Wednesday, 31 October 2018

RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


 dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017
RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas /Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Kolonialisme Dan Imperialisme
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP ( 5 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuaikaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
3.1.2 Mengidentifikasi proses kedatangan bangsa barat hingga terbentuknya pemerintahan kolonial
3.1.3 Mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa eropa ke indonesia
3.1.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong orang-orang eropa mengadakan penjelajahan samudra pada akhir abad ke-16.

4.1 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
4.1.1 Menyajikan informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

Baca Juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Eropa keIndonesia
• Menjelaskan kronologi dan jalur pelayaran kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
• Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Menganalisis kekuasaan VOC di Indonesia.
• Menganalisis proses kebangkrutan VOC.
Pertemuan ke Tiga
Setelah mengkuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
• menganalisis tokoh Daendels dan tugas utamanya di Indonesia
• menganalisis pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan
• menganalisis tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan dijalankan di Indonesia
• Menganalisis pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dijalankan
Setelah mengkuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa.
• Mengevaluasi ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa.
• Menganalisis sebab-sebab dilaksanakan Usaha Swasta.
• Menganalisis isi dan makna Undang-undang Agraria tahun 1870.
• Menganalisis praktik pelaksanaan Usaha Swasta.
• Menganalisis akibat dari pelaksanaan Tanam Paksa dan Usaha Swasta.
Pertemuan Ke lima
Setelah mengkuti kegiatan pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis proses masuknya Agama Kristen di Indonesia.
• Menganalisis perkembangan Agama Kristen di berbagai daerah di Indonesia.
• Menganalisis mengapa Agama Kristen di Indonesia bagian timur berkembang pesat.

Baca juga RPP Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
• Latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Eropa ke Indonesia
• Kronologi dan Jalur pelayaran kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
• Perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Perkembangan kekuasaan VOC di Indonesia
• Proses kebangkrutan VOC
• Tokoh Daendels dan tugas utamanya di Indonesia.
• Pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan diterapkan di Indonesia.
• Pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa
• Ketentuan-ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa
• Sebab-sebab dilaksanakannya Usaha Swasta
• Isi dan makna Undang-Undang Agraria tahun 1870
• Praktik pelaksanaan Usaha Swasta
• Dampak dilaksanakannya Tanam Paksa dan Usaha Swasta
• Proses masuknya Agama Kristen di Indonesia
• Perkembangan Agama Kristen di berbagai daerah di Indonesia
• Mengapa Agama Kristen di Indonesia bagian timur berkembang pesat

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan), Information search
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

Artikel terkait RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup



I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMA N/S                             Guru Mata Pelajaran

………………………                  ………………………….
NIP/NRK.                                     NIP/NRK.


Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment