Thursday, 15 December 2016

Beasiswa Program Teacher Training 2017 di Jepang

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

 program ini disebut dengan  Teacher Training Program  Beasiswa Program Teacher Training 2017 di Jepang
beasiswa guru, program teacher training 2017, beasiswa di jepang

Gurumaju.com – Kabar gembira untuk rekan-rekan guru sekalian, program ini disebut dengan Teacher Training Program (Program Penataran Guru). program ini ialah dalah satu program pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang khusus untuk para guru dengan tujuan meningkatkan kualitas pengajaran sesuai bidangnya. Para guru akan diberi pelatihan dalam cara mengajar, pembiatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2017.

Jika Anda mengikuti program pelatihan  ini maka fasilitas yang akan Anda dapatkan ialah:
1. Tanpa ikatan Dinas
2. Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/ Osaka)
3. Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
4. Tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
5. Beberapa universitas menyediakan tempat tinggal (biaya dikelola dari tunjangan hidup yang diberikan) untuk para peserta, dan khusus untuk universitas yang tidak menyediakan tempat tinggal, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.

ARTIKEL LAINNYA:


Untuk Syarat-syarat bagi para pelamar ialah:
1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/ pengajar
2. Lulusan minimal S1 atau D4
3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2017
5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2017
7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang
Dokumen yang diperlukan (dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses):
1. Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Download formulir aplikasi disini)
2. Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / sesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi)
3. Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
4. Fotokopi transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris (Contoh surat keterangan dari tempat mengajar, bisa didownload di sini)
6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris dalam form yang tersedia (Download form surat rekomendasi disini)
* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap (1 original dan 2 rangkap fotokopi) dan dibuat/ diprint pada kertas ukuran A4
* Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta

Cara Pelamaran :
Pendaftaran dibuka pada 30 November 2016 dan ditutup pada 3 Januari 2017..
Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan langsung/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap diserahkan langsung/dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350
Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 3 Januari 2017 (bukan cap pos). Mohon tuliskan kode “Teacher Training 2017” pada bagian kanan atas amplop.
Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.
*Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

Tahap Penyeleksian :
Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 27 Januari 2017. Bagi yang lulus seleksi berkas akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tertulis. Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (Jadwal ujian tertulis akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi berkas)
Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta. (Jadwal seleksi wawancara akan diumumkan pada saat pengumuman hasil seleksi ujian tertulis)
Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2017.

Contoh Universitas & Bidang Studi
Untuk contoh pilihan universitas & bidang studi program teacher training, dapat didownload panduannya
Daerah Hokkaido hingga Chubu
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf)
Daerah Kinki hingga Okinawa
(link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf)


Kontak :
Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…


Sumber: http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus | Task manager adalah fitur dari windows untuk mengontrol aplikasi dan fitur-fitur windows yang akatif. Melalu task manager inilah anda bisa melihat aplikasi dan fitur apa saja yang sedang berjalan sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat di saat komputer atau laptop mengalami hang.

Misal, komputer atau laptop mendadak hang, maka anda bisa melihat dari task manager aplikasi mana yang menyebabkan hang. Biasanya akan muncul aplikasi dengan keterangan not responding. Nah dari task manager inilah anda bisa mematikan aplikasi yang mengalami not responding. Atau anda juga bisa mematikan aplikasi yang terlalu banyak memakan memori.

Task manager memang banyak membantu ketika kita mengalami masalah dengan komputer atau laptop, namun sayang adakalanya task manager ini sudah didisable oleh virus yang menjangkiti komuter atau laptop. Tujuan dari virus mendisable task manager tidak lain adakan agar program jahat mereka tidak bisa dilumpuhkan dari task manager.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Data Yang Terkena Virus Cerber

Task manager biasa diakses dengan menekan kombinas tombol Ctrl + Alat + Delete. Jika anda menggunakan windows 7 ke atas maka akan muncul seperti blue screen dengan menampilkan beberapa pilihan, yaitu Switch User, Lock This Computer, Log out, dan Task Manager. Nah jika task manager sudah disable oleh virus maka task manager tidak akan muncul. Atau anda juga bisa mengakses task manager dengan klik kanan pada Task Bar kemudian klik Task Manager. Namun jika task manager sudah didisable maka menus task manger tidak bisa diklik (tidak aktif).

