Sunday 1 May 2016

Lembar Kerja Mewarnai Huruf Abjad Gratis

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Berikut adalah lembar kerja mewarnai huruf abjad. Dengan lembar kerja ini anak bisa sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, yang artinya cuma dengan mewarnai lembar kerja ini anak bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Kuk bisa ? Ya bisa dong, judulnya saja lembar kerja mewarnai huruf abjad. Selain mendapatkan manfaat dari kegiatan mewarnai itu sendiri, anak juga bisa mengenal huruf abjad dengan cara yang sangat menyenangkan. Lembar kerja mewarnai ini bisa dijadikan metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf abjad kepada anak. Metode ini bisa dijadikan pilihan terakhir jika nantinya mengenalkan huruf abjad kepada anak dengan metode lain tidak berhasil. Dengan metode mewarnai huruf abjad ini, anak akan terhindar dari yang namanya rasa bosan, rewel atau stress. Anak tidak akan merasa tertekan atau terbebani karena pada dasarnya mewarnai itu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan disukai anak-anak. Anak-anak itu mempunyai karakter yang berbeda-beda dan terkadang membutuhkan pendekatan yang berbeda pula agar apa yang diajarkan kepada anak dapat terserap dengan baik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan berbagai metode pembelajaran sampai ketemu dengan metode yang tepat dan disukai oleh anak. Metode yang digunakan harus kreatif dan berstatus menyenangkan, jangan pernah memaksakan kepada anak, apalagi sampai menggunakan cara kekerasan, bisa-bisa bukannya terserap malah ambyar kemana-mana.


Mewarnai huruf abjad pernah admin gunakan saat mendapatkan mandat untuk mengajari anak tetangga mengenal huruf abjad, dan Alhamdulillah hasilnya positif. Admin sedikit bangga karena berhasil mengenalkan huruf abjad kepada si anak dan dapat terserap dengan baik. Admin cukup bangga karena sekarang si anak sudah lancar membaca. Admin sangat bangga setelah si anak saya pegang, si anak bisa naik ke sekolah dasar, setelah sebelumnya dua kali gagal naik ke sekolah dasar. Sebagai catatan, menggunakan metode mewarnai huruf abjad, anak harus mendapatkan bimbingan penuh. Percuma kalau mewarnai saja, tapi anak tidak tahu mereka mewarnai apa. Anak harus dibimbing bahwa yang mereka warnai itu huruf abjad, jika lembar kerjanya khusus mewarnai huruf A, maka bimbing dengan memberitahukan bahwa yang diwarnai itu huruf A. Disela mewarnai, kita juga bisa menanyakan kepada anak, untuk sekadar mengingatkan,  mereka sedang mewarnai huruf apa.

Mengapa mewarnai huruf abjad dapat digunakan untuk mengenalkan huruf abjad dengan baik kepada anak ? Jika melihat dari manfaat mewarnai itu sendiri, bisa admin jelaskan sebagai berikut :

Mewarnai membuat anak lebih tenang dan bahagia

Saat mewarnai, otak akan merespon dengan melepaskan hormon endorphin yaitu hormon bahagia yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih tenang dan dapat menimbulkan rasa bahagia. Belajar dalam keadaan lebih tenang dan bahagia tentu efeknya berbeda dengan belajar dalam keadaan tertekan atau sedih. Jika anak dalam keadaan tenang dan bahagia, apa yang diajarkan akan lebih mudah diserap. Sedangkan jika anak tertekan atau lagi sedih, boro-boro terserap, yang ada masuk sebentar, keluar kemudian.

Mewarnai membuat anak lebih berkonsentrasi

Pada saat mewarnai, lobus frontal atau bagian otak yang mempunyai fungsi untuk mengorganisir dan memecahkan masalah akan terbuka yang menyebabkan fikiran menjadi fokus. Pernahkah saat anak sedang belajar clingak-clinguk kearah luar melihat anak-anak lain yang sedang asyik belajar ? atau ketika mendengar penjual es krim, tiba-tiba anak berlari keluar menghentikan si penjual ? Jika iya, berarti si anak gagal fokus. Dengan mewarnai, semua rintangan diatas akan terlewati karena anak akan terfokus untuk melakukan satu kegiatan saja yaitu menyelesaikan tugasnya mewarnai. Belajar dengan konsentrasi penuh tentunya memberikan efek berbeda jika dibandingkan dengan belajar dalam kondisi fikiran terbang kemana-mana

Lembar Kerja Mewarnai Huruf Abjad

Bagi sahabat yang membutuhkan lembar kerja mewarnai huruf abjad bisa mendownloadnya di link-link yang admin sediakan dibawah. Sebagai bonus, dengan lembar kerja ini anak juga bisa belajar mengenal buah, sayur, dan benda dalam bahasa inggris. File yang tersedia adalah dalam bentuk file PDF.
http://IndoINT.blogspot.co.id/

Lembar Kerja 1 (A-E)


Bagi sahabat yang ingin request lembar kerja atau contoh soal tertentu silakan mengirimkan request DISINI. Tidak dipungut biaya kok alias gratis.
 
Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini baik dalam segi pandangan atau yang lain dan jika artikel ini sekiranya kurang bisa dipahami bisa menyampaikan koreksinya di lapak komentar dibawah. Insya Allah akan admin perbaiki. Terima kasih.

Sumber http://buatbelajaranak.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment