iTapuih.com - 50 Soal Bahasa Inggris Untuk Berbagai Tingkatan. Pertemuan kali ini saya akan memberikan 50 Soal Bahasa Inggris berupa Text dengan jenis True or False Test. Soal-soal berikut ini terdiri dari 3 text, masing-masing Text dikelompokkan berdasarkan tingkatan Primary (Mudah), Junior (Medium) and Senior (Sulit). Anda bisa memilih tingkatan mana yang ingin anda kuasai, untuk melihat kunci jawabannya anda bisa mengklik "Box drop down" dibagian kanan soal, disana anda akan menemukan apakah statement-nya True (benar) atau False (salah).
Primary
My Activity
On Sunday, Johny gets up at 10 o'clock. Then he reads his newspaper in the kitchen. He has breakfast at 11.30 and then he telephones his mother in Scotland.
In the afternoon, at 1.00, Johny plays tennis with his sister and after that, they eat dinner in a restaurant. At 6.00, Johny swims for one hour and then he goes by bike to his brother´s house. They talk and listen to music.
Johny watches television in the evening and drinks a glass of Jack Daniel's whiskey. He goes to bed at 11.30.
Read the text first, choose the following statements True or False!
Demikan artikel tentang 50 Soal Bahasa Inggris Untuk Berbagai Tingkatan. Silahkan share artikel ini jika menurut anda dapat membantu dalam meningkatkan skill Bahasa Inggris.
Sumber https://www.itapuih.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Materi PKn Kelas 8 SMP Semester 1/2 Lengkap - Bertepatan besok tanggal 1 Juni yang telah dikenal sebagai hari lahirnya pancasila maka pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi PKn, ada apa dengan materi PKn? Karena materi pelajaran PKn merupakan salah satu pelajaran yang materi-nya mengupas sejarah lahirnya pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sendiri merupakan pendidikan yang mampu memupuk peserta didik untuk cinta terhadap tanah air yaitu indonesia.
Materi PKn Kelas 8 SMP/MTs Lengkap - Dalam materi PKn di kelas 8 ini terdapat 5 bab yang masing-masing bab memiliki pembahasan yang berbeda-beda namun saling terkait. Berikut rincian materi PKn kelas 8 SMP semester 1 dan 2 yang bisa anda unduh atau download.
Semoga materi pelajaran PKn yang saya bagikan melalui blog sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dan pendidik dan dapat pula memupuk rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa yang bangsa indonesia. Selamat belajar semoga sukses. Sumber https://www.bukupaket.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Pengertian Majas Ironi dan Contohnya – Tahukah kamu apa majas ironi itu? Majas ironi adalah salah satu majas yang kita jumpai dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pada sebuah karya sastra, majas ironi sering digunakan untuk memperkaya gaya bahasa supaya menjadi lebih indah. Setiap majas mempunyai ciri-ciri yang membedakan antara majas satu dengan yang lainnya. Pembeda setiap majas inilah yang digunakan untuk mengenali/ mengidentifikasi majas tersebut. Majas ironi ini pastinya mempunyai perbedaan dengan majas yang lain seperti penyampaian makna pada saat diterapkan dalam kalimat dan juga dalam hal pemilihan kata. Untuk itu dalam blog membahas secara rinci tentang majas ironi, supaya anda bisa mengenali majas ironi dengan baik. Dalam pembahasan ini tidak hanya kami bahas pengertian majas ironi secara rinci saja tetapi ada juga contoh majas ironi sebagai pelengakap pemahaman anda.
Kata Ironi berasal dari kata dalam bahasa Yunani "eironeia" yang artinya “berpura-pura tidak mengerti”. Majas ironi adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan makna yang berlawanan (memberikan sindiran). Majas ironi dalam menyatakan sesuatu menyatakan kebalikan dari maksud yang sebenaranya terjadi. Bisa juga dikatakan kalau majas ironi itu sifatnya menutup-nutupi dan menyembunyikan. Karena menyembunyikan makna sebenarnya maka majas ironi bisa juga disebut sebagai praktik kepura-puraan. Makna yang dimaksudkan dalam majas ironi bertentangan dengan apa yang diucapkan/ dikatakan. Ironi sifatnya halus namun bisa juga memberikan pernyataan makna yang kasar. Pengelompokan Majas ironi ini dikelompokkan dalam majas sindiran atau pertentangan.
Supaya anda lebih memahami apa itu majas ironi, di bawah ini kami berikan beberapa contoh majas ironi yang bisa menambah pembahaman anda, silahkan diperhatikan:
Contoh Majas Ironi 1 "Enak sekali masakan yang kamu buat ini, rasanya pedas dan asin sekali" Kalimat tersebut bertentangan pada kata enak sekali dengan kata pedas dan asin sekali, sehingga disebut dengan majas ironi.
Contoh Majas Ironi 2 "kelakuanmu begitu baiknya sampai-sampai orang tuamu menagis karena ulahmu" Kalimat tersebut menyatakan makna sindiran yang bertentangan, sehingga disebut majas ironi.
Contoh Majas Ironi 3 "Bagusnya tulisanmu sampai-sampai aku tidak bisa membaca" Contoh kalimat tersebut merupakan sindiran sehingga disebut majas ironi.
Contoh Majas Ironi 4 "Kamu datang ke sini cepat sekali sehingga para tamu undangan sudah pulang" Kalimat tersebut termasuk majas ironi karena pada kalimat tersebut mempunyai maksud sindiran.
Apakah teman-teman masih bingung memilih Perguruan Tinggi yang akan dijadikan tempat untuk menimba ilmu setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) ? Salah satu Perguruan Tinggi yang bisa dijadikan sebagai referensi teman-teman untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan adalah Universitas Trisakti.
Universitas Trisakti merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Universitas ini terletak di pusat kota Jakarta yang tepatnya di Jl. Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat.
Berikut ini kami akan menyajikan informasi mengenai pendaftaran PMB, PSSB dan USM di Universitas Trisakti.