Keadaan seperti itu jelas sangat menjengkelkan. Apalagi anda sering mengalami masalah dengan komputer atau laptop. Nah jika anda sudah terbiasa mengatasi masalah kecil dengan task manager, silakan anda aktifkan kembali taska manger anda. Caranya tidak sulit kok.

Silakan anda klik start atau tenak tombol start pada keyboard, kemudian ketik Group Edit Policy. Silakan anda klik Group Edit Policy yang muncul pada hasil pencarian.

Baca Juga : Cara Mengenali dan Mencegah Virus Ransomware Wanacry
Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus




Selanjutnya silakan klik pada User Configuration, klik Administrative Tempaltes, klik System, klik Ctrl + Alt + Delete Option
Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus

pada kolom sebelah kanan silakan anda klik dua kali (double klik) Remove Task Manager. Selanjutnya akan muncul seperti ini.
Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus Cara Mengaktifkan Task Manager Yang Dimatikan Oleh Virus
Secara default, settingannya adalah Not Configured namun jika sudah dirubah oleh virus bisa berubah menjadi Enabled. Untuk mengaktifkan kembali task manager silakan anda pilih Disabled. Apa tidak terbalik nih? Tidak lah....

Baca Juga : Anti Virus Terbaik Untuk Mencegah Ransomware Wanacry

Yang sedang kita rubah pengaturannya atau settingannya kan Remove Task Manager (hapus fitur task manager), jadi kalau fitur ini diaktifkan artinya Task Manager dihapus atau dinonaktifkan, tapi jika di disable atau dimatikan artinya fitur task manager aktif. Untuk mencoba apakah sudah berahasil atau belum silakan tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete atau klik kanan pada Task Bar kemudian klik Task Manager. Jika belum aktif silakan restart terlebih dahulu.

Demikian cara mengaktifkan task manager yang dimatikan oleh virus, semoga tips komputer ini bisa membantu anda yang saat ini sedang dibuat pusing karena task manager pada komputer atau laptop anda  tidak bisa diakses.
Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Kumpulan Contoh Soal Teks Berita | Materi Bahasa Indonesia Kelas 8

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berikut ini disajikan contoh soal yang membahas teks berita. Soal-soal yang mengandung teks berita biasanya dikemas dalam bentuk soal seperti menentukan perbedaan penyajian dua teks berita, menentukan persamaan isi berita, dan menentukan kalimat utama pada teks berita.

Soal-soal yang membahas tentang teks berita selalu muncul di setiap ujian nasional. Teks berita yang disajikan pun beragam. Mulai dari berita bencana alam, berita olahraga, berita pendidikan, berita kebudayaan, dan  lain-lain. Berita-berita yang dijadikan soal pun disesuaikan dengan informasi atau kejadian terbaru.

Untuk melengkapi referensi tentang soal-soal yang membahas tentang teks berita, berikut ini disajikan beberapa contoh soal tentang teks berita, silakan dibukan link-nya

Contoh Soal yang Membahas Teks Berita:
Kumpulan Soal Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita - Terbaru 
Contoh Soal Menyimpulkan Teks Berita 
Contoh Soal Membandingkan Pola Penyajian Dua Kutipan Teks 
Kumpulan Soal Tentang Menentukan Persamaan Isi Berita - Terbaru 
Kumpulan Soal Menentukan Kalimat Topik Paragraf  (Berita) - Terbaru 
Contoh Soal Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita 
Contoh Soal Menentukan Persamaan Informasi Teks (Berita)

Sumber http://basindon.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamualaikum. Pada pertemuan kali ini, IndoINT.website akan mengajarkan Tutorial Cara edit foto penampakan hantu di photoshop. tutorial ini dibuat bukan untuk dijadikan ajang menakuti manusia, melainkan pelajaran agar kita tahu bahwa video dan foto penampakan hantu yang banyak beredar belum tentu nyata. soalnya dengan photoshop apapun bisa di manipulasi.

Fenomena Penampakan Hantu memang sering terjadi sejak jaman dahulu hingga sekarang. perbedaanya adalah dijaman digital ini, sudah banyak beredar Video & Foto penampakan hantu yang tidak sengaja di rekam oleh kamera. Bodohnya lagi, masyarakat banyak yang percaya padahal belum tentu benar.

Sebagai umat beragama memang hal Ghaib itu ada. namun bukan berarti kita harus takut pada mereka. dalam Islam, Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, maka dari itu siapkan selalu Iman kalian ketika mereka mengganngu. takutlah hanya kepada Allah saja. 

Berikut Hasil edit foto penampakan hantu di photoshop.

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Sebenarnya untuk membuat foto penampakan hantu sangatlah mudah. tinggal menggabungkan foto aktifitas sobat dengan gambar hantu buatan manusia atau rekayasa saja, seperti pembuatan film. lebih jelasnya simak dibawah ini.


Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Bahan :

Langkah 1

Buka foto yang ingin di edit pada photoshop. dibawah saya menggunakan foto bersama teman-teman Arsitek Kendari di Minimarket Agda, di bagian samping perempatan Wua-wua tanggal 15/12/2016, jam 02.00 dini hari.

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Langkah 2

Masukkan gambar hantu kuntilanak yang sudah didownload. Pergi ke File - Place - Open. ketika gambar terbuka sobat bisa langsung mengatur ukurannya, kurangi ukurannya menjadi lebih kecil karena penampakannya akan di taruh bagian belakang. Enter

Klik kanan dilayer - pilih Rasterize Layer.

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Langkah 3

Setelah sudah mendapatan tempat yang pas untuk penampakan hantu, selanjutnya tinggal mengahapus bagian yang tidak diperlukan menggunakan Teknik masking photoshop.

Tambahkan Layer mask pada layer Kuntilanak ( klik icon add layer mask ). kemudian aktifkan Brush Tool dengan Warna Hitam. Lalu mulailakn sapukan brush kebagian samping foto kuntilanak tersebut sampai hilang.

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Langkah Terakhir

Sebelum memulai, sobat harus tahu dulu teorinya jika penampakan hantu muncul dalam foto. seperti yang sering kita lihat, bahwa setiap ada foto penampakan hantu pasti objeknya transparan karena bersifat halus. nah ini dia kunci utamanya.

Kurangi Opacity menjadi 65% dan Fill 90% agar foto lebih transparan. sehingga penampakan lebih terkesan nyata.

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Hasil Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop

Cara edit foto penampakan hantu di photoshop Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop


Saya rasa penjelasan diatas sudah bisa memberikan sobat ilmu baru. semoga tutorial "Cara Edit Foto Penampakan Hantu Di Photoshop" bermanfaat dan jangan disalah gunakan. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Safri ST pamit dulu - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis ini dapat anda download pada link yang saya sediakan dibawah. Seringkali kita sebagai guru terutama wali kelas atau guru kelas sering disulitkan dengan pembuatan ranking secara manual. Untuk itu segera dapatkan aplikasi ranking ini yang dapat secara otomatis mengurutkan siswa dari ranking 1, 2, 3, sampai ranking terakhir. Aplikasi ini hanya menggunakan aplikasi excel baik excel 2007 maupun excel 2010 yang tentunya merupakan aplikasi yang tidak asing dalam pekerjaan guru.

Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis

Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis

Download Aplikasi Ranking Siswa Ecel Otomatis

Sekalian saya akan jelaskan bagaimana cara mengurutkan ranking siswa ini lengkap dengan rumus yang dipakai agar bapak/ ibu guru sekalian dapat memahami cara kerjanya dan membuat sendiri formatnya. Atau dapat juga anda mendownload aplikasi ranking yang saya pakai disekolah saya dimana aplikasi ranking ini menyatu dengan DKN (daftar kumpulan nilai). 

Diharapkan dengan artikel Cara Mengurutkan Ranking Siswa Di Excel Otomatis ini dapat membantu anda dalam membuat aplikasi ranking kelas excel sehingga memudahkan anda dalam membuat urutan ranking siswa anda ketika pembagian raport. Selain Laporan Penilaian ini, saya juga menyediakan berbagai administrasi sekolah lainnya secara keseluruhan dengan file terbaru dan terlengkap. Untuk mencari file yang anda perlukan silahkan cari melalui kotak pencarian diatas atau melalui menu yang saya sediakan di daftar menu.

Tag :
cara mengurutkan ranking di excel
cara membuat ranking di excel 2007
cara mengurutkan nama sesuai ranking di excel
cara mengurutkan nilai tertinggi ke terendah di excel
rumus rangking microsoft excel 2007
rumus ranking excel 2013
cara menentukan rangking otomatis di excel
rumus excel mengurutkan nilai tertinggi sampai terendah

Sumber http://www.downloadadmintrasisekolah.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Sejarah Pencak Silat Di Indonesia dan Dunia

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sejarah Pencak Silat Di Indonesia dan Dunia Sejarah Pencak Silat Di Indonesia dan Dunia
Silat Betawi saat acara "Palang Pintu" dalam tradisi pernikahan Betawi
Sejak dahulu, nenek moyang bangsa Indonesia telah memiliki cara pembelaan diri yang ditujukan untuk melindungi dan mempertahankan kehidupannya atau kelompoknya dari tantangan alam.

Mereka menciptakan bela diri dengan menirukan gerakan binatang yang ada di alam sekitarnya, seperti gerakan kera, harimau, ular, atau burung elang. Asal mula ilmu bela diri di nusantara ini kemungkinan juga berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan parang, perisai, dan tombak, misalnya seperti dalam tradisi suku Nias yang hingga abad ke-20 relatif tidak tersentuh pengaruh luar.

Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belum dapat ditentukan secara pasti. Kerajaan-kerajaan besar, seperti Sriwijaya dan Majapahit disebutkan memiliki pendekar-pendekar besar yang menguasai ilmu bela diri dan dapat menghimpun prajurit-prajurit yang kemahirannya dalam pembelaan diri dapat diandalkan.

Peneliti silat Donald F. Draeger berpendapat bahwa bukti adanya seni bela diri bisa dilihat dari berbagai artefak senjata yang ditemukan dari masa klasik (Hindu-Budha) serta pada pahatan relief-relief yang berisikan sikap-sikap kuda-kuda silat di candi Prambanan dan Borobudur. Dalam bukunya, Draeger menuliskan bahwa senjata dan seni beladiri silat adalah tak terpisahkan, bukan hanya dalam olah tubuh saja, melainkan juga pada hubungan spiritual yang terkait erat dengan kebudayaan Indonesia.

Sementara itu Sheikh Shamsuddin (2005) berpendapat bahwa terdapat pengaruh ilmu bela diri dari Cina dan India dalam silat. Hal ini karena sejak awal kebudayaan Melayu telah mendapat pengaruh dari kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, dan mancanegara lainnya.

Pencak silat telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat rumpun Melayu dalam berbagai nama. Di semenanjung Malaysia dan Singapura, silat lebih dikenal dengan nama alirannya yaitu gayong dan cekak. Di Thailand, pencak silat dikenal dengan nama bersilat, dan di Filipina selatan dikenal dengan nama pasilat. Dari namanya, dapat diketahui bahwa istilah "silat" paling banyak menyebar luas, sehingga diduga bahwa bela diri ini menyebar dari Sumatera ke berbagai kawasan di rantau Asia Tenggara.

Tradisi silat diturunkan secara lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru ke murid, sehingga catatan tertulis mengenai asal mula silat sulit ditemukan. Sejarah silat dikisahkan melalui legenda yang beragam dari satu daerah ke daerah lain. Legenda Minangkabau, silat (bahasa Minangkabau: silek) diciptakan oleh Datuk Suri Diraja dari Pariangan, Tanah Datar di kaki Gunung Marapi pada abad ke-11. Kemudian silek dibawa dan dikembangkan oleh para perantau Minang ke seluruh Asia Tenggara. Demikian pula cerita rakyat mengenai asal mula silat aliran Cimande, yang mengisahkan seorang perempuan yang mencontoh gerakan pertarungan antara harimau dan monyet. Setiap daerah umumnya memiliki tokoh persilatan (pendekar) yang dibanggakan, misalnya Prabu Siliwangi sebagai tokoh pencak silat Sunda Pajajaran, Hang Tuah panglima Malaka, Gajah Mada mahapatih Majapahit dan Si Pitung dari Betawi.

Perkembangan silat secara historis mulai tercatat ketika penyebarannya banyak dipengaruhi oleh kaum penyebar agama Islam pada abad ke-14 di nusantara. Kala itu pencak silat diajarkan bersama-sama dengan pelajaran agama di surau atau pesantren. Silat menjadi bagian dari latihan spiritual.

