Sunday, 1 May 2016

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Metode Pembelajaran

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Guruberbahasa.com- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Metode Pembelajaran  

Pada  prinsipnya,  tidak  satu  pun  metode  yang  dapat  dipandang  sempurna dan cocok dengan semua pokok bahasan yang ada dalam setiap  bidang  studi.  Karena  itu,  guru  tidak  boleh  sembarangan  memilih  serta  menggunakan metode pembelajaran. Berikut merupakan beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  pemilihan  dan  penentuan  metode  pembelajaran  antara lain:  

a. Tujuan yang hendak dicapai  

Tujuan   adalah   sasaran   yang   dituju   dari   setiap   kegiatan   belajar  mengajar. Perumusan tujuan akan berpengaruh terhadap kemampuan  anak didik dan pemilihan metode yang akan digunakan. Oleh karena itu, metode yang dipilih harus sejalan dengan taraf kemampuan yang  hendak diisi ke dalam diri setiap anak didik. Artinya metodelah yang  harus tunduk kepada tujuan dan bukan sebaliknya. Kemampuan yang  bagaimana   yang   dikehendaki   oleh   tujuan   maka   metode   harus  mendukung sepenuhnya.    

b. Materi pelajaran  

Materi    pelajaran    adalah    sejumlah    bahan    ajar    yang    hendak  disampaikan  guru  kepada  siswa.  Setiap  mata  pelajaran  memiliki  materi  yang  berbeda-beda,  dan  untuk  menyiasati  perbedaan  tersebut  maka  diperlukan  cara  atau  metode  pembelajaran  yang  tepat  agar  materi   yang   disampaikan   dapat   dengan   mudah   dipahami   dan  dikuasai  oleh  siswa,  sehingga  hasil  belajar  yang  diperolehnya  pun  dapat optimal.  

c. Peserta didik  

Peserta  didik  sebagai  subjek  belajar  memiliki  karakteristik  yang  berbeda-beda,  baik  dari  aspek  psikologis  maupun  minat,  bakat,  kebiasaan, motivasi, situasi sosial, lingkungan keluarga, dan harapan  masa  depannya.  Dimana  semua  perbedaan  tadi  akan  berpengaruh  terhadap penentuan metode pembelajaran.   

d. Situasi  

Situasi   kegiatan   belajar   mengajar   yang   diciptakan   guru   tidak  selamanya   sama   dari   hari   ke   hari.   Oleh   karena   itu,   dalam  melaksanakan kegiatan pembelajaran seorang guru diharuskan dapat  me nciptakan  situasi  yang  dinamis,  tidak  hanya  melakukan  proses  pembelajaran  di  dalam  kelas,  namun  pada  waktu  tertentu  guru  sebaiknya melakukan proses pembelajaran di luar kelas atau di alam  terbuka.  

e. Fasilitas  

Fasilitas  adalah  kelengkapan  yang  menunjang  belajar  anak  didik  di  sekolah,   lengkap   tidaknya   fasilitas   belajar   dapat   mempengaruhi  pemiihan  dan  penggunaan  metode  mengajar.  Fasilitas  belajar  yang lengkap    akan    sangat    membantu    guru    dalam    memilih    dan  menggunakan  metode  yang  bervariasi,  sebaliknya  ketiadaan  metode  akan   sangat   mengganggu   proses   pembelajaran   terutama   dalam  pemilihan dan penggunaan metode.   

f. Guru   

Setiap  orang  memiliki  kepribadian,  performance  style,  kebiasaan,  dan  pengalaman  mengajar  guru  adalah  latar  belakang  pendidikan.  Guru  yang  berlatar  belakang  pendidikan  keguruan  biasanya  lebih  terampil  dalam  memilih  metode  dan  tepat  dalam  menerapkannya.  Sedangkan  guru  yang  latar
belakang  pendidikannya  kurang  relevan,  sekalipun tepat dalam menentukan metode, namun sering mengalami  hambatan  dalam  penerapannya.  Jadi,  untuk  menjadi  seoirang  guru  pada intinya harus memiliki jiwa yang profesional. Dengan memiliki  jiwa  keprofesionalan  dalam  menyampaikan  pelajaran  atau  dalam  proses  pembelajaran  itu  akan  berhasil  sesuai  dengan  tujuan  yang  telah ditetapkan.

Referensi: 21  Pupuh Faturrohman dan M.Sobry Sutikno,  Strategi Belajar Mengajar...,  h. 60- 61

Sumber http://www.guruberbahasa.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment