu Data, Sahabat operator Dapodik pada 17 Agustus 2016 Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan. Waw sepertinya Ditjen Dikdasmen ingin memberi kado indah di hari kemerdekaan ini

Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan itu? Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan untuk penjaminan mutu sekolah. Mutu seperti apa yang harus dijamin? Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan.

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan merupakan sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Mutu di sini meliputi semua komponen yang ada dalam dalam sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, Pengawas, Komite, Guru dan Siswa.

Wah banyak banget ya? Iya memang aplikasi ini sengaja dibuat untuk mengetahui kualitas mutu masing-masing pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan. Mereka nantinya harus mengisi sejumlah pertanyaan yang berbentuk kuesioner. Setiap pertanyaan untuk masing-masing komponen tersebut berbeda.

Dari sejumlah pertanyaan tersebut, nanti akan dikomparasikan satu sama lain. Sehingga bisa dilihat sejauh mana kualitas mutu sekolah, baik dalam hal Sarana Prasarana, Kurikulm maupun pembelajaran yang dilakukan di kelas. Model aplikasi PMP ini tidak jauh berbeda dengan Dapodik.

Di manakah bisa mendapatkan Software aplikasi ini? Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dapat anda download melalui website Ditjen Dikdasmen di alamat situs dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id di bagian laman unduhan.

Lalu bagaimana cara Menggunakan Aplikasi PMP ini? Banyak Operator Dapodik yang belum memahami mengenai Aplikasi ini. Untuk itu kali ini kami jelaskan tentang Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan:

1. Pertama silahkan Download dan Install terlebih dahulu Aplikasi PMP dari website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Softwarenya berada di bagian unduhan

2. Untuk memuka aplikasi PMP, caranya double klik terhadap shortcut PMP yang berada di desktop PC anda. Atau anda bisa langsung membukanya lewat browser http://localhost:1745/. Saya merekomendasikan menggunakan browaer google chrome atau mozila fairefox

3. Kemudian  tekan Menu Manajemen Pengguna", Lakukan penyalinan data siswa dan PTK dengan klik tombol Salin Peserta Didik Salin PTK. Ini bertujuan agar data siswa dan guru masuk dalam PMP sehingga akan memudahkan ada saat akan melakukan Tukar Pengguna untuk mengisi kuesioner PMP

4. isi Kuesioner dengan benar. Ada ratusan pertanyaan di setiap kuesioner PMP. Isilah dengan seksama dan benar sesuai kondisi riil di sekolah anda

5. Jumlah responden PTK di masing-masing sekolah berbeda ini disesuaikan dengan jumlah PTK yang menginduk di sekolah tersebut. Pada prinsipnya semakin banyak yang mengisi kuesioner semakin baik pula kualitas data PMP anda.

6. Jumlah responden siswa juga disesuaikan dengan jumlah total siswa di setiap sekolah. Semakin banyak siswa maka semakin banyak pula siswa yang harus menjadi responden pengisi kuesioner PMP

7. Jika ingin masuk ke Akun PTK atau Peserta Didik anda tidak perlu Logut, cukup dengan memanfaatkan Menu Tukar Pengguna, anda bisa memilih data PTK atau Siswa yang akan dijadikan responden.

8. Jika semua data responden sudah terisi dengan benar langkah terakhir lakukan Verifikasi dan Kirim Data. Hal ini bertujuan mengecek kelengkapan kuesioner yang telah diisi responden

Demikian informasi tentang Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan, semoga bisa membantu anda semuanya.


Sumber https://www.panduandapodik.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment