Wednesday 31 October 2018

Cara Install Patch Dapodik PAUD v.3.3.2 Semester Ganjil 2018/2019 di Komputer/Laptop

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Salam semangat buat rekan-rekan OPS serta Guru-guru sekalian, setelah di postingan sebelumnya kita telah membahas Update Dapodik PAUD dari v.3.3.0 hingga v.3.3.1 dan Cara Download Patch Dapopaud v.3.3.2, selanjutnya admin akan menjelaskan Cara Install Patch Dapodik PAUD v.3.3.2 di Komputer/Laptop.


 setelah di postingan sebelumnya kita telah membahas  Cara Install Patch Dapodik PAUD v.3.3.2  Semester Ganjil 2018/2019 di Komputer/Laptop



Disini admin tidak akan menjelaskan lagi apa itu Patch dan Installer, karena dipostingan sebelumnya telah admin jelaskan, untuk lebih jelasnya silahkan klik Disini. Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Penting: Apabila rekan sekalian memilih Patch Dapodik PAUD, tidak perlu hapus atau uninstall Aplikasi Dapodik PAUD sebelumnya, karena kita tinggal lakukan install Patch saja tanpa harus uninstall aplikasi Dapodik PAUD yang sudah ada. 

Cara Install Patch Dapodik PAUD v.3.3.2 di Komputer/Laptop:

1. Silahkan akses Manajemen PAUD atau klik DISINI. Kemudian klik Menu Aplikasi Dapodik > Lalu pilih Patch Aplikasi Frontend DAPODIK Offline (PAUD) v.3.3.2 - Link Alternatif 1





2. Selanjutnya akan masuk pada halaman Download Patch , silahkan klik pada Tombol Download Patch_Dapopaud seperti yang telah dilingkar  dibawah ini. Dan tunggulah hingga proses download berhasil. 


3. Apabila download telah berhasil maka hasilnya seperti gambar dibawah ini  PATCH_DapoPaud_3.3.2_2018.exe


4. Selanjutnya masuk ke tahap Installasi Patch Dapodik PAUD v.3.3.2.  Silahkan klik kanan pada aplikasi PATCH tersebut > lalu klik pada Run as Administrator



5. Masuk di halaman Selamat Datang di Instalasi Patch Dapopaud v.3.3.2, silahkan klik pada tombol Lanjut. 


6. Lalu klik pada Saya Setuju > Klik Lanjut. 


7. Masuk di halamn Pilih Lokasi Tujuan, silahkan klik pada tombol Lanjut. 


8. Di halaman Pilih Folder Start Menu, silahkan klik tombol Lanjut. 


9. Kemudian masuk di proses pemasangan Dapopaud di komputer, selanjutnya silahkan klik pada tombol Pasang. 


10. Masuk di proses Konfigurasi Pemasangan Dapopaud di Komputer. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. 


11. Pemasangan Dapopaud Berhasil, silahkan klik tombol Selesai. 


12. Tampilan Dapopaud setelah di Install Patch. Jika sudah silahkan klik pada Aplikasi  atau Icon Dapopaud untuk memeriksa apakah v.3.3.2 telah berhasil terinstall atau belum. 


13. Masuk di halaman Login, disini kita bisa melihat Versi Aplikasi : 3.3.2, artinya proses installasi Patch Dapodik PAUD v.3.3.2 telah sukses. 




Catatan: 

Daftar Perubahan versi 3.3.2 : 

1. [Perbaikan] Salinan penugasan untuk lembaga tertentu. 
2. [Perbaikan] Validasi invalid kecamatan.
3. [Perbaikan] Validasi NIP.
4. [Perbaikan] Meng-aktifkan kembali beberapa field ubah PTK.
5. [Pembaruan] Menambahkan tarik PTK di Menu PTK


Buat rekan-rekan yang sudah menanyakan bagaimana Cara Menarik Data PTK sekarang melalui versi terbaru ini kita sudah bisa menarik PTK tanpa harus melalui Operator Dinas. 

Demikianlah proses Install Patch Dapodik PAUD v.3.3.2, semoga bermanfaat salam semangat dan salam satu data. 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

CARA DAFTAR/REGISTRASI AKUN OPERATOR SEKOLAH DI SDM PDSP

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Sebagai seorang operator sekolah tentunya harus sudah memiliki kemampuan dalam memainkan computer baik secara offline maupun secara online. Tugas seorang operator sekolah sangat berat mulai dari menginput data sekolah mengirim data secara online dan seluruh kelengkapan data sekolah ada pada genggaman seorang operator sekolah sehingga wajar jka seorang operator sekolah di juluki sebagai  jantungnya sekolah.

Untuk anda yang baru saja menjadi seorang operator sekolah maka artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda karena di dalam artikel ini akan di bahas mengenai cara untuk mendaftar atau meregistrasi akun operator sekolah agar dapat aktif dan dapat di gunakan dalam tugas sebagai operator sekolah.

Sebagai Operator sekolah wajib harus memiliki akun operator , karena akun tersebut nantinya akan di gunakan untuk melakukan verval atau perbaikan data yang dilakukan secara online.
Akun operator sekolah sangat penting bagi seorang operator dimana jika seorang operator sekolah tidak memiliki akun operator maka yang bersangkutan tidak akan bisa login dan tidak bisa melakukan verval atau perbaikan data sekolah.

Verval yang wajib di ketahui oleh seorang operator sekolah diantaranya yaitu :
1. VERVAL SP
Verval SP bertujuan untuk melakukan verifikasi dan validasi data satuan pendidikan.
Selain itu verval SP juga berfungsi untuk memeriksa dan memperbaiki data sekolah sehingga nantinya akan menghasilkan data sekolah yang valid sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah yang sebenarnya. Dalam melakukan verval SP yang dapat di perbaiki datanya yaitu antara lain nama sekolah serta wilayah sekolah dan spasial (letak sekolah berdasrkan map).
Apabila ada data sekolah yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya maka verval SP merupakan cara yang paling tepat dalam melakukan perbaikan data sekolah.
Hanya saja verval atau perbaikan data sekolah dapat dilakukan dengan status online.

