Wednesday 13 March 2013

Lomba Kreativitas Ilmiah Guru 2013 (LKIG)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Tahun ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) kembali menggelar event LKIG ke 20. Lomba ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap pengembangan kreativitas model pembelajaran untuk peserta didik yang dibuat oleh guru. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan nantinya guru Indonesia memiliki passion riset yang tinggi dan mampu berkontribusi bagi kepentingan pendidikan di sekitarnya. Berikut ini persyaratan lomba tersebut. Semoga guru-guru Indonesia semakin kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Persyaratan
  1. Peserta adalah guru yang mengajar pada lembaga pendidikan formal.
  2. Belum pernah menjadi pemenang LKIG dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  3. Sistematika Penulisan : Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Isi/Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka.
  4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik HVS A4, berjarak 1½ spasi dengan jenis huruf Arial ukuran 11.
  5. Karya ilmiah harus asli (bukan jiplakan/plagiat) dan belum sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional.
  6. Jumlah halaman karya ilmiah maksimal 25 halaman (termasuk sketsa/gambar/foto).
  7. Melampirkan rekomendasi Kepala Sekolah dan Daftar Riwayat Hidup (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah dan sekolah/instansi, telepon/HP, serta email).
  8. Format judul, abstrak, surat rekomendasi dan daftar riwayat hidup dapat diunduh melalui situs LKIG 2013http://kompetisi.lipi.go.id/lkig21/.
  9. Peserta mendaftar dan mengunggah karya tulis melalui situs http://kompetisi.lipi.go.id/lkig21/.
  10. Karya ilmiah dikirimkan secara elektronik diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 21 Agustus 2013.
  11. Panduan dan informasi lomba dapat dilihat melalui situs LKIG 2013.
  12. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs LKIG 2013 pada tanggal 18 September 2013.
  13. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
Bidang Lomba
  • Guru SD/sederajat: umum (salah satu pelajaran)
  • Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat: 2 bidang yaitu Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) dan Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi (MIPATEK)

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Materi yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

anyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini Materi yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya
Banyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini, apalagi jika kita masih duduk di bangku sekolah. Terlebih lagi jika kita berprofesi sebagai seorang guru, maka belajar di kita frekuensinya harus lebih banyak, karena kita harus dapat mentransfer apa yang kita ketahui kepada orang lain dengan berbagai metode.

Kenapa perlu berbagai metode?, karena bagi banyak orang, belajar adalah membosankan apalagi belajar untuk ujian kerap lebih terasa membosankan. Materi-materi tertentu bahkan kurang memiliki daya tarik sehingga membuat orang malas dan bahkan lekas lupa pada apa yang dipelajarinya. Jika tak berusaha keras, akibatnya fatal.

Ahli Ingatan yang juga merupakan CEO dari Perusahaan Memrise, Ed Cooke, menjelaskan bahwa untuk mengatasi kebosanan tersebut dibutuhkan cara kreatif agar lebih mudah mengingat informasi yang dipelajari. Salah satu cara efektif yang sebenarnya sudah sering dilakukan adalah dengan menggunakan mnemonic atau metode menyingkat informasi penting menjadi kata yang menarik sehingga mudah diingat.

"Orang lebih mudah mengingat suatu yang unik, nyata dan menyenangkan. Orang tentu saja lebih ingat saat ia dicium Scarlet Johansson daripada perbedaan antara alkana dan alkena," kata Ed.

Dengan metode mnemonic ini, orang-orang yang selalu mengeluh bosan dalam belajar dan kesulitan menghapal sesuatu yang penting dalam ujian dapat teratasi. Biasanya metode ini bekerja dengan menggabungkan beberapa nama atau menghubungkannya dengan suatu hal atau lokasi yang berhubungan dengan informasi yang sedang dihapal.

"Misalkan saja harus mengingat Riyadh adalah ibukota Saudi Arabia. Karena tidak ada detail jelas yang bisa memudahkan mengingat. Maka ada yang menghapalnya dengan cara menggubahnya menjadi reff lagu rehab milik Ami Winehouse yang sekali dinyanyikan mudah terngiang," jelas Ed.

Atau misalnya dalam menghapal Malabo sebagai nama ibukota guinea katulistiwa, seseorang mengaitkannya dengan gambar seekor guinea-pig atau marmut yang sedang merokok Marlboro. Sehingga saat berjumpa dengan orang yang berasal dari guinea katulistiwa pada lain waktu, akan teringat gambaran marmut merokok Marlboro yang merujuk pada Malabo.

"Hal ini bisa dilakukan untuk menghapal banyak hal. Kata-kata yang dipilih setidaknya sesuai dengan definisi dan pengetahuan orang yang menghapal sehingga lebih mudah diingat," ujar Ed.

"Dengan cara ini, belajar dan menghapal akan lebih efektif dan menyenangkan," tandasnya. [kompas.com]

Punya anak atau saudara yang duduk di bangku SD atau SMP, coba berikan permainan tangram siapa tahu dia suka. Hasil kreativitas anak dari permainan tangram dapat diliha pada video berikut;
anyak hal yang ingin kita pelajari dalah hidup ini Materi yang Membosankan, Bagaimana Cara Belajarnya


Sumber https://www.defantri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Upaya Mengurangi Kerusakan Tanah (Reduce of Soil Damages)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kerusakan tanah dapat terjadi karena faktor alam (bencana) dan faktor aktivitas manusia. Seiring perkembangan peradaban manusia, tingkat kerusakan tanah cenderung meningkat karena berbagai kepentingan manusia. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kerusakan tanah, diantaranya:

1. Metode Vegetatif
2. Metode Mekanik

Baca juga: 
Ciri wilayah suburban fringe 
Komoditas perkebunan andalan Indonesia 
Rumus sex ratio dan dependency ratio
Tahap-tahap perkembangan kota
Aspek fisik dan non fisik geografi
Klasifikasi tanah menurut IPB
Pelapukan fisika, kimia dan biologi

Metode vegetatif adalah pemanfaatan tanaman/tumbuhan sebagai alat untuk mengurangi tingkat erosi pada tanah. Metode vegetatif ada bermacam-bermacam yaitu
  • Reboisasi: Penanaman kembali lahan yang sudah gundul/kritis.

  • Contour Strip Cropping: Penanaman tanaman mengikuti jalur kontur/ketinggian. Fungsinya untuk mengurangi laju erosi di permukaan tanah.

  • Crop Rotation: Sistem pergiliran tanaman dalam satu lahan, setiap musim. 

Metode mekanik adalah upaya yang dilakukan pada tanah (perekayasaan) untuk meningkatkan   produktivitas tanah itu sendiri. Metode mekanik yang sering dilakukan diantaranya
  • Terassering: Pembuatan teras-teras pada tanah yang miring.

  • Irigasi: Pembuatan saluran air buatan pada lapisan tanah.

  • Guludan: Tumpukan tanah yang dibuat memanjang searah garis kontur atau memotong lereng untuk menahan erosi.

Baca juga:
Piramida penduduk muda, dewasa dan tua
Jenis perambatan panas matahari ke permukaan bumi
Kode diskon quipper video dan review 
Klasifikasi iklim Junghuhn
Karakteristik jenis-jenis batuan
Perbedaan skala richter dan mercalli
Jenis-jenis lingkungan hidup

UPDATE QUIPPERIAN
Nilai ulangan harian dan pemahaman belajar kamu masih belum meningkat di kelas?. Gak mau kan nilai kamu kalah terus dengan teman kamu?. Yuk gabung Quipper Video sekarang. Hampir 1 juta siswa Indonesia telah menggunakan Quipper untuk membantu pengayaan belajar di rumah. Materinya lengkap banget 

1. Dapat materi SMP + SMA (IPA dan IPS) + UN + SBMPTN
2. Ada ribuan video belajar keren dari tutor terbaik
3. Bank soal dan intensif UN dan SBMPTN
4. Tips dan Trik menjawab soal cepat
5. Dan masih banyak lagi keunggulannya
Yang lebih keren lagi, Quipper masih ada diskon harga lho dengan menggunakan kode diskon dari mitra resmi. Cek di whatsapp saya di bawah untuk dapatkan kode diskonnya. Sumber: Youtube Quipper
 

Kerusakan tanah dapat terjadi karena faktor alam  Upaya Mengurangi Kerusakan Tanah (Reduce of Soil Damages)


Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tuesday 12 March 2013

[Software] Koreksi Try Out 2013

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Dengan adanya try out dengan soal yang di disain mirip dengan ujian nasional 2013 yang sebenarnya, siswa menjadi siap jika kelak saat ujian nasional menerima soal yang berbeda dengan teman lain dalam ruangan yang sama. Try out dengan 20 paket soal untuk SLTA merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional yang berbeda dari tahun sebelumnya.


[Software] Koreksi Try Out 2013

Permasalahan baru timbul dari para guru yang akan melakukan koreksi lembar jawab siswa. Koreksi lembar jawab pilihan ganda Try out  yang lazim dilakukan adalah dengan:

  1. Lembar jawab yang dilobangi pada jawaban yang benar, atau

  2. Menggunakan plastik transparan yang di lingkari atau di kotaki pada tempat jawaban yang benar.

Cara konvensional diatas sering dilakukan pendidik untuk melakukan koreksi soal pilihan ganda dengan satu macam soal. Sementara untuk  macam soal dengan kunci jawaban yang berbeda, tentu akan menyulitkan guru. Pertama harus membuat master lembar jawab koreksi atau plastik transparan sebanyak 20 lembar, kemudian memilah lembar jawab siswa dengan kode paket soal yang sama, baru melakukan koreksi. sumber di sini atau juga di sini

Bagi sekolah yang memiliki scanner LJK, tentu bukan masalah yang perlu di khawatirkan. Tetapi sekolah yang belum memiliki fasilitas tersebut, tentu akan banyak menguras waktu, tenaga, pikiran serta keringat para guru, bahkan bisa jadi akan mengorbankan waktu mengajarnya untuk kegiatan koreksi. Untuk itu, kami mencoba membuat sebuah program sederhana berbasis Microsoft Excel 2007 yang sedikit telah dimodifikasi bernama PROKOREK, semoga dapat membantu para guru di Kendal pada khususnya, maupun guru dimanapun berada yang sedang melaksanakan try out dengan 20 paket soal. (link file ada di akhir/bawah tulisan ini).

Pada file tersebut masih terdapat data-data yang dapat anda hapus. Data-data yang ada semata-mata hanya merupakan contoh untuk memberikan gambaran penggunaan file tersebut. Mulailah dengan menghapus dan mengisi kembali data-data dari halaman MUKA, DATA SISWA, KUNCI dan terakhir KOREKSI. Pencetakan dapat dilakukan hanya pada halaman KOREKSI dan halaman REKAPITULASI.

Catatan: Jangan lupa untuk mengeset macro ke Enable pada saat membuka file.


 dengan soal yang di disain mirip dengan ujian nasional  [Software] Koreksi Try Out 2013



 dengan soal yang di disain mirip dengan ujian nasional  [Software] Koreksi Try Out 2013

Aplikasi koreksi
Dari beberapa link downloadan SOFTWARE KOREKSI TRY OUT 2013 ini dapat kita simpulkan bahwa beberapa guru kita tidak mau ketinggalan trutama dengan membuat aplikasi komputer dan untuk itu kami tunggu aplikasi berikutnya demi kemajuan anak didik kita. Salut





Sumber https://www.kangmartho.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan GuruKumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru berikut ini adalah soal-soal masuk PTN dari dari tahun 2012 dan tahun-tahun sebelumnya.

