Thursday 28 February 2013

Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 13

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Surat al Hujurat : 13


يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌالحجرات

Mufrodat
  • Menjadikan, membuat, menciptakan kalian: خَلَقْنَاكُمْ 
  • Laki-laki, jantan: ذَكَرٍ
  • Perempuan, betina: أنْثَى
  • Membuat, menjadikan, menciptakan kalian : جَعَلْنَكُمْ
  • Beberapa suku yang besar, beberapa bangsa: شُعُوْبًا
  • Bersuku-suku: قَبَا ئِلُ
  • Saling berkenalan: تَعَارَفُوْا
  • Paling Mulia diantara kalian: أَكْرَمَكُمْ
  • Orang yang paling taqwa diantara kalian: أَتْقَاكُمْ
  • Maha Mengenal: خَبِىْرٌ
Terjemah
Artinya :
“Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Asbabun Nuzul (Sebab-sebab turunnya Al Qur’an)
Diriwayatkan oleh Abu Mulaikah, pada saat terjadinya Fathul Makkah (8 H), Rasul mengutus Bilal Bin Rabbah untuk mengumandangkan adzan, ia memanjat ka’bah dan berseru kepada kaum muslimin untuk shalat jama’ah. Ahab bin Usaid ketika melihat Bilal naik keatas ka’bah berkata “segala puji bagi Allah yang telah mewafatkan ayahku, sehingga tidak menyaksikan peristiwa hari ini”.

Harist bin Hisyam berkata “Muhammad menemukan orang lain ke-cuali burung gagak yang hitam ini”, kata-kata ini dimaksudkan untuk men-cemooh Bilal, karena warna kulit Bilal yang hitam. Maka datanglah malaikat Jibril memberitahukan kepada Rasulullah tentang apa yang dilakukan mereka. Sehingga turunlah ayat ini, yang melarang manusia untuk menyombongkan diri karena kedudukannya, kepangkatannya, kekayaannya, keturunan dan mencemooh orang miskin.

Diterangkan pula bahwa kemuliaan itu dihubungkan dengan ketakwaan, karena yang membedakan manusia disisi Allah hanyalah dari ketakwaan seseorang.

Adapun asbabun nuzul yang diriwayatkan oleh Abu Daud tentang peristiwa yang terjadi kepada sahabat Abu Hindin (yaitu sahabat yang biasa berkidmad kepada nabi). rasulullah mengfurus Bani Bayadah untuk menikahkan Abu Hindin dengan gadis-gadis di kalangan mereka. Mereka bertanya “apakah patut kami mengawinkan gadis kami dengan budak-budak?” sehingga turun ayat ini, agar kita tidak mencemooh seseorang karena memandang kedudukannya.

Ayat Qur’an Pendukung (Ayat Munasabah)

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ
(الروم : 22)
“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yangi mengetahu”i.(Ar-Ra'd: 22)

“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, Maka Sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata”

Kandungan atau Tafsir

“Allah sedang memberitahukan kepada manusia Sesungguhnya Dia telah menciptakan manusia dari tubuh satu orang saja, dan menjadikan dari tubuh tersebut pasanganya, mereka adalah adam dan hawa, dan Allah menjadikan manusia itu menjadi beberapa bangsa dan suku, yaitu suku-suku pada umumnya, setelah bersuku-suku di lanjutkan yang lainnya, seperti beberapa bagian, beberapa kabilah, beberapa tempat tinggal, dan lain sebagainya.”

Allah menciptakan manusia dari seorang laki-laki (Adam) dan seorang perempuan (Hawa), dan menjadikannya berbangsa-bangsa, bersuku-suku, dan berbeda-beda warna kuligt bukan untuk saling mencemoohkan, tetapi untuk saling mengenal dan menolong. Allah tidak menyukai orang-orang yang memperlihatkan kesombongan dengan keturunan, kepangkatan atau kekayaan karena yang mulia diantara manusia disisi Allah hanyalah orang yang bertakwa kepada-Nya.

Kebiasaan manusia memandang kemuliaan itu ada sangkut pautnya dengan kebangsaan dan kekayaan. Padahal menurut pandangan Allah, orang yang mulia itu adalah orang yang paling bertakwa kepada Allah. Mengapa manusia saling menolok-olok sesama saudara hanya karena Allah menjadikan mereka bersuku-suku dan berkabilah-kabilah yang berbeda-beda, sedangkan Allah menjadikan seperti itu agar manusia saling mengenal dan saling tolong menolong dan kemaslahatan-maslahatan mereka yang bermacam-macam. Namun tidak ada kelebihan bagi seseorangpun atas yang lain, kecuali dengan taqwa dan keshalihan, disamping kesempurnaan jiwa bukan dengan hal-hal yang bersifat keduniaan yang tidak pernah abadi.
Diriwayatkan pula dari Abu Malik Al-Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, ”sesungguhnya Allah tidak memandang kepada pangkat-pangkat kalian dan tidak pula kepada nasab-nasabmu dan tidak pula pada tubuhmu, dan tidak pula pada hartamu, akan tetapi memandang pada hatimu. Maka barang siapa mempunyai hati yang shaleh, maka Allah belas kasih kepadanya. Kalian tak lain adalah anak cucu Adam. Dan yang paling dicintai Allah hanyalah yang paling bertaqwa diantara kalian,”. Jadi jika kalian hendak berbangga maka banggakanlah taqwamu, artinya barang siapa yang ingin memperoleh derajat-derajat tinggi hendaklah ia bertaqwa. Sesungguhnya Allah maha tahu tentang kamu dan amal perbuatanmu, juga maha waspada tentang hatimu, maka jadikanlah taqwa sebagai bekalmu untuk akhiratmu.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Muhammad, Yusuf. Ensiklopedi Tematis Ayat Al-qur’an dan Hadits Jilid5. Jakarta: Widya cahaya,
Munawir, A. Warson. Al-Munawir, Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 2002.
Mustofa Al-Maraghi, Ahmad. Terjemah Tafsir Al-Maraghi. Semarang : CV. Toha Putra, 1993.
[1] A. Warson Munawir, Al-Munawir, Kamus Arab-Indonesia (Surabaya: Pustaka Progresif, 2002), 488
[2] Ibid., 488
[3] Ibid., 042
[4] Ibid., 196
[5] Ibid., 723
[6] Tanpa nama, Terjemah Alfadzil Qur’an “Al Inayah Lil Mubtadi’in Jilid VIII (juz 25, 26, 27), Jakarta (Yayasan Pembinaan Masyarakat Islam ; Al Hikmah), tt, hal. 145-146
[7] Munawir, Kamus, 920
[8] Tanpa nama, terjemah,, 145-146
[9] Ibid.,
[10] Ibid.,
[11] Departemen agama, Al-qur’an dan tafsir Departemen Agama RI,2009,(Tanpa Kota, Departemen agama). Hal 409
[12] Ibid,.
[13] Ibid.,410
[14] Ahmad Muhammad Yusuf Ensiklopedi Tematis Ayat Al-qur’an dan Hadits, 2009(Jakarta, Widya cahaya), Jilid 5 hal 419
[15] Ibid.,
[16] Abul Fada’ Isma’il Bin Katsir Bin Katsir, tafsir Ibnu Katsir, (tanpa Kota, Ummil Kitab, tt), hal 1979
[17] Ibid, yusuf 419
[18] Ahmad Mustofa Al-Maraghi Terjemah Tafsir Al-Maraghi, (Semarang, CV. Toha Putra, 1993). Hal 235-238

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Penyebaran Fauna Dunia Menurut Wallacea

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Bumi merupakan planet yang terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Saat ini jutaan spesies hewan tersebar di seluruh dunia. Jenis fauna beranekaragam, menyesuaikan diri tergantung habitatnya. Alfred Russel Wallace membagi penyebaran jenis fauna di dunia kedalam 6 zona wilayah, yaitu Australis, Ethiopian, Neartik,  Neotropik, Oriental dan Paleatrik.
1. Zona Australis
Zona ini mencakup wilayah Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku dan pulau-pulau sekitarnya. Beberapa hewan khas wilayah ini antara lain kangguru, koala, platipus, cendrawasih, kasuari dan buaya.
2. Zona Ethiopian
Zona ini mencakup wilayah Benua Afrika, Madagaskar dan Asia Barat. Hewan khas daerah ini antara lain gajah afrika, gorilla, jerapah, zebra, unta, singa, babon dan kudanil.
3. Zona Oriental
Zona ini mencakup wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Wilaya Indonesia yang masuk zona ini adalah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Hewan kas wilayah ini antara lain harimau, badak bercula satu, orangutan, owa, banteng, gajah, bekantan
4. Zona Neartik
Zona in meliputi wilayah Amerika Utara, Kutub Utara dan Greenland. Beberapa hewan khas wilayah ini diantaranya bison, kijang, domba gunung, caribou dan tikus berkantung. 
5. Zona Neotropik
Zona ini meliputi wilayah Amerika Selatan dan Meksiko. Beberapa hewan endemik wilayah ini antara lain piranha, belut listrik amazon, anaconda, kera hidung merah, kelelawar pengisap darah.
6. Zona Paleatrik
Zona ini meliputi wilayah Eropa, Rusia, Britania Raya, Jepang,  Himalaya, Semenanjung Spanyol hingga Laut Mediteran. Beberapa hewan khas wilayah ini antara lain panda, rusa, kucing kutub, kelinci dan beruang.


Penyebaran Fauna Dunia
Gambar:
http://ithinkeducation.blogspot.com



UPDATE QUIPPERIAN
Cape belajar di bimbel biasa?. Mau belajar tambahan tanpa ribet keluar rumah?. Yuk gabung Quipper Video sekarang juga. Quipper Video adalah bimbel online berbasis android dan laptop yang paling ngetop saat ini di Indonesia. Dengan sekali bayar aja, kamu bisa mendapatkan video-video pembelajaran materi lengkap dari SMP, SMA, UN hingga SBMPTN. Yang lebih keren lagi, Quipper masih ada diskon harga lho dengan menggunakan kode diskon dari mitra resmi. Cek di whatsapp saya di bawah untuk dapatkan kode diskonnya. Sumber: Youtube Quipper.
Bumi merupakan planet yang terbentuk sekitar  Penyebaran Fauna Dunia Menurut Wallacea


Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

PENTINGNYA MENGASAH KECERDASAN KERUANGAN (SPATIAL INTELLEGENT) MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari kenampakan fenomena geosfer di permukaan bumi.  Geografi saat ini masuk dalam kurikulum SMA dan masuk rumpun IPS. Melihat  perkembangannya  hingga kini geografi masih menjadi pelajaran yang kurang diminati oleh para siswa. Para lulusan geografi baik yang murni maupun pendidikan (guru) saat ini sulit untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bidang tersebut.  Khusus di bidang pendidikan paling banyak yang dicari adalah kalo tidak IPA ya bahasa inggris. Geografi merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat penting sekali khususnya dalam proses pembangunan. Geografi dapat mengasah kecerdasan keruangan (spatial intellegent) siswa dalam memahami fenomena geosfer. Geografi selalu dimulai dengan melihat lokasi (where) kemudian kenapa fenomena tersebut terjadi (why) dan bagaimana keterkaitannya dengan gejala lain (how ). Bagi para pemangku kebijakan daerah, pemahaman akan konsep geografi ini akan memudahkan pemerintah daerah dalam mengelola suatu daerah. Setiap daerah memiliki karakteristik fisik dan sosial masing-masing dan pembuatan kebijakan daerah tentunya mengacu pada potensi daerah tersebut. Itulah manfaat dari pembelajaran geografi yaitu mengasah kecerdasan keruangan (spatial intellegent) seseorang, yang dikemudian hari dapat dipraktekkan dalam perencanaan pembangunan.
Banjir Jakarta 2013
Saat ini banyak sekali para kepala daerah yang tidak mengerti karakteristik daerahnya sehingga perencanaan pembangunan pun tidak selaras dengan kondisi daerah yang bersangkutan. Misalkan Jakarta yang secara geografi merupakan datran rendah dan menjadi muara lebih dari 17 sungai dari daerah Jabodetabek, pembangunannya tidak memerhatikan aspek ekologisnya. Bangunan liar banyak di tepi sungai, bangunan beton banyak dibangun tanpa AMDAL yang jelas, gorong-gorong yang terlalu sempit dan lain sebagainya. Hal tersebut paling tidak dapat menjelaskan bahwa pemangku kebijakan tidak memiliki atau tidak mengamalkan kecerdasan keruangan (spatial intellegent) yang dipelajari dalam mata pelajaran geografi di sekolah. Jadi geografi bukan hanya sekedar menghapal lokasi-lokasi tertentu akan tetapi yang lebih penting lagi bagaimana kita selaku manusia memperlakukan lokasi tersebut supaya dapat memberikan kenyamanan bagi penduduknya dan menciptakan kesejahteraan bagi penduduk tersebut.
Tuhan sudah menganugerahkan setiap daerah dengan potensi-potensi tertentu yang jika dioptimalkan dengan sebaik mungkin akan memberikan manfaat bagi manusia. Semoga para pembaca menjadi paham akan pentingnya pembelajaran geografi dan nantinya memiliki spatial intellegent yang baik guna menjalankan pembangunan yang berbasis wilayah.
Gambar:
http://www.andalanku.com/wp-content/uploads/2013/01/Bundaran-HI-Terkena-Banjir-Jakarta-2013.jpg

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Wednesday 27 February 2013

Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya.

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya. 

 Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya.




1.     Pengertian FILSAFAT


menurut beberapa tokoh adalah sebagai berikut :

Plato ( 428 -348 SM ) : Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada.



Aristoteles ( (384 – 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.

Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )

Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
 Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )

Notonegoro : Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.

Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.

Sidi Gazalba : Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

Harold H. Titus (1979 ) : (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi; (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan; (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

Hasbullah Bakry : Ilmu Filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.



2.     PENGERTIAN ILMU



M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya


# THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya


# Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.


# NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)


# POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris




3.     Definisi Filsafat Ilmu

1.        Robert Ackermann
Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingn terhadap pendapat-pendapat lampau yang telah dibuktikan atau dalam kerangka ukuran-ukuran yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu demikian bukan suatu cabang yang bebas dari praktek ilmiah senyatanya.
2.        Peter Caws
Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia.
3.        Lewis White Beck
Filsafat ilmu mempertanyakan dan menilai metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
4.        John Macmurray
Filsafat ilmu terutama bersangkutan dengan pemeriksaan kritis terhadap pandangan-pandangan umum, prasangka-prasangka alamiah yang terkandung dalam asumsi-asumsi ilmu atau yang berasal dari keasyikan dengan ilmu.



4.     Ruang lingkup

Bidang garapan Filsafat Ilmu terutama diarahkan pada komponen‑komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

meliputi apa hakikat ilmu itu, apa hakikat kebenaran dan kenyataan yang inheren dengan pengetahuan ilmiah, yang tidak terlepas dari persepsi filsafat tentang apa dan bagai­mana (yang) “Ada” itu (being Sein, het zijn). Paham monisme yang terpecah menjadi idealisme atau spiritualisme, Paham dua­lisme, pluralisme dengan berbagai nuansanya, merupakan paham ontologik yang pada akhimya menentukan pendapat bahkan ke­yakinan kita masing‑masing mengenai apa dan bagaimana (yang) ada sebagaimana manifestasi kebenaran yang kita cari.

meliputi sumber, sarana, dan tatacara mengunakan sarana tersebut untuk mencapai pengetahuan (ilmiah). Perbedaan mengenal pilihan landasan ontologik akan dengan sendirinya mengakibatkan perbedaan dalam menentukan sarana yang akan kita pilih. Akal (Verstand), akal budi (Vernunft) pengalaman, atau komunikasi antara akal dan pengalaman, intuisi, merupakan sarana yang dimaksud dalam epistemologik, sehingga dikenal adanya model‑model epistemologik seperti: rasionalisme, empirisme, kritisisme atau rasionalisme kritis, positivisme, feno­menologi dengan berbagai variasinya. Ditunjukkan pula bagai­mana kelebihan dan kelemahan sesuatu model epistemologik be­serta tolok ukurnya bagi pengetahuan (ilmiah) itu seped teori ko­herensi, korespondesi, pragmatis, dan teori intersubjektif.

meliputi nilal‑nilal (values) yang bersifat normatif dalam pemberian makna terhadap kebenaran atau ke­nyataan sebagaimana kita jumpai dalam kehidupan kita yang menjelajahi berbagai kawasan, seperti kawasan sosial, kawasansimbolik atau pun fisik‑material. Lebih dari itu nilai‑nilai juga ditunjukkan oleh aksiologi ini sebagai suatu conditio sine qua non yang wajib dipatuhi dalam kegiatan kita, baik dalam melakukan penelitian maupun di dalam menerapkan ilmu.
Dalam perkembangannya Filsafat llmu juga mengarahkan pandangannya pada Strategi Pengembangan ilmu, yang menyangkut etik dan heuristik. Bahkan sampal pada dimensi ke­budayaan untuk menangkap tidak saja kegunaan atau keman­faatan ilmu, tetapi juga arti maknanya bagi kehidupan


Sumber https://manusiapinggiran.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Definisi Hukum Internasional menurut teori Jhon Austin, Hugo de Groot, George Jellinek, Zorn, Has Kalsen, Founchille, dkk.

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Definisi Hukum Internasional menurut teori Jhon Austin, Hugo de Groot, George Jellinek, Zorn, Has Kalsen, Founchille, dkk.

1.      John Austin (1790-1859).
Dia menyatakan, bahwa hukum internasional bukanlah merupakan kaidah atau norma hukum, melainkan hanya merupakan etika dan norma kesopanan internasional saja. Pandangannya ini didasarkan pada pemahamannya tentang hukum pada umumnya. Hukum dipandang sebagai perintah, yakni perintah dan pihak yang menguasai kepada pihak yang dikuasai. Pihak yang menguasai atau disebut penguasa, memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pihak yang dikuasai. Pihak yang berkuasa memiliki kedaulatan, yang salah satu manifestasinya adalah kekuasaan membuat hukum, melaksanakan, dan memaksakan terhadap pihak yang dikuasainya. Hal ini berarti, bahwa apa yang disebut hukum hanyalah perintah yang berasal dan penguasa yang berdaulat tadi. Jika suatu peraturan tidak berasal dan penguasa yang berdaulat, peraturan semacam itu bukanlah merupakan hukum, melainkan hanyalah norma moral belaka, seperti norma kesopanan dan norma kesusilaan.
John Austin, hukum internasional itu bukanlah hukum melainkan sekadar aturan-aturan moral positif (rules of positive morality).

2.      Hugo de Groot (Dalam mahzab Hukum Alam)
Hugo de Groot (Grotius) dalam bukunya De Jure Belli ac Pacis (perihal Perang dan Damai) mengemukakan, bahwa hukum dan hubungan internasional didasarkan pada kemauan bebas atau hukum alam dan persetujuan beberapa atau semua negara. Ini ditujukan demi kepentingan bersama dari mereka yang menyatakan diri di dalamnya.
hukum internasional hanyalah bagian dan hukum alam, yakni hukum alam yang berlaku dalam masyarakat bangsa-bangsa atau masyarakat internasional. Oleh karena itu, hukum internasional-pun juga mempunyai sifat dan kekuatan mengikat yang sama seperti hukum alam.

3.     George jellinek (Dalam mahzab Hukum Positif)
hukum internasional itu bukanlah sesuatu yang lebih tinggi dari kemauan negara (hukum nasional) tetapi merupakan bagian dari hukum nasional (c.q. hukum tata negara) yang mengatur hubungan luar suatu negara (auszeres Staatsrecht).

4.     Zorn (Dalam mahzab Teori Kehendak Negara)
yang berpendapat bahwa hukum internasional itu tidaklah lain dan pada hukum tata negara yang mengatur hubungan luar suatu negara. Hukurn Internasional bukan suatu yang lebih tinggi yang mempunyai kekuatan mengikat diluar kemauan negara

5.     Kelsen (Dalam mahzab Wina)
ada dan mengikatnya kaidah hukum internasional didasarkan oleh ada dan mengikatnya kaidah hukum lain yang lebih tinggi. Ada dan mengikatnya kaidah hukum yang lebih tinggi itu didasarkan oleh ada dan mengikatnya kaidah hukum yang lebih tinggi lagi. Demikian seterusnya hingga sampai pada suatu puncak piramida  kaidah-kaidah hukum yang dinamakan kaidah dasar (grundnorm) yang tidak lagi dapat dijelaskan secara hukum melainkan harus diterima adanya sebagai hipotesa asal (ursprungshypothese).  Menurut Kelsen, kaidah dasar dari hukum internasional itu adalah prinsip atau asas pacta sunt servanda.