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Ujian Saringan Masuk (USM)
Pendaftaran USM dilakukan secara online dengan menyiapkan lampiran berupa :
User account Email Pendaftaran aktif sebagai user Pendaftaran Mahasiswa Baru
1 lembar pas foto 4 x 6 terbaru dengan latar belakang biru
1 lembar kartu identitas (Kartu Pelajar/KTP) atau fotokopinya
Melampirkan surat keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa dari FK, FKG, FTI, FTSP (khusus Program Studi Arsitektur), FTKE, FALTL dan FSRD
Siapkan dan scan semua persyaratan di atas
Prosedur
Buka browser internet
Kunjungi alamat : trisakti.ac.id, klik PMB Online, atau bisa juga langsung mengunjungi alamat : spmb.trisakti.ac.id
Isi semua form data pendaftaran
Upload / unggah dokumen persyaratan yang telah di scan
Download / unduh dan cetak dokumen validasi bank yang berisikan nomer formulir/nomor pendaftaran
Dokumen tersebut nantinya diperlukan untuk mendapatkan No PIN / Nomor Registrasi dari Bank
Catatan : User Email dan Password akan selalu digunakan sejak kegiatan pendaftaran, selama proses perkuliahan hingga lulus
Pembayaran dilakukan di PT. BNI Persero Tbk yang tersedia di seluruh Indonesia dengan menggunakan fasilitas Student Payment Center (SPC BNI), yaitu melalui :
Teller BNI
ATM BNI
Internet Banking BNI
Catatan : pastikan pada bukti pembayaran BNI tercantum nomor PIN / Nomor Registrasi
Kartu peserta ujian bisa diperoleh setelah melakukan pembayaran, yaitu dengan cara :
Kunjungi website PMB Online Universitas Trisakti
Masukkan user email dan password
Klik Enter PIN Bank dan kemudian masukkan Nomor Pembayaran dan Nomor PIN/Nomor Registrasi
Cetak Kartu Peserta Ujian (KPU)
Proses pendaftaran pun selesai
Laksanakanlah ujian sesuai dengan jadwal yang dipilih serta lokasi ujian yang telah ditentukan (sesuai dengan yang tertera pada Kartu Peserta Ujian Saringan Masuk), dan bawalah Kartu Identitas Asli. Agar lebih mengenal lokasi ujian peserta diharapkan hadir lebih awal.
Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB)
Program ini merupakan salah satu cara untuk menjaring calon mahasiswa baru Universitas Trisakti melalui seleksi rapor, tanpa perlu lagi melalui ujian saringan masuk reguler.
Cara mengikuti PSSB adalah dengan melakukan pendaftaran secara Online sesuai dengan Program Studi yang diminati serta melengkapi lampiran-lampiran yang sesuai ketentuan, yang di upload/unggah secara Online di alamat website : trisakti .ac.id klik PMB Online
Dengan pertimbangan adanya keterbatasan daya tampung, maka hanya siswa pelamar yang benar-benar memenuhi persyaratan serta dianggap berpotensi sajalah yang diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Trisakti
Ketentuan seleksi berdasarkan kriteria sebagai berikut :
Nilai rapor dari kelas 1 sampai terakhir (ketika menagajukan lamaran PSSB)
Prestasi kegiatan baik kulikuler maupun ekstra kulikuler
Mina, bakat serta motivasi belajar di Universitas Trisakti
Rekomendasi orang tua/wali
Memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh Universitas Trisakti
Demikianlah sedikit ulasan mengenai Universitas Trisakti serta info Pendaftaran PMB, PSSB, & USM yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang berminat untuk mendaftar di Universiats Trisakti. Terima kasih.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Mengecek mutasi rekening / riwayat transaksi di BRI merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sebagian besar nasabah bank BRI yang sudah menggunakan fasilitas Internet Banking. Mutasi Rekening biasa disebut juga dengan Rekening Koran. Fungsi dari mengecek mutasi rekening ini ialah agar kita bisa mengetahui dari mana saja uang (saldo) yang masuk ke rekening kita, dan sebaliknya juga untuk mengetahui kemana saldo keluar / dikirim.
Pada dasarnya, semua fasilitas Internet Banking pada bank apapun juga menyediakan fitur cek mutasi rekening pada akun Internet Bankingnya, termasuk juga bank BRI. Bagi anda yang baru menggunakan layanan Internet Banking BRI dan belum begitu faham cara melihat riwayat transaksi, berikut ini langkah langkahnya.
CARA CEK MUTASI REKENING / REKENING KORAN DI BRI
1. Kunjungi https://ib.bri.co.id dari perangkat anda, kemudian masukkan USERNAME, PASSWORD, dan angka VALIDATION, lalu LOG IN.
3. Dikolom "Dari Rekening" pilih rekening anda, kemudian pilih periode transaksinya bisa harian atau bulanan.
Jika sudah silahkan klik TAMPILKAN, atau klik DOWNLOAD jika ingin menyimpan file Mutasi Rekening BRI di komputer untuk kemudian di Print sebagai rekening koran fisik. Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Jika ada kerabat kamu atau orang terdekat kamu pulang dari Haji, biasanya oleh-oleh yang tidak ketinggalan adalah Mushaf Quran. Ciri khasnya secara umum berwarna hitam atau biru atau hijau kehitaman dengan ornamen dan nama Al-Quran yang serupa. Mushaf ini merupakan mushaf standar internasional atau disebut dengan Mushaf Madinah.
Bahkan sekarang ini jika kamu mendownload mushaf Quran berupa software dan apps dari smartphone umunya memakai jenis tulisan yang sama. Yaitu memakai standar mushaf internasional atau mushaf madinah. Artinya dalam penempatan halaman sama semua dengan versi aslinya.
Tahukah kamu, mushaf madinah yang ditulis begitu rapi dan indah itu ternyata bukan dari hasil tulisan ketik komputer, melainkan murni tulisan tangan.
Ya mungkin kamu terkejut, bagaimana mungkin tulisan yang rapi dan indah itu dengan halaman ratusan itu ditulis dengan tangan. Saya sendiri sebagai mahasiwa dari Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir merasa kagum dan merinding setelah mengetahui fakta ini. Amazing, luar biasa dan tidak kebayang sebelumnya. Keindahan tulisan itu tidak menyangka bahwa itu tulisan tangan dan bukan ketikan komputer.
Syaikh Sedang Tahapan Penulisan
Penulisnya bernama Syaikh Utsman Husain Thaha, seorang kelahiran Aleppo, Suriah 1934 M. Beliau pertama kali menulis mushaf pada tahun 1970. Lalu pada tahun 1988, saat berkunjung ke Saudi, beliau ditunjuk sebagai penulis mushaf yang akan dijadikan mushaf standar. Beliau kemudian menulisnya di Madinah.
Untuk menulis satu mushaf, beliau membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun. Dan dalam kurun waktu 30 tahun beliau telah menyelesaikan 10 jenis mushaf dalam riwayat yang berbeda.
Ayah beliau bernama Syaikh Abduh Husain Thaha, seorang imam dan khatib, juga ahli khath (kaligrafi) yang ternama di Aleppo. Utsman Thaha mempelajari dasar-dasar ilmu khath dari ayahnya yang menekuni khath riq’ah.
Beliau mempelajari ilmu khath langsung kepada para masyayikh di Kampus Syari’ah Al Khasrawiyyah di Aleppo setelah menamatkan pendidikan dasarnya, gurunya antara lain: Muhammad Ali Al Maulawi, Muhammad Al Khathib, Husain Husni At Turki, serta Al Khatthath Syaikh Abdul Jawwad. Terakhir beliau juga belajar kepada Prof. Ibrahim Ar Rifa’i seorang ahli khath di Aleppo.
Utsman Thaha melanjutkan studi beliau ke Universitas Damaskus. Di sana beliau mendapatkan gelar license (Lc.) dari Fakultas Syari’ah pada tahun 1964 (1383 H) dan gelar diploma dari Fakultas Tarbiyah pada tahun 1965 (1384 H).
Beliau berkenalan dengan Prof. Muhammad Badawi Ad Dirani, seorang ahli khath di Syam ketika di Damaskus dan mendalami khath farisi serta khath tsuluts dari tahun 1960-1967. Kemudian, masih di Damaskus, Utsman Thaha juga mendalami khath tsuluts dan khath nasakh pada Prof. Hasyim Muhammad Al Baghdadi, seorang ahli khath dari Irak.
Pada tahun 1973 (1392 H), Utsman Thaha mendapatkan sertifikat bidang khath dari guru besar ilmu khath tingkat dunia, yakni Syaikh Hamid Al Amidi. Dari sinilah beliau mulai dikenal luas secara internasional, dan para pakar mengakui keahlian beliau dalam bidang ilmu khath. Maka, sejak tahun 1988 (1408 H), beliau ditunjuk sebagai anggota tim juri Lomba Kaligrafi Internasional di Istanbul-Turki yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.
Dalam melengkapi keilmuannya di bidang khath, Utsman Thaha mempelajari serta memperdalam ilmu desain kaligrafi dan dekorasi dari Prof. Sami Burhan serta Prof. Na’im Isma’il yang terkenal pakar di bidang ini. Ini semakin mengasah kemampuan beliau, dan memantapkan beliau sebagai ulama pakar khath tingkat dunia yang telah diakui keahliannya oleh ulama secara internasional.
Rupanya hal ini pulalah yang telah menarik perhatian Kerajaan Saudi Arabia. Karena di tahun yang sama (1988), beliau ditunjuk sebagai penulis resmi di Komplek Percetakan Al Qur’an Raja Fahd di Madinah. Sebenarnya Utsman Thaha telah menulis Mushaf pertama kali pada tahun 1980 untuk Kementerian Wakaf Syria. Kemudian menulis satu mushaf lain dengan riwayat Hafs untuk penerbit Darus Syamiyah.
Komplek Percetakan Al Qur’an Raja Fahd (Mujjama’ al Malik Fahd Lithiba’atil Mushaf As Syarif atau King Fahd Glorious Quran Printing Complex (KFGQPC)) didirikan oleh Kerajaan Saudi Arabia pada tahun 1982 (1403 H) di Madinah, dan merupakan percetakan Al Qur’an terbesar di dunia. Komplek percetakan tersebut mengerjakan proyek yang sangat besar, yakni melakukan standarisasi Al Qur’an untuk Umat Islam di seluruh dunia.
Komplek Percetakan dibangun di atas tanah yang luasnya ratusan hektar dan mempekerjakan ribuan karyawan profesional yang ahli di bidangnya. Percetakan tersebut telah mencetak jutaan Al Qur’an yang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Semuanya dibagikan secara gratis. Komplek Percetakan Al Qur’an Raja Fahd telah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk proyek standarisasi tersebut. Di sanalah Utsman Thaha terlibat sebagai penulis utama Mushaf Madinah.
Mushaf rasm Utsmani adalah standar penulisan mushaf Al-Quran yang diseragamkan pada masa Kekhalifahan Sayyidina Utsman bin Affan radhiyallaahu ‘anhu. Penulisan ini berkaitan dengan masalah itsbat-hadzf, maqthu-maushul, ta’aat, dan lainnya.
Adapun khat atau font yang digunakan secara resmi sebagai standar penulisan mushaf modern adalah Khat Utsman Thaha, jenis khat yang diambil dari nama penulisnya dikarenakan tulisannya berbeda dengan khat yang lain. Pada mushaf kuno rasm Utsmani sendiri memakai khat Kufi dalam penulisannya. Dimana Tanpa titik dan motif apa pun yang menjadi ciri khas penulisan Alquran pada masa Utsmani. Tak heran bila ukurannya tebal dan lebar. Terdiri dari 1.087 lembar halaman dengan ukuran 57x68 cm dan 12 baris untuk tiap halamannya. Beratnya sekitar 80 kg, mushaf ini dapat dilihat di Museum el-Huseini, Kairo, Mesir, diklaim sebagai satu dari tujuh salinan mushaf yang dikeluarkan oleh Utsman bin Affan, menyusul peristiwa kodifikasi Alquran pada abad ke-7 M.
Beliau juga bertutur bahwa ia tidak menulis Al-Qur’an kecuali dalam keadaan suci. Selama menulis beliau tidak banyak bergaul dengan orang-orang agar pikiran terjaga dan selalu jernih sehingga tidak terjatuh pada kesalahan. Menurut beliau kesalahan dalam Al-Qur’an tidak dapat diterima oleh alasan apapun.
Dalam sebuah wawancara, beliau ditanya bagaimana perasaan beliau ketika menulis mushaf, “… Adapun perasaan saya ketika menulis, saya melihat diri saya berada dalam dunia ayat-ayat yang mulia yang mana saya mengutip dari ayat-ayat itu sebuah ilmu dan meningkatkan spiritual saya. Sebuah dunia yang bukan dunia manusia yang disibukkan oleh kehidupan sehari-hari. Ayat-ayat yang memberi kabar gembira dan ayat-ayat yang memberi peringatan. Kisah-kisah yang menarik dan indah seperti kisah-kisah para nabi yang mulia dan kisah kaum-kaum masa lalu.” ungkapnya.
Beliau melanjutkan, “Saya tidak terasa oleh perjalanan waktu dan saya tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekeliling saya. Ayat-ayat Al-Qur’an menguasai saya. Saya tenggelam dalam alam cahaya dan nurani; tak tertipu oleh dunia dan saya berbekal untuk akhirat saya. Saya berbuat amal-amal shalih agar dapat mencapai Surga yang dijanjikan untuk orang-orang yang bertaqwa (dengan rahmat Allah dan ampunan-Nya). Dan saya menjauhi setiap apa yang membawa saya pada neraka (naudzu billahi). Di dalamnya ada perasaan takut dan harapan. Saya senantiasa berdoa kepada Allah agar menjadikan pekerjaan saya ikhlas karena Allah semata.”
