Sunday 1 May 2016

Capaian Hasil UN Tingkat SMA/SMK/MA/sederajat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA/sederajat, baik yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) atau berbasis komputer (UNBK).

Berdasarkan data yang dihimpun Kemdikbud, peserta UN SMA/SMK/MA/sederajat sebanyak 3.247.027 siswa. Dari seluruh peserta tersebut, yang berhasil mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 630.530 siswa.

Data kelulusan UN tersebut selanjutnya diserahkan Kemdikbud kepada Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, berharap agar pencapaian siswa dalam UN dapat dimanfaatkan dalam memilih calon mahasiswa terbaik yang akan meneruskan pendidikan di PTN.

"Sehingga seluruh prestasi dan pencapaian serta potensi mereka dapat digunakan untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik berdasarkan prinsip meritokratis, obyektif, transparan, dan berkeadilan," kata Anies di Bandung.

Di samping itu, Anies menekankan perlunya memperhatikan Indeks Integritas UN dalam seleksi masuk PTN.

"Sebab kita ingin mereka yang jujur dan berintegritas serta sekolah yang menjaga integritasnya lebih diutamakan dibandingkan dengan sekolah yang integritasnya kurang," tambah mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

UN tahun ini diikuti 18.665 SMA/SMK dengan 1.441.002 siswa dan 9.819 SMK dengan 778.068 siswa, 5.542 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM )dengan 258.921 peserta didik, serta 462 SMA Luar Biasa dengan 1.435 siswa.


Seluruh pekerjaan siswa peserta UN Kertas dan Pinsil (UNKP) telah selesai dipindai 37 PTN. Data hasil pemindaian terakhir masuk pada tanggal 23 April 2016. Data tersebut kemudian digabung dengan hasil UNBK serta diproses penskorannya di Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment