Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.
Struktur Kurikulum K13 (Kurtilas) bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebenarnya tidak terlalu menimbulkan polemik. Berbeda dengan kurikulum kombinasi (KTSP dan K13) yang diberlakukan untuk MI yang kemudian menimbulkan beragam kegamangan bagi sebagian pihak. Baca : Struktur Kurikulum KTSP MI.
Kurikulum 2013 telah diberlakukan kepada berbagai madrasah di Indonesia mulai dari MI, MTs, hingga MA. Madrasah-madrasah penyelenggara kurtilas ini telah ditetapkan berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam. Baca : SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2014 tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum 2013 dan Lampiran SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2014.
Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan penentuan Struktur Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah yang kemudian ditegaskan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 117 Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah dan Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
Berdasarkan KMA No. 117 Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah, mata pelajaran pada satuan pendidikan MI terdiri atas:
A. Pendidikan Agama Islam, yang meliputi:
- Al Quran Hadits
- Akidah Akhlak
- Fikih
- Sejarah Kebudayaan Islam
C. Bahasa Indonesia
D. Bahasa Arab
E. Matematika
F. Ilmu Pengetahuan Alam
G. Ilmu Pengetahuan Sosial
H. Seni Budaya dan Prakarya
I. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Baca juga:
Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah
Beban belajar dan struktur kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah pengguna Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
MATA PELAJARAN | Alokasi Waktu Belajar Per Minggu | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
Kelompok A | ||||||||
1. | Pendidikan Agama Islam | |||||||
a. | Al Quran Hadits | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
b. | Akidah Akhlak | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
c. | Fikih | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
d. | Sejarah Kebudayaan Islam | - | - | 2 | 2 | 2 | 2 | |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan | 5 | 5 | 6 | 5 | 5 | 5 | |
3. | Bahasa Indonesia | 8 | 9 | 10 | 7 | 7 | 7 | |
4. | Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
5. | Matematika | 5 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | |
6. | Ilmu Pengetahuan Alam | - | - | - | 3 | 3 | 3 | |
7. | Ilmu Pengetahuan Sosial | - | - | - | 3 | 3 | 3 | |
Kelompok B | ||||||||
1. | Seni Budaya dan Prakarya | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 34 | 36 | 40 | 43 | 43 | 43 |
Atau sebagaimana gambar tabel struktur kurikulum berikut ini:
Yang harus diperhatikan:
- Untuk kelas 1, 2, dan 3, mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP, dan PJOK dijadikan satu dalam mapel Tematik Umum
- Untuk kelas 4, 5, dan 6, mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBDP dijadikan satu dalam mapel Tematik Umum
- Untuk kelas 4, 5, dan 6, mata pelajaran Matematika dan PJOK tidak masuk Tematik Umum (Permendikbud No. 24 tahun 2016)
Itulah struktur kurikulum 2013 untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI). Semoga bermanfaat bagi madrasah yang ikut menyelenggarakan kurtilas. Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
0 comments:
Post a Comment