Thursday 28 June 2018

Profesi Trader Saham: Profit dan Peluang

Sejak adanya program kampanye Yuk Nabung Saham (YNS) yang digagas oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah Rekening Dana Investor (RDI) di pasar saham Indonesia meningkat signifikan dari tahun ke tahun, dibandingkan ketika program YNS ini belum dibentuk. 

Ini artinya, di pasar saham semakin besar kemungkinan trader yang akan menjadikan saham sebagai profesi, baik trader full time maupun trader paruh waktu. Baca juga: 5 Keunggulan Profesi Trader Saham.

Saat saya buka email saya, terkadang saya menemukan pertanyaan dari beberapa rekan tentang keinginannya untuk jadi full time trader saham. Hal ini menunjukkan bahwa trading saham sesungguhnya adalah profesi yang cukup menjanjikan, asalkan anda mau rajin menganalisis, anda siap untuk berproses di pasar saham, trading saham adalah pekerjaan yang menyenangkan. 

Di satu sisi, saya juga banyak mendapat pertanyaan dari rekan-rekan yang masih awam tentang saham: 

"Bung Heze trading itu seperti gimana sih mekanismenya? Kalau saya modalnya cuma Rp1 juta apa bisa saya buka rekening saham? Kalau saya nggak ada background ekonomi apa bisa mengerti tentang trading dan dapat profit besar? Kalau saya sibuk dengan pekerjaan kantoran, apa bisa tetap menjalankan aktivitas trading?"

Dan masih banyak pertanyaan lainnya... Jadi sebenarnya siapa yang bisa / berhak untuk trading saham? Apakah orang berduit? Apakah latar belakang ekonomi lebih memudahkan untuk melakukan analisa saham? Apakah harus konsentrasi 100% di saham baru bisa dikatakan 'seorang trader'?

Jawabannya tidak, tidak dan tidak. 

Trading / investasi saham bisa dilakukan oleh semua kalangan dan latar belakang. Anda seorang karyawan? Anda seorang manajer? Anda seorang direktur, atau bahkan anda seorang pemilik perusahaan? 

Anda punya modal Rp1 juta? Anda punya modal Rp3 juta? Anda punya modal Rp5 juta? Anda punya modal Rp50 juta? Atau bahkan anda punya modal Rp1 miliar? Baca juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

Anda semua bisa dan punya kesempatan YANG SAMA untuk membeli saham. Anda semua punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan profit di pasar saham. 

Demikian juga jika anda berasal dari latar belakang orang ekonomi, atau mungkin latar belakang anda dari teknik mesin, teknologi informasi, pertanian, dokter, psikologi, sistem informasi, bahasa, desain grafis? Anda semua tetaplah punya kesempatan yang sama untuk menjalankan trading saham. Anda semua punya kesempatan yang sama untuk mendapat profit. 

Jadi inilah perbedaan pasar saham (yang diisi trader dan investor) dengan lapangan pekerjaan lain. Di pasar saham tidak melihat anda berasal dari latar belakang apa, berapa besar modal anda, dan seberapa besar aset anda. 

Untuk bisa mendapat profit di pasar saham, dan agar anda bisa trading saham dengan layak (bisa memprediksi saham dengan benar), yang anda butuhkan sesungguhnya adalah: PENGETAHUAN YANG BAIK tentang saham, PENGALAMAN dan PRAKTIK. 

Dan semua itu bisa dipelajari oleh siapapun. Jaminan anda memperoleh profit di pasar saham jika anda mengetahui apa tipikal trading anda. 

Semoga pos ini bisa membuka wawasan rekan-rekan tentang trading saham... Salam profit.

Tuesday 26 June 2018

Tips Meningkatkan Visitor Blog dengan Cepat


Tips meningkatkan visitor blog | merupakan pertanyaan yang sangat banyak ditemukan di dunia blogger. Semua blogger pasti ingin bisa meningkatkan traffic blognya, hanya saja tidak banyak orang yang mengerti bagaimana cara melakukannya. Mungkin cepat juga mencari tahu apa yang dapat meningkatkan visitor blog. Untuk itu saya akan membagikan tips meningkatkan visitor blog.

Saya akan membagikan beberapa hal di sini... Sebelum membahas masalah ini, saya akan bertanya satu hal kepada anda..

Apa yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang?

Ada dua hal yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang:

Jika anda terkenal, maka jika anda punya situs, situs anda akan dikunjungi oleh orang. Contoh: Mario Teguh. Situsnya MarioTeguh.asia tidak muncul dimanapun ketika saya mengetikkan , "Mario", "Teguh", maupun “Mario Teguh” di Google. Tapi situsnya dapat dikunjungi oleh ribuan orang setiap harinya. Ini karena Mario Teguh sangat terkenal.
Situs anda banyak di link oleh situs lain. Tentu saja karena cara paling utama bagi pengunjung untuk sampai ke situs anda adalah melalui Link.
Dan itu adalah cara super simpel, tapi super ampuh untuk mendatangkan banyak traffic ke situs anda. Mari kita bahas satu per satu…

Beberapa hal yang bisa anda praktekkan sebelum - setelah membuat artikel...
Lakukan Keyword Research untuk mencari keyword dengan pencarian yang banyak tapi dengan sedikit kompetisi, sehingga anda bisa mudah mendapat traffic, dan juga anda bisa mendapat posisi 1 dengan mudah
Lakukan optimasi keyword tersebut dengan melakukan optimasi SEO ON-PAGE yang benar
Sertakan Gambar yang tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian pembaca, tetapi juga robot Crawl.
Beri beberapa video pada blog anda sebagai referensi bagi pengunjung.
Beri outbound link dengan link yang setema dengan artikel anda
Setelah membuat artikel dengan benar, silahkan taburi artikel itu dengan backlink yang berkualitas.. Mengenai backlink berkualitas bisa anda baca di artikel apa yang dimaksud backlink berkualitas
Dengan melakukan 6 hal di atas, anda sudah lebih baik dari sebelumnya..

Dibawah ini adalah beberapa yang bisa anda lakukan untuk membantu anda ranking tinggi dan mengalahkan pesaing anda di Google...