Mushaf Madinah yang dikerjakan oleh Utsman Thaha memiliki karakteristik tersendiri, yang membedakannya dari mushaf yang lain. Di antara perbedaan tersebut adalah:
Penulisan Mushaf secara lengkap telah dilakukan lebih dari sepuluh kali, semuanya dalam rasm Utsmani, untuk menghasilkan karya yang terbaik. Sebagian besar versi Mushaf Madinah ini telah dicetak dan tersebar di seluruh dunia Islam.
Mengkomparasikan khath versi standar akademis dengan gaya klasik dalam berbagai versinya, sehingga melahirkan gaya baru yang berbeda dari penulisan Al Qur’an pada umumnya, seperti misalnya:
Menghindari cara penulisan huruf yang terlalu bertumpuk, sehingga terjaga dari kerumitan dalam pembacaan serta terhindar dari penyimpangan kaidah penulisan yang benar.
Meniadakan penggunaan variasi dari pola-pola huruf tertentu untuk menghindari kerancuan antara satu huruf dengan huruf lain yang mirip cara penulisannya, seperti: bentuk “ha besar yang terbuka”, bentuk “mim kecil yang tertutup” dengan berbagai ragamnya, bentuk “ra’ yang panjang melengkung”, dan lain-lain.
Menggunakan pola penulisan huruf yang melebar dari satu huruf ke huruf selanjutnya, agar penulisan harakat pada setiap huruf tampak jelas dan tidak bertumpuk. Pola ini digunakan dalam khath Kufi yang menjadi standar penulisan Al Qur’an di jaman para sahabat dahulu.
Memiliki standar baris pada tiap halaman yang tidak dimiliki oleh mushaf yang lain, sehingga terdapat keseragaman dalam setiap juznya. Aturannya adalah: Satu juz selalu terdiri dari 20 halaman (kacuali juz 30 yang terdiri dari 23 halaman) dan satu halaman selalu terdiri dari 15 baris. Akhir halaman juga selalu akhir ayat atau akhir surat.
Dikaji ulang secara teliti oleh para ‘ulama tingkat dunia yang pakar dalam bidang Al Qur’an dan dibentuk menjadi tim khusus, sehingga penulisannya sempurna dan dapat dipertanggungjawabkan.
Mushaf Madinah ini selain telah dibagikan secara percuma, kini juga hadir dalam bentuk software digital yang langsung dibuat oleh King Fahd Glorious Quran Printing Complex (KFGQPC) dengan nama Mushaf Madinah An-Nabawiyahmaupun software yang dibuat oleh King Saud University dengan nama Ayat.
Beliau juga menulis mushaf dengan riwayat Qalun dimana telah dievaluasi dan siap untuk dicetak. Sebelumnya Utsman telah menulis sebuah mushaf dengan riwayat Ad-Dury dan telah dicetak serta didistribusikan atas pertolongan Allah. Kemudian beliau ikuti dengan penulisan mushaf-mushaf hingga jumlahnya lebih dari sepuluh mushaf hingga sekarang. Satu mushaf yang beliau tulis menghabiskan waktu sekitar dua setengah tahun dengan evaluasi (tashih) terus menerus yang menyertai penulisan.
Maha Suci Allaah yang mengumpulkan dua Utsman pada satu mushaf. Ya, mushaf kita ditulis berdasarkan rasm Utsmani dan Khat Utsman Thaha.
Ketika beliau ditanya tidak mungkinkah komputer menggantikan penulisan dengan tangan? Beliau menjawab, “Komputer adalah sebuah alat yang menakjubkan dan sebuah penemuan raksasa yang diperlukan oleh setiap insan terpelajar. Komputer pada hakekatnya adalah mukjizat abad keduapuluh. Sebuah alat bening bagai cermin yang dapat memantulkan apa yang diletakkan di dalamnya. Namun kita tidak dapat mengatakan bahwa komputer dapat menggantikan penulis khat. Karena penulis khat adalah orang yang berkreasi. Sebagaimana komputer mengandalkan pada penyusunan huruf-huruf, sedangkan penyusunan huruf-huruf itu mengandalkan kaligrafi horizontal. Dan kesemua ini mengurangi keindahan khat. Cara terbaik bagi penulisan Al-Qur’an adalah dengan tulisan tangan. Karena ia kuat, teratur, memiliki daya tarik, bagus, keindahan yang selalu dibutuhkan.”
Perhatikanlah bentuk tulisan pada mushaf Madinah, maka kamu akan melihat dengan jelas adanya sedikit perbedaan antara huruf yang satu dengan yang lainnya, antara harakat atau tanda baca yang satu dengan yang lainnya. Ini menunjukkan bahwasanya mushaf tersebut ditulis dengan tulisan tangan, bukan hasil tik komputer. Luar biasa ya, amal jariyyah yang kekal hingga akhir zaman.
Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Halo teman-teman kali ini saya akan membahas tentang Sistem Ekskresi Pada Hewan Vertebrata dan Invertebrata (Avertebrata), pembahasan tersebut akan saya bahas secara lengkap agar mudah di mengerti dan mudah di pelajari oleh teman-teman, Sebelumnya kita sudah membahas tentang Sistem Pernapasan pada Hewan Avertebrata dan Vertebrata jangan lupa dibaca juga artikelnya. Kembali lagi pada sistem ekskresi hewan, Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.
# Sistem Ekskresi pada Vertebrata
Alat ekskresi pada Vertebrata adalah ginjal. Tipe ginjal pada Vertebrata, yaitu pronefros, mesonefros, dan metanefros.
1. Ikan
Alat ekskresi pada ikan berupa sepasang ginjal mesonefros. Mekanisme ekskresi pada ikan yang hidup di air tawar berbeda dengan yang hidup di air laut.
[!] Mekanisme Ekskresi Ikan Air Tawar
Pada ikan air tawar, untuk menghindari supaya tidak terlalu banyak air yang masuk ke dalam tubuh dilakukan dengan cara sedikit meminumnya namun banyak mengeluarkan urine. Selain itu, tubuhnya dilindungi oleh kulit dan sisik-sisik yang tidak mudah dilalui oleh air, serta terjadi pertukaran air dan garam melalui selaput tipis di dalam insang dan mulutnya.
Untuk mengimbangi kehilangan garam dari dalam tubuhnya, maka air tawar akan mengeluarkan urine yang sangat encer melalui ginjalnya dan mengabsorpsi garam secara aktif melalui sel-sel khusus yang terdapat pada insangnya.
[!!] Mekanisme Ekskresi Ikan Air Laut
Ikan air laut akan selalu mempunyai kecenderungan kehilangan air, sehingga terancam bahaya dehidrasi. Untuk mengatasinya maka selain dilengkapi dengan selubung kulit dan sisik-sisik yang kedap air, ikan air laut banyak minum dan sedikit mengeluarkan urine. Garam-garam yang masuk bersama air yang diminumnya akan dikeluarkan secara aktif melalui insang.