2. VERVAL PD
Verval PD merupakan verval peserta didik, yang tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Apabila di dapati ternyata ada data-data peserta didik yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PD merupakan tempat yang harus di kunjungi untuk melakukan perbaikan data peserta didik agar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data real atau data yang sebenarnya.
Pada verval PD contoh kasus peserta didik yang dapat di perbaiki yaitu antara lain perbaikan nama peserta didik, tempat dan tanggal lahir peserta didik, NISN peserta didik dan nama ibu peserta didik.
Untuk bisa berhasil dalam melakukan verval PD maka wajib harus melampirkan hasil scan ijazah atau dokumen lainnya sebagai bukti fisik yang menyatakan kebenaran data peserta didik tersebut.

3. VERVAL PTK
Verval PTK merupakan verval pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal ini data guru dan data staff yang ada di sekolah.
Verval PTK bertujuan untuk memverifikasi dan memvalidasi data pendidik dan tenaga kependidikan.
Apabila terdapat data PTK yang salah, contohnya nama, tempat tanggal lahir, nomor  NUPTK dan data lainnya yang berhubungan dengan data PTK yang tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PTK merupakan tempat yang tepat untuk melakukan perbaikan data PTK tersebut agar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya.

Seluruh rangkaian tugas operator sekolah yang telah saya jelaskan di atas tidak akan bisa dilakukan apabila seorang operator sekolah belum memiliki akun operator sekolah dalam hal ini akun operator dapodik. Oleh sebab itu akun operator sekolah sangat wajib di miliki oleh seorang operator sekolah agar dapat melakukan login ke masing-masing data verval yang telah saya jelaskan di atas sehingga operator sekolah dapat memiliki akses untuk melakukan perbaikan data sekolah, data peserta didik dan data PTK.
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar dapat memiliki akun operator sekolah yaitu dengan cara melakukan registrasi akun operator sekolah, namun untuk bisa melakukan registrasi maka ada beberapa syarat yang harus di lengkapi.

Syarat utama yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi akun operator dapodik yaitu harus menyiapakan surat tugas atau surat perintah sebagai operator sekolah (dapodik ) yang di tandatangani oleh atasan langsung dalam hal ini kepala sekolah, selain itu operator sekolah juga harus menyiapkan satu buah email yang masih aktif yang nantinya email tersebut di gunakan sebagai username saat melakukan login apabila akun operator sekolah telah di aktifkan.

Apabila anda belum memiliki surat tugas sebagai seorang operator dapodik maka anda dapat melihat contohnya pada judul yang telah saya siapkan di bawah ini :


Berikut ini akan saya jelaskan secara terperinci dan saya jelaskan dalam bentuk gambar cara melakukan registrasi atau daftar akun operator sekolah dengan tujuan agar mudah di pahami.

1. Silahkan kunjungi link di bawah ini :
Sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :


2. Kemudian pilih menu “Registrasi Anggota “ dan pilih “operator sekolah”. Seperti pada gambar di bawah ini :


3. Setelah itu isi semua biodata sesuai dengan kolom data yang sudah di persiapkan termasuk mengupload surat tugas yang telah di scan dan di upload pada kolom data “surat penugasan” dan apabila setelah selesai mengisi maka klik tulisan “REGISTRASI” pada bagian paling bawah.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :



Apabila seluruh langkah di atas telah di lakukan dengan benar maka tugas anda untuk melakukan registrasi akun operator sekolah telah selesai.

Untuk memastikan apakah akun yang anda daftarkan tersebut telah diterima oleh pihak pusat dan telah di aktifkan, maka anda dapat melakukan pengecekkan keaktifan akun dengan cara di bawah ini:

1. Pilih menu “status pendaftaran” pada menu bagian atas. Seperti pada gambar di bawah ini :


2. Setelah itu masukkan email sesuai dengan alamat email yang telah anda gunakan saat awal pendaftaran di akun operator sekolah. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik “ CEK”
Lihat gambar di bawah ini :


3. Apabila akun anda telah aktif, maka akan muncul tulisan peringatan “akun sudah aktif,silahkan login” Seperti pada gambar di bawah ini :



Jika akun operator anda telah aktif, maka kini anda dapat login menggunakan akun tersebut untuk melakukan verval SP,verval PD dan verval PTK.

Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan mengenai cara daftar/registrasi akun operator dapodik di SDM PDSP, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk meninggalkan pesan,komentar,kritikan,pertanyaan atau masukkan yang membangun mengenai artikel ini, agar blog yang saya kelola ini dapat menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan pengunjung yang membutuhkan informasi.


Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ujian Nasional 2019, Masihkah UNBK 2019???

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamu'alaikum wr wb. adik adik siswa kelas akhir dan sahabat IndoINT, baik yang guru sekaligus operator madrasah ataupun sahabat TU sekaligus Operator Madrasah dan masih menjabat pula proktor + teknisi, atau apapun jabatan sahabat IndoINT, yang penting berita ini bisa menjadi info bermanfaat (semoga). Pada postingan kali ini kami admin IndoINT.com akan mengetengahkan informasi penting tentang Persiapan UNBK 2018.


Kalau melihat judul diatas, Ujian Nasional 2019, Masihkah UNBK??? ya pastilah jawabannya 100% Ujian Nasional Berbasis Komputer alias UNBK.

Berita Ada beberapa poin yang dihasilkan dari Sosialisasi Persiapan UNBK Tahun 2019 Provinsi Jawa Timur. Berikut isi dari Sosialisai UNBK 2019 yang disampaikan Oleh Bpk Hamdi (Helpdesk Kabupaten Sumenep) via massage berantai di grup proktor UNBK Kabupaten Sumenep.

1. Jadwal UNBK kemungkinan besar akan dimajukan dikarenakan bulan April bertepatan dengan PEMILU

2. Untuk pendataan peserta ujian nasional murni diambilkan dari DAPODIK/EMIS tanpa melibatkan aplikasi pendataan lain (misalnya : BIOUN) Fijar Hafis (Tester Team Aplikasi Puspendik)

3. Transfer Response wajib untuk digunakan/diaplikasikan pada waktu pelaksanaan mulai dari Simulasi sampai UNBK utama.

4. Server Cadangan tetap wajib ada, walaupun sudah ada menu transfer response

5. Ada beberapa kasus, pada waktu singkron untuk data 1 terjadi masalah, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
   a. lakukan singkron lagi 2-3 kali
   b. jika masih bermasalah, cek sambungan internetnya
   c. Jika tetap bermasalah, maka hubungi HD propinsi untuk diteruskan ke Pusat.

6. Backup VHD singkron wajib dilakukan

7. Pada waktu melakukan restore file transfer response, yang di ZIP adalah filenya, bukan folder transfer responsnya

8. Sebelum melakukan ekstrak TR, lakukan setting terlebih dahulu status tes yang disesuaikan dengan status test yang aktif pada waktu error terjadi. Handaru (Team leader dari team aplikasi Puspendik)

9. Ada beberapa server yang menangani UNBK
   a. Server Manager
   b. Server Admin : merupakan server cloud yang terdiri dari 20 server cloud : fungsinya melayani             singkronisasi dan release toke.
   c. Server Report : fungsinya untuk laporan UNBK yang terdiri dari 6 server fisik
   d. Server Pengolahan : fungsinya untuk mengelola web UNBK

10. Pada waktu melakukan instalasi OS server, hindari penggunaan aplikasi Ghost agar SN mesin tidak sama.

11. Adanya penambahan feature password pada login CBTSync admin, dimana password ini akan diinformasikan di web UNBK dan bisa suatu saat berubah.

12. Siswa suatu sesi  tidak bisa dimasukkan ke sesi lain karena berfungsinya pilihan kelompok test pada menu status test

13. Waktu token akan dibatasi sesuai dengan sesinya masing-masing.

14. Jika ada siswa yang belum selesai mengerjakan kemudian terjadi listrik padam sampai malam, maka bisa melakukan request FORCE SELESAI pada HD provinsi untuk memaksa status siswa tersebut menjadi selesai mengerjakan sehingga proktor bisa melakukan upload jawaban.

Demikian Informasi tentang Sosialisai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber https://www.gurujugan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Hasil SKD CPNS KEMENKUMHAM 2018

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Gurumaju.comPengumuman Hasil SKD CPNS KEMENKUMHAM Tahun 2018. Bagi rekan-rekan yang telah mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD maka hal yang selanjutnya ditunggu adalah Pengumuman Hasil SKD CPNS yang nantinya akan dirilis oleh Kemenkumham melalui laman cpns.kemenkumham.go.id.
Pengumuman Hasil SKD CPNS KEMENKUMHAM Tahun  Hasil SKD CPNS KEMENKUMHAM 2018
Pengumuman Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2018

Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2018 seperti yang telah Admin utarakan diatas, bahwa sebenarnya untuk pengumumannya nantinya akan dirilis secara resmi melalui laman resminya di cpns.kemenkumham.go.id.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sampai saat ini belum selesai dilaksanakan di berbagai daerah. Sehingganya sampai saat ini pengumuman Hasil SKD tentunya belum juga dirilis oleh pemenrintah melalui Kemenkumham dan dapat diakses melalui portal resmi CPNS Kemenkumham.

Usai melalui tahapan SKD, peserta akan melewati penjaringan kandidat yang mampu memenuhi passing grade ketiga SKD yang terdiri dari Tes Inteligensi Umum (TIU) 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143 sesuai dengan ketentuan minimum passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2018.

Diberitakan sebelumnya, peserta CPNS Kemenkumham yang memenuhi passing grade pada tahapan SKD dengan CAT BKN tidak secara langsung lulus melanjutkan ke tahap SKB.

Seperti diketahui, bahwa pada tahun ini banyak sekali yang mengeluhkan begitu sulitnya untuk lulus passing grade khususnya untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) karena kebanyakan dari rekan-rekan yang tidak lulus Passing grade karena nilai TKP nya rendah, bahkan ada yang hanya kurang 1 angka.

Demikian Informasi mengenai Pengumuman hasil SKD CPNS Kemenkumham 2018 yang dapat Admin bagikan, terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.


Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posisi Tidur yang Dianjurkan dan yang Dilarang, Karena Memiliki Dampak Besar pada Kesehatan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Inilah Posisi Tidur yang Dianjurkan dan yang Dilarang, Karena Memiliki Dampak Besar pada Kesehatan_Kebiasaan tidur memiliki pengaruh dalam hal kecantikan ataupun kesehatan tubuh. Dalam hal ini, ada baiknya Anda membiasakan tidur bukan hanya untuk mencari kenyamanan saja, melainkan juga mencari posisi yang baik dan tepat. Professor Chris Idikowski, seorang direktur dari Sleep Assessment and Advisory Servise, yang telah melakukan penelitian mengenai posisi tidur berikut dengan dampaknya. Berdasarkan penelitian yang melibatkan seribu relawan ini, professor Chris menganalisa enam posisi tidur berikut lengkap dengan pengaruhnya pada kesehatan. Nah langsung saja berikut penjelasan lengkapnya.
Inilah Posisi Tidur yang Dianjurkan dan yang Dilarang Posisi Tidur yang Dianjurkan dan yang Dilarang, Karena Memiliki Dampak Besar pada Kesehatan
Inilah Posisi Tidur yang Dianjurkan dan yang Dilarang, Karena Memiliki Dampak Besar pada Kesehatan: 

1. The freetall
Posisi tidur yang pertama adalah posisi tidur freetall. Posisi tidur yang satu ini dapat dilakukan dengan cara berbaring terlentang dengan posisi tangan ke atas melingkari bantal sedangkan kepala menengok pada salah satu sisi. Posisi free tall memiliki pengaruh positif dalam hal kesehatan, terutama dalam dalam hal pencernaan.