Keyword Research adalah proses mencari keyword-keyword yang tepat yaitu keyword yang memiliki pencarian tinggi dengan persaingan yang rendah.. Baca selengkapnya di artikel Cara melakukan keyword research.
Lakukan Onpage SEO yang benar, seperti mengoptimalkan title tag, header halaman, heading tag, mengoptimasi gambar dengan memberi alt tag dan alt name, dan sebagainya. Pelajari selengkapnya di artikel Cara Melakukan Optimasi SEO OnPage pada Blog
Offpage SEO yaitu dengan mencari backlink agar situs dapat ranking tinggi di Search Engine. Dan mempromosikan blog agar blog anda lebih cepat terkenal.
Tabur backlink pada artikel anda. Anda bisa lakukan hal ini dengan meng-share artikel anda sendiri di Facebook, membaginya di Google+, berkomentar di blog dofollow, mensubmit artikel ke SOCIAL BOOKMARK, dan sebagainya.
Jadi, mari kita bahas topik di artikel ini... Selain 3 hal SEO yang simpel diatas, anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan pengunjung blog anda...

Meningkatkan pengunjung blog dengan blogwalking
Istilah blogwalking muncul sekitar tahun 2008 saat shoutbox atau chatbox mulai populer. Jadi orang mengklik link pada shoutbox untuk mengunjungi suatu blog dan meninggalkan pesan pada shoutbox blog tersebut, dengan harapan orang yang mengunjungi blog itu juga mampir ke blog mereka.

Bagaimana meningkatkan pengunjung blog dengan blogwalking?

Langkah awal dalam blogwalking adalah mengunjungi banyak blog sekaligus. Kemudian membuat daftar di Ms.Excel, tulis blog mana saja yang chatboxnya ramai. Mengapa demikian? Karena dari sebuah blog ramai anda bisa mendapatkan kunjungan balik hingga 5-10 orang per artikel. Kalau blognya sepi, anda akan rugi, yaitu kehabisan waktu online anda

Artikel berkualitas juga dapat meningkatkan pengunjung blog
Artikel berkualitas ini memberi kemampuan kepada blog anda untuk membuat orang datang lagi dan lagi. Jadi, kunci pengujung adalah artikel berkualitas. Dengan demikian traffic blog anda akan mengalami pelipat gandaan. Yang dimaksud dengan artikel berkualitas adalah artikel yang dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung blog.

Artikel yang berkualitas harus dilengkapi dengan bahasa yang menarik dan membuat pengunjung merasa nyaman di blog anda.

Manfaatkan Social Media Besar, Facebook
Hal ini juga berlaku untuk facebook, anda bisa memposting banyak orang untuk foto atau berita yang heboh dari blog anda. Atau bisa juga anda membuat akun baru yang mencari teman hingga ribuan orang, sehingga setiap kali anda posting status dari blog akan langsung dilihat ribuan orang.


Manfaatkan Forum-forum
Carilah forum-forum yang membahas tema yang sama dengan blog anda. Beri komentar di sana, dengan meninggalkan link ke blog anda untuk informasi yang selengkapnya. Jika anda beruntung dan forum itu dofollow, maka anda tidak hanya mendapatkan traffic, tetapi juga backlink.

Manfaatkan Juga Twitter Untuk Menjaring Traffic
Jangan lupa juga untuk memanfaatkan sosial media seperti Twitter? Lakukanlah follow pada banyak orang dan minta dengan sopan untuk follow back dari mereka? Kemudian buat artikel dengan judul menarik dan posting URL nya di posting twitter anda.

Setelah anda mengerti cara meningkatkan pengunjung blog, sekarang anda juga harus tau, hal yang harus diperhatikan saat meningkatkan pengunjung blog...
Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan visitor blog. Semoga dengan dibuatnya artikel ini kita dapat mempraktekkan sendiri dan semoga blog sobat penuh dengan visitor setiap harinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Thursday 21 June 2018

Cara Mencari Harga Saham di Laporan Keuangan IDX

Jika anda ingin mencari data historis harga saham perusahaan secara bulanan dan harga saham tahunan untuk analisa saham anda, anda bisa mencarinya di Ringkasan Kinerja Laporan Keuangan yang disediakan oleh situs IDX. 

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah mencari harga saham di laporan keuangan IDX: 

1. Buka situs www.idx.co.id 

2. Kemudian buka menu Data Pasar --> Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tampilan dibawah ini: 


3. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini: 

(Klik gambar untuk memperbesar)

Untuk mencari data harga saham, anda tinggal mengetikkan kode saham yang anda inginkan pada menu "Search By". Kalau anda belum hafal kode perusahaan di Bursa Efek, silahkan googling.

4. Lalu ketikkan kode saham yang anda inginkan. Misalnya anda ingin mencari data harga saham PT Bank Niaga Tbk (BNGA). Ketikkan BNGA kemudian klik Cari. Perhatikan gambar dibawah ini: 


Kemudian akan muncul ringkasan performa BNGA. Untuk menampilkannya, anda tinggal klik 'Unduh' (perhatikan tanda yang saya beri lingkaran merah). 

5. Lalu akan muncul ringkasan harga saham perusahaan dalam file PDF. Biasanya ada di Halaman 2. Untuk lebih jelasnya perhatikan tampilan dibawah ini.

(Klik gambar untuk memperbesar)

Perhatikan pada trading activities, anda bisa melihat data historis harga saham secara bulanan dan tahunan (Desember) selama beberapa tahun. 

Itulah cara mencari harga saham perusahaan di situs IDX. Anda bisa mendapatkan data harga saham tersebut selama 3-4 tahun terakhir, dan harga saham yang ditampilkan adalah harga saham setiap bulan dan harga saham akhir tahun untuk harga tertinggi, pembukaan dan harga penutupan. 

Kemudian anda bertanya lagi: "Bung Heze, saya ingin cari data harga saham OHLC harian. Apakah bisa dicari di situs IDX tersebut?"

Situs IDX tidak menyediakan data historis harga saham harian. Anda sebenarnya juga bisa mencari data harga saham historis di situs Yahoo Finance. Anda bisa baca langkah-langkahnya disini: Cara Mencari Data Harga Saham Yahoo Finance. Perbedaannya, situs IDX lebih detail menyediakan ringkasan harga saham bulanan dan tahunan. Sedangkan pada Yahoo Finance, lebih detail menampilkan historis harga saham harian. 

Data harga saham ini mungkin akan berguna untuk anda yang ingin menganalisis candlestick harga saham secara real time selama periode waktu tertentu, untuk menguji sistem teknikal anda. 

Semoga bermanfaat.... 

Tuesday 12 June 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Rugi di Saham

Trading saham tidak pernah lepas dari kata-kata 'profit' dan 'rugi'. Dalam trading, tidak selamanya anda profit. Pasti ada saat di mana anda harus cut loss, karena harga saham tidak bergerak sesuai harapan anda. 

Namun sebagai trader, anda harus mampu mencetak profit yang lebih besar, dengan kerugian sekecil / seminimal mungkin. Itulah ukuran seorang trader sukses. 

Jadi kalau anda sekarang masih sering rugi. Anda yang bisa profit tapi loss anda lebih besar daripada profit yang anda dapatkan, maka ada yang salah dengan trading anda. Jadi agar anda bisa sukses di pasar saham, anda harus menyadari kesalahan2 tersebut dan anda harus mulai memperbaiki sistem trading anda.

Sebenarnya dalam trading saham, saya "hanya" menemukan dua hal yang menyebabkan trader melakukan kesalahan-kesalahan fatal. 

Lantas, kenapa banyak sekali trader yang tidak mampu mengidentifikasi kerugiannya di pasar saham? Ya karena trader tidak tahu di mana letak kesalahannya. Jadi di pos ini, saya akan bahas dua kesalahan yang menyebabkan trader mengalami kerugian dan tentunya termasuk cara mengatasi kerugian2 tersebut: 

1. Belum mampu melakukan analisis chart / teknikal dengan baik

Penyebab pertama trader mengalami kerugian adalah trader belum mampu menganalisa grafik saham, memahami strategi2 trading yang baik dan mengembangkan analisa. Hal ini sering dialami terutama oleh pemula yang baru trading dibawah 3 tahun. 

Trader seringkali terjebak membeli saham yang salah karena mereka tidak tahu analisa apa yang cocok, yang harus digunakan untuk menganalisa saham. 

Karena trading saham tidak pernah lepas dari analisa teknikal dan grafik, maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab utama trader mengalami kerugian. Nah, kalau anda sering mengalami kerugian (beli saham harganya turun terus), cobalah untuk melihat dari chart tersebut, apa yang membuat anda salah membeli saham?

Apakah karena anda membeli saham downtrend? Apakah karena anda beli saham yang harganya sudah naik terlalu tinggi? Ataukah anda beli saham yang sangat tidak likuid? Catatlah apa yang membuat anda rugi. Jadi anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Jika anda belum memahami banyak strategi analisa teknikal dan trading, dan anda ingin mengetahui strategi2 trading yang benar, anda bisa mempelajari strateginya. Anda bisa lihat disini: Belajar Analisa Teknikal Full.

Tapi saya banyak juga menjumpai rekan2 trader, di mana para trader tersebut sebenarnya memiliki pengetahuan yang luas soal dunia saham, ekonomi, finance, cara membaca dan memprediksi saham. 

Intinya mereka adalah orang-orang cerdas yang bisa mengerti lebih baik dan lebih cepat daripada saya. Just sharing, saat masih satu bulan belajar saham, saya butuh waktu pagi, siang, malam untuk memahami dan mencerna pergerakan bid-offer, gimana cara menginterpretasikan chart dengan benar, bagaimana sistem running trade, gimana cara menggunakan dua indikator, gimana cara mengaplikasikan candlestick dan lain2. 

Sedangkan rekan2 saya, hanya butuh waktu satu-dua minggu saja. Jadi kalau banyak trader yang sebenarnya pintar dan cepat membaca chart dan analisa, pertanyaannya: Masa sih banyak trader yang rugi cuma karena salah baca grafik?  

Dari sini saya baru memahami bahwa penyebab lain (penyebab kedua) trader rugi adalah karena pola pikir / mindset trading yang salah. Seperti apa itu? Kita lanjut ke poin kedua. 

2. Pola pikir trading 

Jadi sehebat apapun anda membaca chart, tapi kalau anda tidak memiliki mindset trading yang baik, maka kemungkinan besar anda akan sulit bertahan menghadapi pasar saham yang sangat fluktuatif. 

Kesalahan2 dalam trading sebenarnya ada banyak sekali kalau kita jabarkan. Dan banyak diantaranya juga adalah kesalahan2 umum yang sering terjadi. Ini akan kita bahas di beberapa paragraf setelahnya. 

Kesalahan2 mindset ini seringkali tidak disadari atau terdeteksi oleh trader itu sendiri. Akibatnya, trader banyak melakukan kesalahan2 fatal, yang berakibat pada kebangkrutan. Barangkali anda ingat ketika krisis global tahun 2008 dan 2015. 

Di saat2 perekonomian lesu, banyak trader yang akhirnya harus gulung tikar di dunia saham alias bangkrut (modalnya habis sama sekali) karena mereka tidak punya pola pikir trading yang baik dan benar. 

Dengan mindset trading baik, anda bukan hanya tahu bagaimana caranya dapat profit, tapi anda juga bisa bertahan dalam kondisi pasar saham apapun, baik kondisi pasar saham naik, turun, atau bahkan sideways. Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan saat kondisi pasar saham terkesan seolah membingungkan dan nggak jelas. 

Cara Mengatasi Kerugian di Pasar Saham 

Di pasar saham ada pepatah: "Keledai tidak akan jatuh di lubang yang sama"Artinya sebagai trader saham terutama kalau anda masih pemula, dan anda membuat suatu kesalahan sehingga saham anda nyangkut, anda harus mengetahui kesalahan anda, evaluasi dan perbaiki. 



Cara mengetahui hal2 apa saja penyebab trader rugi, dan cara mengatasi kerugian di pasar saham, saya bahas secara lengkap dalam Ebook Saham (berjumah 427 halaman) dan Ebook Screening Saham (365 halaman). Anda bisa mendapatkan materinya disini: Ebook Pilihan Trader Saham.

