Wednesday, 30 December 2015

PRO DAN KONTRA SEPUTAR KURIKULUM NASIONAL

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Revisi Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional (KN), tidak hanya membuat guru-guru was-was tentang buku barunya saja. Tetapi, juga tentang 1pengevaluasian atau penilaian siswa.

Karena, menurut Ketua PGRI Kecamatan Pancoranmas, Suhyana di Kurikulum 2013, yang membuat kesulitan guru adalah tentang penialaian, yang menggunakan sistem deskripsi.

Suhyana menjelaskan, perevisian yang harus menjadi pertimbangan serius oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah bagian penilaian untuk evaluasi pengetahuan siswa.

Karena, tidak semua guru bisa memahami penilaian dengan sistem deskripsi tersebut. Ini yang menjadi kesulitan guru sebenarnya dalam mengaplikasikan Kurikulum 2013.

”Penilaian yang masih perlu dipertimbangkan dalam kebijakan penerapan kurikulum. Karena, di Kurikulum 2013, penilaiannya berbeda dengan KTSP 2006. Karena, siswa lebih banyak praktik, jadi penilaiannya lebih mengarah pada pendeskripsian secara individu,” ucapnya kepada Radar Depok.

Suhyana mencontohkan, jika ada dua siswa yang sama mendapatkan nilai 80 dalam sebuah ujian, belum tentu mereka memiliki kemampuan yang sama pula.

Misalnya, siswa A mendapat nilai 80 karena salah di soal nomor 1 dan 5. Sedangkan, siswa B mendapatkan nilai 80 karena salah di soal nomor 2 dan 8. Tentu, ini sudah menunjukan perbedaannya.

Jadi, pemberian nilainya berdasarkan deskripsi pun akan berbeda pula, meskipun nilainya secara angka sama.

”Jika seperti ini, tentu guru harus mengisi nilai pendeskripsiannya harus secara individu, tidak bisa dilakukan secara general berdasarkan nilainya saja. Menurut saya, ini yang harus dipikirkan Kemendikbud di perumusan KN,” jelasnya.

Menurut Suhyana, perubahan kurikulum adalah hal yang biasa dalam dunia pendidikan yang bersifat dinamis. Karena, kurikulum harus menyesuaikan zaman, jadi sifatnya selalu diversifikasi.

Guru sebagai agen pembelajaran yang harus siap menghadapi perubahan, tentu harus mengikuti perkembangan zaman juga. Dengan begitu, guru harus terus memperbaharui pengetahuannya.

”Intinya harus ada sosialisasi terlebih dahulu ke guru. Jadi, dijelaskan tentang landasan empiris dan kajian tentang penyempurnaan menjadi KN. Dengan begitu, guru akan paham dan bisa memahami tentang hal tersebut,” katanya.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Di era digital saat ini, banyak aktivitas atau pekerjaan yang bergantung pada komputer atau laptop. Tanpa disadari, komputer dapat merusak mata Anda secara perlahan. Bagi Anda yang sudah mengalami mata minus pun, akan sangat sulit untuk menurunkan angka minus tersebut. Berbagai gangguan mata, seperti iritasi, mata lelah, hingga pemandangan yang kabur, sangat mungkin terjadi saat Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer.

Tuntutan pekerjaan memang seringkali membuat kita menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata meski harus menghabiskan banyak waktu dengan komputer.

1. Atur posisi duduk

Saat berada di depan komputer, pastikan Anda duduk tegak dengan mata lurus menghadap komputer. Hal ini akan meringankan kerja mata. Selain itu, posisikan bahu menjadi santai dan luruskan kaki di bawah meja, untuk melancarkan peredaran darah.

2. Posisi komputer

Berikan jarak sepanjang lengan antara mata dengan komputer. Posisikan komputer lurus di depan Anda, komputer yang miring atau menyamping dapat membuat otot leher menjadi tegang.

3. Berkedip

Saat terlalu fokus bekerja, Anda mungkin akan lebih jarang untuk mengedip. Padahal hal tersebut dapat membuat mata kering dan memicu terjadinya iritasi. Saat bekerja di depan komputer, Anda sebaiknya lebih sering berkedip.

4. Istirahatkan mata

Di sela-sela pekerjaan Anda, cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda untuk beberapa saat. Jauhkan pandangan dari layar komputer dan tataplah objek yang jauh. Cara tersebut dapat membuat mata Anda menjadi lebih relaks.

5. Jaga kebersihan monitor

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan monitor komputer Anda. Debu yang menempel dapat mengganggu penglihatan Anda dan memaksa mata untuk bekerja lebih keras.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Peraih Nilai Tertinggi UKG 2015 Kemdikbud Yang Berhak Dapat Intensif Non Tunai

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Peraih Nilai Tertinggi UKG 2015 Kemdikbud Yang Berhak Dapat Intensif Non Tunai | UKG atau Uji Kompetensi Guru 2015 sudah selesai dilaksanakan, dan hampir semua guru di seluruh Indonesia penasaran dengan hasil UKG tersebut. Terutama penasaran pada siapa yang meraih nilai tertinggi pada UKG 2015 kemarin. Rasa penasaran ini bukan tanpa alasan, karena kemarin-kemarin sempat beredar kabar bahwa peraih nilai tertinggi UKG 2015 akan mendapatkan intensif non tunai dari pemerintah.

Rasa penasaran tersebut tidak hanya menggelayuti benak para guru, tapi juga para operator sekolah yang setiap saat terus berupaya mengupdate informasi. Apalagi bagi operator sekolah yang sekaligus sebagai blogger, informasi valid tentang peraih nilai tertinggi UKG 2015 sangat berharga. Karena dengan informasi tersebut bisa mendongkrak blog yang dikelolanya tanpa harus membuat berita tidak jelas seperti informasi tentang kembali pada kurikulum 2006 yang sempat heboh.

Saya pribadi, untuk mengobati rasa penasaran coba browsing kesana kemari untuk mencari informasi peraih nilai tertinggi UKG 2015, tapi hasilnya masih bisa dikatakan nihil. Yang muncul adalah berita-berita atau artikel-artikel yang diposting antara tanggal 17 - 19 November dan masih memberitakan tentang guru honorer dari Maluku bernama Meti Gitanisari yang meraih nilai 8,76. Untuk sementara pada tanggal 22-11-2015 ( pada postingan okezone.com) guru honorer inilah yang mendapatkan nilai tertinggi pada UKG 2015.

Namun setelah tanggal tersebut kita tahu ada lagi UKG susulan, dan nilai UKG belum direkap secara menyeluruh. Itu artinya masih ada kemungkinan guru lain yang mendapatkan nilai lebih tinggi dari Meti Gitanisari.

Hmmm... kira-kira siapa ya, peraih nilai tertinggi UKG 2015 yang berhak mendapatkan intensif non tunai dari pemerintah? Penasaran? Sama saya juga. Hehehe...........
Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Contoh Bentuk Masalah Sosial Penting Yang Terjadi di Masyarakat

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Dalam kehidupan bermasyarakat banyak terjadi Masalah Sosial dan pada artikel kali ini kiata akan menjelaskan tentang contoh bentuk masalah sosial.

Kepincangan yang dianggap sebagai masalah sosial oleh masyarakat tergantung dari sistem nilai sosial masyarakat tersebut. Akan tetapi ada beberapa hal yang dihadapi masyarakat yang pada umumnya sama, antara lain berikut ini:

1. Kasus Kemiskinan
Dulunya, keadaan kaya dan miskin secara berdampingan bukan merupakan masalah sosial. Kemiskinan awal mula muncul sebagai masalah sosial sejak berkembangnya perdagangan ke seluruh dunia dan juga ditetapkannya taraf kehidupan tertentu sebagai suatu kebiasaan masyarakat.

Pada waktu dulu setiap individu sadar akan kedudukan ekonomisnya, sehingga mereka mampu mengatakan apakah dirinya kaya atau miskin. Kemiskinan dianggap sebagai masalah sosial apabila perbedaan kedudukan ekonomi para warga masyarakat ditentukan secara tegas.
Pada masyarakat yang bersahaja susunan dan organisasinya, kemiskinan bukan masalah sosial, karena mereka menganggap bahwa semua telah ditakdirkan, sehingga tidak ada usahausaha untuk mengatasinya.


Pada masyarakat modern yang rumit, kemiskinan menjadi suatu problema sosial karena sikap yang membenci kemiskinan tadi. Bagi para urban yang gagal mendapatkan pekerjaan, kemiskinan tidak lagi diukur dari kebutuhan sekunder saja, tetapi disebabkan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan primernya

2. Peningkatan Jumlah Pengangguran
Pengangguran merupakan masalah sosial yang dihadapi oleh negara-negara berkembang. Pesatnya arus globalisasi dalam bidang ekonomi yang ditandai dengan adanya efisiensi dalam kegiatan ekonomi, misalnya penggunaan mesin-mesin produksi. Hal itu menyebabkan berkurangnya penggunaan tenaga manusia. Oleh sebab itu pengangguran makin tinggi.
Di negara-negara berkembang, pada umumnya juga memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Sementara itu persaingan kerja makin lama makin ketat, sehingga orang yang tidak memiliki keahlian (skill) akan kesulitan mencari kerja.

3. Tindak Kejahatan
Kejahatan disebabkan karena kondisi-kondisi dan prosesproses sosial yang sama, yang menghasilkan perilaku-perilaku sosial lainnya.
Orang yang menjadi jahat, disebabkan orang tersebut mengadakan kontak dengan pola-pola perilaku jahat dan juga karena dia mengasingkan diri dari pola-pola perilaku yang tidak menyukai kejahatan tersebut.

Pada masa modern seperti sekarang ini timbul kejahatan yang disebut white collar crime yaitu suatu kejahatan yang timbul akibat perkembangan ekonomi yang terlalu cepat dan menekankan pada aspek material–finansial belaka. Kejahatan ini merupakan kejahatan yang dilakukan oleh pengusaha dan pejabat di dalam menjalankan peranan fungsinya. Golongan tersebut menganggap kebal terhadap hukum dan sarana-sarana pengendalian sosial lainnya.

Untuk mengatasi masalah kejahatan dapat dilakukan dengan dua cara berikut:
Preventif, yaitu dengan cara menjauhkan diri dari polapola kejahatan dan mendekatkan diri dari pola-pola perilaku yang tidak menyukai kejahatan.

Represif, yaitu dengan cara rehabilitasi, seperti hal berikut.
1) Menciptakan program yang bertujuan menghukum orang tersebut.
2) Berusaha mengubah agar orang tersebut tidak jahat, misalnya dengan cara memberi pekerjaan atau latihanlatihan untuk menguasai bidang-bidang tertentu agar dapat membaur kembali dengan masyarakat umum.





Sumber https://www.abimuda.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Manfaat Penelitian Sosiologi Untuk Pembangunan Nasional

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pembangunan merupakan suatu proses perubahan di segala bidang kehidupan yang dilakukan secara sengaja berdasarkan rencana tertentu. Cara melangsungkan pembangunan adalah sebagai berikut :

  • Struktural, yang mencakup perencanaan, pembentukan, dan evaluasi terhadap lembaga-lembaga sosial.
  • Spiritual yang mencakup watak dan pendidikan dalam penggunaan cara-cara berfikir ilmiah.
  • Struktural dan spiritual.

Syarat yang diperlukan dalam pembangunan adalah kemauan yang keras serta kemampuan dapat memanfaatkan setiap kesempatan bagi keperluan pembangunan. Masyarakat harus aktif memecahkan masalah-masalah dan memiliki sikap terbuka bagi pikiran-pikiran dan usaha baru.

Warga masyarakat tidak boleh pasrah pada keadaan yang dihadapi, atas dasar pandangan hidup bahwa segala sesuatu merupakan nasib buruk bagi dirinya. Di samping itu juga harus terbuka, jujur, dan berorientasi ke depan sehingga proses kehidupannya dapat direncanakan, baik mengenai aspek spiritual maupun materialnya.