2. The log
Posisi tidur the log adalah memposisikan diri dengan berbaring lurus menyamping, sementara kedua tangan berada pada bawah sisi tubuh. Pengaruh cara tidur yang satu ini pada kesehatan adalah menjaga tulang rusuk supaya tetap lurus. Posisi tidur the log juga baik bagi mereka dengan keluhan sakit di bagian tulang belakang.

3. The yearner
Posisi tidur yang selanjutnya adalah posisi tidur the yearner. Posisi tidur yearner adalah posisi tidur miring dengan bertumpu pada satu sisi tubuh dan  kedua tangan berada di depan. Dampak posisi tidur yang satu ini pada kesehatan adalah untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung serta sleep apnea.

Buat yang belum tahu, Sleep apnea adalah salah satu gangguan tidur dalam hal pernapasan. Kondisi tidur yang satu ini sebaiknya segera diatasi, karena bukan tidak mungkin jika sleep apnea dapat menyebabkan seseorang berhenti bernapas.

Beberapa gejala sleep apnea antara lain adalah terbangun dengan mulut kering atau tenggorokan sakit, sulit berkonsentrasi, sakit kepala di waktu pagi mudah tersinggung dan depresi. Bagi Anda yang memiliki gejala diatas, tidak ada salahnya segera mengunjungi ahli medis untuk menghindari gejala yang lebih parah.

4. The fetus
Posisi tidur selanjutnya adalah the fetus. Posisi tidur yang satu ini dilakukan dengan meringkuk layaknya bayi dan bertumpu pada satu sisi tubuh. Posisi yang paling banyak di pilih saat tidur ini juga memiliki pengaruh pada kesehatan tubuh.

Tidur dengan posisi miring ke kiri bisa menyebabkan terjadinya stres pada organ vital seperti halnya perut, paru-paru serta liver Anda. Adapun posisi yang dianjurkan adalah tidur dengan bertumpu pada sisi kanan tubuh.

5. The soldier
Posisi tidur the soldier adalah tidur dengan cara berbaring terlentang sementara kedua tangan berada di sisi tubuh. Posisi tidur ini memiliki pengaruh kesehatan berupa memperburuk kebiasaan mengorok, kesulitan bernapas hingga gangguan tidur yang lain.

6. The starfish
Posisi tidur starfish adalah ketika Anda memposisikan tubuh dengan cara berbaring terlentang sementara kedua tangan diangkat. Sama seperti posisi tidur di atas, posisi tidur yang satu ini juga memiliki dampak pada kesehatan tubuh.

The starfish memiliki pengaruh kurang lebih sama dengan posisi tidur soldier yakni kecenderungan mengorok serta gangguan pernapasan ketika tidur.

Bagi Anda yang merasa kurang memiliki waktu tidur berkualitas, ada baiknya jika mulai dari sekarang Anda mengecek posisi tidur masing-masing. Karena bisa jadi, gangguan tidur yang Anda alami disebabkan oleh posisi tidur yang tidak tepat. Pilihlah posisi tidur dengan baik dan tentunya memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Macam-Macam Anemia

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Macam-Macam Anemia_Penyakit bernama anemia mungkin sudah sering terdengar oleh Anda. Secara fungsional anemia diartikan sebagai penurunan jumlah massa eritrosit (sel darah merah) yang menyebabkan fungsinya sebagai pembawa oksigen ke jaringan perifer tidak dapat terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari penurunan kadar hemoglobin dalam darah.
Penyakit bernama anemia mungkin sudah sering terdengar oleh Anda Macam-Macam Anemia
Secara fisiologi, nilai normal kadar hemoglobin bervariasi yang ditentukan oleh jenis kelamin, kehamilan, usia, dan juga ketinggian tempat tinggal.

Dengan demikian, perlu adanya batasan nilai kadar hemoglobin pada anemia. Adapun kriteria anemia menurut World Health Organization sebagai berikut:
  • Laki-laki dewasa: Hb < 13 gr/dL 

  • Wanita dewasa tidak hamil: Hb < 12 gr/dL 
  • Wanita hamil: Hb < 11 gr/dL 
Anemia dapat dikelompokkan berdasarkan mekanisme terjadinya dan juga penyebabnya, yaitu:
  • Tubuh mengalami kehilangan darah yang sangat banyak karena kecelakaan atau mengidap penyakit tertentu, 
  • Tubuh mengalami masalah dalam produksi sel darah merah, sel darah merah yang mati lebih cepat dari keadaan normal sementara sel-sel darah merah yang baru belum terbentuk.
Salah satu atau bahkan kedua hal tersebut dapat dialami oleh seseorang tergantung jenis anemia yang diderita. Berdasarkan klasifikasi diatas, macam-macam anemia yang paling sering ditemui, yaitu :

1. Anemia Defisiensi Zat Besi 

Anemia yang terjadi akibat kurangnya zat besi yang menjadi bagian dari molekul hemoglobin. Kondisi ini dapat terjadi karena banyak hal, termasuk asupan makanan yang kurang tepat.

Bahkan kasus yang terjadi pada orang dewasa, kekurangan zat besi hampir selalu disebabkan oleh perdarahan menahun yang  terjadi berulang-ulang dan berasal dari seluruh bagian tubuh.

2. Anemia Defisiensi Vitamin C

Anemia yang terjadi akibat sangat kurangnya vitamin C dalam tubuh, dan dalam jangka waktu yang lama.

Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi, sehingga apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin C, maka zat besi yang dapat diserap tubuh juga akan berkurang dan mengakibatkan anemia.

3. Anemia Makrositik

Anemia yang terjadi akibat kurangnya vitamin B12 atau asam folat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kegagalan usus dalam penyerapan vitamin B12 secara optimal.

Asam folat dibutuhkan dalam tubuh untuk proses pembentukan serta pematangan sel darah merah juga granulosit.

4. Anemia Hemolitik

Anemia yang terjadi ketika sel darah merah hancur lebih cepat dari kondisi normal. Kondisi ini disebabkan oleh keturunan atau bisa juga karena salah satu penyakit yang berkaitan dengan kesehatan darah seperti leukemia  dan jenis kanker yang lainnya.

Kekebalan tubuh yang terganggu, hipertensi ekstrem, serta limpa yang tidak mampu bekerja normal juga bisa menjadi penyebab anemia jenis ini.

5. Anemia Sel Sabit

Anemia yang ditandai dengan adanya sel darah merah berbentuk sabit dan kaku. Penderita anemia ini biasa sudah mengidap anemia hemolitik yang kronik.

Anemia sel sabit didapat dari genetik yang resesif, dimana si penderita telah mewarisi dua gen yang membawa penyakit ini dari orang tuanya.

Gejala utama yang dialami oleh penderita anemia sel sabit yaitu:
a. Kurang bertenaga serta sesak nafas,
b. Menderita penyakit kuning (dimana kulit dan mata penderita akan berwarna kuning),
c. Serangan sakit yang akut di tulang dada atau di daerah perut akibat pembuluh darah kapiler yang tersumbat.

6. Anemia Aplastik

Anemia yang terjadi jika sumsum tulang belakang terganggu. Bagian tubuh ini penting karena merupakan tempat pembuatan seluruh sel-sel darah mulai dari sel darah merah, sel darah putih, dan juga trombosit.

Itulah informasi tentang macam-macam anemia yang ada di sekitar kita. Tetap jaga kondisi tubuh Anda dengan selalu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin serta zat besi agar tubuh terhindar dari anemia.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Bahasa Jawanya Angsa itu Banyak

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Bahasa Jawanya Angsa itu Banyak- Apa bahasa Jawanya angsa?, bahasa Jawanya angsa adalah banyak. Coba sebutkan apa saja bahasa Jawanya angsa !, he he,,lah bahasa Jawanya angsa itu hanya satu yakni "banyak"
 Coba sebutkan apa saja bahasa Jawanya angsa  Bahasa Jawanya Angsa itu Banyak
.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Beberapa Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil yang Sering Salah Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Beberapa Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil yang Sering Salah Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari_Bahasa Jawa Krama Inggil memang unik, di mana bahasa Jawa yang halus ini tidak bisa dipakai sembarangan. Kita harus memperhatikan tentang penggunaan yang tepat dan benar. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa contoh penggunaan kata dalam kalimat berbahasa Jawa di bawah ini.
Beberapa Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil yang Sering Salah Penerapannya dalam K Beberapa Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil yang Sering Salah Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Beberapa Contoh Penggunaan Bahasa Jawa Krama Inggil yang Sering Salah dalam Penerapannya

Pada beberapa contoh di bawah ini, intinya kita harus memperhatikan bahasa Jawa krama inggil suatu kata yang kita gunakan itu untuk kita atau orang lain. Jika untuk kita bagaimana (untuk kita tidak boleh dijadikan krama inggil) dan apabila untuk orang lain bagaimana bahasa Jawa Krama Inggil yang benar.

1. Bahasa Jawanya Anak
Bahasa Jawanya anak adalah anak. Bahasa Jawa Halus/Krama Inggilnya anak adalah putra/putro. Nah, misalkan kita ditanya oleh orang lain "Putranipun pinten?" (anaknya berapa?), maka jawaban yang benar adalah "anak kulo kalih" (anak saya dua; misal anak Anda ada 2 ). Jadi tidak boleh "putra kulo kalih".

2. Bahasa Jawanya Makan
Bahasa Jawanya makan adalah maem (untuk makan nasi), mangan ( untuk makan makanan ringan). Bahasa halusnya makan adalah dahar/dhahar. Misalkan kita bilang ke orang yang kita hormati untuk kalimat "Pak, saya mau makan", maka harusnya jadi "Pak, kulo/dalem ajeng maem", tidak boleh "Pak, dalem ajeng dahar".

Sebaliknya, misal kita tanya ke orang lain, misal "Pak, sudah makan apa belum?", maka bahasa Jawa halusnya yaitu "Pak, sampun dahar napa dereng?", tidak boleh "Pak, sampun maem napa dereng?.

3. Bahasa Jawanya Pulang 
Bahasa Jawa ngapaknya pulang adalah bali/balik/mulih. Adapun bahasa Jawa ngokonya yaitu wangsul, sedangkan bahasa halusnya/krama inggilnya pulang adalah kondur.

Contoh salah: 
Pak, kulo ajeng kondur
Bapak bade wangsul jam pinten?

Contoh benar: 
Pak, kulo ajeng wangsul
Bapak bade kondur  jam pinten?

Baca juga:

Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Menambahkan Style Button Pada Tulisan Tertentu di Blog

Menambahkan Style Button Pada Tulisan di Blog
RISWAN.NET - Menambahkan Style Button Pada Tulisan Tertentu di Blog, Halo sobat Riswan, dengan meguasai ilmu CSS dan HTML akan mempermudah kita dalam mengedit tampilan blog,

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat tulisan dengan style button pada postingan di blog, memenuhi permintaan dari teman saya Kang Rezza.