Istilah-istilah masuk PTN itu beberapa kali mengalami perubahan mulai dari Proyek Perintis (PP), Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Barua (SPMB), dan Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negeri (SNMPTN). Meskipun perubahan nama dilakukan beberapa kali tetapi konsep atau cara untuk lulus itu masih sama yaitu, BELAJAR - BERLATIH - BERDOA.

Sebagai bahan latihan soal-soal masuk PTN tahun-tahun lalu ini sangat baik, karena dapat menjadi gambaran sederhana bagaimana soal yang diujikan pada tes masuk PTN. Soal masuk PTN dari tahun 2013 (SBMPTN 2013) sampai dengan tahun 2018 (SBMPTN 2018) kita coba share pada artikel yang berbeda yaitu:
  1. Kumpulan Soal SBMPTN 2018 (*Soal Lengkap)
  2. Kumpulan Soal SBMPTN 2017 (*Soal Lengkap)
  3. Kumpulan Soal SBMPTN 2016 (*Soal Lengkap)
  4. Kumpulan Soal SBMPTN 2015 (*Soal Lengkap)
  5. Kumpulan Soal SBMPTN 2014 (*Soal Lengkap)
  6. Kumpulan Soal SBMPTN 2013 (*Soal Lengkap)
Untuk soal-soal masuk PTN dari tahun 2012 dan tahun-tahun sebelumnya bisa di download pada link berikut ini;

Kumpulan Soal SNMPTN 2012


Kumpulan Soal SNMPTN 2011

Kumpulan Soal SNMPTN 2010


Kumpulan Soal SNMPTN 2009

Kumpulan Soal SNMPTN 2008


Kumpulan Soal SPMB 2007

  • SPMB 2007 Kemampuan Dasar - Soal dan Pembahasan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Kode 440 [👉 Download Soal]
  • SPMB 2007 Kemampuan IPA - Soal dan Pembahasan Matematika IPA, Fisika, Biologi dan Kimia Kode 450 [👉 Download Soal]
  • SPMB 2007 Kemampuan IPS - Soal dan Pembahasan Sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi Kode 661 [👉 Download Soal]

Kumpulan Soal Ujian Masuk PTN


Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru yang lainnya Dalam Proses Upload, Mohon🙏🙏Maaf Atas ketidaknyamanan ini.
Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru

Download juga Kumpulan Ebook dan Modul-modul Untuk Menghadapi SBMPTN (*lihat disini)

Jika tertarik untuk membahas soal Ujian Nasional SMA untuk semua mata pelajaran bisa disimak langsung (*lihat disini)

Jika ada masukan yang sifatnya membangun silahkan disampaikan😊😊 dan Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Everything Starts With A Dream;
Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru Kumpulan Soal Seleksi Masuk PTN Yang Harus Dimiliki Siswa dan Guru


Sumber https://www.defantri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belajar Buat Film

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Nah, untuk kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu seputar per-film-an yaitu dalam hal pembuatannya. Sebenarnya butuh waktu lama dalam belajar pembuatan film. Namun disini saya akan share tentang basic-basic dasar saja tapi tetep waaw.

Bagi sobat-sobat, disini kita akan belajar bagaimana cara buat suatu film terutama film pendek. Lhoh kenapa film pendek? ya, untuk sobat-sobat yang baik saya berikan tips pembuatan film pendek soalnya kan produksi rumahan. Kecuali kalau emang produksi besar-besaran seperti Holywood, Waltdisney, dan macam-macam. Mungkin sobat bakalan mesti punya perusahaannya dan belajarnya mesti sama yang ahlinya dan nge-course.

Ok, dah gausah lama-lama lagi. Yang harus diperhatikan pertama itu untuk sobat-sobat yang ingin buat film itu, JENIS/GENRE FILM apakah yang ingin sobat buat. Nah, genre film itu ada macam-macam tergantung sudut pandang. Dalam satu sisi ia berupa fiksi dan non-fiksi. Dalam satu sisi ia animasi dan non-animasi. Untuk genrenya kebanyakan menggunakan genre fiksi, dan genre ini banyak kategori, ada drama, adventure, crime, sci-fi, action dsb. Nah, untuk sobat-sobat yang masih bingung nanti mau buat film ber-genre apa? langsung aja klik disini untuk lebih jelas nya dan sobat bisa milih-milih genre apa yang berminat. Cekidot:


Ok, next sobat sudah punya pilihan kan mau buat film bergenre apa?. Ok selanjutnya kita mulai pembuatannya. Jadi sob, sebelum film tersebut dibuat tentunya harus ada persiapan-persiapan dulu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat dan sebelum membuat sebuah film. Dan ini semua mesti diperhatikan agar kenapa?, supaya dalam pembuatan film kita itu gak susah dan ribet dan juga supaya gak ngandat ditengah jalan. Nah, yuk cekidot disini!


Nah, uda pada tahu kan apa aja yang mesti disiapin dalam pembuatan suatu film? Ok, gan sekarang kita ni kan mau buat short film  alias film pendek sederhana TAPI WOOW. I've the tips! Saya punya tips-tipsnya supaya video agan-agan dan sobat-sobat berjalan mulus dan hasilnya maksimal. Kapan lagi sob! kamu mesti  tahu! Cekidot disini!


Lanjut gan, agan-agan dan sobat-sobat uda pada tau tipsnya?. Sekarang langsung kita belajar TAHAPAN SEDERHANA DALAM PEMBUATAN FILM PENDEK. Agan mesti tahu, sobat pada juga!. Langsung cekitdot:

Untuk sobat yang pengennya short film-nya nampak Waaw dan greget! Saya kasih EKSTRA deeh! lansung dari Zulfan Studio Production™. Nah, saya ingin kasih tahapan pembuatan short film alias film pendek versi EKSTRA-nya. Gak usah lama-lama gan! Cekidot!


Sekali lagi sob! saya nak kasih ekstra, yang lebih mendalam lagi dan lebih serius dan fokus lagi! Cekidot yang ini!


Ok Terus Klik yang di bawah ini!


