Tuesday 13 December 2016

Pengertian Urban Exploration Photography atau URBEX Beserta Contohnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berpetualang merupakan salah satu kegiatan ekplorasi pada tempat tertentu. selain sebagai saran refreshing juga bisa menambah ilmu dan pengalaman. berbicara tentang petualangan ada sebuah istilah Urbex yang sangat populer akhir-akhir ini. nah dalam petemuan ini, kita akan membahas pengertian urban exploration photograhpy beserta contohnya, untuk menambah wawasan sobat semua.

Pengertian Urban Exploration

Urban Exploration (urbex atau UE) adalah kegiatan eksplorasi pada tempat-tempat buatan manusia yang terbuang dan sudah tua. kelompok urbex biasanya mengamati sisa-sisa bangunan yang sudah ditinggalkan manusia, mulai dari yang masih dijaga oleh pemerintah atau yang sudah terbuang sama sekali.

Kegiatan eksplorasi ini bisa menimbulkan berbagai resiko, mulai dari cedera fisik sampai penangkapan dan diberik hukuman. bagaimana tidak, jika sudah memasuki bangunan bersejarah yang masih dijaga pastilah melanggar aturan. 

Urbex Photography dan Video

Mengeksplorasi suatu tempat tidaklah menarik jika tidak mengabadikannya lewat bentuk foto dan video. Selain mengamati bangunan, kelompok urbex juga bertujuan untuk hunting foto menarik. sudah banyak foto ala urbex yang bisa kita lihat di internet.

Aksesosir Urbex

Seperti kita ketahui bersama, ketika melakukan suatu aktivitas ada beberapa aksesoris penunjang yang bisa digunakan. fungsi aksesoris ini sebagai pengaman (safety) juga bisa mempermudah penjelahan. berikut beberapa aksesori yang biasa digunakan :

1. Sepatu, bermanfaat untuk membuat kaki lebih nyaman saat berjalan. soalnya bangunan tua pasti memiliki banyak pecahan kaca maupun benda tajam berukuran kecil.

2. Jaket, Menjaga suhu badan agar tetap seimbang. diwaktu tertentu pasti akan terasa dingin, maka menggunakan jaket tidak akan menggangu perjalanan.

3. Tas, Untuk menyimpan keperluan penunjang lainnya seperti makanan dan minuman serta kamera.

4. Kamera, sebagai aksesori untuk mengabadikan kejadian tertentu ataupun mengambil foto yang dianggap unik dan menarik.

5. Tripod Kamera, membuat hasil jepretan kamera bisa stabi. 

6. Senter, sebagai alat penerangan kalau sudah memasuki area gelap. 

7. Baju dan Celana, melewati berbagai medan sulit memungkinkan pakaian kita akan sobek. alangkah lebih baiknya untuk membawa cadangan.

8. Masker, pada tempat-tempat tertentu di khawatirkan terdapat bau-bau menyengat ataupun debu. masker akan melindungi hidung dari pengaruh tersebut. selain itu, ketika berfoto menggunakan masker pasti akan menambah kesan foto urbex.

9 .Makanan ringan dan air minum,  tubuh pasti selalu membutuhkan energi dari makanan. maka dari itu persediaan ini sangatlah penting.

10. P3K, melihat eksplorasi urbex yang berbahaya jadi pastikan untuk membawa peralatan keselamatan sebagai pertolongan pertama.

11. Topeng, Bom Asap,  Untuk lebih mengentalkan ketika berfoto gaya urbex.

Tempat Eksplorasi Urbex

Yang membedakan eksplorasi lain dengan urbex adalah tempat eksplorasinya. urbex sendiri memiliki beberapa kategori tempat yang dijadikan sebagai tujuan pengamatan.

1. Tempat yang sudah terbuang, mulai dari sisa bangunan bersejarah seperti bangunan sisa penjajahan, Pabrik tua, Rumah tua yang memiliki cerita mistis serta tempat yang memang sudah jauh dari aktivitas kehidupan manusia.

2. Terowongan bawah tanah, Pada kota-kota besar terowongan bawah tanah sudah banyak ditemukan. terowongan tua biasanya gelap dan menakutkan karena tidak adanya aktifitas apalagi peninggalan peperangan. 

3. Selokan atau gorong-gorong, sama halnya dengan terowongan selokan juga memiliki daya tarik sendiri bagi pada urbex. tapi bukan kaya selokan di kampung kamu yah, yang dimaksud disini selokan bawah tanah seperti gorong-gorong di jakarte.

4. Gedung di Perkotaan, memasuki bagian-bagian gedung yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu, seperti  aktivitas seperti ini yang pasti melanggar dan akan mendapat hukuman jika kedapatan.

Urbex Di Mata Dunia

Popularitas urbex memang sudah sangat nampak. semua itu terbukti dengan banyaknya tayangan TV tentang Eksplorasi pada tempat-tempat terbuang, seperti di Discovery Channel, Ghost Hunting, dan MTV's Fear

Kalau acara TV di Indonesia yang menyiarkan Eksplorasi ala Urbex adalah Masih di Dunia Lain, Gentayangan (uka-uka) dan masih banyak lagi. intinya semua pergi mengamati di tempat yang sudah tua.

Contoh Foto Urbex

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa contoh foto urbex hasil jepretan komunitas urbex asal indonesia.

Hasil Eskplorasi Komunitas Urbex Jakarta, Ketika berada didalam terowongan kereta api. Intagram ( @Urbexjakarta ).  sebelumnya saya berterima kasih kepada urbexjakarta karena sudah mau berbagi hasil karya lewat instagram. sukses.

 Berpetualang merupakan salah satu kegiatan ekplorasi pada tempat tertentu Pengertian Urban Exploration Photography atau URBEX Beserta Contohnya

Foto Urbex Menggunakan Smoke Bomb dan Topeng.

 Berpetualang merupakan salah satu kegiatan ekplorasi pada tempat tertentu Pengertian Urban Exploration Photography atau URBEX Beserta Contohnya


Foto ala urbex dibangunan tua

 Berpetualang merupakan salah satu kegiatan ekplorasi pada tempat tertentu Pengertian Urban Exploration Photography atau URBEX Beserta Contohnya

 Berpetualang merupakan salah satu kegiatan ekplorasi pada tempat tertentu Pengertian Urban Exploration Photography atau URBEX Beserta Contohnya

Selebihnya sobat kunjungi saja instagramnya. sudah linknya sudah tertera diatas. 

Penutup

Kurang lebih seperti itulah pengertian urbex ditambah contoh fotonya, pasti sobat bisa mengerti. mungkin sekian dulu, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu kalian semua. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Safri ST mengucapkan terima kasih, jangan lupa Like & Share - Assalamualaikum

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment