Saturday, 29 November 2014

MEMAHAMI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRI

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Jika kita berdiri di depan cermin yang besar, setinggi tubuh kita dan mencoba mengamati fisik kita, Subhanalloh kita manusia, merupakan mahkluk yang paling sempurna di diciptakan Tuhan YME di dunia ini di bandingkan mahkluk lainnya. Manusia adalah mahkluk yang paling sempurna makhluk ciptaan Tuhan, Pengertian mulia dalam konteks bahasan ini adalah sempurna, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Manusia sebagai makhluk individu artinya antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya berbeda, tidak ada yang sama walau kembar sekalipun tetap memiliki perbedaan. Manusia sebagai makhluk sosial artinya ia tidak bisa sendiri tanpa bantuan orang lain.

Jika kita berdiri di depan cermin yang besar MEMAHAMI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRIManusia mempunyai ciri-ciri khusus yang berada antara satu dengan lainnya, artinya manusia itu unik, setiap manusia hendaknya memahami keunikannya, coba kita bayangkan berapa banyaknya jumlah penduduk dunia, sejak zaman Nabi Adam AS sampai sekarang ini, itu semua tidak ada yang sama, masing-masing mempunyai keunikan sendiri-sendiri.

Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. Jasmani bersifat fisik, yatu badan yang tampak oleh mata lahir kita dan rohani bersifat non fisik atau abstrak, tidak kelihatan oleh mata lahir kita. Setiap orang mempunyai ciri-ciri fisik maupun non fisik. Untuk hal tersebut kadang-kadang kita menyadarinya, kadang-kadang juga kurang menyadarinya, sebaiknya kita bukan saja menyadari ciri-ciri dimaksud tetapi juga memahaminya, karena dengan memahami keduanya berarti kita memahami modal yang ada pada diri kita.

Untuk dapat melihat ciri-ciri fisik, kita bisa langsung melihatnya di depan cermin atau mengamati dan mengukur badan kita, seperti, tinggi dan berat badan, warna kulit dan bentuk muka, mata, hidung, telinga, bibir, leher, kaki, tangan, dada, pinggang serta pinggul. Ukuran baju dan ukuran sepatu juga bisa membantu menggambarkan ciri-ciri fisik.

Ciri-ciri non fisik tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata, tetapi memerlukan pemahaman, baik pemahaman diri secara langsung oleh kita sendiri, maupun pemahaman melalui penilaian orang lain, antara lain sifat diri, bakat, minat, hobi, potensi dan kemampuan.

Sifat diri adalah kebiasaan yang dibawa sejak lahir dan cenderung menetap, walaupun demikian bisa berubah, kalau kita berusaha merubahnya. Sifat diri ada dua macam yaitu sifat diri yang positif dan sifat diri yang negatif. Sifat diri positif artinya kebiasaan yang baik-baik cotoh sabar, jujur, ramah rendah hati, hemat, tidak kikir, tegas terbuka (apa adanya), periang, tekun, teliti, cermat dan lain-lain. Sifat diri yang negatif artinya kebiasaan yang tidak baik, contohnya : pemarah, sombong, boros, kikir, malas, iri, jahil, tertutup usil, ceroboh, cerewet, ketus, sembrono, pembohong dan lain sebagainya.

Setiap manusia mempunyai sifat diri yang positif dan yang negatif, kita harus memahami sifat-sifat kita, baik yang positif maupun yang negatif, sebaiknya sifat diri kita yang positif dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari supaya lebih bermanfaat, dan sifat diri kita yang negatif diperbaiki atau diperkecil resikonya, supaya tidak merugikan diri sendiri maupun orang lai.

Bakat ialah anugerah Tuhan YME berupa kemampuan dasar yang masih terpendam yang dibawa sejak manusia dilahirkan ke dunia. Bakat masih berupa bibit atau bahan yang akan berkembang apabila di dukung oleh lingkungan. Tuhan menganugerahkan bakat kepada seseorang dilengkapi dengan minatnya. Minat adalah kecenderungan seseorang atau rasa suka seseorang terhadap sesuatu. Contoh Windi memiliki bakat seni suara; otomatis Windi sejak kecil suka nendengarkan lagu, suka menirukannya, lama-lama suka menyanyi. Kalau ada acara yang menampilkan lagu-lagu, Windi selalu memperhatikan, lantas menirukan.

Ia ingin bisa menyanyi seperti para penyanyi yang ditontonnya di TV, atau sering di dengarnya di radio. Mula di SD Windi sering latihan menyanyi, kadang-kadang sendiri, kadang-kadang berlatih bersama teman-temannya. Kegiatan tersebut akhirnya menjadi, kegemaran Windi. Melihat hobi Windi demikian itu, guru kesenianya menyampaikan kepada orang tuanya bahwa Windi sangat berpotensi dalam bidang tarik suara. Potensi artinya kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Orang tuanya pun sngat gembira mendengar hal tersebut. 

Berbagai kesempatan baik latihan-latihan ataupun lomba dalam bidang seni suara yang ada dilingkungan sekolah dan diluar sekolah tidak pernah ditinggalkan oleh Windi. Akhirnya kerja kerasnya membuahan hasil yang patut dibanggakan. Di SMP Windi sering "show" diacara-acara radio ataupun TV. Keberuntungan Windi semakin menanjak setelah ada produser yang menganggap kemampuannya. Kemampuan artinya kecakapan yang telah diperoleh melalui latihan-latihan. Akhirnya Windi bersama 2 orang rekannya membentuk group yang sekarang dikenal dengan "Trio Prety" prestasi Windi semakin melejit bersama Trio Pretynya setelah ia masuk ke SMA. Prestasi artinya kemampuan dalam bidang tertentu yang telah dioptimalkan Windi kini sedang naik daun, keharuma namanya bukan saja terkenal di bilangan negeri ini sendiri, tapi juga sampai ke manca negara.