Dalam budaya beberapa suku bangsa di Indonesia, pencak silat merupakan bagian tak terpisahkan dalam upacara adatnya. Misalnya kesenian tari Randai yang tak lain adalah gerakan silek Minangkabau kerap ditampilkan dalam berbagai perhelatan dan acara adat Minangkabau. Dalam prosesi pernikahan adat Betawi terdapat tradisi "palang pintu", yaitu peragaan silat Betawi yang dikemas dalam sebuah sandiwara kecil. Acara ini biasanya digelar sebelum akad nikah, yaitu sebuah drama kecil yang menceritakan rombongan pengantin pria dalam perjalanannya menuju rumah pengantin wanita dihadang oleh jawara (pendekar) kampung setempat yang dikisahkan juga menaruh hati kepada pengantin wanita. Maka terjadilah pertarungan silat di tengah jalan antara jawara-jawara penghadang dengan pendekar-pendekar pengiring pengantin pria yang tentu saja dimenangkan oleh para pengawal pengantin pria.

Silat lalu berkembang dari ilmu beladiri dan seni tari rakyat, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing. Dalam sejarah perjuangan melawan penjajah Belanda, tercatat para pendekar yang mengangkat senjata, seperti Panembahan Senopati, Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Teuku Cik Di Tiro, Teuku Umar, Imam Bonjol, serta para pendekar wanita, seperti Sabai Nan Aluih, Cut Nyak Dhien, dan Cut Nyak Meutia.

Silat saat ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta berbagai kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu di berbagai daerah di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau-pulau lain-lainnya yang juga mengembangkan beladiri ini.

Menyadari pentingnya mengembangkan peranan pencak silat maka dirasa perlu adanya organisasi pencak silat yang bersifat nasional, yang dapat pula mengikat aliran-aliran pencak silat di seluruh Indonesia. Pada tanggal 18 Mei 1948, terbentuklah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kini IPSI tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia.

Pada 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) didirikan atas prakarsa Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang saat itu menjabat ketua IPSI. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Keempat negara itu termasuk Indonesia, ditetapkan sebagai pendiri Persilat.

Beberapa organisasi silat nasional antara lain adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Indonesia, Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persekutuan Silat Singapore (PERSIS) di Singapura, dan Persekutuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Telah tumbuh pula puluhan perguruan-perguruan silat di Amerika Serikat dan Eropa. Silat kini telah secara resmi masuk sebagai cabang olahraga dalam pertandingan internasional, khususnya dipertandingkan dalam SEA Games. (Wikipedia)
Sumber https://aturanpermainan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Lempar Cakram

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Lempar cakram termasuk ke dalam cabang olahraga atletik nomer lempar.  cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.  Lempar cakram diperlombakan sejak Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.
Lempar Cakram
Cara melempar cakram dilakukan  dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong ke depan. Untuk lebih jelasnya berikut urainnya;

A.    Sejarah Lempar Cakram 

Berdasarkan cacatan sejarah bahwa lempar cakram adalah salah satu nomor atletik, hal ini dapat kita ketahui dari buku karangan Homerus yang berjudul “Odyssy” pada zaman purba.
Dalam buku Odyssy tersebut menceritakan bahwa gerak gerakan dasar dari atletik adalah jalan, lari, lompat dan lempar yang telah dikenal oleh bangsa primitif pada zaman prasejarah. Bahkan dapat dikatakan sejak adanya manusia, gerak-gerakan itu dikenal.

Mereka melakukan gerakan jalan, lari, lompat dan lempar semata-mata untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Didalam usaha ini mereka sangat tergantung dari efiiensi jasmaninya. Mereka yang kurang terampil, kurang tahan berjalan, kurang cepat lari, kurang tangkas melompat atau melempar akan mati karena kelaparan atau menjadi mangsa binatang buas bahkan mungkin menjadi korban bencana alam.

Jadi sejak zaman prasejarah, ,manusia telah menyadari akan manfaat ketahanan berjalan jauh, kecepatan lari, ketangkasan melompat dan melempar. Sehingga ada sementara orang yang menganggap atletik adalah cabang olahraga yang tertua.

Bangsa Belanda menyebutnya “Atletik is a moerder der sporten” yang artinya atletik adalah induk dari semua cabang olahraga. Meskipun gerakan dasar atletik ini telah dikenal sejak adanya manusia, tetapi perlombaan atletik termasuk lempar cakram yang pernah dilakukan dalam cacatan sejarah baru terjadi pada zaman purba sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Hal ini dapat diketahui dari buku pujangga Yunani yang ditulis oleh Homeros.