Di materi2 tersebut, saya paparkan secara detai dan lengkap tentang apa saja yang sering membuat trader rugi, kehilangan profit, lengah, emosi. Jadi dengan mengetahui kesalahan2 yang ada dalam trading, cara mengatasinya, dan mengetahui strategi2 trading di pasar saham, anda bisa melakukan evaluasi dan mampu bertahan serta mencetak profit dalam kondisi pasar saham bullish maupun bearish. 

Monday 11 June 2018

Tips Agar PIN AdSense Cepat Sampai


Tips Agar PIN AdSense Cepat Sampai | Halo sobat, kembali lagi dengan admin Gudang Tutorial. Kesempatan kali ini admin akan membahas tentang tips agar PIN Adsense cepat sampai. Mungkin untuk kalian yang sedang menunggu pin sendiri sampai ke rumah kalian bingung sekali engapa PIN Adsense sangat lama sampainya. Bahan galian rela datang ke kantor pos untuk mengambil PIN Adsense tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang tips agar PIN Adsense cepat sampai. Sobat langsung simak saja tips ini.

Tips agar PIN AdSense Cepat Sampai:

1. Pin AdSense Sudah Dikirim

Ini sangat jelas, kalau belum dikirim coba tidak akan menerima PIN tersebut. Syaratnya suka harus memiliki saldo 10 dolar keatas.

2. Rumah Sobat di Daerah Perkotaan atau Sekitarnya

Kalau rumah sobat berada di daerah perkotaan, maka PIN akan cepat sampai sekitar 1 minggu. Sebaliknya jika rumah sobat berada di desa terpencil pin akan sangat lama sampainya.

3. Sabar dan Berdoa

Sambil menunggu PIN Adsense sobat harus mengisi luang waktu luang dengan belajar, bekerja, dan berdoa untuk menunggu dan juga harus sabar.

4. Datang ke Kantor Pos

Jika pin belum juga sampai, sobat bisa cek di kantor pos terdekat. Kalau ternyata masih belum sampai juga, tunggu lagi ya sob.

baca juga sob: rekomendasi web seputar tenologi

5. Minta PIN Lagi

Kalau sudah 1 bulan, sobat bisa minta PIN AdSense lagi. Semoga cepat sampai.

Nah, itulah beberapa tips agar PIN AdSense Cepat Sampai. Semoga, dengan membaca artikel ini, sobat bisa lebih sabar dalam menunggu PIN Adsense tersebut. Semoga bermanfaat.

Friday 8 June 2018

2 Teknik SEO dan Optimasinya



2 Teknik SEO dan Optimasinya | SEO memiliki 2  teknik, yaitu on-page dan Off-page. Jujur SEO itu adalah topik yang sangat meluas dan besar sekali yang berkembang dengan sangat cepat sesuai dengan perkembangan algoritme google. Hampir setiap tahun, teknik SEO dapat berubah-ubah sesuai algoritma yang ditetapkan Google.

Tapi ada 2 hal yang selalu benar dari dulu sampai sekarang, ada 2 hal dasar tentang SEO yang meskipun jaman berubah tapi 2 hal ini tidak pernah berubah dan saya rasa tidak akan berubah.

Yang pertama adalah relevansi, jadi google yang bergerak di bidang mesin pencari, yang mereka lakukan itu adalah memberikan hasil yang paling relevan kepada penggunanya karena mereka adalah mesin pencari.

Apa yang terjadi jika google tidak bisa menampilkan hasil pencarian yang relevan? pada akhirnya google akan ditinggalkan oleh penggunanya. Dan kalau banyak pengguna yang beralih dari google, maka google akan kehilangan visitor. Kalau google kehilangan visitor artinya google juga akan kehilangan iklan..

Padahal 80% - 90% penghasilan yang dihasilkan oleh google itu adalah berasal dari iklan.

Dan Search Engine itu adalah jenis bisnis yang paling dikuasai oleh google yang mencakup sebagian besar dari porsi google. Google memang punya browser, produk, dan punya banyak yang lainnya.

Tapi 80%-90% sumber pemasukannya itu berasal dari SEARCH ENGINE.. Jadi google akan berusaha bagaimana caranya agar dia bisa menghasilkan hasil yang relevan kepada penggunanya.

Jadi, sebenarnya SEO itu tidak serumit yang mungkin anda kira, bahkan ini sebenarnya simple jika anda sudah mengerti.

Kita langsung saja ke topik pembahasan, jadi mengingat anda tadi sudah tahu yang paling penting adalah relevansi. Jadi, SEO itu ada 2 jenis, yang pertama adalah On-page SEO yaitu relevansi, dan yang kedua adalah Off-page SEO, ini adalah cara google juga untuk mengukur relevansi tapi berdasarkan vote.

Jadi saya akan menjelaskan satu-satu...


Melakukan optimasi SEO On-Page
Yang pertama kali saya luruskan adalah bahwa yang bisa bertengger di Search Engine itu adalah halaman. Jadi berhentilah mengoptimasi homepage situs anda anda tapi optimasilah halaman situs anda.

Bagaimana caranya agar halaman kita relevan? ikuti beberapa hal berikut!

Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin ini adalah 80% dari semuanya.

Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
Emphasize
Image alt tag
Outbound link
Konten
•       Permalink
Jadi itulah poin-poin penting dari Optimasi SEO Onpage. Jadi jangan lupa anda mengoptimalkan poin-poin diatas. Untuk penjelasan lengkap mengenai poin diatas, silahkan baca artikel Cara melakukan Optimisasi SEO Onpage pada blog


Melakukan Optimasi SEO Off-Page
Ini adalah cara google mengukur relevansi situs kita berdasarkan vote dari situs lain. Yang dimaksud Vote itu adalah semakin banyak situs lain yang melakukan link pada situs kita maka google akan memandang/menilai situs kita lebih dapat dipercaya.

