Friday, 25 August 2017
Cara Memasang Playlist Video Youtube di Blog
Soal UTS SD MI Kelas 6 Semester 1 Semua Mata Pelajaran
Contoh Soal UTS SD MI Kelas 6 Semester 1 Semua MaPel
Lihat Kelas Sebelumnya :
- Soal UTS SD/MI Kelas 1
- Soal UTS SD/MI Kelas 2
- Soal UTS SD/MI Kelas 3
- Soal UTS SD/MI Kelas 4
- Soal UTS SD/MI Kelas 5
Download Soal UTS SD/MI Kelas 6 Semester Ganjil (1)
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS PAI 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS PKN 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS BAHASA INDONESIA6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS MATEMATIKA 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS IPA 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS IPS 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS PJOK 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS SBK 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS BAHASA SUNDA 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS BAHASA INGGRIS 6
- DOWNLOAD CONTOH SOAL UTS PLH 6
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Soal UTS SD MI Kelas 5 Semester 1 Semua Mata Pelajaran
Contoh Soal UTS SD MI Kelas 5 Semester 1 Semua MaPel
Lihat Kelas Sebelumnya :
- Soal UTS SD/MI Kelas 1
- Soal UTS SD/MI Kelas 2
- Soal UTS SD/MI Kelas 3
- Soal UTS SD/MI Kelas 4
- Soal UTS SD/MI Kelas 6
Unduh Soal UTS SD/MI Kelas 5 Semester Ganjil (1)
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PAI
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PKN
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA INDONESIA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS MATEMATIKA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS IPA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS IPS
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PJOK
- UNDUH CONTOH SOAL UTS SBK
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA SUNDA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA INGGRIS
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PLH
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Soal UTS SD MI Kelas 4 Semester 1 Semua Mata Pelajaran
Contoh Soal UTS SD MI Kelas 4 Semester 1 Semua MaPel
Lihat Kelas Sebelumnya :
- Soal UTS SD/MI Kelas 1
- Soal UTS SD/MI Kelas 2
- Soal UTS SD/MI Kelas 3
- Soal UTS SD/MI Kelas 5
- Soal UTS SD/MI Kelas 6
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PAI
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PKN
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA INDONESIA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS MATEMATIKA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS IPA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS IPS
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PJOK
- UNDUH CONTOH SOAL UTS SBK
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA SUNDA
- UNDUH CONTOH SOAL UTS BAHASA INGGRIS
- UNDUH CONTOH SOAL UTS PLH
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Beasiswa S2 bagi Guru dan Calon Pengawas Madrasah
- Biaya kuliah
- Tunjangan biaya hidup
- Tunjangan biaya buku dan sumber belajar
- Pendidikan minimal S1/D4
- Guru Madrasah Negeri mau pun swasta
- IPK minimal 2.75
- Mampu berbahasa Inggris
- Usia maksimal 40 tahun per tanggal 31 Desember 2017
Sumber http://www.info-beasiswa.id/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Ciri Khusus Kelelawar dan Fungsinya
Kelelawar dalam mencari mangsanya menggunakan kemampuan ekolokasi tersebut, yang mana gelombang suaranya dikeluarkan melalui mulut dan hidung. Saat gelombang suara mengenai benda maka gelombang tersebut akan memantul kembali ke kelelawar sehingga kelelawar dapat mengetahui lokasi, bentuk, dan ukuran suatu benda, dalam hal ini yakni mangsanya.
Ada beberapa ciri khusus kelelawar, berikut beberapa fungsi khusus kelelawar dan fungsinya :
- Kelelawar mampu mengeluarkan dan menangkap Gelombang Ultrasonic. Gelombang ultrasonic adalah bunyi yang yang memiliki frekuensi sangat tinggi yakni di atas 20.000 Hertz. Selain kelelawar, anjing dan lumba-lumba juga dapat mendengar bunyi ultrasonic.Dengan kemampuan ekolokasi ( kemampuan menggunakan gelombang bunyi/sonar ) kelelawar dapat mendeteksi keadaan sekitarnya. Fungsi ciri khusus ini adalah memudahkan kelelawar dalam mencari makanan atau menangkap mangsanya.
- Kelelawar termasuk hewan mamalia yang dapat terbang. Fungsinya memudahkan kelelawar mencari mangsanya
- Kelelawar memiliki indra pembau yang sangat tajam, fungsinya mengenali mangsanya dengan mudah dan cepat
- Kelelawar dapat tidur dengan posisi terbalik, fungsinya memudahkan kelelawar untuk memulai terbang
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 PDF
Sahabat Guru semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 PDF.
Kisi-kisi ini sangat penting diketahui, terutama oleh para guru sebagai pedoman dalam persiapan menyambut datangnya Ujian Nasional Tahun 2018.
Kisi-kisi UN SMA/MA ini terbilang paling banyak dibandingkan dengan jenjang pendidikan yang lainnya. Hal ini wajar saja, mengingat pada jenjang SMA/MA terdapat berbagai jurusan yang bisa dipilih oleh para peserta didik.
Artikel Terkait: Kisi-kisi UN SMP 2018 Lengkap
Total ada 29 kisi-kisi Mata Pelajaran untuk jenjang SMA/MA yang dirilis oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Ke-29 Mapel tersebut adalah sebagai berikut:
- Bahasa Indonesia - IPA/IPS/Keagamaan
- Bahasa Indonesia – Bahasa SMA/MA
- Sastra Indonesia – Bahasa SMA/MA
- Bahasa Inggris - IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan
- Bahasa Arab - Bahasa SMA/MA
- Bahasa Jepang – Bahasa SMA/MA
- Bahasa Jerman – Bahasa SMA/MA
- Bahasa Prancis-Bahasa SMA/MA
- Bahasa Mandarin - Bahasa SMA/MA
- Matematika - IPA SMA/MA
- Matematika - IPS/Keagamaan SMA/MA
- Matematika – Bahasa SMA/MA
- Fisika – IPA SMA/MA
- Kimia – IPA SMA/MA
- Biologi – IPA SMA/MA
- Ekonomi - IPS SMA/MA
- Sosiologi - IPS SMA/MA
- Geografi – IPS SMA/MA
- Antropologi – Bahasa SMA/MA
- Tafsir – Keagamaan MA
- Hadis – Keagamaan MA
- Fiqih – Keagamaan MA
- Kitab Suci – Katolik SMAK
- Liturgi – Katolik SMAK
- Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani - Katolik SMAK
- Sejarah Gereja – Protestan SMTK
- Etika Kristen – Protestan SMTK
- Ilmu Pengetahuan Alkitab – Protestan SMTK
- Bahasa dan Sastra Indonesia – Bahasa dan Budaya SMA/MA
Gambaran Umum Kisi-kisi UN SMA/MA 2018
Berikut ini kami berikan Gambaran umum Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 Mapel Bahasa Inggris - IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan:Lingkup Materi Fungsi Sosial pada Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ialah Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
- Topik/isu/masalah
- Tujuan/fungsi/pesan
- Latar belakang/alasan
- Akibat/dampak/manfaat
- Sikap/nilai yang diusung
- Peran dan fungsi pembicara/penulis
- Peran dan fungsi pendengar/pembaca
- Konteks penggunaan
Lingkup Materi Struktur Teks pada Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ialah Peserta didik dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam teks:
- Pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- Rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi
- Plot, alur pikiran
Lingkup Materi Unsur Kebahasaan pada Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ialah Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
- Persamaan kata
- Word order
- Artikel, demonstrative, possessive pronoun
- Agreement dan number
- Tense
- Passive voice
- Referensi gramatika
- Kata sambung
- Preposisi
- Referensi makna
Download Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 PDF
Berikut ini adalah Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 PDF:Demikianlah informasi mengenai Kisi-kisi UN SMA/MA 2018 PDF yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://www.panduandapodik.id/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
CONTOH IDENTIFIKASI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Sugesti dapat berupa berbagai bentuk sikap atau tindakan, pendapat, saran, dan pertanyaan. Iklan di televisi atau reklame yang biasanya dipasang di jalan-jalan untuk mempromosikan produk merupakan salah satu contoh bentuk sugesti produsen kepada konsumen.
a) Seorang ayah yang penuh kasih sayang dan bijaksana kepada anak dan istrinya merupakan tokoh panutan yang disegani bagi seluruh anggota keluarganya. Apa yang dilakukan ayahnya akan ditiru dan menjadi panutan anak dan istrinya.
b) Seorang kepala desa yang berwibawa akan diturut oleh warganya, ketika beliau menyerukan kepada warganya untuk melakukan pembersihan lingkungan.
Contohnya dukungan dari para suporter sepak bola untuk mendukung kemenangan tim kesayangannya. Bentuk dukungan ini tentu akan membantu timbulnya semangat bagi kesebelasan tersebut.
3) ImitasiImitasi adalah proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain baik sikap, penampilan, maupun gaya hidup. Proses imitasi kali pertama kali berlangsung dalam lingkungan keluarga.
Misalnya, seorang anak akan meniru semua perilaku orang tuanya. Dari lingkungan keluarga, proses imitasi berkembang ke lingkungan yang lebih luas, yaitu masyarakat. Berbagai media yang ada seperti media elektronik maupun cetak akan semakin mempercepat terjadinya proses imitasi.
Proses imitasi memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif. Proses imitasi memiliki sisi positif apabila seseorang meniru perilaku yang dapat membangun dirinya menuju ke arah yang lebih baik. Sisi negatif terjadi, apabila proses imitasi meniru berbagai perilaku yang akan menjadi bumerang bagi dirinya.
Misalnya, penayangan adegan smack down di televisi yang ditiru oleh anak-anak, akan merugikan dirinya sendiri dan orang lain.
4) IdentifikasiIdentifikasi adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama dengan individu yang ditirunya. Oleh sebab itu, identifikasi erat kaitannya dengan imitasi.
Contohnya karena kegandrungannya pada Britney Spears, Ana meniru semua yang dikenakan dan dilakukan oleh pujaannya, bahkan Ana mengumpulkan semua pernak-pernik yang berhubungan dengan Britney Spears. Tindakan seperti ini tidak salah, tetapi tidak perlu dilakukan.
5) SimpatiSimpati adalah suatu proses kejiwaan yang merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, perilaku, wibawa, atau perbuatannya. Dalam proses ini, perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting, walaupun dorongan utama pada simpati terletak pada keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk kerja sama dengannya.
Hal inilah yang membedakan simpati dengan identifikasi yang di dalamnya terdapat dorongan keinginan belajar ke pihak lain yang dianggap memiliki kelebihan yang bisa dijadikan contoh. Proses simpati akan dapat berkembang pada suatu keadaan di mana faktor saling mengerti terjamin.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Model Pembelajaran Inovatif – Berikut Ini Model-Modelnya
Model pembelajaran inovatif – artikel pendidikan. Model pembelajaran menjadi salah satu unsur yang harus dikuasai oleh para tenaga pengajar yang tujuannya adalah untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dan lebih efisien. Sehingga para siswa dapat memahami materi yang disampaikan lebih maksimal.
Sampai dengan saat ini telah banyak diciptakan model pembelajaran inovatif yang sudah diterapkan dalam proses pembelajaran. Nah, untuk lebih memahami mengenenai model pembelajaran inovatif dan beberapa jenis model pembelajaran inovatif berikut penjelasan selengkapnya.
Baca disini (bila perlu), artikel lainnya: contoh surat lamaran kerja
Pengertian Model Pembelajaran Inovatif
Apabila selama ini guru menjadi fokus pada saat proses pembelajaran dilakukan dimana guru secara aktif memberikan atau menerangkan semua materi sedangkan disisi lain siswa bertindak pasif dimana mereka hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru.
Dengan dikembangkan model pembelajaran invoatif yang memiliki berfokus pada siswa dimana siswa tidak lagi menjadi pihak yang secara terus-menerus menerima segala sesuatu yang disampaikan oleh guru. Sebaliknya model pembelajaran inovatif akan menuntut siswa untuk secara aktif mencari informasi dan berpikir secara kreatif dan kritis terhadap materi yang disampaikan oleh guru.