Ok, sob! mungkin ini yang dapat saya sampaikan. Dan semoga film-film-nya sobat pada bagus dan ok! Oh ya klo bisa ini dipelajari sebaik mungkin! insyaallah, kalau sobat serius film-film nya yang pendek dan sederhana akan lebih Woow tampaknya. Yang mesti sobat ketahui dalam pembuatan film pendek adalah, pesan, kesan, dan amanat yang disampaikan dalam film pendek itu harus mendalam dan menghayati. Itu yang bikin sebuat shot film tersebut ok dimata penonton. Tak mesti harus woow di istana, full effect dan sebagainya. Cuma perlu penghayatan, keseriusan akting dan pesan yang disampaikan yang mendalam aja sudah ok. Dalam satu sisi juga pen-shootongannya dan gambarnya yang sesuai tambah mendukung ok-nya film sobat.

Ok sobat mungkin ini yang dapat saya share, dan bagi sobat yang ingin berkunjung ke gallery video saya bisa langsung cek disini [www.youtube.com/AlMuwahhidunChannel] dan disini [www.youtube.com/zulfanstudio] jangan lupa untuk tombol SUSCRIBE alias LANGGANAN-nya di KLIK Ok!. Hope you enjoy on your job!

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Kenapa sih,,malah jadi beli Mio J?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Meskipun saya bukan ahli menulis, tapi ya Cuma sekedar sharing sedikit aja tentang pengalaman memiliki skuter Yamaha Mio J. Setahun sudah saya berkelana di Pulau Kalimantan ini, sudah hampir setahun juga saya ditemani oleh sahabat saya si skuter Yamaha Mio J. Berbagai daerah di Kalsel ini sudah dijelajahi bersama Yamaha Mio J. Sebelumnya saya tidak terpikir untuk membeli motor matik karena dari dulu sudah terbiasa motor kopling, akan tetapi karena saya bawa isteri ni, so jadi saya nurutin kemauan istri aja yang pengen motor matik...ngidam kali ya...hhhha. Tadinya sempet pikir mau ngambil Yamaha Mio Soul aja, tapi kaga jadi deh karena diancam sama isteri,,hhhhaa, maklum “suami takut isteri”. Lanjut lagi tentang skuter tunggangan saya sehari-hari ini, dari mulai pertama kali bawa ini skuter ke rumah, belum pernah sekalipun mengalami gangguan.  Mesin oke, starter masih oke.

My Mio J
Ni skuter memang tampilannya keren abis bro,,ga terlalu banyak lekukan tajam dan aerodinamis. Dasboard depan pun dibikin lebar ,,so kaki terasa tidak pegal ketika sedang dikendarai,,selain itu nih yang paling penting,,saya bisa naruh belanjaan yang lumayan banyak d depan, klo lg disuruh istri tu juga ke pasar..hhaa. Nih,  saya kasih bukti klo dasboard Yamaha Mio J itu luas,,pertama bawa galon,,next bawa belanjaan dari pasar. Gambarnya bisa lihat dibawah ni
Bawa Belanjaan

Bawa Galon

Dari segi lari,,Yamaha Mio J saya sudah ga diragukan lagi. Dibekali sistem injeksi terbaru Yamaha,, setelah saya tes ni di jalanan belantara kalimantan,,kecepatan tertinggi yg pernah saya tes ,,100 km/jm tembus bro, mantap...udah kaya Lorenzo aja klo lagi balap. Udah nyampe 100 km/jam saya ga mau nambahin lg ,,takut bro,,ntar body saya terbang lagi,,maklum saya kan krempeng bos...haaaa,,ga kaya agung hercules.  Ketika kecepatan 70 km/jam pun ni skutik masih stabil bos, enak pokonya. 

Tes Drive

Dari segi teknologi,,Yamaha Mio J sudah dipasang teknologi YMJET FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Dengan teknologi tersebut konsumsi bensin menjadi lebih efisien namun tenaga tetap joss.  Jadi kesimpulannya skutik Yamaha yang satu ini irit banget, 30 % lebih irit dari sebelumnya jadi yang hobi turing ke daerah-daerah seperti tidak perlu khawatir soal bensin, dijamin ga bakal nguras dompet. Karena masih penasaran, saya lalu searching di mbah Google tentang teknologi Yamaha Mio J ini, dan ternyata ada beberapa komponen baru yang dipasang pada skuter ini yang menjadikan Yamaha Mio J sebagai skuter canggih.
  • Fuel Pump yang lebih kecil, dan kapasitas tangki BBM lebih besar
  • Fuel Injector 4 lubang.
  • MAQS (Modulated Air Quantity Sensor). Fungsinya menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).
  • O2 Sensor, berfungsi menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu ideal. 
  • ISC, Idling Speed Control berfungsi menjaga langsam selalu dalam kondisi ideal.
  • Crank Angle Sensor, memberikan input timing pengapian berdasarkan posisi kruk as.
  • Engine Temperatur Sensor, memberikan suplai bahan bakar yang sesuai dengan kondisi mesin.
  • ECU, Electronic control unit yang menjadi otak sistem injeksi dan pengapian pada Mio J sudah lebih cerdas.
  • Lean Angle Sensor, berfungsi untuk mematikan mesin saat motor terjatuh atau terlalu miring
  • Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet dan tahan lama.
  • Low Friction Engine Technology, artinya struktur mesin Mio J memiliki daya gesek yang rendah sehingga efek panas pada mesin menjadi lebih rendah dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit karena suhu mesin terkontrol dengan baik.