Kenapa demikian? karena situs lain percaya dengan situs kita sehingga mereka mau nge-link ke situs kita. Oleh karena itu google juga meletakkan kepercayaan pada kita jika kita mempunyai banyak backlink. SEO Off-page itu terdiri dari:

Backlink
Promosi blog
Social buzz
Backlink


Jadi, backlink ini ada seni nya tersendiri juga, ada hal Anchor text (teks jangkar). Semakin banyak anchor text yang mengarah ke blog anda, maka blog anda akan mudah menguasai kata kunci dengan teks tersebut.

Mungkin anda masih bingung dengan pernyataan saya diatas... Contohnya, jika ada 2 artikel dengan kata kunci yang sama, yang pertama mendapat 1000 anchor text dan yang kedua mendapat 2000 anchor text. Maka artikel yang kedua mungkin akan mendapat posisi yang lebih baik dari yang pertama.

Jadi, Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat akan mengklik suatu link. Contoh Anchor Textseperti di bawah ini:

google

Kata itu Google adalah anchor text, sedangkan http://google.com itu adalah link yang dituju.

Bagaimana Anchor Text yang baik itu..??



AnchorAnchor Text yang baik pada sebuah link biasanya berhubungan dengan konten dari link itu sendiri. Anchor Textyang baik tentunya membuat pembacanya tahu ke mana link itu akan membawa mereka berkelana.

Dan yang paling penting, Anchor Text juga berpengaruh pada search engine. Search engine lebih tertarik menampilkan link yang relevan dengan keyword yang dicari dan Anchor Text ini akan sangat membantu. Apalagi Anchor Text tersebut berhubungan dengan konten di dalam link-nya.

Jadi, jangan lagi memakai Anchor Text yang tidak berhubungan dengan link-nya, seperti klik untuk download game, klik untuk melihat blog, dan masih banyak lagi. Kenapa itu salah? karena Anchor text tersebut tidak relevan dengan link yang dituju. Lebih baik gunakan Anchor text yang optimal, bagaimana caranya? mudah saja, pokoknya pengunjung bisa tahu apa halaman yang akan dirujuk.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai backlink berkualitas, silahkan baca: Apa yang dimaksud Backlink berkualitas? Dan jika anda sudah mengerti, anda juga harus pelajari juga bagaimana cara mendapatkan backlink.

Promosi blog Dalam Off page Optimization
Ada banyak cara untuk mempromosikan blog. Promosi blog berguna untuk meningkatkan pengunjung blog anda dan mempopulerkan blog anda.. Jadi, silahkan baca artikel Cara Mempromosikan Blog.

Social buzz

Semakin banyak orang yang like di facebook atas halaman anda, semakin banyak orang yang share artikel anda, maka semakin tinggi juga ranking halaman anda di google karena google akan memandang halaman tersebut sebagai halaman yang terpercaya. kenapa demikian? karena banyak sekali social buzz untuk halaman tersebut.

Itu tadi adalah Off-page SEO, saya rasa Off-page SEO itu hanya itu saja, hanya backlink, promosi, dan social buzz. Backlink itu jenisnya itu banyak sekali, ada forum backlink, backlink dari guest post, dan lain-lain.

Mungkin itu saja pembahasan tentang dua macam SEO yaitu On-page dan Off-page. Dengan membaca artikel ini, semoga sobat bisa paham dan mempraktekkannya. Tapi, tidak selamanya optimasi SEO dapat berjalan. Karena, setiap perubahan algoritma Google akan merubah struktur SEO juga. Semoga bermanfaat untuk sobat dan terima kasih sudah datang dan membaca artikel ini...

Tuesday 5 June 2018

7 Template AMP Blogger Keren Gratis


7 Template AMP Blogger Keren Gratis | Akhir-akhir ini banyak para blogger sudah mulai mengubah templatenya menjadi valid AMP HTML. Memang tidak ada yang salah mengingat #Google sendiri sudah menyarankan khususnya kepada para publisher untuk beralih ke AMP (Accelerated Mobile Pages).

 Google sebagaimana keterangannya mengatakan bahwa AMP dibuat sebagai standar untuk para publisher untuk memiliki halaman yang dapat dimuat dengan cepat pada perangkat mobile. Tepatnya tanggal 24 Februari 2016, Google sudah mengintegrasikan AMP ke dalam hasil pencarian mobile. Jika sahabat ingin mengetahui lebih jauh apa itu AMP, silahkan cari di Google.
Setelah ada deklarasi dari google seperti itu, maka sontak saja para blogger pun mulai beralih dan melirik AMP. Seperti pendahulunya saat Google menyarankan untuk membuat blog/website harus mobile friendly, maka demikian juga AMP.

Namun yang menjadi pertanyaan besar, bisakah blog atau website yang berbasiskan BLOGSPOT diintegrasikan dengan AMP?

Jawabannya: BISA

Maka, pada kesempatan ini Ngonline06 akan berbagi kumpulan template blogspot/blogger yang sudah valid dengan AMP. Ini penting, karena saat sahabat ingin beralih ke AMP, maka sudah pasti harus menyesuaikan aneka kode template agar standar dan valid AMP.

Template AMP Blogger Keren Gratis:

1. Kompi AMP


Pada urutan pertama template blogger valid AMP adalah kompi design. Template inilah yang pertama kali dibagi kepada khalayak ramai secara cuma-cuma yang akhirnya muncul beraneka ragam template blogger valid AMP lainnya. Jadi bisa dikatakan template ini menjadi template perdana.


2. AMP HTML


Template kedua adalah template AMP HTML. Template ini didesain very simple namun dengan style modern. Template ini patut untuk diperhitungkan.


3. BlanterdeAMP


Template ketiga dari template blogger valid AMP adalah blanterdeamp. Seperti dua di atas, template ini pun responsive dan fix.


4. MDC Camp


Bentuknya seperti nomor pertama dan ketiga, namun memiliki design yang sangat istimewa. Kecepatannya pun tak kalah dengan lainnya.


5. Vletters AMP Template


Bentuknya sangat menonjol, berbeda dengan lainnya. Template vletters amp template ini pun patut diperhitungkan. Silahkan langsung lihat saja demo dan download saja untuk mengetahuinya.


6. Siniladom AMP Blogspot


Strukturnya mirip seperti kompi design, namun bentuknya agak berbeda dan terlihat simple, itu adalah siniladom AMP Blogspot.