Menambahkan Style Button Pada Tulisan Tertentu di Blog

Mungkin kalian baru dengar "Tulisan dengan Style Button", yup karena saya sendiri yang membuat istilah tersebut, entah apa nama yang cocok, tapi kelihatannya terlihat seperti button.

Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, sobat cukup menerapkan kode css pada template sobat lalu memanggilnya dengan tag class css tersebut ketika hendak memakainya pada postingan.

Menambahkan Style Button Pada Tulisan di Blog

Pertama silahkan login di Blogger, lalu masuk ke Edit HTML, selanjutnya cari kode ]]></b:skin> lalu letakan css di bawah ini tepat sebelum kode ]]></b:skin>

.post qode{background:#fff;border:1px solid rgba(0,0,0,0.1);border-radius:3px;box-shadow:0 1px 0 rgba(0,0,0,0.2),0 0 0 2px #fff inset;color:#333;display:inline-block;font-size:14px;line-height:1.4;font-family:consolas;margin:0 .1em;padding:.1em .6em;font-weight:700}

Sedangkan untuk pengguna cms Wordpress dapat meletakan kode css tersebut pada bagian custom code yang telah disediakan oleh theme atau melalui theme editor dan pilih file css lalu ganti .post sesuai element yang digunakan oleh theme contohnya .entry-content

.entry-content qode{background:#fff;border:1px solid rgba(0,0,0,0.1);border-radius:3px;box-shadow:0 1px 0 rgba(0,0,0,0.2),0 0 0 2px #fff inset;color:#333;display:inline-block;font-size:14px;line-height:1.4;font-family:consolas;margin:0 .1em;padding:.1em .6em;font-weight:700}

Kemudian simpan template, selanjutnya untuk mengaplikasikan pada tulisan postingan sobat tinggal memangil css tadi dengan menambahkan kode pada tulisan tertentu. Pengaplikasiannya kurang lebih seperti berikut ini, pastikan sobat menulisnya pada mode HTML

<qode> Contoh Tulisan </qode>

Selesai, lalu pratinjau untuk melihat perubahan. Mudah bukan? Dengan menerapkan style css ini setidaknya dapat mempercantik tampilan tulisan dan dapat digunakan untuk menandai bagian tulisan yang sekiranya penting.

Baca Juga: Cara Modifikasi Style Heading H2 Pada postingan

Demikianlah artikel mengenai Menambahkan Style Button Pada Tulisan Tertentu di Blog, semoga tutorial blogger ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua, terima kasih.

Pengalaman Mendapatkan Mode Malam di PUBG Mobile

Mode malam (Night Mode) di PUBG Mobile akan bisa Kamu dapatkan apabila sudah di update ke versi 0.9.0 (terbaru). Selain mode malam, ada beberapa fitur baru yang akan Kamu dapatkan seperti senjata baru, kendaraan baru, dan fitur - fitur menarik lainnya. Di artikel sebelumnya mengenai fitur baru update PUBG Mobile, banyak sekali pengunjung yang ingin mencari tahu bagaimana cara mengaktifkan atau

Soal Ips Kelas 6 Sd Serpihan 4 Tanda-Tanda Alam Di Indonesia Dan Negara Tetangga Dan Kunci Jawaban

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Gejala Alam Di Indonesia dan Negara Tetangga Dan Kunci Jawaban Soal IPS Kelas 6 SD BAB 4 Gejala Alam Di Indonesia dan Negara Tetangga Dan Kunci Jawaban


A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Bagian permukaan bumi yang berupa hamparan yang tidak digenangi air dinamakan ....
a. Perairan
b. Pegunungan
c. Daratan
d. Perbuktian

2. Daerah perbatasan antara daratan dan lautan disebut ....
a. Pasir
b. Teluk
c. Semenanjung d. Pantai

3. Berikut yaitu manfaat sungai untuk kehidupan sehari-hari, kecuali ....
a. Sarana transportasi
b. Sarana irigasi
c. Tempat membuang limbah
d. Wahana pariwisata

4. Bencana yang sanggup disebabkan oleh ulah insan yaitu ....
a. Tsunami
b. Gunung meletus
c. Angin topan
d. Banjir

5. Proses memindahkan penduduk dari tempat peristiwa dinamakan ....
a. Evakuasi
b. Mitigasi
c. Transmigrasi
d. Imigrasi

6. Gempa bumi yang disebabkan oleh gunung meletus disebut ....
a. Gempa tektonik
b. Gempa terban
c. Gempa vulkanik
d. Gempa susulan

7. Titik sentra gempa di dalam bumi dinamakan ....
a. Heliosentris
b. Episentrum
c. Hiposentrum
d. Richter

8. Lempeng bumi yang tidak berada di asia tenggara yaitu ....
a. Australia
b. Pasifik
c. Afrika
d. Eurasua

9. Penebangan pohon di hutan dengan memperhatikan usia dan ukuran pohon dinamakan ....
a. Reboisasi
b. Irigasi
c. Tebang pilih
d. Tebang tanam

10. Indonesia yaitu negara yang terletak di tempat pertemuan tiga lempeng bumi, sehingga menyebabkan indonesia rawan peristiwa ....
a. Gempa bumi
b. Banjir
c. Tanah longsor
d. Kebakaran hutan

11. Berikut yaitu materi-materi yang dikeluarkan oleh gunung meletus, kecuali ....
a. Awan panas
b. Abu
c. Lahar
d. Kayu

12. Gunung yang meletus pada tahun 1883 yang kini bertempat di antara pulau Jawa dan Pulau Sumatra yaitu ....
a. Gunung Tambora
b. Gunung Krakatau
c. Gunung Merapi
d. Gunung Sinabung