2. Amfibi
Alat ekskresi amfibi berupa ginjal mesonefros. Zat-zat seperti urine, garam-garam, dan air yang berlebihan akan diserap dan dikeluarkan oleh ginjal. Zat sisa yang diambil oleh ginjal akan disalurkan melalui ureter menuju ke kantong kemih. Kemudian urine dikeluarkan melalui kantong kemih ke kloaka.
3. Reptil
Alat ekskresi pada reptil adalah sepasang ginjal metanefros. Zat-zat sisa metabolisme diekskresikan pada ginjal dan bermuara di kloaka. Pada kulit reptil terdapat kelenjar penghasil asam urine yang berfungsi untuk mengusir musuhnya. Hasil ekskresi reptil adalah asam urat. Asam urat yang dikeluarkan berbentuk pasta (bubur) berwarna putih. Sisa air direabsorpsi oleh bagian tabung ginjal.
4. Burung
Alat ekskresi burung berupa paru-paru, ginjal (metanefros), dan kulit. Saluran ekskresi, dan saluran pencernaan bersatu dan bermuara pada kloaka. Burung tidak mempunyai kantong urine sehingga urine yang dihasilkan oleh ginjal langsung bercampur dengan sisa pencernaan di kloaka. Zat sisa nitrogen dibuang sebagai asam urat. Asam urat ini dikeluarkan melalui kloaka sebagai kristal putih yang bercampur dengan feses. Pada burung laut, selain mengekskresi asam urat juga mengekskresikan asam urat juga mengekskresikan garam.
# Sistem Ekskresi pada Avertebrata (Invertebrata)
Pada hewan Avertebrata atau Invertebrata belum terdapat sistem ekskresi. Oleh karena itu, hewan Avertebrata memiliki alat dan cara ekskresi khusus.
1. Protozoa
Protozoa memiliki vakuola kontraktil untuk melakukan proses ekskresi. Vakuola kontraktil bekerja secara periodik untuk mengatur kadar air dalam sel. Pada saat mengeluarkan air, sisa-sisa metabolisme ikut dikeluarkan.
2. Platyhelminthes
Contoh Platyhelminthes adalah Planaria. Alat ekskresi pada Planaria, yaitu sel api. Cairan tubuh yang melewati sel api akan di saring, sedangkan zat-zat sisa akan diserap oleh sel api. Di dalam sel api terdapat silia. Gerakan silia akan mendorong zat-zat sisa ke arah saluran gabungan yang selanjutnya akan dibuang keluar tubuh melalui lubang ekskresi.
3. Annelida
Contoh Annelida adalah cacing tanah. Alat ekskresinya, yaitu nefridium. Pada saat cairan melalui nefridia, zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan diserap oleh darah, sedangkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan ditampung didalam kantong kemih dan akhirnya akan dikeluarkan melalui nefridiofora, yaitu lubang nefridium yang terdapat pada permukaan setiap ruas tubuh.
4. Insekta
Alat ekskresi insekta adalah pembuluh Malpighi yang melekat pada ujung anterior usus belakang. Zat-zat sisa metabolisme berupa senyawa nitrogen yang berasal dari cairan tubuh di dalam darah diubah menjadi asam urat. Asam urat akan diserap oleh pembuluh Malpighi, kemudian diteruskan ke usus yang terdapat di dalam rektum. Sel-sel usus yang terdapat pada rektum akan menyerap air yang berlebihan sebelum dikeluarkan dari tubuh, sehingga kotoran serangga akan berbentuk butiran-butiran.
Demikian artikel mengenai Sistem Ekskresi Pada Hewan Vertebrata dan Invertebrata (Avertebrata) semoga ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Sumber https://materiku86.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Kali ini kita berkelana dulu ke negeri Pizza, Italia tapi bukan untuk melihat sejarah makanannya melainkan akan melihat cerita dibalik salah satu gunung api paling terkenal yaitu Vesuvius dan kota terkenal saat itu Pompei. Pompei, kota kuno di Italia di wilayah Campania dibangun di mulut sungai Sarnus (sekarang Sarno) dan berlokasi beberapa mil dari Gunung Vesuvius. Kota ini dibangun sekitar 600 SM oleh Oscan yang kemudian ditaklukkan Samnites. Di bawah kekuasaan diktator Lucius Cornelius Sulla, Pompei menjadi koloni Roma pada 80 SM dan menjadi resor favorit bagi bangsawan dan orang kaya Romawi. Pompei mencapai populasi sekitar 20.000 jiwa pada awal era Kristen dan juga menjadi pusat perdagangan yang cukup besar serta menjadi pusat pelabuhan Nola dan kota-kota subur lain di sepanjang sungai Sarnus. Kota kuno ini banyak mengalami kerusakan pada 63 SM dan puncaknya dihancurleburkan oleh erupsi Gunung Vesuvius pada tahun 79 M bersama seluruh warganya. Letusan kala itu juga merubah aliran sungai Sarnus dan mengangkat permukaan pantai dan tentunya mengubur kota Pompei.
Selama lebih dari 1500 tahun, Pompei terkubur di bawah tumpukan abu vulkanik hingga pada 1748 penggalian dilakukan. Penemuan paling penting pertamakali yang menyedot perhatian dunia dihasilkan oleh arkeolog klasik Jerman Johann Joachim Winckelman. Penemuan-penemuan baru terus ditemukan selama abad ke 19 sampai abad ke 20. Pada 1912 di sebuah jalan yang menghubungkan Strada dell'Abbondanza dengan amphiteater, beberapa rumah ditemukan masing-masing dengan balkon di lantai dua dengan tinggi 6 m dan lebar kedalaman 1,5 m. Bagian kota ini dikenal untuk wisatawan sebagai Nuovi Scavi. Beberapa reruntuhan rusak parah selama Perang Dunia II dan harus dipugar kembali dan masih seperempat kota yang belum digali.
Aspek paling penting dari penemuan Pompei adalah pelestarian dari benda-benda kuno. Kamar mandi yang tertutup abu vulkanik basah membentuk segel kedap udara terhadap kota dan melestarikan banyak struktur bangunan, kuil, teater, toko, rumah pribadi hingga manusia pada kala itu menjelang kematiannya. Sisa-sisa dari dua ribuan korban jiwa ditemukan di reruntuhan Pompei termasuk beberapa gladiator yang tengah dirantai untuk mencegah mereka kabur atau bunuh diri. Abu yang bercampur hujan menempel pada tubuh dan menjadi semen abadi mereka. Beberapa korban yang terawetkan dipajang di gerbang kota Pompei saat ini.