6.     Founchille (Dalam mahzab Prancis)
dasar mengikatnya hukum internasional itu, sebagaimana halnya dasar mengikatnya setiap hukum, terdapat dalam kenyataan sosial yaitu pada kebutuhan manusia untuk hidup bermasyarakat.  

demikian artikel tentang Definisi Hukum Internasional menurut teori Jhon Austin, Hugo de Groot, George Jellinek, Zorn, Has Kalsen, Founchille, dkk.

Sumber https://manusiapinggiran.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

KARAKTERISTIK SIFAT MANUSIA : PLEGMATIS, SANGUINIS, KOLERIS, MELANKOLIS

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Karakteristik sifat manusia paling mendasar terbagi menjadi 4 bagian. Plegmatis, Sanguinis, Koleris, dan Melankolis. Masing - masing karakter tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Karakter sifat manusia inilah yang biasanya menjadi dasar pemikiran cara seseorang untuk mengambil langkah dalam suatu tindakan misalnya cara bersosialisasi kepada orang lain, cara berbisnis, dan lain-lain. Pengenalan karakter ini juga sangat penting bagi seseorang untuk meminimalkan sifat negatif dan memaksimalkan sifat positif yang dimilikinya.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang 4 dasar karakteristik sifat manusia, mulai sifat - sifat kelebihan dan kekurangannya.

Karakteristik Sifat Plegmatis

Plegmatis dijuluki "pecinta kedamaian" atau seseorang yang selalu tenang, cukup diam dan tertutup, namun Plegmatis tidak menuntut lambat dan kalem. Orang yang bersifat plegmatis ini adalah teman yang menyenangkan, mereka mempunyai bakat diplomat dan disukai oleh anak-anak. Tipe ini juga cukup mempunyai daya humor dan tidak sulit mengatakan maaf apabila melakukan kesalahan.

KELEBIHAN
Beberapa kelebihan karakter sifat Plegmatis antara lain :
- Orang Plegmatis cenderung santai, tenang dan mudah beradaptasi
- Bijaksana, tidak banyak bicara, simpatik dan baik hati
- Mereka penengah masalah yang baik dan pendengar yang setia
- Mudah rukun, senang mengawasi, peduli, dan cenderung berusaha menemukan cara yang mudah
- Mereka hebat dibidang administrasi, dan ingin segala sesuatunya berjalan dengan terencana (terorganisasi)
- Suka damai dan mudah untuk diajak rukun.

KEKURANGAN
Walaupun mempunyai kelebihan, Plegmatis juga mempunyai beberapa kekurangan.
- Mereka cenderung kurang antusias terhadap hal hal baru dan kurang berorientasi pada tujuan.
- Orang dengan sifat Plegmatis biasanya terlalu pemalu, pendiam, dan sulit untuk memotivasi diri
- Kadang humornya terlalu kering dan bersifat mengejek
- Mereka lebih suka menghindari konflik dan tanggung jawab
- Tipe ini juga lebih suka menjadi penonton daripada orang yang terlibat
- Suka menggantungkan masalah dan menunda nunda
- Cepat menyerah bila dalam keadaan sulit.

Karakteristik Sifat Sanguinis

Sanguinis dijuluki "Yang terpopuler" atau terkenal. Berlawanan dengan sifat Plegmatis, orang yang bertipe Sanguinis ini sangat terbuka bahkan karena keterbukaannya tipe ini juga bisa disebut super duper terbuka. Tipe ini lebih adalah tipe orang yang banyak bicara, banyak teman dan suka bergaul. Mereka lebih suka menikmati hari ini daripada memikirkan hari esok, tipe ini juga bukanlah pemikir berat. Mereka lebih mengedepankan keputusan secara emosional daripada hal yang rasional. Sanguinis adalah orang gembira, senang hatinya, dan bisa menjadi penyemangat orang lain.

KELEBIHAN
Beberapa kelebihan karakter Sanguinis antara lain :
- Tipe ini cukup antusias, ekspresif, dan penuh dengan rasa ingin tahu
- Mudah berubah dalam artian banyak kegiatan / keinginan
- Cekatan dalam mengambil inisiatif dan menyukai hal hal yang spontan
- Orang berkarakter Sanguinis ini berhati tulus dan cenderung kekanakan
- Mempunyai rasa optimis yang sangat tinggi dan juga persuasif
- Mampu menginspirasi orang lain.

KEKURANGAN
Kekurang yang cenderung dimiliki oleh Sanguinis :
- Tipe ini kurang bisa fokus, kurang bisa konsisten, dan pelupa
- Sangat mudah ikut ikutan atau sering dikendalikan oleh keadaan
- Cukup egois dan ia bukanlah pendengar yang baik
- Lebih banyak bicara dari pada bekerja
- Sering mengambil permasalahan orang lain dan seolah-olah menjadi masalahnya (ikut campur)
- Konsentrasi untuk uang lebih cenderung konsumtif.