Bagaimanakan caranya kita mengetahui bakat, minat dan kemampuan yang ada pada diri kita ? jawabannya yaitu dengan "Pemahaman diri". Pemahaman diri adalah suatu proses memahami diri sendiri tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Melihat bakat dan minat yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, tidak bisa dengan teropong atau kaca pembesar, tetapi harus dengan pemahaman diri. Biasanya yang kita fahami lebih dulu adalah minat. Kita suka bidang apa, tentang apa, melakukannya bagaimana ? Setelah diketahui, lalu coba dilatih, terus dilakukan berulang-ulang dengan sabar dan tekun hingga hasilnya kelihatan. Kalau anda berbakat dalam bidang itu, anda akan merasa senang
dalam hal tersebut. Menjajagi bakat memerlukan waktu dan proses yang cukup lama. Semakin banyak dan sering dilatih, bakat kita akan lebih cepat tampak. Bakat kita akan tampak melalui beberapa tahapan. Mula-mula berupa potensi. Kalau hal ini dilatih terus dan mendapat dukunga dari lingkunga maka aka muncul menjadi kemampuan. Kemampuan dioptimalkan lagi akan menjadi prestasi.

Keadaan fisik dan hal-hal yang termasuk kekuata non fisik adalah merupakan modal dasr dari kita untuk mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan prestasi. Hal-hal yang termasuk kelemagan non fisik perlu diperbaiki agat tidak menghambat.

Sumber : Kumpulan materi bimbingan dan konseling Penerbit  Tim Paramitha Publising Yogyakarta 2011

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

MENGUJI KONSEP DIRI KITA

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan seseorang tentang dirinya sendiri. Dengan kata lain konsep diri juga merupakan potret tentang bagaimana seseorang melihat, menilai, menyikapi diri dan idealismenya.

Konsep diri memiliki tiga unsur, yaitu :

a. Pengetahuan tentang diri sendiri
Wawasan tentang diri ini semakin luas sesuai dengan perkembangan dinamika konsep dirinya.
Misalnya : Nama saya Nurul, periang, suka warna merah, senang matematika dan lain-lain.
Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan seseorang tentang dirinya sendiri MENGUJI KONSEP DIRI KITA
b. Penghargaan terhadap diri sendiri (diri ideal)
Disebut juga “Diri Ideal”, yaitu harapan dan kemungkinan dirinya menjadi apa kelak sesuai dengan idealismenya. “Diri ideal” setiap orang berbeda-beda, ada yang mengharap dirinya menjadi dokter yang sukses, insinyur, pengacara yang jujur, psikolog yang taqwa, sebaliknya adapula orang yang ingin meraih popularitas dalam bermasyarakat.

c. Penilaian terhadap diri sendiri
Disadari atau tidak setiap saat kita selalu menilai diri sendiri. Khususnya menilai setiap tingkah lakunya. Contoh : Saya pintar pelajaran matematika, tetapi saya lemah dalam pelajaran Bahasa. Hasil penilaian, antara harapan yang dibentangkan dengan fakta yang ada di dalam diri akan menghasilkan “Rasa Harga Diri”. Semakin labar ketidak sesuaian antara keinginan dan keadaan nyata pada diri sendiri maka, “semakin rendah rasa harga dirinya”. Sebaliknya orang yang hidupnya mendekati standar keinginannya, menyukai apa yang dikerjakannya maka akan “semakin tinggi rasa harga dirinya”.

Perbedaan Konsep Diri Positif dan Negatif

a. Konsep Diri Positif ada dalam diri orang yang mampu menerima keadaan dirinya secara apa adanya dengan menerima resiko kekuatan dan kelemahannya. Dia tidak merasa terancam ketika di kritik serta tidak hanyut sewaktu dipuji dan sanjung.

b. Konsep Diri Negatif terjadi pada individu yang tidak banyak mengetahui tentang dirinya, tidak melihat dirinya secara utuh kelebihan maupun kekurangannya. Misalnya : terlalu melihat kelebihan diri saja (menjadi sombong) atau hanya memandang kekurangan diri (menjadi rendah diri).

Menguji Konsep Diri

1. Hal-hal yang paling anda sukai/syukuri atas diri dan kehidupan anda
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
2. karya seni (lagu, lukisan, sastra dan lain-lain) yang paling bermakna dalam kehidupan anda:
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
3. Pengalaman pada masa kecil yang sangat mengesankan adalah 
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
4. Seandainya menjadi tokoh atau bintang, anda ingin menjadi :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
5. Jika mempunyai kemampuan untuk melakukan, anda akan mengubah diri anda khususnya dalam hal :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….

Sumber : Kumpulan materi bimbingan dan konseling Penerbit  Tim Paramitha Publising Yogyakarta 2011

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

KONSEP DIRI

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Setiap orang ingin dirinya sukses. Sukses dalam belajar, bergaul, berkarir, berkeluarga, dan sukses dunia akhirat. Langkah awal kesuksesan adalah mengenal diri, mempelajari kualitas diri. Pemahaman diri dan kualitas diri adalah proses yang sangat penting dalam meningkatkan mutu kehidupan. Tahu diri dan mengenal diri mengantarkan kepada tahap-tahap hidup yang berkualitas. Tidak saja dalam bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, tetapi juga untuk mengarahkan dan mengembangkan diri, membuat perencanaan pendidikan dan karir, memecahkan permasalahan pribadi dan sosial secara realistis, beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam kehidupan, untuk dapat saling menerima dan menghargai orang lain.

1. Apa yang harus kita ketahui tentang diri kita ? Siapa Saya dan sejauh mana Anda mengetahui diri Anda sendiri.

Diri adalah seperangkat proses dari ciri-ciri yang mencakup proses fisik, perilaku, dan psikologis. Mengenal diri berarti memahami aspek-aspek pembentukan diri kita. Aspek-aspek tentang diri meliputi :

a. Aspek fisik : adalah tubuh dengan segala kualitasnya dan proses yang terkait dengannya
b. Diri secara proses adalah proses alur pikir, emosi atau perasaan dan tingkah laku
c. Diri secara sosial adalah pikiran dan perilaku hasil interaksi dengan orang lain
d. Konsep diri adalah keseluruhan pandangan tentang diri sendiri
e. Cita-cita diri adalah segala apa yang diangankan terhadap diri sendiri

2. Konsep Diri (Self Concept).

Konsep diri adalah keseluruhan pandangan seseorang tentang diri sendiri. Konsep Diri merupakan potret diri secara mental, yakni bagaimana seseorang menilai dan menyikapi dirinya.