Disebut sebagai model pembelajaran inovatif karena materi pembelajaran yang dijelaskan oleh guru tidak bersifat utuh. Hal ini, dimana guru hanya menjelaskan inti dari materi. Selanjutnya siswa dituntut untuk menjadi pemikir otonom yang mengembangkan konsep terintegrasi, mengembangkan pertanyaan yang menantang dan menemukan jawaban secara mandiri. Siswa secara aktif dan mandiri mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri dan dimediasi oleh interaski dengan teman teman sebayanya.
Model Pembelajaran Inovatif
Sampai dengan saat ini telah banyak model pembelajaran inovatif diciptakan dan telah banyak diterapkan dalam proses pembelajara dan berikut beberapa diantaranya.
1. Model Pembelajaran Inovatif Jigsaw
Guru akan membagi siswa ke dalam kelompok kecil yang setipe kelompoknya terdiri dari tiga sampai dengan lima orang. Setiap kelompok akan membahas topik yang sama namun setiap anggota dalam kelompok tersebut memiliki tugas yang berbda-beda.
Anggota kelompok akan berkumpul dengan anggota dari kelompok lain yang memiliki tugas yang sama dengannya untuk berdiskusi mengenai tugas yang diberikan. Setelah diskusi selesai dilakukan, para anggota kelompok akan kembali ke dalam kelompoknya masing-masing.
Setiap anggota dalam kelompok harus menjelaskan kepada kelompoknya mengenai hasil diskusi yang dilakukannya dimana anggota yang lain harus mendengarkan dan tidak hanya memahami atau mengerti terhadap tugas yang diberikan kepadanya saja namun juga harus memahami dan mengerti tugas dari anggota lain dalam kelompoknya.
Diakhir pelajaran, secara acak guru akan menunjuk satu orang untuk menjelaskan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompok. Siswa lain yang tidak mendapatkan tugas untuk menjelaskan, diharuskan untuk memberikan pendapat atau pertanyaan berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh siswa tersebut. Diskusi akan ditutup dengan kesimpulan dari guru.
2. Model Pembelajaran Inovatif, Group To Group Exchange
Guru akan membagi para siswa ke dalam beberpa kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai dengan lima anggota didalamnya. Kemudian guru akan memberikan tugas berupa topik yang berbeda-beda untuk setiap kelompoknya.
Setiap kelompok harus melakukan observasi, menjabarkan, melakukan analisis dan berpikir secara kritis terhadap topik yang diberikan. Selanjutnya secara bergantian juru bicara dari setiap kelompok akan menjelaskan hasil diskusi yang dilakukan dalam kelompoknya.
Setelah penjelasan selesai diberikan, kelompok lain akan memberikan pertanyaan dan setiap dalam kelompok tersebut wajib memberikan jawaban untuk setiap pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain terhadap topik yang dijelaskan oleh kelompoknya. Diakhir pembelajaran, guru akan kembali menerangkan kembali topik yang disampaikan oleh setiap kelompok dan menarik kesimpulan dari hal tersebut.
3. Model Pembelajaran Inovatif Decision Making
Model pembelajaran decision making akan melatih para siswa berpikir secara kreatif, kritis dan logis untuk mencari penyebab dan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapinya.
Pembelajaran diawali dengan penjelasan secara yang dilakukan oleh guru mengenai sebuah topik yang nantinya akan menjadi tugas para siswa. Setelah selesai menjelaskan, guru akan meminta kepada para siswa untuk menggali lebih untuk menemukan fakta baru yang belum terungkap.
Untuk dapat menemukan fakta serta mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan yang diangkat maka para siswa harus membuat jawaban sementara atau hipotesa. Hipotesa yang dibuat akan diuji kebenarannya dengan cara melakukan observasi. Untuk mencari informasi sebanyak mungkin, maka melakukan klasifikasi untuk menentukan bagian atau kelompok mana saja yang dinilai penting atau tidak dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menarik kesimpulan.
Kesimpulan dibuat untuk membuktikan apakah hipotesa atau jawaban sementara. Ini dibuat agar dapat menjadi jalan keluar dan dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Serta, supaya masalah yang sama tidak akan terjadi lagi.
4. Metode Pembelajaran Inovatif Debate
Guru akan membagi siswa ke dalam dua kelompok besar yang terdiri dari satu kelompok pro dan satu kelompok kontra. Hal ini pula ditujukan terhadap satu kasus atau permasalah yang diangkat. Setiap anggota kelompok baik itu kelompok pro atau kontra akan memberikan pendapat terhadap kasus yang sedang dibahas.
Selama debate berlangsung, guru akan menuliskan dipapan tulis mengenai hal atau point-point penting apa saja yang didapatkan. Setelah debate selesai, guru akan meminta para siswa untuk merangkum kesimpulan dari debate yang mereka lakukan berdasarkan hal atau point-point penting yang ada di papan tulis.
Metode pembelajaran inovatif adalah salah satu cara atau upaya yang dilakukan oleh para guru untuk meningkatkan suasana pembelajaran. Tujuannya agar menjadi lebih bervariasi sehingga tidak lagi terasa membosankan.
Baca disini bila ingin mengetahui: Makalah tentang pendidikan
Itulah 4 metode maupun model dalam pembelajaran inovatif. Dengan adanyanya informasi ini, harapnnya dapat membantu dan mengetahuinya.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Thursday, 24 August 2017
3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris
iTapuih.com - 3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris. Conversation merupakan suatu bentuk pertukaran informasi atau gagasan dari satu orang kepada orang lain. Conversation sendiri merupakan suatu percakapan yag lebih kepada suatu kegiatan yang bersifat informal (tidak resmi). Ada beberapa klasifikasi percakapan yang bisa memperlancar keterampilan berbicara bahasa Inggris seseorang sekaligus mempermudah menguasai seluruh komponen keterampilan berbicara, sebagai berikut:
1.Structural Conversation
Structural conversation merupakan suatu jenis percakapan dalam bahasa inggris, namun sesuai dengan grammar. sehingga grammar merupakan unsur yang menjadi sangat penting dalam sebuah percakapan.
Contoh :
Nadine : Yes you may. (Ya, silakan)
Jack : Okay, thank you very much. (Baiklah terimakasih banyak)
Martha : Waiter! two cups of coffee please! (Pelayan! tolong pesan 2 cangkir teh)
*Penjelasan : Susunan kalimat tersebut sangatlah rapi dan sesuai dengan grammar atau tata bahasa dalam bahasa inggris, itu lah yang disebut dengan structural connversation.
2.Functional Conversation
Functional conversation merupakan jenis percakapan dalam bahasa inggris, dimana bertujuan untuk membentuk kemampuan seseorang dalam memfungsikan suatu bahasa sesuai dengan keadaan atau situasi.
Contoh :
Nadine : With my pleasure! (Dengan senang hati)
Jack : Ooh thanks! (Ooh terimakasih)
Nadine : Waiter! 2 cups of coffee, please (Pelayan! tolong 2 cangkir kopi ya)
*Penjelasan : Bahasa yag digunakan dalam dialog tersebut lebih santai dibanding dengan structural conbersation, karena bahasa dalam functional conversation disesuaikan denga tempat kejadian dan suasana.
3. Situational Conversation
Dalam situational conversation, kita menggunakan suatu bahasa ssesuai dengan situasinya, contoh penggunaan bahasa ketika sedang berada di kantor pasti berbeda dengan bahasa yang kita gunakan ketika sedang berada di mall.
Contoh :
Nadine : Yes please (Ya, silakan)
Jack : Thank a lot (Terimakasih banyak)
Nadine : Waiter! 2 cofees please! (Pelayan, 2 cangkir kopi ya)
*Penjelasan : Pada percakapan atau dialog diatas, bahasa yang digunakan lebih santai dan sama sekali tidak memperhatikan structural pada conversation. Contoh kata 2 coffes, sebenarnya merupakan kalimat yang salah, karena kopi merupakan uncountable sehingga menggunakan cup, namun menjadi tidak masalah karena bahasa tersebut digunakan di sebuah restoran yang mana kita lazim menggunakan nya.
Sumber https://www.itapuih.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
7 Alat Pencernaan Makanan pada Manusia dan Fungsinya
7 Alat Pencernaan Makanan pada Manusia dan Fungsinya- Apa itu pencernaan?, Apa fungsi alat pencernaan makanan pada manusia?. Bagaimana sistem pencernaan pada manusia?. Pencernaan adalah proses pengubahan zat makanan senyawa kompleks dengan melibatkan alat pencernaan secara mekanik atau pun kimia, menjadi senyawa sederhana yang dapat digunakan tubuh. Jadi sistem pencernaan pada manusia melibatkan alat cerna dan proses pengubahan senyawa kompleks menjadi sederhana.
7 Alat Pencernaan Makanan pada Manusia dan Fungsinya
Di bawah ini alat pencernaan makanan pada manusia dan fungsinya mulai dari mulut sampai dengan anus :
1. Mulut
Mulut merupakan bagian awal dari alat pencernaan makanan. Pada mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi dan lidah merupakan alat mekanik yang berfungsi menghaluskan makanan dengan cara mengunyah.
Peran gigi dalam pencernaan makanan adalah makanan dipotong dan dilumatkan menjadi lebih halus. Untuk menghasilkan makanan yang mudah dicerna sebaiknya dikunyah 22 kali.
Lidah terletak di rongga mulut, berfungsi memindahkan posisi makanan sehingga makanan mudah dikunyah secara merata. Lidah juga membantu proses menelan dan sebagai indera mengecap.
Kelenjar ludah merupakan kelenjar yang menghasilkan air ludah. Air ludah berfungsi memudahkan penelanan, membantu pencernaan makanan dan pelindung mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa. Air ludah mengandung enzim Ptyalin yang berfungsi memecah karbohidrat (Amylum) menjadi gula sederhana yaitu maltosa.
Kelenjar ludah mengeluarkan enzim dan air ludah untuk membantu proses penguraian secara kimiawi, atau dalam artian ludah mencernakan makanan secara kimiawi melaui enzim ptyalin
2. Tekak ( faring )
Faring merupakan bagian yang berfungsi membuat makanan yang telah diproses di mulut menjadi bolus, didorong masuk ke dalam kerongkongan dengan bantuan otot pangkal lidah.
3. Kerongkongan ( esofagus )
Kerongkongan merupakan bagian yang menyampaikan makanan masuk ke dalam lambung. Gerakan kerongkongan dihasilkan oleh otot polos melingkar dan melintang yang disebut gerak peristaltik, yang dikoordinasikan syaraf otonom.
4. Lambung ( ventrikulus )
Lambung yang disebut juga sebagi perut besar berfungsi menampung makanan sementara. Lambung terdiri dari 3 bagian, yaitu : fundus, kardiak dan pylorus. Bagian atas kardiak terdapat sfinkter kardiak dan bagian bawah pylorus terdapat sfinkter pylori. Dinding lambung menghasilkan hormon gastrin dan getah lambung. Gastrin berfungsi merangsang dinding lambung agar mensekresikan getah lambung. Getah lambung mengandung HCl, enzim Pepsin, lipase dan renin yang berfungsi mencerna secara kimiawi.
5. Usus halus
Usus halus terdiri dari tiga bagian yakni usus dua blas jari ( duodenum ), usus kosong ( jejunum ), dan usus penyerapan ( illeum ).
Makanan yang telah dicerna di lambung berbentuk Khim dan akan masuk ke usus halus melalui sfinkter pylori. Pada permukaan usus halus terdapat tonjolan-tonjolan yang disebut Vili. Fungsi vili adalah memperluas bidang penyerapan usus halus sehingga proses absorbsi makanan menjadi lebih maksimal.
6. Usus besar atau usus tebal ( colon ) dengan bagian usus besar naik, mendatar, dan turun.
Di dalam usus besar, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri Escherichia coli menjadi Feses. Dalam usus besar terjadi proses penyerapan air yang masih tersisa pada makanan, sehingga feses menjadi padat.
7. Poros ( rectum )
Feses padat dari usus besar akan didorong mendekati poros usus (rektum), sehingga timbul rangsangan buang air besar (defekasi). Akhirnya feses dikeluarkan dari tubuh dari lubang yang disebut anus. Sumber https://www.websitependidikan.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
16 Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia
16 Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia:
1. Kanker Mulut
Kanker mulut atau Oral Cancer adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Kebanyakan kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Hampir semua kanker mulut dimulai dalam sel datar ( sel skuamosa ) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Cara mengatasi kanker mulut yakni dengan operasi, terapi photodynamic ( PDT ), radioterapi, atau kemoterapi.