7. AMP News Template


Bentuknya mirip seperti MDC Camp, namun dengan tiga kolom pada homepage-nya. Template ini cocok untuk blog berita.


Itulah 7 Template AMP Keren Gratis. Sobat bisa pilih sendiri template yang sobat mau. Semoga bermanfaat. 

Sunday 3 June 2018

Keuntungan dan Kerugian WordPress dengan Blogger

Kеuntungаn dаn Kеrugіаn WоrdPrеѕѕ dеngаn Blоggеr | Dаlаm аrtіkеl іnі аdmіn аkаn mеmbаndіngаnkаn wоrdрrеѕѕ dеngаn blоggеr untuk mеmbаntu аndа untuk mеmutuѕkаn mаnаkаh уаng lеbіh bаіk dаn dараt mеnуеѕuаіkаn kеbutuhkаn аndа. Sауа mеnсоbа mеlіhаt kеuntungаn dаn kеrugіаn mеnggunаkаn wоrdрrеѕѕ dаn blоggеr bеrdаѕаrkаn реngаlаmаn. Sауа ѕеndіrі ѕudаh реrnаh mеrаѕаkаn wоrdрrеѕѕ dаn blоggеr.


 Pеntіng: "WоrdPrеѕѕ уаng ѕауа mаkѕud dараt аrtіkеl іnі аdаlаh wоrdрrеѕѕ.оrg bukаn wоrdрrеѕѕ.соm"

1) Kереmіlіkаn


 Blоggеr аdаlаh реnуеdіа јаѕа blоggіng уаng dіѕеdіаkаn оlеh реruѕаhааn tеknоlоgі rаkѕаѕа уаіtu Gооglе. Blоggеr іtu grаtіѕ, ѕеbаgіаn bеѕаr fіtur dараt dіаndаlkаn, dаn сukuр untuk рublіѕ kоntеn уаng аndа іngіnkаn dі wеb. Nаmun, blоggеr dаn kоntеn аndа bukаnlаh mіlіk аndа. Gооglе уаng mеnјаlаnkаn јаѕа tеrѕеbut dаn mеmіlіkі hаk untuk mеnоnаktіfkаn аkѕеѕ аndа kе јаѕаnуа kараnрun. Dеngаn wоrdрrеѕѕ, аndа mеnggunаkаn јаѕа реnуеdіа hоѕtіng untuk hоѕt ѕuаtu wеbѕіtе. Andа bеbаѕ untuk mеnеntukаn bеrара lаmа wеbѕіtе аndа bеrјаlаn dаn аndа іngіn mеnоnаktіfkаnnуа. Andа mеmіlіkі ѕеmuа dаtа, dаn аndа mеngkоntrоl іnfоrmаѕі арарun kе ріhаk kеtіgа.

 2) Kоntrоl


 Blоggеr mеruраkаn јаѕа уаng сukuр bаіk nаmun mеmіlіkі bаnуаk kеtеrbаtаѕаn dаlаm tооl уаng аdа dаn kеtеrbаtаѕаn dаlаm mеnјаlаnkаn tugаѕ – tugаѕ tеrtеntu. Hаl уаng аndа dараt lаkukаn dі blоggеr ѕаngаt tеrbаtаѕ, tіdаk аdа саrа untuk mеmреrluаѕ hаl tеrѕеbut untuk mеnуеѕuаіkаn kеbutuhаn аndа уаng ѕреѕіfіk. Cоntоhnуа аndа іngіn mеlаkukаn сrоnјоb, аtаu ѕсhеdulеr tеrhаdар ѕuаtu tugаѕ tеrtеntu. WоrdPrеѕѕ mеruраkаn ѕоftwаrе уаng ореn ѕоurсе. Hаl іnі mеngаrtіkаn bаhwа аndа bіѕа mеnаmbаhkаn fіtur арарun. Dаn bаnуаk kоntrіbutоr dі ѕеluruh dunіа уаng mеmbаntu реngеmbаngаn wоrdрrеѕѕ. Tеrdараt lеbіh dаrі рuluhаn rіbu рlugіn уаng mеmbuаt kаlіаn mеmреrluаѕ dаn mеmоdіfіkаѕі ара уаng dараt wеbѕіtе аndа lаkukаn. Sеbаgаі соntоh ѕсhеdulеr untuk mеmbuаt bасkuр, mеmbuаt роrtоfоlіо, mеmbuаt оnlіnе ѕhор, dаn lаіn lаіn. Hаѕіlnуа Tіdаk Mеngесеwаkаn Jіkа kіtа mеmbаndіngkаn wоrdрrеѕѕ dаn blоggеr untuk kереrluаn wеbѕіtе bіѕnіѕ, wоrdрrеѕѕ ѕudаh раѕtі mеnјаdі реmеnаngnуа untuk јаngkа раnјаng bаgі реmіlіk bіѕnіѕ уаng ѕеrіuѕ.

 3) Tаmріlаn Wеbѕіtе


 Blоggеr ѕесаrа dеfаult hаnуа mеnуеdіаkаn kumрulаn tеmрlаtе уаng tеrbаtаѕ untuk dіgunаkаn. Andа dараt mеlаkukаn mоdіfіkаѕі tеrhаdараt wаrnа, lауоut, mеnggunаkаn tооlѕ уаng dіѕеdіаkаn оlеh blоggеr. Tеrdараt сukuр bаnуаk nоn-оffісіаl tеmрlаtе nаmun tіdаk сukuр dараt dіаndаlkаn dаn bеrkuаlіtаѕ rеndаh. Tеrdараt rіbuаn tеmа уаng grаtіѕ mаuрun уаng рrеmіum уаng dіѕеdіаkаn оlеh wоrdрrеѕѕ dаn реngеmbаng wоrdрrеѕѕ уаng аdа dіѕеluruh dunіа. Hаl іnі dараt mеmbuаt wеbѕіtе kаlіаn tаmраk рrоfеѕіоnаl tаnра kеmаmрuаn kоdіng. Tіdаk реdulі wеbѕіtе ара уаng аndа рunуа, аndа раѕtі аkаn mеnеmukаn tеmа уаng ѕеѕuаі dеngаn kuаlіtаѕ уаng bаіk dаn mudаh untuk dі mоdіfіkаѕі. Tаmріlаn аdаlаh ѕаlаh ѕаtu аlаѕаn уаng ѕауа ріndаh dаrі blоggеr kе wоrdрrеѕѕ. Kаrеnа ѕесаrа реrѕоnаl, ѕауа kurаng mеmіlіkі kеmаmрuаn dеѕаіn.