Manfaat Penelitian Sosiologi bagi Pembangunan

Manfaat penelitian sosiologis pada hakikatnya mencakup hal-hal berikut :

  • Pola interaksi sosial. Dengan mengetahui pola interaksi sosial yang ada dalam masyarakat dapat digariskan haluan-haluan tertentu untuk memperkuat pola interaksi yang mendukung dan menetralisir pola interaksi yang menghalangi pembangunan.
  • Kelompok sosial yang menjadi bagian masyarakat. Ada kelompok sosial yang mempunyai kekuasaan tidak resmi, yang dapat dijadikan panutan bagi pembangunan.
  • Kebudayaan yang berintikan pada nilai-nilai. Ada nilai-nilai yang mendukung pembangunan, ada yang tidak mempunyai pengaruh negatif terhadap pembangunan ada yang menghalangi pembangunan.
  • Lembaga-lembaga yang merupakan kesatuan kaidah yang berkisar pada kebutuhan dasar manusia dan kelompok sosial.
  • Stratifikasi sosial yang merupakan pembedaan penduduk dalam kelas-kelas sosial secara vertikal.
Demikian beberapa manfaat Penelitian Sosiologi Untuk Pembangunan Nasional. Selamat Belajar !

Sumber https://www.abimuda.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Manfaat Mempelajari Ilmu Sosiologi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Peran sosiologi atau ilmu tentang masyarakat ini sangat penting dipahami baik dalam bentuk pengkajian teori atau dengan mengamati fenomena masyarakat yang terjadi sejak abad ke abad. Banyak hal yang dapat kita pelajari bagaimana ilmu sosiologi ini berlaku di kehidupan. Seperti contoh kasus berikut ini :

Contoh Kasus Media Sosial di Indonesia
Dampak perubahan perilaku masyarakat ini dapat kita pelajari selama musim kampanye pilpres 2014 tahun lalu. Saat itu selama sebulan terakhir kampanye hitam terjadi, yang dilancarkan oleh kedua kubu calon presiden terutama di media sosial. Bahkan para pendukung capres kala itu, tidak segan-segansaling  menyerang pendukung lain dengan penghinaan yang tidak beretika. Situasi ini tentu berbeda jauh dengan karakter bangsa kita yang dikenal sebagai bangsa paling toleran di mata dunia.

Pada kasus diatas, terlihat bagaimana kurangnya pemahaman sosiologi berkaitan dengan media sosial baru-baru ini. Manfaat mempelajari ilmu sosiologi ini sangat luas, termasuk dalam penggunaan media sosial seperti berikut :



1.Menghargai perbedaan pendapat
Media sosial sebagai sarana menyampaikan berbagai informasi faktual saat ini fungsinya bisa bermacam-macam. Untuk seseorang yang mengerti manfaat ilmu sosiologi, mereka akan terbuka dengan perbedaan ide, dukungan dan pendapat. Perdebatan mereka bukan lagi soal ejek-mengejek atau menghina, namun membahas kekurangan subjek pembicaraan berdasarkan fakta dan data namun dengan opini rasioanal juga mencerdaskan.
Contoh kasus : Contoh perdebatan sehat seperti ini bisa kita saksikan pada debat kandidat calon presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan Hillary Clinton atau dari film-film asal negara Inggris. Perdebatan yang elegan menunjukkan tingkatan peradaban seseorang dalam bermasyarakat.

2. Menghargai perbedaan pendapat lawan bicara
Dalam mengeluarkan pernyataan di media sosial seseorang yang mengerti ilmu sosiologi mudah menerima kritikan. Sebaliknya, jika ada yang berbeda pendapat, orang ini akan menyampaikan ide dan pemahamannya secara logis dan masuk akal. Orang seperti ini lebih mengutamakan menambah sudut pandang baru, bukan perselisihan dan caci maki di media social

3. Berfikiran terbuka
Manfaat mempelajari ilmu sosiologi terkait bidang media sosial, adalah merespon lawan dengan pikiran dan ide cemerlang. Senang membuka pikiran dengan lebih banyak mendengar dari orang disekitarnya. Ilmu sosiologi juga membantu seseorang lebih mudah menerima perbedaan pendapat juga sudut pandang tentang cara hidup masing-masing orang.

4. Senang Berdialog
Pada umumnya, orang yang paham ilmu sosiologi sangat senang berdialog apalagi berdiskusi. Bagi seseorang yang mendapatkan manfaat mempelajari ilmu sosiologi, dialog adalah cara untuk mengasah ketajaman berfikir analitik. Sehingga dapat melatih mental, dalam menanggapi perbedaan pendapat.

5. Rasional Tanggap Fakta bukan Isu
Terbiasa melakukan diskusi seperti dialog terbuka di media sosial,  akan membuat seseorang tidak mudah terpancing dengan isu. Mereka akan mengutamakan fakta, dan mencari berbagai referensi sebelum percaya pada satu permasalahan. Cara ini dilakukan untuk membatasi dan menjaga sikapnya di media sosial agar tidak merugikan orang lain.

6. Peka diruang public
Fenomena tongsis (tongkat narsis-selfie) di ruang publik mengakibatkan lemahnya sensitivitas seseorang dengan keadaan disekitarnya. Remaja yang lebih sering menggunakan tongsis tidak tahu cara menghargai kegiatan orang disekelilingnya. Hal tersebut dikarenakan, penggunaan tongsis ini dapat menghalangi pergerakan atau mengganggu mood orang-orang yang ingin menikmati ruang publik secara utuh. Tidak diganggu cahaya kamera (blitz) atau sekadar diminta bergeser.

7. Lebih santun dalam menyampaikan pendapat
Dalam menyampaikan gagasan di media sosial, tentu mereka lebih santun dan berusaha tidak menyinggung pihak manapun. Mereka bertanggung jawab terhadap segala perkataan dan pernyataan di media sosial. Biasanya mereka lebih senang membahas isu secara global, dan tidak suka mengumbar masalah pribadi di media sosial.

8. Lebih berbudaya
Pada film-film yang mengambil tempat di Eropa atau Inggris misalnya, mereka sangat menunjukkan peradaban mereka dari cara bertutur dan sapaan sehari-hari. Bahkan sekadar mengajak lawan jenis untuk berdansa, mereka menggunakan komunikasi yang sangat baik, dan menghargai lawan jenisnya.

Contoh Kasus :
video debat capres Amerika Serikat yang mempertemukan Barrack Obama dan Hillary Clinton dapat kita saksikan bahwa perdebatan mereka untuk menarik perhatian warga Amerika sangat elegan dan mencerdaskan publik Amerika. Begitu juga dengan cara warga Amerika Serikat menyampaikan pendapatnya di publik terkait perbedaan dukungan.

Misalnya mengapa warga AS memilih Obama karena kebijakan agresi militer presiden Bush ke Irak dinilai salah sasaran. Namun mereka sama sekali tidak berdebat soal bentuk dan kekurangan fisik seperti perdebatan capres di Indonesia.

9. Mengabaikan debat kusir
Mereka tidak suka berdebat untuk hal yang tidak ada ujung pangkalnya, apalagi di media sosial. Mereka menghindari topik sensitif seperti rasis pada suku dan keyakinan/agama. Debat seputar agama hanya menghabiskan waktu terlalu banyak dan tidak ada penyelesaian di dalamnya.

Debat soal politik akan dipertimbangkan dengan baik, misalnya penyampaian fakta dan argumen yang memiliki landsan teori, referensi lebih banyak. Dapat dipastikan seseorang yang mengerti fungsi sosialnya di media sosial akan mempertimbangkan dengan matag setiap perkataan, tidak asal berkomentar di media sosial.

10. Jadi panutan rekan dan lawan
Penguasaan diri yang baik dan kesantunan kata-kata akan memudahkan orang diterima baik disemua kalangan baik rekan maupun lawan. Orang yang memiliki empati sosial yang baik sangat pandai menjaga harmonisasi perbedaan pendapat, sehingga kata-katanya selalu menentramkan berbagai pihak. Kemampuan sosialnya membantunya bergaul di lingkungan manapun dan berbagai lapisan masyarakat.

Menyadari fungsi dan peran sosial kita yang sangat besar mempengaruhi lingkungan maka empati sosial perlu kita kembangkan. Teori sosiologi saat ini telah berkembang sesuai dengan perubahan perilaku masyarakat karena teknologi sehingga pendekatan yang kita butuhkan adalah pendekatan sosial pada media sosial.



Sumber https://www.abimuda.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Larry Tesler - Penemu Cut, Copy Dan Paste

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 Lawrence Gordon Tesler adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja pada Xerox PARC Larry Tesler - Penemu Cut, Copy Dan Paste
Lawrence Gordon Tesler adalah seorang ilmuwan komputer yang bekerja pada Xerox PARC, Apple Computer, Amazon.com, dan Yahoo! menemukan cara copy paste (yang akhirnya menjadi bahasa gaul COPAS) yang lebih sederhana.


Penemuan

Tesler bekerja pada pemrograman dari sistem Smalltalk-76 antara 1973-1976, dan pada proyek itu ia menerapkan metode menangkap teks ke dalam memori internal komputer, yaitu "cut" / "copy," dan kemudian memasukkan itu di tempat lain, yaitu "paste."

Kata (copy/paste) diambil dari ide lama dalam mengedit naskah, ketika harus secara fisik memotong kata-kata pada halaman dengan gunting dan menempel di tempat lain.

Disusul kemudian oleh Apple (1981) yang mulai memunculkan penggunaan tombol ctrl C untuk mengkopi, ctrl X untuk Cut , dan ctrl V untuk mempaste. Teknologi tersebut semakin lengkap dengan munculnya ctrl Z untuk pembatalan (undo). Windows pun mengadopsi teknologi hasil temuan Apple tersebut. Maka jadilah proses Copy Paste menjadi sangat mudah seperti yang hadir di depan meja Anda sekarang ini.

Tesler pindah ke Xerox PARC dan memilki kehidupan yang cukup mewah beberapa dekade terakhir. Tesler sempat bekerja untuk Apple, menjadi wakil presiden Amazon.com dan Yahoo!.
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

PAUD DILARANG MENGAJARKAN INI

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Aturan tidak boleh ada pembelajaran pra keaksaraan baca, tulis, dan hitung (calistung) di pendidikan anak usia dini (PAUD) sudah ada sejak era Mendikbud Mohammad Nuh. Namun pada praktiknya di lapangan, aturan itu dilanggar. Kemendikbud sekarang mengeluarkan surat edaran kepada seluruh PAUD supaya mentaati aturan itu.

Surat edaran itu dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) Kemendikbud Harris Iskandar. Di dalam surat yang ditujukan kepada bupati/walikota, kepada dinas pendidikan, sampai pengelola PAUD di seluruh Indonesia ini, berisi sembilan poin yang harus dijalankan.

’’Salah satu poinnya adalah tidak diperkenankannya mengajar membaca, menulis aksara dan angka di luar kemampuan anak didik,’’ kata Harris di Jakarta kemarin.

Di dalam satu rombongan belajar (rombel) PAUD, tentu kemampuan anak didi berbeda, beda. Sehingga tidak tepat jika pendidik PAUD memaksanakan belajar calistung. Harris mengatakan jenjang PAUD ini meliputi taman kanak-kanak (TK), kelompok bermain (KB/Playgroup), dan pendidikan pra sekolah sejenisnya.

Harris tidak bisa menampik bahwa di TK-TK saat ini terdapat pelanggaran peraturan, yakni masih nekat mengajarkan calistung. ’’Saudara-saudara saya itu banyak yang guru PAUD,’’ tandasnya. Jadi fakta bahwa PAUD banyak yang memaksakan pembelajaran calistung tidak bisa dielakkan lagi.

Menurut mantan Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud itu mengatakan, banyak sekali faktor yang membuat banyak TK yang nekat melanggar aturan dengan mengajarkan calistung. Diantaranya adalah faktor ikut-ikutan. Harris mengakui bahwa banyak PAUD di desa-desa yang ikut-ikutan gaya pengajaran PAUD yang ada di perkotaan.

’’Celakanya gaya pembelajaran PAUD di perkotaan yang ditiru itu salah,’’ jelasnya.