Ada 3 dimensi konsep diri, yakni :

a. Pengetahuan tentang diri sendiri
Dalam benak pikiran seseorang telah memiliki data tentang siapa
dirinya. Semakin banyak tahu tentang deskripsi diri akan semakin baik
konsep dirinya. Contoh : “Saya Hartini kelas I SMK, pendiam, mudah tersinggung, pintar, jago matematika, hemat, setia, kurang pede, taat beribadah”.
Wawasan tentang diri ini semakin lama semakin luas sesuai dengan dinamika konsep dirinya.

b. Pengharapan terhadap diri.
Disebut juga dengan Diri Ideal, yakni harapan dan kemungkinan dirinya menjadi apa kelak sesuai dengan idealismenya. “Diri Ideal” setiap orang berbeda-beda, ada yang mengharap dirinya menjadi pengusaha yang sukses, akuntan yang jujur, psikolog yang takwa, sebaliknya ada pula orang yang ingin meraih popularitas dalam bermasyarakat. Contohnya : Politikus yang adil, pengusaha yang dermawan, dan lain-lain.

c. Penilaian terhadap diri sendiri.
Disadari atau tidak setiap saat kita selalu menilai diri sendiri. Khususnya menilai setiap tingkah laku kita. Contoh : tingkah laku belajar saya menghasilkan nilai rapor 5,5 ini berarti gagal. Mengapa bisa terjadi ?
Hasil penilaian, antara harapan yang dibentangkan dengan fakta yang ada di dalam diri akan menghasilkan “Rasa Harga Diri ”. Semakin lebar ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan diri sendiri maka “semakin rendah rasa harga dirinya”. Sebaliknya orang
yang hidupnya mendekati standar harapan hidupnya, menyukai apa yang dikerjakannya maka akan “semakin tinggi rasa harga dirinya”.

3. Konsep Diri Positif dan Negatif

a. Konsep Diri Positif
Konsep diri positif ada dalam diri orang yang dapat menerima dirinya secara apa adanya dengan segala risiko kekuatan dan kelemahannya. Ia memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang dirinya. Ia membuat harapan-harapan dan perencanaan yang masuk akal, serta kemungkinan besar dapat dicapai. Pribadi seperti ini tidak merasa terancam dan cemas jika dikritik, menerima informasi negatif tentang dirinya. Sebaliknya ia tidak hanyut ketika disanjung dengan informasi positif tentang dirinya. Itulah orang yang konsep dirinya positif memposisikan harga dirinya secara tepat dan wajar.

b. Konsep Diri Negatif
Konsep diri negatif terjadi pada individu yang tidak banyak tahu tentang dirinya, tidak melihat dirinya secara utuh. Misalnya ia hanya melihat kelemahan diri atau kelebihan-kelebihannya. Sehingga ia membangun harapan-harapan diri yang tidak realistis. Peluang berhasilnya sangat tipis. Pribadi yang demikian memiliki harga diri yang rendah karena memosisikan dirinya secara tidak tepat.

Sumber : Kumpulan materi bimbingan dan konseling Penerbit  Tim Paramitha Publising Yogyakarta 2011

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

UJIAN NASIONAL 2015 ONLINE

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Merujuk carut marutnya ujian nasional selama ini, maka pemerintah akan melakukannya secara Online. Langsung dech berpikir penghematan dan meminimalisir kecurangan. Namun sekolah yang di daerah 3T bagaimana...??. Komputer saja sebagai barang asing dan terlalu canggih dihadapan murid-murid 3T. Simak beritanya yang saya peroleh dari Sindo

Ujian nasional (UN) akan dilaksanakan secara online mulai tahun depan. Nanti tidak ada lagi naskah kertas di atas meja karena siswa akan mengerjakan soal secara langsung di depan komputer. 

Merujuk carut marutnya ujian nasional selama ini UJIAN NASIONAL 2015 ONLINE
Sumber google
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, mulai2015akanditerapkan UN dengan computer based test. Pemerintah akan menunjuk salah satu sekolah di tingkat kecamatan sebagai pusat tempat ujian. ”UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih, tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin. 

Mantan Rektor Universitas Andalas ini menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang membuat sistem trial and error. Kemendikbud akan mencoba beberapa tes untuk mengetahui kemungkinan kegagalan. Mengenai infrastrukturkomputer, diamengklaim tidak akan ada masalah karena setiap sekolah negeri sudah mempunyai komputer sendiri. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10–30 sekolah sebagai pusat tempat ujian. Belum dapat dipastikan apakah hasil UN dapat diketahui setelah selesai ujian. 

Namun, tanggal tes akan dibuat berbeda per masing-masing sekolah. Masyarakat juga diminta jangan khawatir ada kebocoran karena variasi soal akan dibuat lebih banyak lagi oleh perguruan tinggi sehingga setiap siswa akan menerima soal yang berbeda- beda. ”Jika memang diperlukan kerja sama dengan Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara) maka akan kami lakukan.” 

Musliar menyebutkan, sistem online ini akan menghemat anggaran negara untuk UN. Anggaran UN akan dihemat sebesar 50% dari anggaran UN tahun ini Rp580 miliar. Penghematan terjadi karena tidak ada pencetakan naskah soal dan lembar jawaban, dan juga pengawasan distribusi soal dan lembar jawaban. Pemerintah juga berkeyakinan sistem onlineakan menjadikan UN yang bermutu, bermartabat, dan bermanfaat. Anggota Komisi X DPR Rohmani tidak setuju dengan sistem online ini. 

Pasalnya, tes uji kompetensi guru (UKG) yang hanya diikuti 600.000 guru saja semrawut. Akibat koneksi internet buruk, banyak guru yang tidak lulus uji kompetensi tersebut. Selain itu, jaringan data pokok pendidikan (dapodik) saja masih banyak yang meributkan karena tunjangan guru banyak yang telat. Lalu, jika nanti UN akan online, siapa yang dapat menjamin tidak ada masalah yang dapat merugikan siswa. 

Ketua Bidang Litbang Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Mohammad Abduhzen meminta pemerintah tidak perlu mengganti sistem UN dengan online. Semestinya yang diperbaiki oleh pemerintah adalah model evaluasi sistem belajar siswa yang lebih rasional daripada UN. 

Pemerintah juga diminta mencari sistem ujian yang mudah dipertanggungjawabkan karena UN menjadikan siswa nekat menyontek dan guru nekat memberikan bocoran jawaban.

Semoga saja terlaksanakan dengan baik, karena tahun depan insyaAllah baru trial UN online.
Monggo tanggapan dari para sahabat BK.