13. Lembaga pemerintah  yang mengurusi duduk kasus wacana kegunungapian yaitu ....
a. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
b. Badan Pusat Statistik (BPS)
c. Komisi Pemilihan Umum (KPU)
d. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

14. Berikut yaitu negara yang merupakan negara kepulauan, kecuali ....
a. Filiphina
b. Jepang
c. Australia
d. Indonesia

15. Gelombang air maritim yang sangat besar dinamakan ....
a. Ombak
b. Tsunami
c. Angin darat
d. Angin laut

16. Tsunami di Aceh terjadi pada tanggal ....
a. 26 Juli 2005
b. 26 Mei 2005  
c. 26 Desember 2004
d. 26 Agustus 2004

17. Tanda gunung berapi yang akan meletus yaitu ....
a. Gunung berwarna merah
b. Terdapat kepulan asap di puncaknya
c. Banyak binatang yang berada di bawahnya
d. Terjadi angin topan di gunung

18. Negara yang tidak terkena pengaruh pribadi dari tsunami di Aceh yaitu ....
a. Filiphina
b. Indonesia
c. Thailand
d. Malaysia

19. Wilayah Asia Tenggara dilalui oleh 2 rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu ....
a. Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
b. Sirkum Mediterania dan Sirkum Hindia
c. Sirkum Pasifik dan Sirkum Eurasia
d. Sirkum Eurasia dan Sirkum Mediterania

20. Berikut ini hal-hal yang dihentikan dilakukan dikala terjadi gempa, kecuali ....
a. Berdiri di bawah pohon
b. Berdiam di bawah bangunan tinggi
c. Berlari ke arah tanah lapang atau terbuka
d. Bersandar di bawah tembok

21. Berikut gejala akan terjadi gunung meletus, kecuali ....
a. Suhu di sekitar kawah turun.
b. Banyak binatang yang tinggalkan gunung
c. Sering terjadi gempa atau getara
d. Sering terdengar bunyi gemuruh.

22. Negara di Asia Tenggara selain Indonesia yang rawan terjadi gunung meletus, yaitu....
a. Thailand
b. Brunei Darussalam
c. Singapura
d. Filipina

23. Indonesia mempunyai begitu banyak gunung berapi lantaran . . . .
a. Wilayah Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng bumi
b. Wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan
c. Letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua benua
d. Letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudra

24. Kebakaran hutan di Indonesia menciptakan negara tetangga melaksanakan protes karena....
a. Kebakaran hutan menciptakan ekspor kayu berkurang
b. Kebakaran hutan membuka lahan-lahan baru
c. Kebakaran hutan menyebabkan polusi udara
d. Kebakaran hutan menyebabkan kurangnya tempat wisata

25. Negara di Asean yang sering terjadi letusan gunung berapi dan angin puting-beliung tropis yaitu . . . .
a. Filiphina
b. Malaysia
c. Singapura
d. Thailand

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Cairan yang berasal dari perut bumi yaitu ....
2. Upaya penanggulangan musibah disebut ....
3. Gempa bumi yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi disebut ....
4. Gempa bumi yang terjadi di dalam maritim sanggup menyebabkan ....
5. Alat untuk mengukur besar kecilnya gempa yaitu ....
6. Pusat gempa yang berada di permukaan bumi ....
7. Bencana tanah longsor sering terjadi di tempat ....
8. Kekuaran gempa bumi diukur dengan satuan skala ....
9. Kebakaran di hutan sanggup menyebabkan ....
10. Angin muson barat berhembus dari benua asia ke benua ....

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Sebutkan bencana-bencana alam yang sanggup diakibatkan lantaran ulah insan !
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebutkan bencana-bencana yang terjadi secara alamiah!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Sebutkan cara-cara untuk mencegah banjir!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Sebutkan penyebab-penyeban Indonesia menjadi negara yang rawan gempa bumi!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Sebutkan gejala terjadinya tsunami!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN HARIAN KELAS 6 SD
IPS BAB GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA

A. JAWABAN

1. c. Daratan
2. d. Pantai
3. c. Tempat membuang limbah  
4. d. Banjir
5. a. Evakuasi
6. c. Gempa vulkanik
7. b. Hiposentrum
8. c. Afrika
9. c. Tebang pilih
10. a. Gempa bumi
11. d. Kayu
12. b. Gunung Krakatau
13. a. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
14. c. Australia
15. b. Tsunami
16. c. 26 Desember 2004
17. b. Terdapat kepulan asap pada puncaknya
18. a. Filiphina
19. a. Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.
20. c. berlari ke arah tanah lapang atau terbuka
21. a. Suhu di sekitar kawah turun.
22. d. Filiphina
23. a. Wilayah Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng bumi
24. c. Kebakaran hutan menyebabkan polusi udara
25. a. Filiphina

B. JAWABAN

1. Magma
2. Mitigasi
3. Gempa tektonik
4. Tsunami
5. Seismograf
6. Episentrum
7. Pegunungan dan Perbukitan
8. Richter
9. Polusi udara
10. Australia

C. JAWABAN

1. Bencana-bencana alam yang sanggup diakibatkan lantaran ulah insan yaitu sebagai berikut :
- Banjir
- Tanah longsor
- Pencemaran lingkungan
- Polusi udara
- Kebakaran hutan

2. Bencana-bencana yang terjadi secara alamiah yaitu sebagai berikut :
- Gempa bumi
- Tsunami
- Gunung meletus
- Angin topan

3. Cara-cara untuk mencegah banjir yaitu sebagai berikut :
- Menanam pohon di hutan
- Tidak menebang hutan sembarangan
- Membuat sistem drainase yang baik
- Membuang sampah pada tempatnya
- Tidak membangun rumah di tepian sungai
- Membangun tempat penampungan air menyerupai waduk dan bendungan