Faktor berikutnya adalah adanya dorongan dari para orangtua. Menurut Harris banyak orangtua masa kini yang malu ketika anak-anak sudah masuk TK tetapi belum bisa calistung. Mereka tambah malu ketika ada anak-anak tetangga sepantaran yang sudah lancar membaca.

Faktor berikutnya yang menjadi pemicu kuat kesalahan pembelajaran di PAUD adalah, sistem penerimaan siswa baru di SD sederajat.

’’Tanpa mau repot, pengelola SD membuat tes calistung untuk penerimaan. Ini tidak boleh,’’ kata dia.

Harris sudah berkoordinasi dengan jajaran Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud yang mengurusi SD. Inti dari koordinasi itu adalah upaya penegakan disiplin dalam penerimaan siswa baru di SD. Sehingga tidak ada lagi SD yang melakukan seleksi masuk dengan tes calistung. Untuk mengkampanyekan seruan ini, Harris menerbitkan poster yang menarik bagi seluruh PAUD.

Selain urusan larangan calistung, di dalam surat edarannya Harris juga mengajurkan penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran. Tujuannya supaya memudahkan komunikasi serta interaksi antara peserta didik dengan pendidiknya.

 ’’Penggunaan bahasa asing harus mempertimbangkan perkembangan anak serta harus tetap menumbuhkan rasa cinta bangsa,’’ jelas dia.

Pelopor pendidikan holistik Ratna Megawangi menuturkan semangat utama dalam pembelajaran di PAUD adalah menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak. ’’Anak tidak boleh dimarahi supaya tumbuh kepercayaan dirinya,’’ katanya.

Istri Kepala Bappenas Sofyan Djalil itu mengatakan, tantangan di PAUD saat ini adalah bagaimana mencetak pendidik yang berkualitas.

Dia mengatakan dengan adanya kucuran dana bantuan operasian PAUD sebesar Rp12 juta per tahun, diharapkan digunakan untuk peningkatan kualitas guru di PAUD. Baik itu melalui seminar, pelatihan, maupun workshop.


Penasihat Forum PAUD Fasli Jalal menuturkan pembenahan pembelajaran di PAUD harus dikawal oleh semua pihak. Dia mengatakan dalam forum yang diantaranya diikuti pengelola PAUD itu, harus diambil komitmen bersama. ’’Jika Kemendikbud sudah menggariskan untuk menghindari pembelajaran calistung, semuanya harus komitmen,’’ kata mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional itu.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

MENPAN : TIDAK ADA REKRUTMEN CPNS PADA TAHUN 2016

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan, informasi mengenai adanya rekrutmen atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2016 nanti sebagai berita tidak benar(hoax).

Menurutnya, hingga kini pemerintah pusat belum akan menghentikan moratorium penerimaan CPNS, sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal itu dikemukan Yuddy Chrisnandi, seusai menghadiri sebuah acara di Hotel Apita, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (28/12).

"Moratorium dipastikan diperpanjang sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Untuk kabar rekrutmen CPNS 2016, sekali lagi saya katakan itu hoax," kata Yuddy.

Politisi Partai Hanura itu mengatakan, pemerintah pusat memahami kekurangan tenaga pegawai yang banyak dialami pemerintah daerah, khususnya tenaga kesehatan maupun pendidikan. Karena itu, pemerintah membuka kesempatan melalui perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K).

“Hingga kini pemerintah pusat masih memproses peraturan pemerintah (PP) sebagai petunjuk pelaksanaan dan teknisnya. Saya janji proses tersebut berjalan cepat, agar dapat segera direalisasikan,” jelasnya.

Disinggung perbedaan rekrutmen P3K dengan CPNS, Yuddy menjelaskan, pegawai P3K tidak disediakan tunjangan pensiun sebagaimana PNS. Namun, untuk gaji pokok tidak ada perbedaan dengan PNS, disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan kepangkatan seseorang.

"Nilai tunjangan pensiun PNS sudah mencapai sekitar Rp 90 triliun setiap tahunnya. Makanya, rekrutmen P3K diperlukan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat) Kota Cirebon, Anwar Sanusi mengatakan,Pemerintah Kota Cirebon telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 1 miliar pada APBD tahun anggaran 2016 untuk rekrutmen CPNS. Namun, pihaknya juga telah mendengar informasi ketiadaan rekrutmen CPNS pada tahun depan.

"Di media sosial sempat berkembang informasi soal rekrutmen CPNS. Tapi kami sudah pastikan dengan Kemenpan RB, dan itu tak benar karena yang ada rekrutmen P3K," kata Anwar.

Terkait anggaran yang telah dialokasikan, menurut Anwar, akan dialihkan untuk rekrutmen P3K. Sebab, lanjut dia, tata cara P3K serupa dengan CPNS, dimana tesnya menggunakan sistem komputer.

Hanya saja, pihaknya belum dapat memastikan kuota P3K yang dibolehkan, mengingat petunjuk pelaksanaan (juklak) maupun teknis (juknis) dari pusat belum ada. Menurutnya, sejauh ini Kota Cirebon kekurangan sekitar 2.500-3.000 pegawai.

"Dalam lima tahun terakhir, Kota Cirebon tidak ada rekrutmen CPNS. Kebutuhan terbanyak yakni tenaga kesehatan dan pendidikan," katanya.

Kekurangan tenaga pada kedua bidang itu, jelasnya, terjadi karena rata-rata tenaga kesehatan dan pendidikan yang diangkat tahun 1975-an di awal-awal Pemerintahan Presiden Soeharto, mulai memasuki masa pensiun pada tahun-tahun sekarang atau mulai 2013-an.

Awar pun berharap, juklak juknis terkait penerimaan P3K segera diterbitkan pemerintah pusat, setidaknya awal 2016 atau triwulan pertama tahun depan. Saat juklak dan  juknis diterbitkan, dapat segera diketahui kuota untuk rekrutmen hingga pola kontrak kerja bagi pegawai bersangkutan bisa lebih jelas.*


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

PERSYARATAN PESERTA UJIAN NASIONAL

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti Ujian Nasioanal, mari kita simak apa saja persyaratannya : 


Persyaratan Peserta Ujian Nasional

1. Persyaratan umum peserta UN sebagai berikut.
  • Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu;
  • Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester I tahun terakhir;
  • Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada Pendidikan Kesetaraan; dan Peserta didik belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan.