Sebagian besar penduduk melarikan diri saat letusan terjadi, dengan membawa aset bergerak mereka. Setelah letusan mereka masuk ke dalam terowongan, sekitar rumah dan bangunan umum, dan membawa kabur hampir semua harta dan bahkan sampai hiasan marmer dari bangunan. Untuk alasan ini beberapa objek dari nilai yang besar telah ditemukan di Pompeii. Sebagian besar benda-benda bergerak yang ditemukan, dan beberapa lukisan dinding bernilai tinggi dan mosaik lantai, telah dipindahkan ke Museum Nasional di Napoli. Secara bersama-sama, bangunan dan benda-benda memberikan gambaran yang sangat realistis dan hidup yang lengkap di sebuah kota provinsi Italia pada abad ke-1. Bangunan-bangunan yang masih hidup, yang mewakili transisi dari gaya Yunani yang murni dengan metode bangunan Kekaisaran Romawi, sangat penting untuk studi arsitektur Romawi.
Gladiator Vesuvius
Gunung Vesuvius (Italia Vesuvio, dari kata fesf Oscan, "asap"), gunung berapi di Italia selatan, dekat pantai Teluk Napoli dan kota Naples merupakan gunung berapi aktif di daratan Eropa. Sebuah gunung yang muncul naik dari dataran Campania, memiliki lingkar 50 mil dengan dua puncak dan berbentuk kerucut. Pada tanggal 24 Agustus tahun 79 M, letusan besar Gunung Vesuvius menghasilkan ledakan dan awan panas raksasa menerjang kota-kota Herculaneum, Pompeii, dan Stabiae dan ekitar 2.000 orang tewas.
http://i1-news.softpedia-static.com/images/news2/
Letusan pada tahun 1631 menghancurkan lima kota dan menyebabkan kematian lebih dari 3.000 orang. Pada 1794 letusan besar eksplosif menghancurkan kota Torre del Greco. Letusan besar disertai letusan kecil kembali terjadi pada bulan April 1906, yang berlangsung sepuluh hari dan menyebabkan kerusakan besar dan hilangnya 2.000 nyawa. Sejak letusan itu letusan yang lebih kecil telah terjadi pada tahun 1913, 1926, 1929, dan 1944.
Ketinggian Gunung Vesuvius adalah 1.277 m (4.190 kaki), sedangkan Monte Somma, puncak yang lebih rendah, adalah 1.132 m (3.714 kaki). Lereng gunung berapi ditutupi dengan kebun-kebun anggur, oak dan chesnut. Sebuah jalur kereta api dibangundari dasar cinder cone ke puncak dekat dengan tepi kawah, dan sebuah observatorium dipertahankan dekat kawah.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Lembaga bimbingan belajar adalah salah satu stakeholder dalam pendidikan. Lembaga bimbingan belajar termasuk lembaga pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk membantu siswa dalam belajar selain di sekolah. Menjamurnya lembaga bimbingan belajar di Indonesia sekarang ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat dalam tambahan kebutuhan pendidikan anak- anaknya. Hal ini bisa dilihat dari ramainya lembaga bimbingan yang ada sekarang ini. Bila diukur dengan grafik, maka pastinya grafik tersebut akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.
Kesadaran akan arti pentingnya pendidikan membuat orang tua mencari tambahan layanan pendidikan selain di sekolah. Peran bimbingan belajar tersebut tidak hanya sebatas membantu siswa dalam belajar saja namun bisa memberikan motivasi kepada mereka untuk lebih giat dalam belajar.
Di Indonesia sendiri ada banyak sekali lembaga bimbingan belajar yang berdiri dengan menawarkan keunggulan dan kelebihan masing masing, dari yang paling besar dengan ribuan cabang sampai dengan lembaga bimbingan yang baru berdiri sekalipun.
Nah, memilih bimbingan belajar-pun juga harus menjadi perhatian orang tua agar tidak salah pilih. Dan berikut ini kami akan merangkum beberapa kiat jitu dalam memilih bimbingan belajar yang baik dan tepat untuk siswa.
Sistem Pembelajaran - Hal yang pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih bimbingan belajar yang baik adalah dengan memperhatikan layanan- layanan pendidikan termasuk sistem pembelajaran yang disediakan oleh lembaga bimbingan belajar yang dipilih. Sistem pembelajaran tersebut meliputi kurikulum, implementasi dan proses pembelajaran, kompetensi, target & parameter output. Bimbingan belajar yang baik pasti akan sesuai dalam sistem pembelajarannya terhadap kurikulum dari dinas pendidikan nasional.
Layanan Pendidikan - Setiap bimbingan belajar pasti memberikan layanan pendidikan yang baik bagi siswa- siswanya. Dalam hal ini pilihlah bimbingan belajar yang memiliki layanan yang tepat bagi siswa misalnya layanan yang terintegrasi dalam sistem pembelajarannya. Layanan - layanan tersebut meliputi informasi perkembangan belajar, evaluasi rutin dan berkala, pendampingan khusus, problem solving, dan sebagainya. Layanan pendidikan yang baik menunjukkan profesional dari manajemen bimbingan belajar.
Fasilitas Bimbingan Belajar - Fasilitas dalam lembaga bimbingan belajar merupakan hal yang sangat penting karena akan mendukung perkembangan belajar anak selama di lembaga bimbingan belajar. Fasilitas - fasilitas yang memadai meliputi modul, kelas yang nyaman, jumlah maksimal siswa dalam satu kelas, akses teknologi seperti internet dan lain- lain. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, bimbel- bimbel yang profesional pasti menyesuaikan dengan hal itu, misalnya, dengan memberikan fasilitas pembelajaran kelas online, tes online, maupun sistem raport online.
Tentor yang berpengalaman - Tentor di lembaga bimbingan belajar adalah komponen yang penting di bimbingan belajar. Mereka bertugas menyampaikan materi kepada siswa. Tentor menjadi ujung tombak dalam bimbel. Bimbingan belajar yang baik pasti akan merekrut tentor- tentor yang berpengalaman membantu siswa dalam belajar. Biasanya ciri- ciri tentor yang baik adalah komunikatif, cerdas, humoris, dan yang terpenting adalah pandai dalam menyampaikan materi sesuai dengan kondisi siswa.
Metode Belajar - Pada prinsipnya metode belajar masing- masing bimbel hampir sama, yang membedakan adalah julukan atau nama metode yang dipilih. Tujuan utama metode belajar dalam bimbel adalah membantu siswa belajar khususnya menyelesaikan soal atau tugas secara tepat dan cepat. Bimbel yang baik pasti menggunakan metode belajar yang sesuai dengan konteks yang dihadapi siswa misalnya siswa tidak hanya diberikan rumus secara cepat, tepat, namun juga dijelaskan proses dalam rumus tersebut, jadi pada intinya pemahaman akan materi adalah yang nomor satu.