2. Xerostomia
Xerostomia adalah gejala berupa mulut kering akibat produksi kelenjar ludah yang berkurang. Gangguan produksi kelenjar ludah tersebut dapat diakibatkan oleh gangguan / penyakit pada pusat ludah, syaraf pembawa rangsang ludah ataupun oleh perubahan komposisi faali elektrolit ludah. Gangguan tersebut di atas dapat terjadi oleh karena rasa takut / cemas, depresi, tumor otak, obat-obatan tertentu, penyakit kencing manis, penyakit ginjal dan penyakit radang selaput otak.
3. Gingivitis
Gingvitis merupakan perubahan patologis yang disertai adanya tanda-tanda inflamasi. Gingivitis dapat kita kenal dengan istilah gusi bengkak atau gusi yang meradang. Miroorganisme mampu menghasilkan produk berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada epitel dan sel -sel jaringan penghubung (conective tissue ) seperti halnya unsur - unsur pokok interseluler yaitu : colagen, faktor pertumbuhan dan glikolis.
4. Faringitis
Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, disebabkan daya tahan yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena bakteri. Makan makanan yang sehat dan buah-buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa juga menyembuhkan penyakit ini.
5. Radang amandel
Radang amandel (bahasa Inggris: tonsillitis) adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Secara klinis peradangan ini ada yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan.
6. Panas dalam
Panas dalam (bahasa Inggris: heatiness)adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin. Sebenarnya dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam, sehingga panas dalam itu nyatanya tidak ada. Hanya saja, banyak orang telanjur menganggap gejala yang timbul sebagai tanda "panas dalam". Karena ketika suhu tubuh penderita diukur, suhu tubuhnya normal. Hanya saja karena kebiasaan masyarakat menyebut panas dalam maka lahirlah istilah tersebut.
Panas dalam dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Gejala panas dalam dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres. Stres menyebabkan jam makan jadi kacau, hormon tidak stabil dan daya tahan tubuh menurun.
7. Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan disebabkan iritasi pada tenggorokan. Merupakan gejala umum yang biasanya disebabkan oleh faringitis akut (inflamasi tenggorokan), meskipun dapat juga disebabkan oleh trauma, difteri, atau kondisi lainnya.
8. Maag
Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
9. Gastritis
Gastritis adalah peradangan, iritasi, atau erosi pada lapisan lambung. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau secara bertahap (kronis). Gastritis dapat disebabkan oleh iritasi akibat penggunaan alkohol berlebihan kronis muntah, stres, atau penggunaan tertentu obat seperti aspirin atau obat anti-inflamasi lainnya. Hal ini juga dapat disebabkan oleh salah satu dari berikut:
- Helicobacter pylori (H. pylori): Sebuah bakteri yang hidup di lapisan mukosa lambung; tanpa pengobatan, infeksi dapat menyebabkan borok, dan pada beberapa orang, kanker perut.
- Anemia pernisiosa: Suatu bentuk anemia yang terjadi ketika perut tidak memiliki zat alami yang dibutuhkan untuk benar menyerap dan mencerna vitamin B12
- Empedu refluks: Sebuah aliran balik dari empedu ke lambung dari saluran empedu (yang terhubung ke hati dan kantong empedu)
- Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus
- Mual atau berulang perut
- Perut kembung
- Sakit perut
- Muntah
- Gangguan pencernaan
- Cegukan
- Kehilangan selera makan
Gastroenteritis adalah kondisi umum di mana lambung dan usus meradang. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Dua gejala utama gastroenteritis adalah diare dan muntah.
Cara Penvegahan:
- mencuci tangan dengan sabun dan air atau mencuci tangan antibakteri setelah pergi ke toilet dan sebelum makan atau mempersiapkan makanan
- membersihkan toilet, termasuk pegangan dan kursi, dengan sebersih mungkin setelah selesai muntah atau diare
- tidak berbagi handuk, flanel, sendok garpu atau peralatan dengan anggota lain dari rumah tangga Anda
- tidak kembali bekerja sampai Anda tidak memiliki gejala selama setidaknya 48 jam
Gastroesophageal reflux disease, atau GERD, adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi sfingter esofagus lebih rendah (LES), cincin otot antara esofagus dan lambung. Banyak orang, termasuk perempuan yang sedang hamil, menderita sakit maag atau asam pencernaan yang disebabkan oleh GERD. Dokter percaya bahwa beberapa orang menderita GERD karena kondisi yang disebut hernia hiatus. Dalam kebanyakan kasus, GERD dapat terobati melalui diet dan perubahan gaya hidup. Namun, beberapa orang mungkin memerlukan pengobatan atau operasi.
12. Dispepsia
Dispepsia adalah penyakit fungsional, seperti halnya sindrom iritasi usus (IBS). Penyakit fungsional adalah penyakit di mana tidak ada kelainan anatomis yang dapat dilihat, misalnya dengan pemeriksaan sinar-x atau histologis di bawah mikroskop. Gangguan ini diyakini karena adanya perubahan fungsi, terutama pada otot-otot dan saraf di saluran pencernaan.
13. Kanker lambung
Kanker lambung, kanker perut adalah kanker yang berkembang di bagian perut dan dapat menyebar ke organ lainnya; terutama esofagus.
14. Kanker kolon dan rektum
Kanker kolon dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rektum. Penyakit ini adalah kanker peringkat 2 yang mematikan. Usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan.
15. Appendicitis
Appendicitis merupakan nama penyakit yang menyerang usus buntu. Appendicitis terjadi ketika appendix, nama lain dari usus buntu telah meradang dan membuatnya rentan pecah, ini termasuk darurat medis serius. Operasi dilakukan untuk penyembuhan radang usus yang membengkak. Bila terjadi gejala usus buntu dalam waktu tiga hari berturut-turut, penderita harap segera menghubungi dokter atau datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis sehingga bisa langsung dioperasi, akan tetapi jika gejala usus buntu dibiarkan lebih dari satu minggu, maka perawatan medis serius sangat diperlukan untuk meredakan radang usus yang terjadi sebelum penderita melakukan operasi penyembuhan.