4. Penyebab-penyeban Indonesia menjadi negara yang rawan gempa bumi adaonelah sebagai berikut :
- Indonesia berada titik pertemuan tiga lempeng bumi yaitu lempeng Eurasia, Pasifik dan Australia
- Indonesia mempunyai banyak gunung berapi yang masih katif

5. Tanda-tanda yang mengatakan kemungkinan terjadi tsunami yaitu sebagai berikut :
- Terjadi gempa di dasar maritim dengan kekuatan di atas 6 Skala Richer,
- Permukaan air maritim tiba-tiba menjadi surut sehingga banyak ikan yang tergeletak dan bahtera yang karam.
- Terdengar bunyi gemuruh yang makin keras dari arah laut
- Munculnya aroma amis garam dan angin dingin


Sumber http://www.bimbelbrilian.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT SKD CPNS Kemenag 2018 Tahap I

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Gurumaju.comJadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ) CPNS Kemenag Tahun 2018 Tahap I yang telah dirilis oleh Kementerian Agama RI. Silahkan Cek Apakah nama Anda masuk dalam Jadwal Tes Tahap 1 atau di tahap selanjutnya.
Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar  Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT SKD CPNS Kemenag 2018 Tahap I
Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT SKD CPNS Kemenag 2018 Tahap I
Menindaklanjuti Pengumuman Nomor P-34209/SJ/B.ll.2/Kp.00.1|10/2018 tanggal 23 Oktober 2018 tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018, kecuali bagi 5 (lima) Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Gorontalo dan Sulawesi Barat, masih menunggu penjadwalan dari BKN dan akan diumumkan pada tahap ke Il, bagi peserta yang dinyatakan Iulus seleksi administrasi wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar sesuai dengan jadwal pelaksanaan dan lokasi ujian CAT, yang ditentukan oleh BKN dimulai dari tanggal 3 s.d. 14 November 2018, sebagaimana terlampir, dengan ketentuan sebagai berikut :

1 . Pada saat Seleksi Kompetensi Dasar, peserta SKD wajib membawa:
a. Cetakan (Print out) Kartu Peserta Ujian;
b. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) asli atau asli Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil/Kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP;
c. Bagi peserta yang tidak membawa KTP asli karena hilang, wajib menunjukkan Kartu Keluarga asli yang mencantumkan NIK sesuai dengan yang terdaftar di SSCN BKN;
d. Bagi peserta yang NIK pada KTP-nya berbeda dengan NIK pada Kartu Peserta Ujian, wajib melampirkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil/Kecamatan serta wajib membawa asli identitas lain seperti SIM, Paspor.

2. Pakaian pada saat pelaksanaan SKD .
a. Pria : atasan kemeja putih polos, celana panjang berbahan kain warna gelap polos, mengenakan pita hijau di lengan kanan (ditempel peniti), dan menggunakan sepatu (rapi dan sopan).
b. Wanita : atasan kemeja putih polos, rok panjang/dibawah lutut (sopan) berbahan kain warna gelap polos, mengenakan pita hijau di lengan kanan (ditempel peniti), dan menggunakan sepatu (rapi dan sopan), bagi yang berkerudung warna gelap polos;

3. Peserta wajib hadir 120 (seratus dua puluh) menit sebelum pelaksanaan ujian dimulai.

4. Bagi peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dengan alasan apapun pada jadwal dan lokasi yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.

5. Kepada seluruh peserta agar selalu memantau perkembangan informasi melalui situs resmi www.kemenag.go.id dan sscn.bkn.go.id.

6. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.

7. Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami pengumuman serta jadwal dan lokasi menjadi tanggung jawab peserta sendiri.

8. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan hasil akhir, diketahui terdapat keterangan/data/dokumen yang tidak sesuai/tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar  Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT SKD CPNS Kemenag 2018 Tahap I

9. Penetapan/keputusan Panitia Pengadaan CPNS Kementerian Agama tahun 2018 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Silahkan Download lampiran Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui tautan dibawah ini:

Daftar Peserta SKD Provinsi Jawa Barat
Daftar Peserta SKD Provinsi Jawa Tengah
Daftar Peserta SKD Provinsi Kalimantan Barat
Daftar Peserta SKD Provinsi Kalimantan Tengah
Daftar Peserta SKD Provinsi Kalimantan  TImur
Daftar Peserta SKD Provinsi Kalimantan  Utara
Daftar Peserta SKD Provinsi Maluku Utara
Daftar Peserta SKD Provinsi Aceh
Daftar Peserta SKD Provinsi Kepulauan Riau
Daftar Peserta SKD Provinsi Jawa Timur
Daftar Peserta SKD Provinsi Sulawesi Utara
Daftar Peserta SKD Provinsi Sulawesi Tengah
Daftar Peserta SKD Provinsi Maluku
Daftar Peserta SKD Provinsi Bangka Belitung
Daftar Peserta SKD Provinsi Jambi
Daftar Peserta SKD Provinsi Jakarta
Daftar Peserta SKD Provinsi Yogyakarta
Daftar Peserta SKD Provinsi Bengkulu
Daftar Peserta SKD Provinsi Riau
Daftar Peserta SKD Provinsi Nusa Tenggara Barat
Daftar Peserta SKD Provinsi Kalimantan Selatan
Daftar Peserta SKD Provinsi Sulawesi Selatan
Daftar Peserta SKD Provinsi Papua
Daftar Peserta SKD Provinsi Sumatera Selatan
Daftar Peserta SKD Provinsi Bali
Daftar Peserta SKD Provinsi Sulawesi Tenggara
Daftar Peserta SKD Provinsi Papua Barat
Demikian Informasi mengenai Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Ujian CAT SKD CPNS Kemenag Tahun 2018 Tahap 1 yang dapat Admin bagikan. terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.


Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.