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

GURU MENGAJAR TANPA TANGAN KAKIPUN BISA

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Semoga kisah ini dapat memberikan motivasi kepada para guru di seluruh dunia. Silahkan dibaca kisah seorang guru yang menggunakan kedua kakinya sebagai media mengajar untuk para siswanya.

Untung adalah guru honorer di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Miftah, Desa Batang-Batang Daya, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sejak terlahir 45 tahun yang lalu, dia tidak memiliki tangan.

Namun keterbatasan itu tidak pernah menyurutkan semangat Untung untuk mencerdaskan anak-anak di desanya. Setiap pagi, dia gunakan waktunya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada anak didiknya.

Semoga kisah ini dapat memberikan motivasi kepada para guru di seluruh dunia GURU MENGAJAR TANPA TANGAN KAKIPUN BISACara mengajar Untung tidak berbeda dengan guru-guru pada umumnya. Hanya saja, untuk menjelaskan di papan tulis, dia harus menggunakan kakinya. Meski demikian, tulisannya begitu bagus, tidak kalah dengan tulisan tangan.

Bahkan, Untung juga kerap menggunakan LCD projector untuk menjelaskan materi pelajaran. Untung piawai mengoperasikan laptop dengan kedua kakinya. Lalu menggeserkan pointer dan mengetikkan kalimat memakai kaki.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang mata pelajaran yang dipegangnya, Untung juga memanfaatkan teknologi internet. Dia berselancar di dunia maya menggunakan laptop milik sekolah dan membagikan hasilnya kepada anak didik.

Untung mengaku pasrah dengan keterbatasan yang dimiliki. Menurutnya itu adalah takdir Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, dia bertekad untuk mencerdaskan anak bangsa. Terutama anak-anak di sekeliling.

"Walaupun keterbatasan yang ada pada diri saya ini, ya saya pasrah saja. Karena ini memang takdir dari Allah," ucapnya.

Bagi anak didiknya, Untung dikenal sebagai sosok guru penyabar. Untung juga dikenal nyaman dalam menyampaikan materi pelajaran dan tidak pernah putus asa mengajar mata pelajaran Agama Islam dari kelas empat hingga kelas enam.

"Pak Untung baik, orangnya tidak putus asa untuk mengajari kami semua," kata salah satu murid Untung, Indah Hasbuna.

Sedangkan menurut Kepala MI Al Miftah, Sya'rani, Untung dikenal sebagai sosok guru yang berdedikasi tinggi. Walaupun memiliki keterbatasan, Untung mengajar sesuai dengan standar kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Menurut pengamatan saya apa yang dilaksanakan Pak Untung di madrasah ini sudah sesuai dengan KBM," tukasnya.

Jadi Bapak dan Ibu guru yang semangat ya dalam mendidik generasi bangsa. ^_^

Sumber : okezone.com

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

UJIAN NASIONAL DI MATA GURU

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Ujian nasional penentuan kelulusan secara pribadi saya kurang setuju, kalau ujian nasional sebagai pemetaan sesuai dengan kondisi sekolah-sekolah yang ada, saya lebih setuju. Menurut pengalaman saya ketika mendidik di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) ujian nasional adalah sebagai momok yang menakutkan, kenapa bisa begitu ? ini karena secara nyata pendidikan di Indonesia tidak merata dari segi fasilitas sekolah maupun tenaga pendidik. Memang segala kebijakan ada kelebihan dan kelemahannya, namun secara pribadi ujian nasional jika sebagai tolak ukur kelulusan siswa terhadap kemampuan siswa selama mndapatkan materi selama di sekolah, sangatlah jelas anak-anak di daerah 3T tidak mampu untuk mengikuti ujian nasional tersebut. 

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli Zakaria mengatakan, kecurangan dalam UN terjadi karena adanya budaya seratus persen lulus. Budaya ini berawal sejak adanya EBTA, bahkan sekolah yang jelek pun siswanya harus lulus seratus persen.

"Semua siswa lulus mendapat Surat Tanda Tamat Belajar (STTB). Jadi semua sekolah mendorong lulus seratus persen sehingga jadilah budaya itu,"ujarnya, di Jakarta, Kamis, (27/11).

Ujian nasional penentuan kelulusan secara pribadi saya kurang setuju UJIAN NASIONAL DI MATA GURU
Sumber google
Oleh karena itu sekarang semua anak yang sekolah jadi ingin lulus seratus persen. Makanya mereka mencari berbagai macam cara agar lulus, bahkan kalau tidak lulus ibarat dunia akan berakhir.

Apalagi, lanjut Teuku, sejak otonomi daerah dilakukan, pemerintah daerah menjadikan kesuksesan dalam UN sebagai indikator kinerja pemda yang baik.
"Yang lebih ekstrem kepala daerah bahkan memerintahkan agar semua siswa di daerahnya lulus UN, itu yang menyebabkan terjadi kecurangan‬ massif dalam UN," katanya.

Sementara itu, Guru SMKN Bisnis dan Menajemen 8, Jakarta, Dini Suhartin mengatakan, tidak masalah jika UN dievaluasi. Namun sebaiknya UN jangan dihapus.

"UN merupakan tolak ukur untuk mengevaluasi hasil pendidikan anak-anak. Kalau UN dihapus bagaimana melihat hasil pendidikan anak-anak," kata Dini.

UN, lanjutnya, bisa digunakan sebagai pemetaan saja, bukan sebagai syarat kelulusan. Memang terkadang ada anak yang pintar namun gara-gara sakit atau sedang terkena masalah akhirnya nilai UN-nya jeblok sehingga tidak lulus.

"Kasihan jika ada anak-anak semacam itu tidak lulus hanya karena gagal UN. Jadi kami lebih senang kalau UN digunakan sebagai pemetaan," ujar Dini.

Apalagi anak-anak di Papua tentu saja pencapaian pendidikannya beda dengan anak-anak di Jakarta. Kasihan mereka kalau harus disamaratakan dengan UN sebab fasilitas pendidikan di Papua jauh lebih tertinggal.

Saya setuju dengan pernyataan Bu Dini, kalau ujian nasional bukan sebagai hasil kelulusan siswa, namun sebagai pemetaansaja.