16. Crohn’s Disease
Crohn’s Disease atau penyakit Crohn adalah salah satu penyakit radang usus dan merupakan kondisi jangka panjang yang mana peradangan bisa terjadi pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus. Tapi kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian akhir usus kecil (ileum) atau usus besar. Sumber https://www.websitependidikan.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Pengertian dan Proses Terbentuknya Batuan Karbonat
Pengertian/Definisi dan Proses Terbentuknya Batuan Karbonat_Apa itu batuan karbonat?, Batuan karbonat merupakan batuan yang memiliki kandungan material karbonat sebesar 50% yang dimana tersusun dari partikel karbonat klastik yang telah tersemenkan. Batuan karbonat tidak hanya terdiri dari batu gamping tapi juga termasuk dalam batuan lain yang mempunyai kandungan karbonat seperti mineral karbonat yang memiliki nilai lebih dari 50%. Batu karbonat tentunya akan mengalami proses diagenesis. Proses diagenesis adalah perubahan secara alami pada sedimen. Pada batuan karbonat, diagenesa ialah proses perubahan stabil ke batu gamping atau dolomit.
Proses Diagenesis Batuan Karbonat
Pada umumnya, batuan sedimen terendap di laut dangkal tapi ada juga beberapa yang terendap di laut dalam sampai pada batas CCD. Penyebab yang menentukan karakteristik diagenesa adalah komposisi mula-mula dari sedimen, sifat alami dari fluida interstitial, dan proses kimia, fisika ataupun biologi yang berkerja pada saat proses diagenesa.
Tapi, secara umum batu sedimen karbonat lebih sering terbentuk akibat proses kimia dan proses biologi yang biasa disebut dengan istilah proses geokimia dan biogenetic. Proses diagenesi pada batuan karbonat, yaitu:
1. Pelarutan/peleburan (dissolution)
Proses dissolution adalah proses diagenesis dimana meningkatnya porositas dan penipisan pada lapisan batuan sedimen terutama untuk batuan yang mudah larut seperti batuan karbonat dan evaporit.
Proses dikontrol oleh pH, Eh, suhu, tekanan parsial CO2 dan komposisi kimia. Proses dissolution dikontrol juga oleh porositas, kandungan mineral dan sifat mineral dan ukuran butiran sedimen. Material yang gampang terlarut dalam batu pasir ialah semen kalsit, sehingga terjadi efek utama dari pelarutan (dissolution) yaitu penghilangan semen.
Proses ini dikenal dengan sebutan disementasi. Mineral metastabil; adalah mineral yang memiliki sifat sebagian stabil dan sebagian tidak stabil pada batu pasir seperti felspar, fragmen batuan dan mineral berat bisa juga terjadi pelarutan.
2. Sementasi/Penyemenan (Cementation)
Proses penyemenan merupakan proses dimana butiran dari sedimen direkatkan oleh material lain, yang bisa berasal dari air tanah ataupun hasil perlarutan mineral-mineral di dalam sedimen itu sendiri.
Material dari semen bisa berupa karbonat (CO3), silica (Si), atau oksida (Fe). Proses sementasi atau penyemenan dengan keluarnya air dari pori-pori, bahan atau material yang terlarut di dalamnya mengendap kemudian merekatkan butiran-butiran sedimen.
Bahan semennya bisa merupakan karbonat (CaCO3), silica (SiO3), oksida (besi atau Fe) atau mineral lempung. Oleh karena proses ini, porositas sedimen dapat berubah menjadi lebih kecil dari pada material awal. Proses ini lebih menuju ke proses kimia.
3. Dolomitization (Dolomitisasi)
Dolomitization atau Dolomitisasi ialah perubahan dari limestone secara parsial ataupun kesuluruhan menjadi dolomit. Dolomit memiliki komposisi senyawa CaMg (CO3)2 dan menurut kristalografi serupa dengan kalsit, akan tetapi lebih besar densitasnya, sulit untuk larut di dalam air, dan lebih mudah patah atau istilahnya adalah brittle.
Pada umumnya, dolomite lebih porous dan permeable dibanding batu gamping. Ketika sedimen terkumpulkan, mineral yang tidak stabil akan mengkristalkan kembali atau terjadinya proses rekristalisasi, menjadi yang lebih stabil. Proses ini secara umum terjadi pada batu gamping. Mineral aragonite (bahan dari struktur koral hidup), lama-kelamaan akan terjadi rekristalisasi menjadi bentuk polimorfnya, yaitu kalsit.
4. Kompaksi Kimia (Chemical Compaction)
Proses ini antara lain terdapat pada proses sementasi. Proses sementasi atau penyemenan menentukan kemampuan erosi dan pengangkatan partikel oleh fluida.
Pada proses ini akan ada banyak mineral yang hilang yang terjadi akibat erosi sehingga akan ada pergantian mineral yang baru untuk menggantikan kekosongan mineral yang hilang.
Demikian tentang Definisi dan Proses Terbentuknya Batuan Karbonat. Semoga bermanfaat.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Pasar Mingguan (Pengertian dan Contohnya)
Pengertian Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya berlangsung setiap satu minggu sekali yaitu pada satu hari tertentu. Biasanya Pasar Mingguan di daerah dengan jumlah penduduk yang sedikit, yaitu di pedesaan.
Contoh Pasar Mingguan antara lain :
- Pasar Minggu, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Minggu,
- Pasar Senin, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Senin,
- Pasar Selasa, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Selasa, dan seterusnya.
Selain pasar berdasarkan hari tersebut di atas (Minggu, Senin, Selasa, dst...) ada juga jenis pasar yang dapat dikategorikan sebagai Pasar Mingguan, yaitu Pasar menurut “Pasaran”. Apa itu “pasaran”?
Pasaran merupakan istilah dari daerah Jawa yang terdiri dari 5, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. Dimana setiap pergantian hari, juga berganti pasaran. Penggunaan pasaran biasanya disandingkan dengan nama hari. Contoh, jika hari ini adalah Senin Kliwon, maka esok adalah hari Selasa Pahing, dan seterusnya.
......Wah kok sampai kemana-mana ya bahasnya, Hehe.....
Jadi contoh Pasar Mingguan menurut pasaran yaitu : ( ....mungkin hanya ada di Jawa ini....)
- Pasar Pon : Pasar yang hanya berlangsung pada pasaran Pon
- Pasar Wage : Pasar yang hanya berlangsung pada pasaran Wage, dan seterusnya.
Baiklah, saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang Pasar Mingguan.. Terima kasih telah membaca tulisan singkat ini.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Dapodik Tidak Terkoneksi Dengan Dabatase Server
Akan menjadi Masalah bagi operator ketika Dapodik tidak dapat disinkronisasi, terlebih lagi menjelang batas waktu pengiriman akan berakhir Sistem pendataan Dapodikdasmen versi 2018 dilihat dari trafik lalu lintas pengiriman data dari aplikasi Dapodikdasmen jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SMK ke server Dapodikdasmen cukup padat se indonesia mengejar target sebelum cut off.
Tidak sedikit diantara kita yang mengalami masalah yang sama, ketika pengen cepat mengirim, Aplikasi malah Tidak Terhubung, setelah terhubung ada notifikasi baru bahwa tidaknterkoneksi dengan database server. Tetapi tenang, simak ulasannya dibawah ini
Tidak perlu panik, inbox sana sini, bertanya ke beberapa forum dan tidak usah galau dengan permasalahan tersebut sesungguhnya itu adalah hal biasa. Jika sahabat operator mengalami kendala “Tidak terkoneksi dengan dabatase server” ini masalah yang biasa, yang merupakan persoalan klasik dalam dunia pendidikan berbasis Online. Yaitu masalah Server penerima yang terlalu padat lalu lintas datanya.
Jawabannya sangat sederhana, sahabat hanya tinggal menunggu waktu luang untuk melakukan sinkronisasi, Karena itu semata mata mata karena banyak pengguna yang menggunakannya pada saat yang bersamaan sehingga sahabat operator perlu mencari waktu yang agak sepi pengunjung server contohnya di waktu magrib pada waktu jam-jam yang sepi.
Untuk itu silahkan rekan-rekan operator agar memastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Dapodik sudah tidak ada yang invalid, termasuk boswer chrome/firefox yang ada di Laptop history penelusuran harus dibersihkan sebelum melakukan sinkronisasi serta pastikan internet dalam kondisi stabil, dan yang pasti Kuota internet anda berlimpah, hahahaha
Semoga bermanfaat ya, Jabat Erat Intipendidikan.com
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Pengertian Simetris dan Asimetris Serta Contohnya
Apa itu Simetris dan Asimetris ?
Perbedaan Simetris dan Asimetris Secara Rinci
Contoh gambar perbedaan simetris dan simetris |
Cara untuk mengetahui sebuah benda atau gambar yang bersifat simetris, yaitu dengan membagi dua obyek tersebut menggunakan sebuah garis melalui titik pusat. Jika kedua obyek bisa disatukan dan hasilnya proporsional pada setiap sisinya serta tidak ada kelebihan atau kekurangan, maka bisa dikatakan simetris. Garis simetris bisa berupa garis horizontal, vertikal ataupun diagonal sehingga setelah ditarik garis tersebut akan tercipta sebuah obyek dengan memiliki kedua sisi yang seimbang.
Contoh Gambar Keseimbangan Simetris
gambar keseimbangan seimetris horizontal |
Gambar keseimbangan simetris vertikal |
gambar keseimbangan simetris vertikal & horizontal |
contoh simetris radial atau terpusat |
Contoh Gambar Keseimbangan Asimetris
Gambat keseimbangan asimetris |
Simetris dan Asimetris Termasuk dalam Prinsip Desain
1. Keseimbangan Simetris
2. Keseimbangan Asimetris
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Percakapan Bahasa Arab tentang Shopping (Belanja)
Sahabat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'aala-.
via Pixabay |
Langsung saja, berikut ini beberapa dialog dalam bahasa Arab dengan tema belanja/shopping, dan disertai terjemahannya. Selamat membaca dan belajar.
- Percakapan Pertama ( الحِوَارُ الأَوَّلُ )
. أَهْلًا وَسَهْلًا | البَائِعُ |
---|---|
Selamat datang. | Penjual |
. أُرِيْدُ مُعْجَمًا مِنْ فَضْلِكَ | الطَّالِبُ |
Permisi, aku ingin (membeli) kamus. | Mahasiswa |
أَيَّ مُعْجَمٍ تُرِيْدُ ؟ | البَائِعُ |
Kamus apa yang kamu inginkan? | Penjual |
. أُرِيْدُ المُعْجَمَ العَرَبِيَّ | الطَّالِبُ |
Kamus bahasa Arab. | Mahasiswa |
. تَفَضَّلِ المُعْجَمَ العَرَبِيَّ وَمَاذَا تُرِيْدُ أَيْضًا ؟ | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) kamus bahasa Arab (ini). Dan apa juga yang kamu inginkan? | Penjual |
، أُرِيْدُ كِتَابَ القِرَاءَةِ . وَكِتَابَ القَوَاعِدِ | الطَّالِبُ |
Aku ingin buku Qira'ah dan buku Qawaid. | Mahasiswa |