 4) Mudаh Dіmіgrаѕі


 Mеmіndаhkаn wеbѕіtе уаng mеnggunаkаn blоggеr kе рlаtfоrm lаіn mеruраkаn tugаѕ уаng ѕulіt. Dаn tеrdараt bаnуаk rеѕіkо уаng kаlіаn аlаmі, ѕаlаh ѕаtunуа kеhіlаngаn SEO, fоllоwеrѕ, dаn ѕubѕсrіbеr. Wаlаuрun blоggеr dараt mеlаkukаn еxроrt / іmроrt kоntеn, dаtа уаng kаlіаn mіlіkі tеtар bеrаdа dі gооglе. Dеngаn mеnggunаkаn wоrdрrеѕѕ, аndа dараt mеmіndаhkаn wеbѕіtе kеmаnарun аndа mаu. Andа dараt mеmіndаhkаn wоrdрrеѕѕ dаrі hоѕtіng ѕаtu kе hоѕtіng lаіn, mеnggаntі nаmа dоmаіn, dаn bаhkаn mеmіndаhkаn dаtа kаlіаn kе сmѕ lаіn. Hаl іnі mеmungkіnkаn kаrеnа dаtа kаlіаn dіѕіmраn dаlаm dаtаbаѕе mуѕql. Dаn kаrеnа hаl іnі јugа реrfоrmаnсе blоggеr lеbіh сераt dаrіраdа wоrdрrеѕѕ. Hаl іnі dіkаrеnаkаn wоrdрrеѕѕ mеnghаruѕkаn kоnеkѕі dаtаbаѕе ѕеtіар kаlі mеnаmріlkаn dаtа dаn blоggеr mеnуіmраn dаtаnуа раdа ѕtаtіс fіlе уаіtu xml. Nаmun аdа саrа khuѕuѕ untuk wоrdрrеѕѕ аgаr dараt mеrеndеr dаtа dаlаm ѕtаtіс fіlе. Dаn јugа јіkа kаlіаn mеmbаndіngаn WоrdPrеѕѕ dаn Blоggеr dаlаm hаl SEO, wоrdрrеѕѕ mеnаwаrkаn bаnуаk саrа untuk mеnіngkаtkаn SEO.

 5) Kеаmаnаn


Dеngаn mеnggunаkаn blоggеr, аndа mеmіlіkі kеuntungаn tаmbаhаn dаrі рlаtfоrm аmаn dаn tеrреrсауа уаіtu Gооglе. Andа tіdаk реrlu khаwаtіr untuk mеngеlоlа ѕеrvеr, mеngаmаnkаn blоg, аtаu mеmbuаt bасkuр. WоrdPrеѕѕ сukuр аmаn, nаmun kаrеnа kіtа hаruѕ hоѕtіng ѕеndіrі kіtа bеrtаnggung јаwаb untuk mеlаkukаn bасkuр dаn kеаmаnаn lаіnnуа. Tеrdараt bаnуаk рlugіn wоrdрrеѕѕ уаng mеndukung hаl іnі. Kаrеnа аlаѕаn іnі ѕауа dulu mеnggunаkаn blоggеr.

 6) Dukungаn


 Bаntuаn untuk blоggеr ѕаngаt tеrbаtаѕ. Blоggеr mеmіlіkі dоkumеntаѕі уаng сukuр dаѕаr. Dаlаm hаl ѕuрроrt blоggеr dараt dіkаtаkаn kurаng. Rеаd Mоrе 7 Alаѕаn Mеngара Hаruѕ Mеnggunаkаn Wоrdрrеѕѕ.оrg untuk Blоggіng WоrdPrеѕѕ mеmіlіkі kоmunіtаѕ уаng ѕаngаt аktіf. Tеrdараt dоkumеntаѕі оnlіnе, fоrum, сhаtrооm dіmаnа kаlіаn dараt mеndараtkаn bаntuаn dаrі реnggunа wоrdрrеѕѕ уаng ѕudаh bеrреngаlаmаn. Tеrlераѕ dаrі bаntuаn dаrі kоmunіtаѕ, tеrdараt bаnуаk реruѕаhааn уаng mеnаwаrkаn bаntuаn рrеmіum untuk wоrdрrеѕѕ. Bеrdаѕаrkаn реngаlаmаn, bіаѕаnуа ѕауа mеmіntа bаntuаn раdа реnуеdіа hоѕtіng untuk mеnуеlеѕаіkаn mаѕаlаh уаng tеrјаdі.

 7) Mаѕа Dераn


 Blоggеr tіdаk tеrlіhаt mеmіlіkі uрdаtе уаng bеѕаr ѕеmеnјаk wаktu уаng сukuр lаmа. Kіtа ѕudаh mеlіhаt gооglе ѕudаh bаnуаk mеmbunuh рrоduknуа ѕеndіrі ѕереrtі gооglе rеаdеr, Adѕеnѕе fоr fееdѕ, dаn bаnуаk kаbаr burung tеntаng FееdBurnеr аdаlаh саlоn ѕеlаnјutnуа. Mаѕа dераn blоggеr bеrgаntung раdа gооglе, dаn gооglе mеmіlіkі hаk untuk mеmаtіkаnnуа kараnрun gооglе mаu. 

WоrdPrеѕѕ аdаlаh ѕоftwаrе ореn ѕоurсе уаng bеrаrtі mаѕа dераnnуа tіdаk bеrgаntung kераdа реruѕаhааn аtаu ѕuаtu іndіvіdu. WоrdPrеѕѕ dіkеmbаngkаn оlеh kоmunіtаѕ dаn реnggunаnуа. Jіkа аndа реnаѕаrаn, аndа dараt kе gіthub dаrі wоrdрrеѕѕ dі gіthub.соm/WоrdPrеѕѕ. Mеnјаdі сmѕ уаng раlіng tеrkеnаl, rіbuаn bіѕnіѕ dі dunіа уаng bеrgаntung раdаnуа, mеnјаdіkаn mаѕа dераn wоrdрrеѕѕ сеrаh dаn mеуаkіnkаn.