Karakteristik Sifat Koleris

Yang ketiga dalam karakteristik sifat manusia adalah Koleris. Koleris yang disebut juga dengan si Kuat merupakan karakter yang mampu memotivasi orang lain, dan pekerja keras. Mereka adalah orang yang super aktif, ambisius, keras, dan berpendidikan keras. Tipe ini cukup terbuka namun tidak seterbuka Sanguinis. Koleris merupakan seorang yang mempunyai disiplin kerja yang tinggi, kadang mereka mendapat reputasi dengan memperalat orang lain.

KELEBIHAN
Kelebihan karakter koleris ini antara lain :
- Berani, sistematis, mempunyai strategi dan berani mengambil resiko
- Bergerak cepat dan mampu menghadapi tantangan
- Suka tantangan dan mau memimpin atau mengorganisir
- Tidak begitu perlu dengan teman, fokus pada produktivitas yang bagus
- Mempunyai visi kedepan dengan pedoman hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik lagi dari hari ini
- Mandiri, dan Rasional

KEKURANGAN
Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Koleris :
- Tidak bisa sabar, cepat marah, dan menyukai kontroversi / pertengkaran
- Tipe ini mudah panik dan selalu menggampangkan
- Mereka bukanlah orang yang bisa diajak untuk bersantai (Workaholics)
- Jika mereka salah akan sulit untuk mengaku salah dan meminta maaf
- Tidak bisa merasakan perasaan orang lain (empati), rasa kasihannya terhadap beban orang orang lain sangat minim, karena perasaan mereka kurang bermain.


Karakteristik Sifat Melankolis

Karakter yang terakhir adalah Melankolis, tipe ini merupakan karakter yang paling berbakat dari semua karakter. Melankolis pada dasarnya memiliki perilaku tertutup, namun memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Mereka dilahirkan sebagai orang yang perfeksionis, dan bersifat estetis sehingga bisa lebih menghargai seni dari pada karakter yang lain. Orang Melankonis mempunyai sifat yang mau mengorbankan diri sendiri, serius, dan takut akan kegagalan. Tetapi tipe ini lebih cenderung suka murung dan mudah putus asa. Mereka tidak suka menonjolkan diri sendiri alias low profiile dan suka bermain (puas) dibelakang layar. Tipe ini lebih bisa menghargai kehidupan daripada tipe yang lain.

KELEBIHAN
Kelebihan karakter Melankolis :
- Analisis, Kreatif, penuh fikiran dan ide ide
- Pemikir, romantis, dan sensitif
- Tipe karakter ini adalah artistik dan musikal
- Senang membuat perincian, hemat, teratur, dan tertib
- Mau mendengarkan keluhan orang lain, setia, dan sangat memperhatikan orang lain
- Mempunyai standar yang tinggi, jika memulai sesuai maka akan dituntaskan
- Sangat diperhatikan orang dan kreatif dalam mencari solusi pemecahan masalah
- Berhati hati dalam memilih kawan

KEKURANGAN
Meskipun karakter Melankolis adalah karakter yang paling berbakat, namun ia juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya :
- Mudah murung dan tertekan karena cenderung melihat masalah dari sisi negatifnya
- Melankolis adalah seorang yang cukup pendendam dan suka mengingat kenegatifan
- Mempunyai rasa curiga yang berlebihan dan tertekan pada situasi yang tidak sempurna
- Tipe ini adalah tukang kritik, tetapi sensitif jika ada kritik balik kepadanya
- Mempunyai standar yang tinggi, sulit untuk dibuat senang, dan sulit bersosialisasi
- Terlalu banyak membuang waktu untuk merencanakan dan menganalisa (jika.. jika.. jika...)
- Mudah sekali dikuasai perasaan.

Selain 4 karakteristik sifat manusia dasar diatas, masih ada lagi yakni "karakter kombinasi" yang artinya satu individu mempunyai dua karakter sekaligus, walaupun demikian tetap saja satu karakter akan menjadi dominan dan karakter lain hanya sebagai karakter pendukung. Seperti halnya contoh seorang anak yang berkarakter seperti ayahnya namun dididik oleh ibunya ataupun sebaliknya. Bisa jadi anak ini mempunyai karakter kombinasi dengan satu karakter yang paling dominan.

Demikianlah Artikel mengenai pembahasan singkat karakteristik sifat manusia. Dengan mengetahui karakteristik dan kemampuan yang telah ada dalam diri kita sendiri, maka segala langkah yang dituju dalam berbisnis, bersosialisasi atau apapun diharapkan akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Lihat juga : Sifat & karakter manusia berdasarkan golongan darah.
Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tuesday 26 February 2013

Kriteria SMA dan SMK Penerima DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kriteria SMA dan SMK Penerima DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran  Kriteria SMA dan SMK Penerima DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013
Berikut ini Informasi tentang Kriteria SMA dan SMK Penerima DAK Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013. Informasi ini kami ambil dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2013 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 yang dapat anda unduh di link:
http://dikmen.kemdiknas.go.id/dak2013/PERMENDIKBUD_DAK2013.pdf
Kutipannya antara lain : (lampiran halaman 3-4)
Kriteria Umum:
1. Diprioritaskan bagi sekolah yang mempunyai jumlah siswa yang cenderung stabil atau meningkat;
2. Sekolah memiliki kepala sekolah definitif;
3. Khusus untuk sekolah yang dikelola oleh masyarakat harus memiliki izin operasional dan diprioritaskan bagi sekolah yang sudah memiliki status akreditasi;
4. Bangunan sekolah berada di atas lahan milik sendiri (milik Pemerintah Daerah untuk sekolah negeri, milik yayasan untuk sekolah swasta) yang dibuktikan dengan sertifikat atau bukti peralihan hak (akte jual beli, akte hibah dan/atau akte peralihan hak) yang disahkan oleh pejabat yang berwenang; dan
5. Sekolah telah mengisi data dalam sistem pendataan online yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.
Adapun situs pendataan online
:
http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id.