، هَذَا كِتَابُ القِرَاءَةِ . وَهَذَا كِتَابُ القَوَاعِدِ | البَائِعُ |
Ini buku Qira'ah dan ini buku Qawaid. | Penjual |
. أُرِيْدُ دَفْتَرًا وَقَلَمًا | الطَّالِبُ |
Aku ingin buku tulis dan pena (ballpoint). | Mahasiswa |
. تَفَضَّلِ الدَّفْتَرَ وَالقَلَمَ هَلْ تُرِيْدُ شَيْئًا آخَرَ ؟ | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) buku tulis dan pena (ini). Apakah kamu ingin yang lain? | Penjual |
. لَا ، وَشُكْرًا | الطَّالِبُ |
Tidak, terima kasih. | Mahasiswa |
. المَطْلُوْبُ ثَلَاثُوْنَ رِيَالًا | البَائِعُ |
(Jumlah) yang harus dibayar adalah 30 real. | Penjual |
! مَاذَا تَقُوْلُ ؟ ثَلَاثُوْنَ رِيَالًا | الطَّالِبُ |
Apa yang kamu bilang? 30 real?! | Mahasiswa |
. نَعَمْ ، ثَلَاثُوْنَ رِيَالًا | البَائِعُ |
Iya, tiga puluh real. | Penjual |
. تَفَضَّلْ ، هَذِهِ ثَلَاثُوْنَ رِيَالًا | الطَّالِبُ |
Silahkan (ambil), ini tiga puluh real. | Mahasiswa |
- Percakapan Kedua ( الحِوَارُ الثَّانِي )
. مَرْحَبًا ، أَيَّ خِدْمَةٍ | البَائِعُ |
---|---|
Selamat datang, ada yang bisa dibantu. | Penjual |
. أُرِيْدُ سَمَكًا وَلَحْمًا وَدَجَاجًا | المَرْأَةُ |
Saya ingin (membeli) ikan, daging, dan ayam. | Perempuan |
. تَفَضَّلِي السَّمَكَ وَاللَّحْمَ وَالدَّجَاجَ وَمَاذَا تُرِيْدِيْنَ أَيْضًا ؟ | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) ikan, daging, dan ayam(-nya). Apa lagi yang Anda inginkan? | Penjual |
. أُرِيْدُ خِيَارًا وَبَصَلًا وَطَمَاطِمَ | المَرْأَةُ |
Saya ingin mentimun, bawang putih, dan tomat. | Perempuan |
. تَفَضَّلِي الخِيَارَ وَالبَصَلَ وَالطَّمَاطِمَ وَمَاذَا تُرِيْدِيْنَ أَيْضًا ؟ | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) mentimun, bawang putih, dan tomat(-nya). Apa lagi yang Anda inginkan? | Penjual |
. أُرِيْدُ سُكَّرًا وَشَايًا وَبُنًّا | المَرْأَةُ |
Saya ingin gula, teh, dan biji kopi. | Perempuan |
. تَفَضَّلِي السُّكَّرَ وَالشَّايَ وَالبُنَّ هَلْ تُرِيْدِيْنَ شَيْئًا آخَرَ ؟ | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) gula, teh, dan biji kopi. Apakah Anda menginginkan hal lain? | Penjual |
. نَعَمْ ، طَبَقَ بَيْضٍ ، وَعُلْبَةَ مِلْحٍ | المَرْأَةُ |
Iya, sapapan telur, dan sewadah garam. | Perempuan |
. هَذَا طَبَقُ البَيْضِ ، وَهَذِهِ عُلْبَةُ المِلْحِ . المَطْلُوْبُ ثَمَانُوْنَ دِيْنَارًا | البَائِعُ |
Ini telur sepapan, dan garam sewadah. (Jumlah) yang harus dibayar adalah 80 dinar. | Penjual |
. تَفَضَّلْ ، هَذِهِ ثَمَانُوْنَ دِيْنَارًا | المَرْأَةُ |
Silahkan ambil, ini 80 (delapan puluh) dinar. | Perempuan |
- Percakapan Ketiga ( الحِوَارُ الثَّالِثُ )
. تَفَضَّلْ ، أَيَّ خِدْمَةٍ | البَائِعُ |
---|---|
Silahkan, apa yang bisa dibantu. | Penjual |
. أُرِيْدُ قَمِيْصًا لَوْ سَمَحْتَ | المُشْتَرِي |
Permisi, saya ingin (membeli) kemeja. | Pembeli |
. تَفَضَّلْ هُنَا ، هَذَا قِسْمُ القُمْصَانِ ، هَذَا قَمِيْصٌ أَبْيَضُ ، وَهَذَا أَصْفَرُ ، وَهَذَا أَزْرَقُ ، وَهَذَا أَحْمَرُ . وَهَذَا أَسْوَدُ | البَائِعُ |
Mari kesini, ini etalase bagian kemeja. Ini kemeja (berwarna) putih, kuning, biru, merah, dan hitam. | Penjual |
بِكَمِ القَمِيْصُ ؟ | المُشْتَرِي |
Berapa harga satu kemeja? | Pembeli |
. القَمِيْصُ بِعِشْرِيْنَ دِيْنَارًا أَيَّ قَمِيْصٍ تُرِيْدُ ؟ | البَائِعُ |
Satu kemeja (harganya) 20 dinar. Kemeja mana yang Anda inginkan? | Penjual |
. سَأَشْتَرِي القَمِيْصَ الأَزْرَقَ | المُشْتَرِي |
Saya ingin membeli kemeja biru. | Pembeli |
. هَذَا هُوَ القَمِيْصُ الأَزْرَقُ | البَائِعُ |
(Silahkan) ini kemeja yang biru. | Penjual |
. شُكْرًا | المُشْتَرِي |
Terima kasih. | Pembeli |
. لَدَيْنَا أَثْوَابٌ جَمِيْلَةٌ | البَائِعُ |
Kami memiliki gamis-gamis yang bagus. | Penjual |
بِكَمِ الثَّوْبُ ؟ | المُشْتَرِي |
Berapa harga satu gamisnya? | Pembeli |
. الثَّوْبُ بِثَلَاثِيْنَ دِيْنَارًا | البَائِعُ |
30 (tiga puluh) dinar per gamis. | Penjual |
. أُرِيْدُ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ | المُشْتَرِي |
Saya ingin gamis putih. | Pembeli |
، تَفَضَّلِ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ . المَطْلُوْبُ خَمْسُوْنَ دِيْنَارًا | البَائِعُ |
Silahkan (ambil) gamis putihnya. (Jumlah) yang harus dibayar adalah 50 dinar. | Penjual |
. تَفَضَّلْ ، هَذِهِ خَمْسُوْنَ دِيْنَارًا | المُشْتَرِي |
Silahkan (ambil), ini 50 (lima puluh) dinar. | Pembeli |
"Kalaulah bukan karena kesulitan, niscaya semua manusia akan menjadi ulama."
Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Ditunggu share, komentar, dan tanggapannya ya. Wa jazaakumullahu khairan 'alaa ziyaaratikum.
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.