Dalam buku ini juga Homeros menceritakan pertualangan Odysseus. Bahwa pada suatu ketika Odysseus terdampar disebuah kepulauan yang kemudian ternyata bernama Phaeacia, rajanya bernama Alcinaus. Setelah Odysseus dibawa menghadap baginda maka diadakan penyambutan yang meriah. Dalam acara itu diadakan serangkaian perlombaan.pemuda-pemuda Phaeacia yang mempertujukan kemahirannya dalam lomba lari cepat, gulat, lompat, tinju, dan lempar cakram.

Setelah rangkaian ini selesai, raja Aleinaus minta agar Odysseus menberikan demotrasi lempar cakram. Semula Odysseus menolaknya dengan halus, tetapi baginda mendesaknya dengan alasan agar pumuda Phaeacia dapat menyaksikan bagaimana cara melempar cakram yang sempurna, maka permintaan raja terpaksa dipenuhi. Tanpa melepaskan pakaian perangnya yang terbuat dari logam itu, Odysseus bangkit minta ijin kepada baginda, kemudian masuk gelanggang mengambil cakram yang terberat dan dengan gaya termanis melempar cakram itu,cakram melucur dan jatuh jauh dari jarak yang dicapai atlet-atlet dari Phaeacia (Sunaryo Basuki, 1979 : 24).

Dari kutipan buku ini yakin bahwa bangsa Yunani purba telah mengenal atletik, disini terlihat adanya nomor lari, lompat, dan lempar cakram yang merupakan nomor atletik yang kita kenal sampai sekarang ini.

B.    Sejarah Lempar Cakram di Indonesia

Berbicara masalah lempar cakram di Indonesia, kita tidaik bisa pisahkan dengan sejarah atletik. Karena lempar cakram adalah nomor atau bagian dari atletik. Jadi di Indonesia atletik termasuk lempar cakram dikenal lewat bangsa Belanda yang setengah abad lamanya menjajah Negeri Indonesia. Namun demikian atletik termasuk lempar cakram ini tidak dikenal secara luas.

Kemudian pada zaman pendudukan Jepang mulai awal tahun 1942-1945 kegiatan keolahragawan mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat dipagi hari semua pelajar dan pegawai diwajibkan melakukan senam. Selain itu diberikan pelajaran beladiri dan atletik termasuk lempar cakram. Tetapi semua aktivitas jasmani yang dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia itu hanya untuk kepentingan orang-orang Jepang sendiri, dalam usaha memenangkan perang (Drs. Aip Syrifuddin, 1998 : 3).

Kemudian setelah Indonesia merdeka perkembangan olahraga termasuk lempar cakram semakin meluas bahkan setiap orang diberikan kesempatan untuk melakukan latihan-latihan atletik termasuk lempar cakram (Drs. Sunaryo Basuki, 1979 : 37).

Dari penjelasan sejarah atletik diatas, maka dalam bab ini penulis akan menguraikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Panjang lengan
  2. Lempar cakram
  3. Pengaruh panjang l;engan terhadap prestasi lempar cakram
C.    Panjang Lengan

Panjang lengan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam olahraga khususnya lempar cakram, karena panjang lengan akan memungkinkan dalam pencapaian prestasi yang maksimal. Hal ini sesuai dengan pendapat yang mengatakan bahwa bentuk tubuh atau postur tubuh merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian prestasi yang maksimal (Soeharno H. P. 1985 : 8).

Disamping panjang lengan, dapat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kekuatan. Hal ini sesuai dengan pendapat yang mengatakan bahwa kekuatan lengan adalah kemampuan kelompok otot-otot lengan untuk dapat mengatasi tahanan atau beban dalam menjalankan aktivitas (Drs. Soeharno H. P. 1985 : 224),

Standar yang digunakan untuk mengukur panjang lengan menggunakan meteran baja (Antropometer) yang diukur melalui pangkal persendian bahu yang paling atas sampai ujung jari tengah. Hal ini sesuai dengan pendapat yang mengatakan bahwa lengan adalah anggota gerak bagian atas mulai dari gelang bahu sampai ujung jari (Soedarminta, 1994 : 108).