Nah, bagaimana Yamahalovers keren kan teknologi Mio J ini. Memang ga salah bahwa Yamaha Semakin di Depan dan TakTertandingi untuk hal inovasi teknologi motor. Makanya buruan beli Yamaha biar kamu menjadi semakin keren, cepat dan canggih. Sebelumnya, saya mau berikan cuplikan foto saya bersama skuter Mio J ketika berada di salah satu jembatan terindah di Indonesia, Jembatan Barito. Beautiful Indonesia with Yamaha


Narsis di Jembatan Barito

Tahun ini Yamaha juga mengeluarkan varian terbaru dari matik yaitu New Xeon RC. Skuter ini ga kalah juga sama Mio J. Tampilan motornya lebih kekar dan macho, cocok buat laki-laki atau ABG yang jaman sekarang. New Xeon RC ini juga dipasangi mesin canggih bertenaga 125 cc, jadi soal lari dijamin kuenceng. 

Berikut saya tampilkan cuplikan kelincahan Xeon RC bersama Lorenzo mengarungi Indahnya bumi indonesia.



Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tahapan-Tahapan Pembuatan Film

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Dalam pembuatan film-film
Produksi film berjalan dalam tiga tahap:
  • Pra-produksi—Persiapan perekaman dilakukan, yaitu ketika pemeran dan kru film dipekerjakan, lokasi dipilih, dan latar dibangun. Ini juga tahapan ketika ide film diciptakan, hak buku/naskah dibeli, dll.
  • Produksi—Elemen mentah untuk film akhir direkam.
  • Pasca-produksi—Film disuntingl; suara (dialog) produksi sekaligus disunting (namun terpisah), runut musik (dan lagu) digubah, dipentaskan dan direkam, jika film tersebut butuh musik; efek suara dirancang dan direkam; efek 'visual' grafis komputer lainnya ditambahkan secara digital, semua elemen suara dicampurkan menjadi 'stem', kemudian stem dicampurkan dan disejajarkan dengan gambar dan film tersebut akhirnya selesai ("terkunci").
TAHAP PRA PRODUKSI

A. ANALISIS IDE CERITA
Sebelum membuat cerita film, kita harus menentukan tujuan pembuatan film. Hanya sebagai hiburan, mengangkat fenomena, pembelajaran/pendidikan, dokumenter, ataukah menyampaikan pesan moral tertentu. Hal ini sangat perlu agar pembuatan film lebih terfokus, terarah dan sesuai. Jika tujuan telah ditentukan maka semua detail cerita dan pembuatan film akan terlihat dan lebih mudah. Jika perlu diadakan observasi dan pengumpulan data dan faktanya. Bisa dengan membaca buku, artikel atau bertanya langsung kepada sumbernya. Ide film dapat diperoleh dari berbagai macam sumber antara lain:
  • Pengalaman pribadi penulis yang menghebohkan.
  • Percakapan atau aktifitas sehari-hari yang menarik untuk difilmkan.
  • Cerita rakyat atau dongeng.
  • Biografi seorang terkenal atau berjasa.
  • Adaptasi dari cerita di komik, cerpen, atau novel.
  • Dari kajian musik, dll
B. MENYIAPKAN NASKAH SKENARIO
Jika penulis naskah sulit mengarang suatu cerita, maka dapat mengambil cerita dari cerpen, novel ataupun film yang sudah ada dengan diberi adaptasi yang lain. Setelah naskah disusun maka perlu diadakan Breakdown naskah. Breakdown naskah dilakukan untuk mempelajari rincian cerita yang akan dibuat film.

C. MEREKRUT PEKERJA FILM ( CREW )
  • Menyeleksi kru dari tiap departemen.
  • Menentukan kru dari hasil show reel ( report produksi).
  • Menetapkan komposisi kru berdasarkan anggaran.
  • Menyusun tim produksi.
a. Tim Non Artistik yang meliputi :
  • Producer
  • Executive Producer
  • Line Producer
  • Production Manager dan Unit Manager
b. Tim Artistik yang meliputi
  • Sutradara, Asisten Sutradara dan Pencatat Skrip
  • Penata Kamera, Asisten Kamera dan Still Photo
  • Penata Artistik, Penata Rias dan Busana
  • Penata Lampu
  • Penata Suara da Penata Musik
  • Penata Editing
D. MENYUSUN JADWAL DAN BUDGETING
Jadwal atau working schedule disusun secara rinci dan detail, kapan, siapa saja , biaya dan peralatan apa saja yang diperlukan, dimana serta batas waktunya. Termasuk jadwal pengambilan gambar juga, scene dan shot keberapa yang harus diambil kapan dan dimana serta artisnya siapa. Lokasi sangat menentukan jadwal pengambilan gambar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyusun alokasi biaya:
  • Penggandaan naskah skenario film untuk kru dan pemain.
  • Penyediaan kaset video.
  • Penyediaan CD blank sejumlah yang diinginkan.
  • Penyediaan property, kostum, make-up.
  • Honor untuk pemain, konsumsi.
  • Akomodasi dan transportasi.
  • Menyewa alat jika tidak tersedia.
E. HUNTING LOKASI
Memilih dan mencari lokasi/setting pengambilan gambar sesuai naskah. Untuk pengambilan gambar di tempat umum biasanya memerlukan surat ijin tertentu. Akan sangat mengganggu jalannya shooting jika tiba-tiba diusir dipertengahan pengambilan gambar karena tidak memiliki ijin.

Dalam hunting lokasi perlu diperhatikan berbagai resiko seperti akomodasi, transportasi, keamanan saat shooting, tersedianya sumber listrik, dll. Setting yang telah ditentukan skenario harus betul-betul layak dan tidak menyulitkan pada saat produksi. Jika biaya produksi kecil, maka tidak perlu tempat yang jauh dan memakan banyak biaya.