2. Persyaratan peserta UN dari pendidikan formal sebagai berikut.
  • Peserta didik terdaftar pada SMP/MTs/SMPTK, SMA/MA/SMAK/SMTK/SPK;
  • Bagi peserta didik SMK/MAK Program 4 tahun, telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 tahun dapat mengikuti UN;
  • Peserta didik yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurangkurangnya 3 tahun sebelum mengikuti ujian sekolah/madrasah, atau sekurang-kurangnya 2 tahun untuk peserta program SKS atau akselerasi;
  • Untuk peserta UN dari program SKS atau akselerasi, berasal dari satuan pendidikan yang terakreditasi A dan memiliki izin penyelenggaraan program SKS atau akselerasi;
  • Peserta didik WNI pada Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) wajib mengikuti UN untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan yang berlaku pada pendidikan formal;
  • Peserta didik yang belajar di SPK di Indonesia dapat mendaftar dan mengikuti UN pada satuan pendidikannya yang terakreditasi atau satuan pendidikan pelaksana UN terdekat;
  • Warga negara Indonesia yang belajar di sekolah asing di luar negeri dapat mengikuti UN, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan/atau instansi yang berwenang di Kementerian Agama;
  • Peserta UN yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UN di satuan pendidikannya, dapat mengikuti UN di sekolah/madrasah lain pada jenjang dan jenis yang sama;
  • Peserta UN yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UN dapat mengikuti UN susulan;

3. Persyaratan peserta UN dari pendidikan nonformal sebagai berikut:
  • Peserta terdaftar pada PKBM, SKB, Pondok Pesantren penyelenggara program Wustha, atau kelompok belajar sejenis yang memiliki izin dan memiliki laporan hasil belajar lengkap;
  • Peserta telah mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai standar kompetensi pada setiap mata pelajaran sesuai dengan Satuan Kredit Kompetensi (SKK) yang telah ditetapkan dalam bentuk tatap muka, tutorial dan pembelajaran mandiri;
  • Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setiap derajat kompetensi pada masing-masing jenjang pendidikan kesetaraan; dan
  • Peserta didik dari kelompok belajar lainnya dapat mendaftar pada PKBM, SKB, dan Pondok Pesantren yang memiliki izin dari instansi yang berwenang.

4. Persyaratan peserta UN dari Pendidikan Informal (Sekolah Rumah)
  • Peserta terdaftar pada sekolah rumah yang memiliki izin dari Dinas Pendidikan;
  • Peserta memiliki laporan hasil belajar lengkap dari pendidik;
  • Peserta didik terdaftar pada satuan pendidikan formal atau nonformal pada jenjang tertentu  ang ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk mengikuti ujian akhir satuan pendidikan;
  • Peserta mendaftar pada satuan pendidikan formal atau satuan pendidikan nonformal pada jenjang tertentu yang ditetapkan Panitia UN tingkat Kabupaten/Kota untuk mengikuti UN.

5. Persyaratan peserta UN pendidikan kesetaraan di luar negeri sebagai berikut:
  • Peserta terdaftar pada satuan pendidikan kesetaraan yang telah mendapatkan izin dan memiliki laporan kegiatan tutorial dari lembaga pendidikan nonformal;
  • Peserta telah mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai standar kompetensi pada setiap mata pelajaran sesuai dengan Satuan Kredit Kompetensi (SKK) yang telah ditetapkan dalam bentuk tatap muka, tutorial dan pembelajaran mandiri;
  • Untuk Program Paket B/Wustha dan Program Paket C peserta memiliki ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia ijazah 3 tahun atau usia ijazah minimum 2 tahun bagi peserta UN yang berusia 25 tahun atau lebih;
  • Adanya bukti kegiatan pembelajaran dan laporan lengkap penilaian hasil belajar yang sudah dicap dan ditandatangani oleh pimpinan lembaga pendidikan nonformal penyelenggara dan diserahkan pada saat mendaftar menjadi peserta UN Pendidikan Kesetaraan kepada Atase Pendidikan atau Konsulat Jenderal untuk diteruskan ke Panitia UN Tingkat Pusat;
  • Dalam hal tidak berada dalam pembinaan Atase Pendidikan atau Konsulat Jenderal, bukti kegiatan pembelajaran dan laporan lengkap penilaian hasil belajar yang sudah dicap dan ditandatangani oleh pimpinan lembaga pendidikan nonformal penyelenggara diserahkan pada saat mendaftar menjadi peserta UN Pendidikan Kesetaraan kepada Panitia UN Tingkat Pusat dengan verifikasi dari Direktorat terkait 


Demikian informasi singkat tentang persyaratan Peserta Ujian Nasional, semoga bermanfaat.

Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

SYARAT MUTLAK MENDAPAT TUNJANGAN UNTUK GURU KEMENAG

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Posting kali ini kami dapat dari halaman facebook milik website resmi SIMPATIKA yang mana telah menghimbau kepada seluruh guru yang berada dibawah naungan KEMENAG untuk melakukan pengaktifan secara mandiri pada aplikasi SIMPATIKA, mari kita simak himbauan berikut ini : 

Assalammualaikum wr. wb. 
Kepada PTK Madrasah Kemenag Yth,
Berikut disampaikan informasi tabel status keaktifan PTK Madrasah periode Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 per provinsi di SIMPATIKA hingga 28 Desember 2015.  Batas akhir untuk melakukan proses keaktifan individu PTK  Madrasah Kemenag pada tanggal 31 Desember 2015.  Sistem SIMPATIKA secara otomatis akan menutup proses keaktifan dimaksud pada tanggal 1 Januari 2015 pk. 00.01 WIB. 


Sebagai informasi awal bahwa status keaktifan PTK pada periode saat ini sebagai dasar dari pelaksanaan program kerja Kemenag di periode 2016, seperti:  Uji Kompetensi,  Tunjangan, Sertifikasi, Beasiswa dan lainnya yang akan difasilitasi melalui SIMPATIKA. 