Kemudian dalam ujian nasional ada wacana pelaksanaan melalui online untuk meminimalisir kecurangan..., lha nasib anak-anakQ yang di daerah 3T bagaimana..??

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Bonus Demografi Indonesia dan Dampaknya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kalian tau berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini?Menurut data sensus terakhir pada tahun 2010 total penduduk
Indonesia adalah jika dibulatkan adalah 237 juta jiwa. Angka tersebut bertambah sekitar 20 juta dibanding sensus tahun 2000. Dengan demikian pertumbuhan penduduk Indonesia adalah 1,49 persen setiap tahunnya. Jika dilihat secara kasat mata maka angka tersebut sejatinya merupakan potensi yang sangat besar bagi pembangunan di Indonesia. Baca juga: Fokus kerja geografer jaman now
Trend Pertumbuhan Penduduk Indonesia
Akhir-akhir ini muncul istilah "Bonus Demografi" dalam dunia kependudukan Indonesia. Lalu apa yang dimaksud bonus demografi tadi?apakah menguntungkan atau merugikan?mari kita diskusi bersama-sama untuk memecahkan istilah tadi. 

Bonus Demografi merupakan suatu istilah yang menunjukkan sebuah fenomena dimana populasi penduduk suatu negara banyak diisi oleh penduduk usia produktif. Dengan dasar itulah pemerintah menganggap hal tersebut merupakan potensi yang luar biasa yang dapat dioptimalkan sepenuhnya bagi peningkatan pembangunan Indonesia khususnya menuju Indonesia Emas di Ulang tahun kemerdekaan ke 100 nanti. Namun apakah benar bonus demografi tersebut dapat dikelola dengan maksimal oleh pemerintah sehingga di Ulang Tahun Indonesia ke 100 nanti akan banyak pemimpin-pemimpin baru yang tangguh dan Indonesia menjadi negara yang maju?. Kita tentunya harus optimis sebagai pemuda Indonesia agar nanti dapat bahu-membahu mendorong percepatan pembangunan di Indonesia. Baca juga: Ciri wilayah suburban fringe
Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat merubah Bonus Demografi tadi menjadi sebuah Bencana Demografi. Bagaimana tidak sekarang ini kita lihat berbagai persoalan kependudukan Indonesia begitu kompleks baik dilihat dari sisi kuantitatif maupun kualitatif. Dari sisi kuantitatif, penduduk Indonesia tidak tersebar secara merata dan banyak terpusat di Pulau Jawa khususnya kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Hal ini tentunya akan menyebabkan kutub pertumbuhan penduduk hanya akan berkutat di daerah itu saja. Alhasil pesatnya pembangunan hanya akan berada di Jawa sedangkan di daerah lain kurang berkembang. Jadi dari segi kuantitas, penyebaran penduduk Indonesia yang tidak merata merupakan sebuah persoalan yang harus segera dipecahkan. Baca juga: Pengertian pendekatan kewilayahan
Kepadatan Ibukota Jakarta
Dari sisi kualitatif, ini berkaitan dengan mentalitas, karakter dan kompetensi penduduk Indonesia itu sendiri. Mentalitas koruptor, menggunjing, tidak patuh, cari jalan pintas dan lainnya masih melekat dalam diri penduduk Indonesia. Ini tentunya akan menghambat pembangunan itu sendiri. Contoh sederhana seperti ini saja, masyarakat Jakarta menginginkan Jakarta bebas banjir lalu gubernur berusaha melakukan perbaikan sungai dan waduk namun mereka tetap buang sampah ke sungai kemudian ketika ada pembongkaran bangunan liar tepi sungai mereka protes bukan main padahal jelas melanggar. Ya, sama aja bohong jika sifat penduduk kita masih seperti itu, ingin segala sesuatu instan tanpa proses dan pengorbanan. Ini memang sesuai dengan apa yang ditulis oleh Koentjaraningrat mengenai sifat/mentalitas masyarakat Indonesia. Baca juga: Konsep trickle down effect
Jadi itulah persoalan kompleks yang sedang menghinggapi kependudukan di Indonesia. Sekiranya dunia belum kiamat, masih ada harapan untuk berubah mulai dari diri kita sendiri. Tentunya kita ingin melihat penduduk Indonesia memiliki pola pikir seperti negara maju dan tidak selamanya seperti ini. 
Jadi menurut saya ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan untuk mengantisipasi bencana demografi ini.
  • Adanya revolusi karakter penduduk melalui pendidikan yang berkelanjutan dan handal, Ini merupakan tanggung jawab pendidikan Indonesia karena dengan pendidikanlah manusia dapat dibentuk menjadi apa pun. Diperlukan guru-guru yang tangguh, handal dan mampu menjadi teladan yang baik baik peserta didiknya. Kesejahteraan guru juga harus memiliki standar agar mereka dapat bekerja dengan maksimal. 
  • Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia, percepatan pembangunan di luar Jawa merupakan hal yang menjadi prioritas agar daerah lain tidak tertinggal jauh dari Jawa. Pembangunan yang merata tentunya akan menghasilkan kutub-kutub pertumbuhan baru yang nantinya memancing penduduk lain untuk datang dan bekerja. Sehingga tanah impian bukan hanya di Jawa saja melainkan di seluruh pelosok negeri ini.
  • Program televisi yang mendidik rakyat bukan memberi contoh negatif, tidak dipungkiri lagi TV merupakan salah satu media pembentuk karakter yang paling cepat saat ini selain internet tentunya. Kita lihat program-program televisi Indonesia tidak variatif dan hanya menonjolkan sisi bisnis dan jarang sekali yang menunjukkan sisi positif bagai masyarakat. Bandingkan dengan di luar negeri sebut saja BBC, National Geographic Channel dan lainnya. Program tersebut memberikan edukasi-edukasi bagi masyarakat mengenai teknologi, science dan ilmu lainnya. Beda halnya dengan Indonesia yang dijejali sinetron, lawakan tidak cerdas, berita gosip negatif dan lainnya. Ini tentunya harus segera dibenahi jika kita ingin berubah menjadi negara maju. Baca juga: Peta skala kecil, sedang dan besar
Sumber dan Gambar
Badan Pusat Statistik

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

47. Daster Susun Perca Anyaran


Daster Susun Perca Anyaran dengan harga obral Murah perbiji Rp. 50.000. Sedangkan  bagi yang mau beli 20 biji Daster Susun Perca Anyaran Rp. 30.000 perbiji. Dan bagi yg berminat bisa menghubungi nomor telepon 085-647-217-538, Pin BBM 7d2a8bc2.