Character Building - Bimbingan belajar merupakan lembaga pendidikan non formal di luar sekolah. Meskipun lembaga bimbingan belajar adalah lembaga pendidikan non formal, bisa dikatakan bahwa lembaga bimbingan adalah salah satu stakeholder dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu peran lembaga bimbingan belajar dalam pendidikan adalah salah satunya bersama- sama ikut mencetak generasi yang berkarakter. Maka, lembaga bimbingan belajar yang baik pasti menanamkan pendidikan karakter di dalamnya.
Demikian enam tips memilih bimbingan belajar yang baik. Semoga tips tadi bisa membantu anda yang sedang memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat bagi anak- anak anda. jangan lupa kirimkan saran atau komentar di kolom komentar di bawah ini. Mohon maaf bila ada kesalahan.
Salam.
Sumber http://www.ahzaa.net/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Autis merupakan sindrom yang menyebabkan adanya kelainan saraf yang menyebabkan anak sulit untuk berkomunikasi dan bersosialisasi seperti anak pada umumnya. Berikut ini ciri-ciri autis pada anak yang dapat diidentifikasi:
a. Kesulitan Bersosialisasi
Kesulitan bersosialisasi merupakan tanda awal dari autisme. Normalnya bayi dapat merespon orang lain dengan tersenyum dalam bulan kedua atau ketiga. Kurangnya tanggapan senyum dari bayi selama periode ini sering menjadi indikasi awal dari autis. Bayi yang kemudian terdiagnosa dengan autis akan memiliki kontak mata yang sedikit dan tidak meniru orang tuanya.
Anak-anak dengan ciri autis biasanya tidak akan berbagi kesenangan dengan orang lain. Contohnya balita autis dapat tersenyum atau tertawa jika mendengar mainan yang berisik tapi ia tidak mau membawa mainan tersebut kepada orang tuanya. Tanda awal lain dari autisme adalah kurangnya gerak atau gestur motorik termasuk menunjuk barang atau suatu benda. Saat mereka bertambah dewasa anak-anak dengan autis sering gagal untuk mengembangkan persahabatan yang erat dengan saudara atau orang tua. Mereka juga mungkin nampak tidak menyadari perasaan orang lain atau gagal menghibur orang marah.
b. Kesulitan Berkomunikasi
Anak-anak dengan gejala autis memiliki kesulitan lain dalam hal komunikasi termasuk mimik dan berbicara. Seringkali anak-anak dengan autis memiliki keterlambatan dalam berbicara dan pada kasus yang berat kadang-kadang tak dapat berbicara sama sekali. Mereka juga tidak bisa menggunakan isyarat untuk menggantikan bicara. Seberapa baik anak autis dapat berbicara ketika dewasa dapat diketahui dari bahasa yang ia dapat lakukan sejak kecil.
Ketika anak autis dapat berbicara, mereka dapat mengulang kembali apa yang dikatakan kepada mereka, atau istilahnya adalah echolalia. Kadang mereka dapat mengutip seluruh percakapan atau dialog sebuah film.. Sering, anak-anak dengan autis salah dalam melafalkan kata seperti "Kamu mau cokelat?"untuk menunjukkan bahwa mereka ingin cokelat. Ketika mereka bertambah dewasa anak-anak autis tidak dapat melakukan percakapan dengan orang lain. Mereka juga tidak akan dapat bermain dengan orang lain, yang ia lakukan hanya bermain dengan benda dan memutar film kesukaan mereka.
c. Kebiasaan Tak Lazim
Ketertarikan yang terbatas atau kebiasaan yang diulang-ulang seringkali menjadi penanda paling jelas dari anak autis ketika balita atau beranjak dewasa. Gejala ini biasanya menjadi masalah yang lebih besar pada usia empat sampai lima tahun. Banyak kasus anak autis akan terus melakukan hal yang sama berulang-ulang dari hari ke hari. Akibatnya mereka bisa menjadi sangat marah dalam menanggapi perubahan kecil seperti tidak biasa sarapan sereal atau mengambil rute yang berbeda saat berkendara pulang dari sekolah. Anak-anak dengan autisme juga dapat mengulang gerakan tubuh seperti berputar, bergoyang atau mengepalkan tangan.
Saat marah atau senang mereka juga dapat membahayakan dirinya dengan menggigit kulit tangan atau membenturkan kepala. Mereka juga dapat menunjukkan agresifitas kepada orang lain atau benda mati atau kadang memerlihatkan kemarahan dan frustasi yang sangat besar.
d. Gejala Lain Yang Berkaitan
Beberapa anak autis menunjukkan gejala lain yang tidak berkontribusi pada diagnosis autisme itu sendiri.
Kepekaan sensoris sangat umum terjadi terutama untuk beberapa tekstur, suara, atau bau. Misalnya, banyak anak autis tidak bisa mentolerir hiasan tau label yang melekat pada pakaian mereka. Beberapa anak mungkin khawatir dengan suara umum seperti hujan atau bilasan air toilet. Mereka mungkin bereaksi terhadap bau biasa seperti parfum atau makanan yang dibuang sebagai hal menjijikan atau kegembiraan.
Masalah dengan nyeri perut, sembelit, atau diare sering juga terjadi. Masalah-masalah ini terkadang disebabkan encopresis, kondisi yang menyakitkan yang dapat diobati yang disebabkan oleh penyumbatan parsial usus besar dengan tinja keras. Beberapa laporan juga menyarankan peningkatan alergi dan masalah dengan sistem kekebalan tubuh.
e. Keterbelakangan Mental dan Keterampilan
Sebelum tahun 1990-an, tiga-perempat dari anak autis juga didiagnosis memiliki keterbelakangan mental. Peningkatan diagnosis autisme, bagaimanapun, telah diimbangi dengan penurunan jumlah anak autis yang juga dianggap memiliki keterbelakangan mental. Anak-anak dengan autisme dapat memiliki variasi yang luas dalam kemampuan intelektual mereka. Banyak menunjukkan penurunan kemampuan verbal, kemampuan mereka untuk memahami dan menggunakan kata-kata. Di sisi lain, beberapa anak dengan sindrom Asperger, yang memiliki kemampuan pidato utuh dan pemahaman bahasa, menunjukkan kesulitan dalam kecerdasan nonverbal, hubungan sebab-akibat khususnya pemahaman. Misalnya, seseorang dengan Asperger mungkin tidak mengerti bahwa seorang ibu menyusui bayi akan tenang bayi dan berhenti dari menangis. Karena variasi yang luas dalam kemampuan, setiap anak autis harus memiliki pengujian kecerdasan.