 Dеngаn аrtіkеl іnі ѕауа bеrhаrар dараt mеmbаntu kаlіаn untuk mеmutuѕkаn dаn lеbіh mеmаhаmі tеntаng kеuntungаn dаn kеrugіkаn dаrі mаѕіng mаѕіng untuk kереrluаn аndа. Pada intinya, semua platform blog itu bagus, hanya sobat yang sesuaikan dengan kebutuhan.

  Jіkа kаlіаn mеnуukаі аrtіkеl іnі, ѕіlаhkаn dі ѕhаrе dаn lіkе dаn ореn fоr dіѕсuѕѕіоn.

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Pada situs berplatform WordPress ketika sobat dalama keadaan login maka secara otomatis wordpress akan menampilkan menu toolbar di bagian atas halaman situs WordPress sobat. Menu toolbar admin ini akan tampil baik saat sobat sedang di bagian dashboard WordPress atau pada halaman situs anda.

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Riswan.net

Bagi para developer WordPress atau pengguna WordPress siapa saja, menu admin toolbar yang tampil di top/atas situs dapat sedikit mengganggu dan juga mengganggu penampilan desain situs, terutama jika anda mengedit CSS style situs. Dan bagi saya sendiri tollbar admin ini sangatlah mengganggu.

Dan pada artikel ini saya akan berbagi cara untuk menghapus dan menyembunyikan Admin Toolbar dari bagian front-end situs Anda. Saya akan memberikan panduan dengan dua cara, yaitu Anda dapat menghilangkan toolbar dari pengaturan WordPress melalui admin dan juga dengan menambahkan sedikit code pada functions.php.

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress


1. Menghilangkan Toolbar Admin Wordpress melalui Setelan Pengguna


Untuk menghapus, menghilangkan dan menyembunyikan menu toolbar dari bagian depan situs WordPress Anda, Silahkan login ke admin panel sobat kemudian pilih menu Users/Pengguna  » Your Profile/Profil Anda. Scroll ke bawah dan temukan bagian “Toolbar” atau "Bilah Perkakas" dan hilangkan centang pada “Show Toolbar when viewing site / Tampilkan Baris Perkakas ketika mengunjungi situs.".

Cara Menghilangkan Toolbar Admin pada Wordpress - Riswan.net

Dan setelah itu silahkan untuk menyimpang pengaturan yang baru saja Anda rubah dengan klik tombol “Update Profile”. Selanjutnya lihat situs sobat di bagian Front End atau bagian depan, maka sudah tidak menampilkan menu toolbar lagi dibagian atas dari situs Anda. Sementara toolbar tidak akan lagi ditampilkan pada front-end situs Anda, tapi akan tetap muncul di bagian backend dari situs Anda, karena untuk bagian back-end menu toolbar ini terkadang diperlukan.

2. Menghilangkan Toolbar Admin Wordpress dengan PHP


Cara yang kedua untuk menyembunyikan toolbar admin pada wordpress adalah dengan menambahkan satu baris kode pada template tema.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Tampilan » Editor dan cari file functions.php kemudian tambahkan kode berikut:

add_filter('show_admin_bar', '__return_false');

Setelah selesai, klik tombol Perbarui Berkas dan reload website kamu untuk melihat hasil perubahannya. Untuk menampilkannya kembali, ulangi cara di atas dan hapus kode tersebut.

Dan itulah dua cara mudah yang dapat sobat praktekkan untuk menghilangkan atau menghapus navbar atau admin toolbar di WordPress. Sobat dapat gunakan salah satu cara di atas yang menurut sobat mudah, selamat mencoba semoga berhasil.

Friday 1 June 2018

Data yang Dibutuhkan Untuk Bermain PUBG Mobile


Data yang Dibutuhkan Untuk Bermain PUBG Mobile | Halo sobat, kembali lagi dengan admin GudangTutorial yang kece ini. Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang data yang dibutuhkan untuk bermain PUBG Mobile. Siapa sih yang nggak tau PUBG Mobile? PUBG Mobile merupakan game sejenis Free Fire yang bisa didownload gratis di Google Play Store.

PUBG Mobile adalah game yang gratis untuk didownload dan dimainkan. Namun apa kamu pernah berpikir berapa besar mobile data yang dibutuhkan untuk bermain game tersebut jika tidak menggunakan Wi-Fi?

Sebelumnya kamu mungkin akan menebak-nebak berapa besar penggunaan data untuk game ini. Apakah cukup besar, melihat banyaknya pemain yang bermain di satu tempat sekaligus?

Inilah langkah-langkah dan hasil dari penelitian yang dilakukan untuk melihat besar penggunaan data untuk bermain PUBG Mobile:



  • Pertama si peneliti mencoba untuk menyelesaikan 2 pertandingan di PUBG Mobile yang berdurasi selama 38 menit (14 menit pada pertandingan pertama dan 24 menit pada pertandingan kedua).

  • Lalu selama 38 menit, ponsel dari si peneliti (iPhone X) telah menggunakan mobile data sebesar 16 MB. Dari sini bisa disimpulkan rata-rata mobile data yang dikonsumsi dalam satu game adalah sekitar 8 sampai 10 MB.

  • Kemudian bisa diambil kesimpulan bahwa bermain selama 2 jam akan mengkonsumsi mobile data sebesar 50 MB. Jadi walaupun bermain tanpa Wi-Fi alias menggunakan mobile data, kamu tidak perlu khawatir karena ini bukanlah jumlah yang besar.


Bagaimana menurut sobat? Bermain PUBG Mobile masih lebih mending kan dibanding dengan menonton video di YouTube menggunakan mobile data. Mau main seharian sampai bosan mungkin hanya mengkonsumsi kurang lebih sekitar 100 MB. Nggak boros-boros banget kan?

Itulah pembahasan tentang data yang dibutuhkan untuk bermain PUBG Mobile. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.