Tingkat Perkembangan Tanah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Apakah setiap lapisan tanah di bumi memiliki jumlah lapisan/horison yang sama atau
tidak?Jawabannya adalah tentu tidak. Perkembangan tanah dipengaruhi oleh genesanya. Salah satu faktor genesa tanah adalah waktu. Sama seperti manusia, tanah pun mengenal tingkat-tingkat perkembangan. Mohr dan Van Baren dua orang ahli tanah telah banyak menyumbangkan ilmu pengetahuan untuk keperluan pengembangan pertanian. Penelitian mereka berdua menghasilkan lima tingkat perkembangan tanah. Lima tingkatan tersebut berdasarkan hasil penelitian di daerah beriklim tropis. Berikut ini 5 tahapan perkembangan tersebut:
1. Tingkat Awal (Initial Stage)
Pada fase ini tanah belum terbentuk dan masih berupa bahan induk belum terlapukkan.
2. Tingkat Muda (Juvenile Stage)
Pada fase ini batuan induk sudah mulai terlapukan namun sebagian besar partikel batuan sisa pelapukan masih utuh dan dapat terlihat dengan jelas.
3. Tingkat Remaja (Virile Stage)
Pada fase ini mineral tanah yang berasal dari batuan induk sudah terlapukkan lebih halus. Dekomposisi menghasilkan banyak fraksi liat.
4. Tingkat Tengah Tua (Senile Stage)
Pada fase ini dekomposisi sudah memasuki tahap akhir dan hanya beberapa mineral pelikan saja yang masih resisten.
5. Tingkat Tua (Final Stage)
Fase ini merupakan bagian akhir dari perkembangan suatu tanah dicirikan dengan butir tanah yang halus dan membentuk jenis tanah tertentu sesuai dengan kondisi fisiografisnya.

Contoh tingkat perkembangan tanah adalah:
Entisol=menunjukkan tingkat muda (Juvenile)
Mollisol=menunjukkan tingkat remaja (Virile)
Alfisol=menunjukkan tingkat tua

Contoh Perkembangan Tanah

Sumber:
Suryatna Rafi'i. Ilmu Tanah Dasar
disini




Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

RPP Matematika SMA Kurikulum 2013

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang dike RPP Matematika SMA Kurikulum 2013
RPP Matematika SMA Kurikulum 2013. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang dikembangkan dari silabus dan untuk mencapai Kompetensi Dasar [KD].

Banyak RPP yang beredar di internet dan tidak ada salahnya kita gunakan selama RPP itu terlebih dahulu kita pelajari dan sesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. Kompenen RPP yang perlu kita perhatikan dan sesuaikan diantaranya antara lain:
[i]. tujuan pembelajaran,
[ii]. materi pembelajaran,
[iii]. metode pembelajaran,
[iv]. sumber belajar, dan
[v]. penilaian.

Tidak ada RPP yang paling terbaik, karena RPP itu bersifat fleksibel sehingga RPP di daerah saya belum tentu baik digunakan di daerah Anda.

Berikut RPP mata pelajaran matematika untuk SMA kurikulum 2013 yang coba kita diskusikan. RPP yang akan kita diskusikan berikut ini dalam format word jadi Anda dapat dengan mudah mengeditnya;

RPP MATEMATIKA KELAS X [SEPULUH] WAJIB

  • Eksponen dan Logaritma - Unduh
  • Persamaan dan Pertidaksamaan Linear - Unduh
  • Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear - Unduh
  • Matriks - Unduh
  • Relasi dan Fungsi - Unduh
  • Barisan dan Deret - Unduh
  • Persamaan dan Fungsi Kuadrat - Unduh
  • Trigonometri - Unduh
  • Geometri - Unduh
  • Limit - Unduh
  • Statistika - Unduh
  • Peluang - Unduh

RPP MATEMATIKA KELAS X [SEPULUH] PEMINATAN ILMU ALAM

  • Persamaan Eksponen [KD 3.1 dan KD 3.2] - Unduh
  • Persamaan Eksponen [KD 4.1] - Unduh
  • Persamaan Eksponen [KD 4.2] - Unduh
  • Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat [KD 3.3 dan KD 3.4] - Unduh
  • Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat [KD 4.1 dan KD 4.2] - Unduh
  • Sistem Pertidaksamaan Kuadrat [KD 3.3] - Unduh
  • Sistem Pertidaksamaan Kuadrat [KD 4.1] - Unduh
  • Pertidaksamaan Non Linear - Unduh
  • Geometri Bidang - Unduh
  • Fungsi dan Persamaan Trigonometri - Unduh

RPP MATEMATIKA KELAS XI [SEBELAS] WAJIB

RPP MATEMATIKA KELAS XI [SEBELAS] PEMINATAN ILMU ALAM

  • Polinomial - Unduh
  • Irisan Kerucut - Unduh
  • Irisan Dua Lingkaran - Unduh
  • Sampel dan Fungsi Distribusi Normal - Unduh
  • Limit Fungsi - Unduh
  • Turunan Fungsi Trigonometri - Unduh
  • Aplikasi Turunan Fungsi - Unduh

Saran dan kritik untuk pengembangan RPP ini menjadi lebih baik sangat kami harapkan. RPP mata pelajaran matematika diatas adalah hasil kerjasama mahasiswa calon guru dari Universitas Negeri Medan [Ronny Hasibuan; Lestari Sitio; Aprita Simbolon].

Banyak RPP yang beredar di internet dan tidak ada salahnya kita gunakan selama RPP yang sudah di download terlebih dahulu di edit dan dipelajari.
Semoga Bermanfaat.

Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013, mungkin video berikut dapat membantu kita dalam penerapan kurikulum 2013;
 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang dike RPP Matematika SMA Kurikulum 2013


Sumber https://www.defantri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Alfred Werner - Penemu Struktur Molekul Organik

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Alfred Werner
Lahir: 12 Desember 1866 Mulhouse, Alsace

Meninggal: 15 November 1919 (umur 52) Zurich, Swiss

Kebangsaan: Swis

Bidang: Kimia anorganik

Lembaga: University of Zurich

Alma mater: University of Zurich, ETH Zurich

Penasihat Doktor: Arthur Rudolf Hantzsch, Marcellin Berthelot

Dikenal untuk: konfigurasi logam transisi kompleks

Penghargaan: Hadiah Nobel untuk Kimia (1913)
Alfred Werner (1866-1918) adalah seorang kimiawan Swiss. Menerima Penghargaan Nobel Kimia 1913 untuk penemuan struktur molekul organik olehnya. Werner merupakan orang pertama yang mengajukan struktur sesunggunya dari senyawa koordinasi yang mengandung ion kompleks, di mana sebuah atom logam transisi pusat dikelilingi oleh ligan netral atau anion. Ia juga mempersiapkan kompleks itu dengan isomer optik, dan pada tahun 1914 ia melaporkan senyawa chiral sintetis pertama yang kekurangan karbon, dikenal sebagai heksol dengan rumus kimia [Co(Co(NH3)4(OH)2)3]Br6. Dia adalah ahli kimia anorganik pertama yang memenangkan hadiah Nobel, dan satu-satunya sebelum 1973.


Biografi

Werner dilahirkan di Mulhouse, Alsace (yang kemudian bagian dari Perancis, tapi dianeksasi oleh Jerman pada tahun 1871) pada 12 Desember 1866. Ia dibesarkan dalam keluarga Katolik Roma. Ia pergi ke Swiss untuk belajar kimia di Institut Federal Swiss (Polytechnikum) di Zurich, disana ia memperoleh gelar doktor pada tahun 1890 di lembaga yang sama. Setelah studi postdoctoral di Paris, ia kembali ke Federal Institute Swiss untuk mengajar (1892), pada tahun 1893 ia pindah ke Universitas Zurich dan menjadi profesor pada tahun 1895. Pada tahun yang sama ia menjadi warga negara Swiss.


Penelitian

Kimia koordinasi 

Alfred Werner merupakan salah satu pakar kimia yang merupakan pesaing dalam Jorgensen dalam mengemukakan konstitusi atom-atom dalam suatu senyawa kompleks atau struktur senyawa kompleks. Dia sangat terkesan dengan fakta eksperimen berkaitan dengan senyawa-senyawa kompleks dari CoCl3 denga ligan NH3, khususnya senyawa kompleks CoCl3?3NH3. Cukup lama waktu yang dia habiskan untuk memecahkan masalah itu sampai akhirnya pada akhir tahun 1892, sekitar jam 02.00 pagi, dia terbangun dari tidurnya setelah ia mendapat ilham dalam mimpinya yang dating padanya secepat kilat, sewaktu dia tidur, tentang konstitusi atom-atom dalam senyawa kompleks dari CoCl3 dengan NH3. berdasarkan ilham yang dia peroleh, Werner langsung menganalisis konstitusi semua senyawa kompleks dari CoCl3 dengan NH3 dan etilenadiamina, serta senyawa-senyawa kompleks lainnya, lalu hasil analisisnya ditulis dalam bentuk artikel. Werner menulis artikelnya dengan sekuat kemampuannya dan tanpa adanya interupsi, sehingga artikel itu dapat diselesaikan pada jam 17.00 hari berikutnya. Jadi, Werner berhasil menyelesaikan analisis dan menuangkannya dalam bentuk tulisan dalam waktu hanya 39 jam. Artikel tersebut berjudul : “Beitrag zur Konstitution Anorganischer Verbindungen”, yang berarti “Kontribusi terhadap Konstitusi senyawa-senyawa Anorganik”. Artikel ini merupakan artikel paling masyhur dari semua artikel yang ditulis oleh Werner. Artikel inilah yang akhirnya menjadi landasan untuk munculnya teori koordinasi Werner. Teori koordinasi Werner muncul sebelum ditemukannya elektron oleh J. J Thompson pada tahun 1896.

Pada tahun 1893, Werner adalah orang pertama yang mengusulkan struktur yang benar untuk senyawa koordinasi yang mengandung ion-ion kompleks, di mana pusat transisi atom logam dikelilingi oleh netral atau ligan anionik.

Dalam teori koordinasi, Werner mempostulasikan adanya dua macam valensi, yaitu valensi primer dan valensi sekunder. Dua macam valensi ini hanya dimiliki oleh atom logam dalam senyawa kompleks. Valensi primer dari suatu atom logam hanya dapat dipenuhi oleh anion. Valensi sekunder disebut juga dengan bilangan koordinasi. Valensi sekunder dapat dipenuhi oleh anion atau molekul netral. Lebih lanjut Werner mengemukakan bahwa valensi sekunder dari suatu atom logam adalah diarahkan pada posisi tertentu dalam ruang disekitar atom logam yang disebut sebagai atom pusat. Atom pusat dengan anion atau molekul netral yang terikat pada atom pusat tersebut membentuk suatu kompleks. Kompleks yang atom pusatnya memiliki bilangan koordinasi empat struktur khasnya adalah tetrahedral atau bujur sangkar. Dalam larutan pada umumnya kompleks ini terdapat sebagai partikel-partikel diskrit.


Sifat valensi

Sebelum Werner, ahli kimia mendefinisikan valensi dari unsur sebagai jumlah obligasi tanpa membedakan berbagai jenis obligasi. Namun, dalam kompleks seperti [Co (NH 3) 6] Cl 3 misalnya, Werner menganggap bahwa obligasi Co-Cl sesuai dengan sebuah "primer" valensi 3 di jarak jauh, sedangkan Co-NH 3 obligasi yang sesuai dengan valensi "sekunder" atau lemah dari 6 pada jarak yang lebih pendek. Valensi sekunder dari 6 ia disebut sebagai bilangan koordinasi yang didefinisikan sebagai jumlah molekul (di sini dari NH 3) langsung terkait dengan atom logam pusat. Di kompleks lain ia menemukan nomor koordinasi 4 atau 8.

Pada pandangan ini, dan pandangan yang serupa, pada tahun 1904 Richard Abegg dirumuskan apa yang sekarang dikenal sebagai aturan Abegg yang menyatakan bahwa perbedaan antara positif dan negatif valensi maksimum dari unsur sering delapan. Aturan ini digunakan kemudian pada tahun 1916 ketika Gilbert N. Lewis merumuskan " oktet aturan "dalam bukunya teori kubus atom.