Beberapa orang dengan autisme di satu sisi dapat menunjukkan keahlian tertentu, seperti menghafal nomor telepon, komputasi tanggal kalender, atau menggambar pemandangan. Kemampuan ini digambarkan sebagai keterampilan savant dan bertanggung jawab atas konsepsi "autisme" seperti yang dipopulerkan dalam film seperti Rainman (1988). Meskipun sekitar 10 persen orang dengan autisme menunjukkan keterampilan luar biasa dibandingkan dengan fungsi mereka secara keseluruhan, keterampilan atau bakat-benar luar biasa cukup langka.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Agak berbeda dengan aplikasi sebelumnya yaitu aplikasi ijasah untuk kurikulum KTSP, sekarang saya ingin berbagi aplikasi khusus lembaga yang menyelenggarakan kutikulum 2013. Sesuai juknis yang ada nilai rata-rata raport yang dihunakan adalah nilai raport dari semester 11 dan 12 saja. Silakan langsung unduh file aplikasi dengan cara sebagai berikut
Mohon maaf karena internet saya lagi TROBLE jadi hanya punya 1 link download DOWNLOAD (Medafire) Semoga Bermanfaat Sumber https://www.kangmartho.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Download Soal UKK SD Kelas 1,2,3,4,5 2016 + Kunci Jawaban
Download Kumpulan Soal UKK SD Tahun 2016-Persiapan ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2016 untuk guru yang mengajar di Sekolah Dasar, salah satu yang harus disiapkan adalah soal-soal untuk UKK tersebut. Admin Topik Sekolahan dalam posting ini akan berbagi kumpulan soal yang dibuat untuk ulangan kenaikan kelas (UKK) Sekolah Dasar dan MI tahun ajaran 2015/2016. Kelas berapa saja yang akan dibagi berkas soalnya dalam laman ini?
Bank Soal UKK Kelas 1,2,3,4,5 SD Tahun 2016 ini kami sediakan hanya sebagai referensi saja, karena mungkin saja soal setiap sekolah itu berda-beda. Tapi jangan khawatir karena dipastikan masih tetap ada kesamaan dengan soal-soal lainya. Itu harapan kami. Bagi yang membuatuhkan soal try out UN 2016 nanti kita akan bagikan juga. Silahkan download Bank Soal UKK Kelas 1,2,3,4,5 SD Tahun 2016 di bawah ini :
Kumpulan Soal UKK SD MI Kelas 1 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Sedikit pembenahan dalam aplikasi yang sudah saya unggah kemarin yaitu tentang mapel MULOK yang tidak dapat dirubah serta jumlah siswa yang melebihi 60 sudah. Sekarang sudah saya perbaiki jadi bila MATA PELAJARAN MULOK TIDAK SAMA maka ANDA PAKAI APLIKASI ini, bila MULOKnya SAMA memakai APLIKASI yang kemarin TIDAK MASALAH.
Silakan langsung unduh file aplikasi dengan cara sebagai berikut
Mohon maaf karena internet saya lagi TROBLE jadi hanya punya 1 link download DOWNLOAD (Medafire) Semoga Bermanfaat Sumber https://www.kangmartho.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Hari ini pelaksanaan ujian SBMPTN digelar di berbagai universitas yang ditunjuk diseluruh Indonesia. Calon mahasiswa akan bersaing memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri masing- masing pilihannya. Jalur SBMPTN merupakan jalur penerimaan masuk perguruan tinggi yang sangat diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang menempuh melalui jalur ini. Dengan persaingan yang sangat ketat dan bentuk soal ujian yang bisa dibilang tidak mudah lagi tentunya akan banyak mahasiswa yang gugur atau tidak mendapatkan kursi di perguruan tinggi negeri pilihannya. Namun atas kerja keras dan persiapan matang yang sudah dilalui akhir- akhir ini semoga perjuangan kamu tidak akan sia- sia. Nah, berikut ini beberapa tips yang berguna bagi kamu sebelum mengerjakan soal SBMPTN
Berdoa Berdoa merupakan hal yang utama yang harus kamu lakukan sebelum mengerjakan ujianmu. Berdoalah agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan ujian.
Manajemen waktu Gunakan manajemen waktu yang tepat dalam mengerjakan setiap butir soal SBMPTN. Kerjakanlah soal yang mudah dan jangan pernah terpaku pada soal yang sulit karena akan menghabiskan waktumu. Bila menemukan soal yang sangat sulit, lewati saja soal tersebut dan pilihlah soal yang sekiranya kamu bisa mengerjakannya terlebih dahulu. Ingat, sistem penilaian dalam ujian berlaku soal benar +4, Salah -1, dan kosong 0.
Bacalah petunjuk mengerjakan soal Dalam ujian SBMPTN tahun ini berlaku dua sistem yaitu menggunakan sistem CBT dan sistem PBT. Bacalah petunjuk mengerjakan soal dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan- kesalahan teknis yang mungkin saja terjadi.
Teliti Dalam mengerjakan soal, teliti dan bijaklah dalam memilih jawaban. Dengan pemikiran yang matang maka kamu pasti akan menemukan jawabannya. Jangan pernah menjawab asal bila kamu memang benar- benar tidak bisa menjawab soal yang sulit.
Rehat efektif Gunakan waktu istirahat dengan efektif karena ujian SBMPTN akan berlangsung hampir seharian dan pastinya akan menguras pikiran dan tenagamu. Nah, dalam waktu- waktu rehat yang tersedia misalnya dalam jeda tes, silahkan gunakan waktu dengan baik untuk istirahat atau membaca- baca lagi materi yang akan diujikan.
Demikian tips sebelum mengerjakan SBMPTN pada hari ini, tetap semangat dan optimis keterima di perguruan tinggi pilihanmu. Semoga sukses.
Sumber http://www.ahzaa.net/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Download RPP Lengkap - Kurikulum 2013 edisi terbaru revisi 2017. Sejak pertama kali di terapkan pada tahun 2013 sampai sekarang (2017), Kurikulum 2013 telah mengalami beberapa kali revisi,
Beberapa hari kedepan, kami akan menyajikan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 terbaru dan lengkap. RPP ini mampu dijadikan sebagai teladan dan tumpuan dalam membuat perangkat pembelajaran terbaru sesuai Permendikbud No 20, 21, 22, 23 dan 24 tahun 2016.
Untuk menerima teladan rpp edisi revisi 2017 lengkap semua mata pelajaran tingkat SD, MI, SMP, MTs, SMA. MA, SMK terbaru, Kunjungi website kami downloadrpp.com secara berkala, Terima kasih.