F. MENYIAPKAN KOSTUM DAN PROPERTY
Memilih dan mencari pakaian yang akan dikenakan tokoh cerita beserta propertinya. Kostum dapat diperoleh dengan mendatangkan desainer khusus ataupun cukup membeli atau menyewa namun disesuaikan dengan cerita skenario. Kelengkapan produksi menjadi tanggung jawab tim property dan artistik.
G. MENYIAPKAN PERALATAN
Untuk mendapatkan hasil film/video yang baik maka diperlukan peralatan yang lengkap dan berkualitas. Peralatan yang diperlukan (dalam film minimalis) :
  • Clipboard.
  • Proyektor.
  • Lampu.
  • Kabel Roll.
  • TV Monitor.
  • Kamera video S-VHS atau Handycam.
  • Pita/Tape.
  • Mikrophone clip-on wireless.
  • Tripod Kamera.
  • Tripod Lampu.
H. CASTING PEMAIN
Memilih dan mencari pemain yang memerankan tokoh dalam cerita film. Dapat dipilih langsung ataupun dicasting terlebih dahulu. Casting dapat diumumkan secara luas atau cukup diberitahu lewat rekan-rekan saja. Pemilihan pemain selain diperhatikan dari segi kemampuannya juga dari segi budget/pembiayaan yang dimiliki.

TAHAP PRODUKSI
Produksi adalah proses yang paling menentukan keberhasilan penciptaan sebuah karya film. proses yang dalam kata lain bisa disebut dengan shooting (pengambilan gambar) ini dipimpin oleh seorang sutradara, orang yang paling bertanggung jawab dalam proses ini. orang yang ikut dalam proses ini antara lain kameraman atau DOP (Director Of Photography) yang mengatur cahaya, warna, dan merekam gambar. Artistik yang mengatur set, make up, wardrobe dan lain sebagainya. dan Soundman yang merekam suara.

Tahapan ini dimana hampir seluruh team work mulai bekerja. Seorang sutradara, produser atau line produser sangat dituntut kehandalannya untuk mengatasi kru dalam tiap tahap ini. Beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan adalah :

A. MANAJEMEN LAPANGAN
Manajemen lapangan mencakup beberapa hal, yaitu:
• Manajemen lokasi ( perijinan, keamanan, keselamatan )
• Talent koordinasi ( koordinasi kostum, make up dll )
• Manajemen waktu ( koordinasi konsumsi, kecepatan kerja, penyediaan alat )
• Crew koordinasi ( koordinasi para kru )

Attitude dalam bekerja merupakan hal yang sangat penting. Kesabaran, pengertian dan kerjasama merupakan attitude yang diperlukan untuk mencapai sukses. Berdoa sebelum bekerja dan briefing sebelum memulai merupakan hal yang baik untuk menyatukan semangat, visi dan attitude yang diinginkan. Jangan pernah kehilangan control emosi pada saat syuting. Apalagi semua bekerja dengan keterbatasan waktu.
B. KEGIATAN SHOOTING
Tahap ini adalah tahap dimana kepiawaian sutradara, DOP, dan kru sangat menentukan. Kualitas gambar adalah selalu ingin kita capai. Oleh karena itu penguasaan kamera dan ligthing sangatlah penting. Untuk mencapai hasil maksimal dengan alat yang kita gunakan, ada beberapa hal yang harus kita ketahui.

1. Shooting Outdoor
Shooting outdoor biasa menekan budget, namun harus berhati-hati melakukannya karena sangat bergantung dari keadaan cuaca saat syuting dilakukan. Beberapa yang harus dipersiapkan saat syuting outdoor adalah :
  • cahaya matahari ( hard, soft )
  • reflector ( silver, gold )
  • hujan buatan
  • camera setting ( irish, speed, white balance, focus)
  • crowd control ( working with ekstras )
2. Shooting Indoor
Shooting indoor lebih cepat terkontrol daripada shooting outdoor, namun dibutuhkan peralatan yang cukup lengkap. Antara lain :

penggunaan lighting sederhana
  • penggunaan filter
  • make up
  • pemilihan back ground
  • monitor
3. Visual Efek
Beberapa trik mudah untuk dilakukan untuk membuat video kelihatan lebih menarik antara lain dengan :
  • reserve motion
  • fast motion ( normal lipsync )
  • slow motion (normal lipsync )
  • crhoma key ( blue screen )
Beberapa hal lain pada saat produksi yang juga perlu untuk diperhatikan yaitu :
• makan/ logistik
• sewa peralatan
• film
• transportasi
• akomodasi
• telekomunikasi
• dokumentasi
• medis
C. TATA SETTING
Set construction merupakan bagunan latar belakang untuk keperluan pengambilan gambar. Setting tidak selalu berbentuk bangunan dekorasi tetapi lebih menekankan bagaimana membuat suasana ruang mendukung dan mempertegas latar peristiwa sehingga mengantarkan alur cerita secara menarik.

D. TATA SUARA
Untuk menghasilkan suara yang baik maka diperlukan jenis mikrofon yang tepat dan berkualitas. Jenis mirofon yang digunakan adalah yang mudah dibawa, peka terhadap sumber suara, dan mampu meredam noise (gangguan suara) di dalam dan di luar ruangan.

E. TATA CAHAYA
Penataan cahaya dalam produksi film sangat menentukan bagus tidaknya keualitas teknik film tersebut. Seperti fotografi, film juga dapat diibaratkan melukis dengan menggunakan cahaya. Jika tidak ada cahaya sedikitpun maka kamera tidak akan dapat merekam objek.

Penataan cahaya dengan menggunakan kamera video cukup memperhatikan perbandingan Hi light (bagian ruang yang paling terang) dan shade (bagian yang tergelap) agar tidak terlalu tinggi atau biasa disebut hight contrast. Sebagai contoh jika pengambilan gambar dengan latar belakang lebih terang dibandingkan dengan artist yang sedang melakukan acting, kita dapat gunakan reflektor untuk menambah cahaya.

Reflektor dapat dibuat sendiri dengan menggunakan styrofoam atau aluminium foil yang ditempelkan di karton tebal atau triplek, dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diperhatikan karakteristik tata cahaya dalam kaitannya dengan kamera yang digunakan. Lebih baik sesuai ketentuan buku petunjuk kamera minimal lighting yang disarankan. Jika melebihi batasan atau dipaksakan maka gambar akan terihat seperti pecah dan tampak titik-titik yang menandakan cahaya under.