Dalam terminologi modern valensi utama Werner sesuai dengan keadaan oksidasi, dan valensi sekundernya disebut bilangan koordinasi. Obligasi Co-Cl (dalam contoh di atas) kini digolongkan sebagai ion, dan masing-masing obligasi Co-N adalah ikatan kovalen koordinat antara Lewis asam Co 3+ dan basa Lewis NH 3.

3 postulat Werner adalah:
  1. Unsur logam memiliki 2 macam valensi, yaitu valensi primer dan valensi sekunder (dalam istilah sekarang masing-masing disebut bilangan oksidasi dan bilangan koordinasi).
  2. Setiap unsur cenderung memenuhi valensi primer maupun valensi sekundernya.
  3. Valensi sekunder diarahkan kepada posisi tertentu dalam ruangan.

Pekerjaan

Lehrbuch der Stereochemie. Fischer, Jena 1904 Digital Edisi oleh University dan Perpustakaan Negara Düsseldorf

Sumber:
Wikipedia
- Sejarah Senyawa Koordinasi
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Friday, 28 November 2014

ANGKATAN PERTAMA SM-3T UNNES 2011

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Dokumentasi SM-3T suatu program yang sangat membanggakan secara pribadi saya, banyak pengalaman yang bisa saya ambil dari kisah perjuangan di daerah yang katanya masih INDONESIA

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Negeri Semarang, Prof Dr Fathur Rokhman MHum melepas 294 peserta Sajana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Pelepasan tersebut ditandai dengan pemakaian jaket oleh peserta di halaman Rektorat kampus Sekaran, Senin (12/12).

T suatu program yang sangat membanggakan secara pribadi saya ANGKATAN PERTAMA SM-3T UNNES 2011
Dokumentasi Unnes
Mereka akan mengabdi di 3 daerah, yakni di kabupaten Aceh Besar Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) sebanyak 109 orang, di kabupaten Manggarai 94 orang, dan 91 orang di kabupaten Ende, keduanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Peserta diberangkatkan secara bertahap mulai tanggal 12 hingga 14 Desember 2011.
“Saya menyampaikan apresiasi yang sangat mendalam pada seluruh sarjana yang siap untuk melangkahkan kaki dengan penuh semangat. Berbekal profesionalisme dan semangat, kalian akan menjadi agen perubahan,” kata Prof Fathur Rokhman.

Dia menambahkan, akses pendidikan ini harus bisa di rasakan oleh seluruh anak bangsa sehingga tercapai pemerataan. “Proses pendidikan antara satu wilayah dengan yang lain belumlah merata. Saudara akan ambil bagian karena berasal dari wilayah yang sudah mampu,” tandasnya.

Kemampuan itu harus ditunjukkan dengan motivasi. Karena bila datang ke wilayah 3T tanpa hal itu, lebih baik mundur karena hanya akan mendapatkan kesulitan. “Saudara dipercaya oleh Unnes sebagai duta ke wilayah itu, maka tunjukkanlah suatu keunggulan. Tidak ada duta yang ngantukan, cileren, lembek dan sebagainya,” tegasnya.

Penanggung jawab pelaksana program SM-3T Dr Hartono MPd melaporkan, program ini merupakan penugasan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Unnes termasuk di dalamnya. “Dengan bermodal sarjana, kita memberikan pengabdian selama 1 tahun. Jika peserta berhasil maka akan difasilitasi untuk mengikuti Program Profesi Guru (PPG) pra jabatan di LPTK pengirim,” ujarnya.

Hartono menambahkan, proses pendaftaran telah dilakukan pada 24 Oktober sampai 5 November 2011 dengan jumlah pendaftar 1.283 orang, dan setelah diseleksi pada tanggal 7 sampai 9 November diperoleh 300 orang. “Kegiatan pra kondisi tanggal 28 November hingga 9 Desember 2011 di Pusdiklat Provinsi Jawa Tengah Srondol Semarang dengan materi profesionalisme, motivasi, kepramukaan, dan ketahanmalangan. Sebanyak 294 orang dinyatakan lulus,” kata Hartono.

Sumber : unnes.ac.id

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

ANAK GURU MULAI DAPAT PERHATIAN PAK ANIES

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamualaikum wr.wb
Salam maju bersama

Banyak sekali harapan-harapan yang diberikan oleh Pak Menteri baru kita "Pak Anies". Sehubungan dengan tingkat kesejahteraan guru yang sekarang menjadi topik terhangat dalam hari jadi guru ke-69. Pak menteri kita ini mulai membahas tentang nasib anak-anak guru kelak terkhusus tingkat pendidikan mereka nanti. Monggo untuk lebih jelasnya silahkan dibaca dibawah ini.

harapan yang diberikan oleh Pak Menteri baru kita  ANAK GURU MULAI DAPAT PERHATIAN PAK ANIES
Sumber google
"Saya sangat sedih kalau guru sampai dapat KIP (Kartu Indonesia Pintar), jangan sampai lah," ujar Anies, dalam acara Konferensi Pres tentang Hari Guru Nasional 2014 dan HUT PGRI ke-69, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Anies mengklaim, telah mengajak beberapa instansi terkait untuk memudahkan kehidupan guru. Salah satunya yaitu menurunkan tingkat pengeluaran guru. Menurutnya, langkah nyata yang sudah dilakukan mengajak pengusaha memberikan diskon dan pelayanan istimewa pada guru.

"Untuk saat ini, maskapai Garuda Indonesia telah memberikan potongan harga sebesar 25 persen. Sedangkan pada Bus Transjakarta masih tahap penggodokan. Insya Allah semua akan tertular secara bertahap," ucapnya.

Dia menyayangkan jika ada anak seorang guru yang tidak mampu meneruskan ke perguruan tinggi. Sedangkan jasa guru sendiri mencerdaskan anak bangsa agar bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bahkan ke depannya, anak guru akan diberi kesempatan untuk mengenyam bangku kuliah dengan gratis.

"Kita akan bekerja sama dengan Ditjen Dikti, bagaimana anak-anak guru ini akan diberikan pembebasan biaya kuliah. Saat ini masih proses," ungkapnya.

Semoga saja semua yang terbaik dapat terealisasikan dan dapat segera kita rasakan dari program-program harapan Pak menteri baru kita. Amin....
Wassalamualaikum wr.wb

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.