Untuk itu bagi para PTK Madrasah Kemenag yang belum melakukan update status keaktifan (Cetak Kartu Digital) periode Semester 1 TP. 2015/2016 dihimbau segera melaporkan status keaktifannya menggunakan akun individu masing-masing secara mandiri. 
Demikian informasi dari kami, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. 
Wassalam,
Admin Pusat

Demikian sedikit informasi dari Kemenag semoga bermanfaat. 


Sumber https://www.pgrionline.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tuesday, 29 December 2015

Cara membuat Popular Post Cantik Warna Warni

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Membuat Popular Post Keren Warna-warni - Kali ini Blog Espada akan memberikan tutorial nih, yang dikhususkan bagi yang ingin membuat Widget popular post menjadi lebih menarik berwarna-warni seperti template Premium Evomagz, Tampilanya seperti dibawah ini!

Popular post merupakan suatu widget yang menampilkan daftar isi dari Blog yang paling banyak dilihat oleh pengunjung Blog. Widget ini juga bermanfaat untuk menambah page view dari Artikel yang masuk dalam popular post yang bisanya di pasang di sidebar,

Dengan membuat widget popular seperti diatas bisa membuat blog anda lebih menarik dengan tampilan warna-warni dan semoga aja bisa lebih menarik perhatian dari pengunjung Blog anda.

Bila anda tidak percaya dengan Tampilan widget popular Post diatas, atau anda mengira itu Hoax silahkan Live demo di template blog ini. Ok langsung aja bila anda ingin membuat Widget Popular Post warna-warni di Blog anda dan Bisa anda sesuaikan warnanya sendiri sesuai selera anda.

Cara Membuat widget Popular Post warna warni

  • Silahkan anda Login ke akun Blogger anda
  • Kemudian pilih Template dan Edit HTML
  • Kemudian Copy Code CSS di bawah ini dan Paste diatas ]]></b:skin> atau </style>

/*Widget Popular post by */
.PopularPosts ul,.PopularPosts li,.PopularPosts li a{margin:0;padding:0;list-style:none;border:none;background:none;outline:none}.PopularPosts ul{margin:0;list-style:none;color:black;counter-reset:num}.PopularPosts ul li{background-color:#eee;margin:0 0 0 0!important;padding:.5em 1.5em .5em .5em!important;counter-increment:num;position:relative}.item-thumbnail img{float:left;margin:0 10px 0 0}.PopularPosts a{color:#fff!important}.PopularPosts a:hover{color:#222!important}.PopularPosts ul li:before,.PopularPosts ul li .item-title a,.PopularPosts ul li a{font-weight:bold;color:inherit;text-decoration:none}.PopularPosts ul li:before{content:counter(num)!important;display:block;position:absolute;background-color:#333;color:#fff!important;width:22px;height:22px;line-height:22px;text-align:center;bottom:0;right:0;padding-right:0!important}.PopularPosts ul li:nth-child(1){background-color:#A51A5D}.PopularPosts ul li:nth-child(2){background-color:#F53477}.PopularPosts ul li:nth-child(3){background-color:#FD7FAA}.PopularPosts ul li:nth-child(4){background-color:#FF9201}.PopularPosts ul li:nth-child(5){background-color:#FDCB01}.PopularPosts ul li:nth-child(6){background-color:#DEDB00}.PopularPosts ul li:nth-child(7){background-color:#89C237}.PopularPosts ul li:nth-child(8){background-color:#44CCF2}.PopularPosts ul li:nth-child(9){background-color:#01ACE2}.PopularPosts ul li:nth-child(10){background-color:#94368E}.cloud-label-widget-content{text-align:left}.label-size{display:block;background:#fff;float:left;margin:0 2px 2px 0;color:#000!important;border:1px solid #ccc;padding:5px}.label-size:hover{border:1px solid #000;color:#000!important}.label-size a:hover{color:#000!important}


Silahkan Ganti kode warna diatas sesuai keinginan anda

  • Simpan Template dan lihat hasilnya

Demikian artikel Cara Desain widget Popular Post warna Warni, Sekian yang dapat saya bagikan kurang lebihnya saya mohon maaf dan Terima Kasih


Sumber https://www.blogespada.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Gerak Lurus Beraturan (GLB) - Materi Lengkap

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Fisika : Gerak Lurus Beraturan (GLB) meliputi Pengertian, Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB), dan contoh soal beserta pembahasannya.




Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB)


Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa itu pengertian Gerak Lurus ?


Gerak lurus adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus. Gerak Lurus dibedakan menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan.

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap / konstan. 

Jadi, syarat benda bergerak lurus beraturan apabila gerak benda menempuh lintasan lurus dan kelajuan benda tidak berubah. Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama pula. Sebagai contoh, mobil yang melaju menempuh jarak 2 meter dalam waktu 1 detik, maka satu detik berikutnya menempuh jarak 2 meter lagi, begitu seterusnya. Dengan kata lain, perbandingan jarak dengan selang waktu selalu konstan atau kecepatannya konstan. Pada gerak lurus beraturan (GLB) kelajuan dan kecepatan hampir sulit dibedakan karena lintasannya yang lurus menyebabkan jarak dan perpindahan yang ditempuh besarnya sama. 

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB)
 
Persamaan GLB, secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut.
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi  Gerak Lurus Beraturan (GLB) - Materi LengkapKeterangan:
v = kecepatan (m/s)
s = perpindahan (m)
t = waktu (s)

Grafik hubungan waktu dan jarak pada GLB :



 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi  Gerak Lurus Beraturan (GLB) - Materi Lengkap


Jika posisi benda mula-mula di s0, setelah waktu t, posisinya menjadi
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi  Gerak Lurus Beraturan (GLB) - Materi Lengkap
Keterangan : s0 =   posisi mula-mula / awal


Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan dan Pembahasannya



Untuk memahami persamaan dalam mencari jarak tempuh suatu benda dengan gerak lurus beraturan tersebut di atas, berikut adalah beberapa contoh soalnya:


1. Sebuah mobil bergerak di sebuah jalan tol. Pada jarak 5 kilometer dari pintu gerbang tol, mobil bergerak dengan kelajuan tetap 90 km/jam  selama 20 menit. Tentukan :
a. jarak yang ditempuh mobil selama 20 menit
b. posisi mobil dari gerbang jalan tol

Penyelesaian
jarak mula-mula s0 = 5 km
kecepatan (v) = 90 km/jam
waktu (t) = 20 menit = 1/3 jam

a. jarak yang ditempuh mobil selama 20 menit
s = v. t = (90 km/jam).(1/3 jam) = 30 km

b. posisi mobil dari gerbang jalan tol
s = s0 + v.t = 5 + 30 = 30 km

2. Sebuah mobil melaju di lintasan lurus dengan kecepatan 50 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh mobil tersebut jika waktu tempuhnya 30 menit?