Perlu diperhatikan juga tentang standart warna pencahayaan film yang dibuat yang disebut white balance. Disebut white balance karena memang untuk mencari standar warna putih di dalam atau di luar ruangan, karena warna putih mengandung semua unsur warna cahaya.

F. TATA KOSTUM (WARDROBE)Pakaian yang dikenakan pemain disesuaikan dengan isi cerita. Pengambilan gambar dapat dilakukan tidak sesuai nomor urut adegan, dapat meloncat dari scene satu ke yang lain. Hal ini dilakukan agar lebih mudah, yaitu dengan mengambil seluruh shot yang terjadi pada lokasi yang sama. Oleh karenanya sangat erlu mengidentifikasi kostum pemain. Jangan sampai adegan yang terjadi berurutan mengalami pergantian kostum. Untuk mengantisipasinya maka sebelum pengambilan gambar dimulai para pemain difoto dengan kamera digital terlebih dahulu atau dicatat kostum apa yang dipakai. Tatanan rambut, riasan, kostum dan asesoris yang dikenakan dapat dilihat pada hasil foto dan berguna untuk shot selanjutnya.
G. TATA RIAS
Tata rias pada produksi film berpatokan pada skenario. Tidak hanya pada wajah tetapi juga pada seluruh anggota badan. Tidak membuat untuk lebih cantik atau tampan tetapi lebih ditekankan pada karakter tokoh. Jadi unsur manipulasi sangat berperan pada teknik tata rias, disesuaikan pula bagaimana efeknya pada saat pengambilan gambar dengan kamera. Membuat tampak tua, tampak sakit, tampak jahat/baik, dll.

TAHAP PASCA PRODUKSI

A. PROSES EDITING
Secara sederhana, proses editing merupakan usaha merapikan dan membuat sebuah tayangan film menjadi lebih berguna dan enak ditonton. Dalam kegiatan ini seorang editor akan merekonstruksi potongan-potongan gambar yang diambil oleh juru kamera.

Tugas editor antara lain sebagai berikut:
  • Menganalisis skenario bersama sutradara dan juru kamera mengenai kontruksi dramatinya.
  • Melakukan pemilihan shot yang terpakai (OK) dan yang tidak (NG) sesuai shooting report.
  • Menyiapkan bahan gambar dan menyusun daftar gambar yang memerlukan efek suara.
  • Berkonsultasi dengan sutradara atas hasil editingnya.
  • Bertanggung jawab sepenuhnya atas keselamatan semua materi gambar dan suara yang diserahkan kepadanya untuk keperluan editing.
B. REVIEW HASIL EDITING
Setelah film selesai diproduksi maka kegiatan selanjutnya adalah pemutaran film tersebut secara intern. Alat untuk pemutaran film dapat bermacam-macam, dapat menggunakan VCD/DVD player dengan monitor TV, ataupun dengan PC (CD-ROM) yang diproyeksikan dengan menggunakan LCD (Light Computer Display). Pemutaran intern ini berguna untuk review hasil editing. Jika ternyata terdapat kekurangan atau penyimpangan dari skenario maka dapat segera diperbaiki. Bagaimanapun juga editor juga manusia biasa yang pasti tidak luput dari kelalaian. Maka kegiatan review ini sangat membantu tercapainya kesempurnaan hasil akhir suatu film.

C. PRESENTASI DAN EVALUASI
Setelah pemutaran film secara intern dan hasilnya dirasa telah menarik dan sesuai dengan gambaran skenario, maka film dievaluasi bersama-sama dengan kalangan yang lebih luas. Kegiatan evaluasi ini dapat melibatkan :
  • Ahli Sinematografi :Untuk mengupas film dari segi atau unsur dramatikalnya.
  • Ahli Produksi Film : Untuk mengupas film dari segi teknik, baik pengambilan gambar, angle, teknik lighting, dll.
  • Ahli Editing Film (Editor) : Untuk mengupas dari segi teknik editingnya.
  • Penonton/penikmat film : Penonton biasanya dapat lebih kritis dari para ahli atau pekerja film.
Hal ini dikarenakan mereka mengupas dari sudut pandang seorang penikmat film yang mungkin masih awam dalam pembuatan film.

Ok, sobat mungkin cuma ini yang dapat saya berikan..yah memang masih basicnya sih. Sebenarnya masih banyak dan panjang, tapi saya rasa untuk basicnya sudah ok! Thanks! selamat berkarya!

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Pengenalan Tahapan Pembuatan Film (Tim & Crew)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Proses Produksi Film dapat dikatakan sebagai sebuah system, artinya antara komponen yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Kegagalan pada salah satu proses akan menyebabkan sulitnya membuat film yang enak ditonton dan mempunyai kesinambungan yang utuh. Proses produksi yang dimulai dari adanya suatu ide yang kemudian dikembangkan dalam bentuk naskah dan akhirnya di visualisasikan menjadi sebuah bentuk film yang kemudian harus di evaluasi untuk mengetahui mutu dari film tersebut melibatkan orang – orang yang kompeten di bidangnya, berdedikasi tinggi dan mempunyai kemampuan untuk bekerjasama dalam tim yang baik.

Sebelum membuat cerita film, kita harus menentukan tujuan pembuatan film. Hanya sebagai hiburan, mengangkat fenomena, pembelajaran/pendidikan, dokumenter, ataukah menyampaikan pesan moral tertentu. Hal ini sangat perlu agar pembuatan film lebih terfokus, terarah dan sesuai. Mengembangkan naskah ke dalam program video siap pakai melalui tahapan-tahapannya : Tahap Pra Produksi, Tahap Produksi, Tahap Pasca Produksi. Dalam produksi film sangat erat kaitannya dengan kerabat kerja atau tim atau crew pelaksana pembuatan film dan deskripsi kerjanya masing-masing. Adapun tim tersebut dapat terdiri atas :

Produser
Sebutan ini untuk orang yang memproduksi sebuah film tetapi bukan dalam arti membiayai atau menanamkan investasi dalam sebuah produksi. Tugas seorang produser adalah memimpin seluruh tim produksi agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama, baik dalam aspek kreatif maupun manajemen produksi dengan anggaran yang telah disetujui oleh executive producer. Dalam menjalankan tugasnya produser di bantu oleh asst. Produser.