Berikut Kutipan Permen Nomor 8 tahun 2013

Sumber https://www.smk-grobogan.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Pengertian FILSAFAT menurut beberapa tokoh

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian FILSAFAT menurut beberapa tokoh di bawah ini diambil dari berbagai sumber buku dan ditambah dari berbagai  sumber diinternet. Sebenarnya masih banyak tokoh filsafat yang mendefinisikan filsafat berdasarkan pendirian mereka masing-masing, tapi saya hanya mengambil 14 pengertian filsafat dari 14 tokoh ahli filsafat saja.

Pengertian FILSAFAT menurut beberapa tokoh adalah sebagai berikut :

Plato ( 428 -348 SM ) : Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada.

Aristoteles ( (384 – 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.

Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )

Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.

  1. Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
  2. Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
  3. Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
  4.  Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi ) 
Notonegoro : Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.

Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.

Sidi Gazalba : Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

Harold H. Titus (1979 ) : (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi; (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan; (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

Hasbullah Bakry : Ilmu Filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.

Prof. Mr.Mumahamd Yamin : Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.

Prof.Dr.Ismaun, M.Pd. : Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yang sejati.

Bertrand Russel : Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi , filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan;namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu

Semoga pengertian-pengertian filsafat  di atas dapat membantu dan bermanfaat. Sekian dari kami posting tentang Pengertian FILSAFAT menurut beberapa tokoh.

sumber :

Sumber https://manusiapinggiran.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Khutbah Terakhir Nabi Muhammad

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

9 ZULHIJJAH TAHUN 10 HIJRIYAH, DI LEMBAH URANAH, GUNUNG 'ARAFAH

"Wahai manusia dengarlah baik-baik apa yang hendak ku katakan !!! Aku tidak mengetahui apakah aku dapat bertemu lagi dengan kamu semua selepas tahun ini. Oleh itu dengarlah dengan teliti kata-kataku ini dan sampaikanlah ia kepada orang-orang yang tidak dapat hadir di sini pada hari ini.

Wahai manusia, sepertimana kamu menganggap bulan ini dan kota ini sebagai suci maka anggaplah jiwa dan harta setiap orang Muslim sebagai amanah suci. Kembalikan harta yang diamanahkan kepada kamu kepada pemiliknya yang berhak.

Janganlah kamu sakiti sesiapapun agar orang lain tidak menyakiti kamu pula. Ingatlah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui Tuhan kamu dan Dia pasti akan membuat perhitungan atas segala amalan kamu. Allah telah mengharamkan riba', oleh itu segala urusan yang melibatkan riba' hendaklah dibatalkan mulai sekarang.

Berwaspadalah terhadap syaitan demi keselamatan agama kamu. Dia telah berputus asa untuk menyesatkan kamu dalam perkara-perkara besar maka berjaga-jagalah supaya kamu tidak mengikutinya dalam perkara-perkara kecil.

Wahai manusia, sebagaimana kamu mempunyai hak atas para isteri kamu, mereka juga mempunyai atas kamu. Sekiranya mereka menyempurnakan mereka ke atas kamu maka mereka juga berhak untuk diberi makan dan pakaian dalam suasana kasih sayang.

Layanilah wanita-wanita kamu dengan baik! dan berlemah lembutlah terhadap mereka kerana sesungguhnya mereka adalah teman dan pembantu kamu yang setia. Dan hak kamu ke atas mereka ialah mereka sama sekali tidak boleh memasukkan orang yang kamu tidak sukai ke dalam rumah kamu dan dilarang melakukan zina.

Wahai manusia, dengarlah bersungguh-sungguh kata-kataku ini. Sembahlah Allah, dirikanlah solat lima kali sehari, berpuasalah di Bulan Ramadhan, tunaikanlah zakat dan harta kekayaan kamu dan kerjakanlah ibadah haji sekiranya mampu.

Ketahuilah bahawa setiap Muslim adalah saudara kepada Muslim yang lain. Kamu semua adalah sama; tidak ada seorangpun yang lebih mulia dari yang lainnya kecuali dalam taqwa dan amal soleh.

Ingatlah bahawa kamu akan mengadap Allah pada suatu hari untuk dipertanggungjawabkan atas segala apa yang telah kamu lakukan. Oleh itu, awasilah tindak-tanduk kamu agar jangan sekali-kali kamu terkeluar dari landasan kebenaran selepas ketiadaanku.

Wahai manusia, tidak ada lagi Nabi atau Rasul yang akan datang selepasku dan tidak akan lahir agama baru. Oleh itu wahai manusia, nilailah dengan betul dan fahamilah kata-kataku yang telah disampaikan kepada kamu.