Pembahasan :
v= 50 km/jam.
 t= 30 menit atau 0.5 jam

s (jarak tempuh) s = v.t 
s = 50 x 0.5 s = 25 km 
Jadi, setelah 30 menit dan dengan kecepatan 50 km/jam, mobil tersebut telah menempuh jarak 25 km.
3. Sebuah kereta cepat berada 2 km dari stasiun. Kereta tersebut bergerak meninggalkan stasiun dengan kecepatan tetap 80 km/jam. Pada jarak berapakah kereta itu dilihat dari stasiun setelah 15 menit?

Pembahasan :

v= 80 km/jam. 

t= 15 menit atau 0.25 jam. 
s0= 2 km.

s (jarak tempuh)
s = s0 + v.t
s = 2 + (80 x 0.25)
s = 2 + 20
s = 22 km

Jadi, setelah 15 menit, kereta berada 22 km dari stasiun. 


Baca pula : Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Demikian materi Fisika : Gerak Lurus Beraturan (GLB) meliputi Pengertian, Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB), dan contoh soal beserta pembahasannya. Semoga bermanfaat...

Sumber https://www.artikelmateri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Fisika : Percepatan meliputi Pengertian Percepatan, Rumus Percepatan, dan Contoh Soal Percepatan. Silakan disimak selengkapnya.


Pengertian Percepatan

Suatu benda akan mengalami percepatan apabila benda tersebut bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan dalam selang waktu tertentu. Misalnya, ada sepeda yang bergerak menuruni sebuah bukit memiliki suatu kecepatan yang semakin lama semakin bertambah selama geraknya. Gerak sepeda tersebut dikatakan dipercepat. 
Jadi percepatan adalah laju perubahan kecepatan tiap satuan waktu. 

Rumus Percepatan

Secara matematis, Percepatan dapat dirumuskan sebagai berikut :
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi  Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)Keterangan:
a = percepatan (m/s²)
delta v = kecepatan (m/s)
delta t = waktu (s)

Percepatan merupakan besaran vektor. Percepatan dapat bernilai positif (+a) dan bernilai negatif (-a) bergantung pada arah perpindahan dari gerak tersebut. Percepatan yang bernilai negatif (-a) sering disebut dengan perlambatan
Pada kasus perlambatan, kecepatan v dan percepatan a mempunyai arah yang berlawanan. Berbeda dengan percepatan, percepatan rata-rata didefinisikan sebagai perubahan kecepatan terhadap selang waktu tertentu.
Percepatan rata-rata memiliki nilai dan arah. Percepatan rata-rata dapat dituliskan sebagai berikut.
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi  Percepatan (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)Keterangan:
delta v = perubahan kecepatan (m/s)
delta t = perubahan waktu (s)
a = percepatan rata-rata (m/s²)

Contoh Soal Percepatan

  1. Seorang polisi mempercepat motornya untuk mengejar penjahat dari keadaan berhenti hingga kecepatannya menjadi 30 m/s dalam selang waktu 3 detik. Hitunglah percepatan motornya!
  2. Sebuah bus Semarang—Solo bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Ketika mendekati sebuah perempatan lampu traffic light, sang sopir melihat perubahan warna lampu dari warna hijau, kuning, dan akhirnya merah. Jika perlambatan maksimal bus 4 m/s2, hitunglah waktu bus untuk berhenti agar tidak melewati batas lampu traffic light di depannya!

Demikian materi Fisika : Percepatan meliputi Pengertian Percepatan, Rumus Percepatan, dan Contoh Soal Percepatan. Semoga bermanfaat,

Sumber https://www.artikelmateri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika : Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan serta rumusnya, serta contoh soal dan pembahasannya. Monggo disimak..

Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

Pengertian kecepatan adalah perpindahan yang ditempuh tiap satuan waktu. Kecepatan termasuk besaran vektor yang memperhitungkan arah gerak.
Pengertian kelajuan adalah jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Kelajuan merupakan besaran skalar yang hanya memiliki besar tanpa memperhitungkan arah gerak benda
Kecepatan Rata-Rata dan Kelajuan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai perpindahan yang ditempuh terhadap waktu. Jika suatu benda bergerak sepanjang sumbu-x dan posisinya dinyatakan dengan koordinat-x, secara matematis persamaan kecepatan rata-rata dapat dirumuskan sebagai berikut :

 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)Keterangan:
v = kecepatan rata-rata (m/s)
delta x = xakhir – xawal= perpindahan (m)
delta t = perubahan waktu (s)



Kelajuan rata-rata merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)Keterangan:
v = kecepatan rata-rata (m/s )
s = jarak tempuh (m)
t = waktu tempuh (s)


Berikut contoh soal Kecepatan dan Kelajuan beserta pembahasannya : Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)
Heri dan Dita setiap pagi berangkat sekolah bersama-sama. Heri menempuh jarak 700 m selama 70 detik, yaitu menempuh 300 m selama 20 detik dari rumahnya menuju rumah Dita dan menempuh lagi 400 m selama 50 detik dari rumah Dita menuju sekolah. Namun, perpindahan Heri sejauh 500 m dari rumahnya menuju sekolah.

Kelajuan yang ditempuh oleh Heri adalah:
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)

 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)

v = 10 m/s

Dan kecepatannya adalah:
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)
 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Fisika  Kecepatan dan Kelajuan (Perbedaan, Rumus)

v = 7,142857… m/s

Demikian artikel tentang materi Fisika : Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan serta rumusnya, serta contoh soal dan pembahasannya.  Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.artikelmateri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.