Sutradara atau Director 
Orang yang mengontrol tindakan dan dialog di depan kamera dan bertanggung jawab untuk merealisasikan apa yang dimaksud oleh naskah dan produser.

Asst. Director
Seorang asisten sutradara film yang memperhatikan administrasi, hal yang penting sehingga departemen produksi selalumengetahui perkembangan terbaru proses pengambilan film. Ia bertanggung jawab akan kehadiran aktor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan instruksi sutradara.

Art Director
Pengarah artistik dari sebuah produksi.

Floor Director
Seseorang yang bertanggungjawab membantu mengkomunikasikan keinginan sutradara dari master control ke studio produksi.

Script Writer
Bertugas membuat Ide cerita, Pencetus atau pemilik ide cerita pada naskah film.

Penulis scenario
Bertugas menterjemahkan ide cerita ke dalam bahasa visual gambar atau skenario.

Cinematographer (Sinematografer)
Penata Fotografi. Orang yang melaksanakan aspek teknis dari pencahayaan dan fotografi adegan. Sinematografer yang kreatif juga akan membantu sutradara dalam memilih sudut, penyusunan, dan rasa dari pencahayaan dan kamera.

Cameramen
Bertugas mengambil gambar atau mengoperasikan kamera saat shooting.
First Cameraman sering disebut sebagai Penata Fotografi (Director of Photography) atau kepala kameramen, bertanggung jawab terhadap pergerakan dan penempatan kamera dan juga pencahayaan dalam suatu adegan. Kecuali dalam unit produksi yang kecil, Penata Fotografi tidak melakukan pengoperasian kamera selama syuting yang sesungguhnya.
  • Second Cameraman sering disebut sebagai asisten kameramen atau operator kamera, bertindak sesuai instruksi dari kameramen utama dan melakukan penyesuaian pada kamera atau mengoperasikan kamera selama syuting.
  • First Assistant Cameramen sering disebut Kepala Asisten untuk pada operator kamera. Seringkali bertanggung jawab untuk mengatur fokus kamera (untuk kamera film)
  • Second Assistant Cameraman, menjadi asisten operator kamera. 
  • Lighting, Bertugas mengatur Tata cahaya ( pencahayan dalam produksi film. 
Tata musik (Music Director) 
Bertugas membuat atau memilih musik yang sesuai dengan nuansa cerita dalam produksi

Tata Suara dan Sound Recorder
Bertugas membuat atau memilih atau merekam suara dan efek suara yang sesuai dengan nuansa cerita dalam produksi film.

Film Costume Designer
Bertugas membuat atau memilih kostum atau pakaian yang sesuai dengan nuansa cerita dalam produksi film.

Make up Artist
Bertugas mengatur make up yang sesuai dengan nuansa cerita dalam produksi film.

Tata Artistik atau Artistic Director
Bertugas membuat dan mengatur latar dan setting yang sesuai dengan nuansa cerita dalam produksi film.

Editor
Bertugas melakukan editing pada hasil pengambilan gambar dalam produksi film.

Kliper
Bertugas memberi tanda pengambilan shot dalam produksi film.

Script Supervisor, Script Clerk atau Pencatat Adegan
Bertanggungjawab untuk mencatat seluruh adegan dan pengambilan gambar yang diproduksi. termasuk semua informasi yang diperlukan seperti durasi, arah gerakan, pengarahan mimik wajah, penempatan aktor/aktris dan properti, serta gerakan fisik yang harus disesuaikan aktor/aktris dalam semua cakupan yang berurutan untuk kemungkinan pengambilan gambar ulang. Semua informasi ini dimasukkan dalam salinan naskah milik supervisi naskah dan digunakan oleh editor ketika tahap editing. Dalam salinan ini juga dimasukkan catatan dari sutradara untuk editor.

Casting
Bertugas mencari dan memilih pemain yang sesuai ide cerita dalam produksi film.

Agent (Agent Model)
Seseorang yang dipekerjakan oleh satu atau lebih talent agency atau serikat pekerja untuk mewakili keanggotaan mereka dalam berbegosiasi kontrak individual yang termasuk gaji, kondisi kerja, dan keuntungan khusus yang tidak termasuk dalam standard guilds atau kontrak serikat kerja. Orang ini diharapkan oleh para aktor/aktris untuk mencarikan mereka pekerjaan dan membangun karir mereka.

Art Departement
Bagian artistik. Bertanggung jawab terhadap perancang set film. Seringkali bertanggung jawab untuk keseluruhan desain priduksi. Tugasnya biasanya dilaksanakan dengan kerjasama yang erat dengan sutradara dan cameraman.

Dialogue Coach or Dialogue Director
Orang dalam set yang bertanggung jawab membantu para aktor/aktris dalam mempelajari kalimat mereka selama pembuatan film. Mungkin juga membantu pengaturan dialog saat.

Green Departement
Bertanggungjawab untuk menyediakan pepohonan, semak, bunga, rumput, dan benda-benda hidup lainnya baik yang asli maupun buatan dan juga sebagaia ahli dekorasi.

Nah, setelah kita mengenal apa-apa aja perangkat dalam membuat suatu film tersebut. Kini saya ingin bagi-bagi ilmu tentang tahapan pembuatan film. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa dalam membuat film itu melalui tahapan-tahapan : Tahap Pra Produksi, Tahap Produksi, Tahap Pasca Produksi. Nah, mau tau proses-proses pembuatannya? Cekidot sekarang juga disini! Tahapan-Tahanapan Pembuatan Film

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.