Sesungguhnya aku tinggalkan kepada kamu dua perkara yang sekiranya kamu berpegang teguh dan mengikuti kedua-duanya nescaya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya. Itulah Al-Quran dan Sunnahku.

Hendaklah orang-orang yang mendengar ucapanku ini menyampaikannya pula kepada orang lain dan hendaklah orang yang lain itu menyampaikannya pula kepada orang lain dan begitu seterusnya.

Semoga orang yang terakhir yang menerimanya lebih memahami kata-kataku ini dari mereka yang mendengar terus dariku. Saksikanlah Ya Allah, bahawasanya aku telah sampaikan risalah-Mu kepada hamba-hamba- Mu. "

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ternyata Kerja Otak Lebih Aktif Saat Shalat atau Berdoa

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Hasil penelitian terbaru terungkap kerja otak lebih aktif saat seseorang berdoa atau shala Ternyata Kerja Otak Lebih Aktif Saat Shalat atau Berdoaarrahmah.com)

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Windows Phone Termurah, Nokia Lumia 520

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Nokia kembali meluncurkan varian terbaru dari Lumia yaitu Lumia 520. Nokia ini dirilis untuk menjangkau konsumen tingkat menengah kebawah. Nokia Lumia 520 sudah dilengkapi dengan sistem operasi windows 8. Nokia ini dijual degan harga kisaran 1,7 juta rupiah. Fitur yang ditancapkan pada Lumia ini lumayan komplit.

Lumia 520 tersedia dalam warna kuning, biru, merah, putih dan hitam. Untuk kamera dipasang dibelakang sebesar 5 MP tanpa kamera depan. Ukuran layar yaitu 4 inci tipe LCD WVGA, RAM 512 MB dan internal memory 8 GB dengan tambahan external memory. Untuk spesifikasi umum dapat dilhat pada gambar dibawah ini>





  • Main camera sensor: 5 MP
  • Display size: 4''
  • Processor name: Snapdragon™ S4
  • Maximum 3G talk time: 9.6h
  • Maximum 3G standby time: 360h
  • Music playback time: 61h

Sumber: Kompas, nokia.com
Gambar:
http://cdn.pocket-lint.com/images/KFKW/new-nokia-520-and-720-models-leak-1.jpg

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Monday 25 February 2013

FUNGSI SAKU KECIL CELANA LEVI'S

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pernahkah Anda berfikir kenapa celana Jeans merk Levis selalu ada saku kecil dibagian atas saku kanan ? Mungkin banyak yang belum tahu tentang fungsi saku kecil celana Levis ini. Memang secara sekilas saku kecil ini tak ada fungsinya, atau hanya sekedar model tempelan saku agar terlihat stylis dan keren.

Namun, Tahukah Anda sejarah dibuatnya saku kecil pada celana Jeans merk Levis ?
Begini awalnya.. Pada awal tahun 1880 seorang yang bernama Levi Strauss mempopulerkan sebuah Celana Jeans, saat itu usianya baru sekitar dua puluh tahunan. Ia adalah seorang pedagang pakaian yang mengadu nasib di San Fransisco, AS. Walaupun pada masa itu tekstil Jeans pertama kali diproduksi di Italia, namun Jeans lebih dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss.

Pada saat itu AS sedang dilanda demam emas, Levis mencoba menjual dagangannya ke California. Akan tetapi sesampainya disana barang dagangannya habis, hanya tersisa sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Dengan pikiran kreatifnya kain ini dipotong dan dibuat menjadi beberapa buah celana yang dijual pada para pekerja tambang emas. Alhasil banyak penambang emas yang menyukai celana jeans buatan Levi Strauss karena menurutnya, celana itu tahan lama, awet, dan tak mudah koyak. Kemudian Strauss menyempurnakan celana Jeansnya dengan memesan bahan tekstil dari Genoa, Italia yang bernama 'Genes', kemudian oleh Strauss diubah menjadi 'Blue Jeans'.

Produk pertama celana Jeans Levi memang dikhususkan bagi para penambang, dengan lima saku, 2 dibelakang, dan 3 didepan dengan 1 saku kecil diatas saku kanan. Fungsi saku kecil celana levis ini sebenarnya untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Ya.. karena memang dikhususkan untuk penambang emas, jadi saku kecil bukan untuk bergaya ria seperti model-model jeans sekarang ini.

Saat itu Levi mulai melirik pabrik celana Jeans untuk lebih mengembangkan bisnisnya dengan menggaet pengusaha sukses Jacob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 akhir, kerja sama itu melahirkan pabrik jeans pertama, dengan produk desain meraka yang pertama bernama 'Levi's 501'.

Celana buatan Straus tersebut sempat dinobatkan sebagai celana resmi penambang, mereka menyebutnya dengan "Those Pants Of Levi's" atau celana si Levi. Sebutan inilah yang akhirnya menjadikan merk dagang celana Jeans Levi's.

Demikianlah artikel singkat tentang fungsi saku kecil celana Levis dan asal usulnya. Walaupun sekarang celana Jeans merk ini dibuat dengan berbagai model dan bukan hanya untuk penambang, namun saku kecil yang imut imut ini tetap ada. Tentu saja fungsinya bukan sebagai tempat untuk menyimpan butiran emas lagi. Mungkin juga bisa digunakan untuk menyimpan permen atau uang :-).
Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.