Berdasarkan pendapat diatas, maka hasil pengukuran dapat dibaca sesuai dengan apa yang tertera pada alat ukur. Siswa yang memiliki panjang lengan diatas rata-rata maka dianggap sebagai siswa berlengan panjang, sedangkan siswa yang memiliki panjang lengan dibawah rata-rata diangggap sebagai siswa yang berlengan pendek.

Untuk cabang olahraga atletik khususnya nomor lempar cakram, apabila ada seseoarang yang memiliki lengan panjang kecenderungan akan berpengaruh pada jauhnya lemparan jika didukung oleh kekuatan otot yang baik bila dibandingkan seseorang yang memiliki lengan pendek.

D.    Lempar Cakram

Ada beberapa hal mengenai lempar cakram yang akan diuraikan sebagai berikut :
  1. Pengetian lempar cakram
  2. Tehnik-tehnik lempar cakram
  3. Peraturan dalam lempar cakram
Berikut Penjelasannya;
1.    Pengertian lempar cakram 

Untuk memahmi pengertian lempar cakram, terlebih dahulu kita memahami pemgertian lempar cakram. Lempar adalah olahraga dengan melempar (lembing, peluru, martil, cakram).(W. J. S. Poerwadarminta, 1976 : 584).

Sedangkan cakram sebuah benda kayu yang berbentuk piring berbingkai sabuk besi (Didi Sugandi, 1986 : 51).

Jadi lempar cakram adalah salah satu nomor lomba dalam atletik yang menggunakan sebuah benda kayu yang berbentuk piring bersabuk besi, atau bahan lain yang bundar pipih yang dilemparkan.

2.    Tehnik-tehnik lempar cakram

a.    Cara memegang cakram

Untuk memudahkan memegangnya, cakram diletakkan pada telapak tangan kiri (bagi pelempar yang tidak kidal) sedangkan telapak tangan kanan diletakkan diatas tengah cakram, keempat jari agak jarang (terbuka) menutupi pinggiran cakram (ruas jari yang terakhir menutupi cakram) sedangkan ibu jari bebas.

b.    Ada dua gaya dalam lempar cakram

•    Gaya samping

Sikap permulaan berdiri miring/menyamping kearah sasaran, sesaat akan memulai berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang, sumbu putaran pada kaki kiri (telapak kaki bagian depan atau ujung) selama berputar lengan kanan selalu di belakang, pada posisi melempar badan merendah lengan kanan di belakang pandangan ke arah sasaran, setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan melangkah ke depan berpijak dibekas telapak kaki kiri yang saat itu telah berayun ke belakang.

•    Gaya belakang

Sikap pertama berdiri membelakangi arah lemparan sesaat akan berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang pandangan mulai melirik ke kiri, saat mulai berputar ujung telapak kaki kiri sebagai sumbu dan tolakan kaki kiri itu pula badan meluncur ke arah lemparan, kaki kanan secepatnya diayun memutar ke kiri untuk berpijak, sesaat kaki kanan mendarat kaki kiri dengan cepat pula diayum ke kiri untuk berpijak dan terjadilah sikap lempar, setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan segera diayun ke depan dan kaki kiri diayun ke belakang.

3.    Peraturan dalam lempar cakram

Lempar cakram harus dimulai dengan sikap berdiri seimbang dengan lingkaran lempar tanpa menginjak garis lingkaran. Pelempar tidak boleh meninggalkan lingkaran lempar sebelum juri mengatakan sah posisi berdirinya melalui setengah lingkaran bagian dalam.pelempar boleh menyentuh dinding bagian dalam dari balok batas lemparan tetapi tidak boleh menyentuh bagian atasnya. Lemparan akan diukur dengan lemparan yang ditarik dari bekas jatuhnya cakram yang terdekat ketepi dalam balok. Bila peserta lebih dari 8 orang, maka peserta akan diberi hak melempar sebanyak 3 kali, kemudian akan ditentukan 8 pelempar terbaik untuk mengikuti babak berikutnya (final). Bila peserta lomba 8 orang atau kurang, kesempatan melempar sebanyak 6 kali langsung final.

Lingkaran lemparan tersebut terbuat dari besi, baja atau bahan lain yang sesuai. Bagian atasnya dipasang rata dengan tanah diluarnya. Bagian dalam terbuat dari semen, aspal atau bahan lain yang kokoh tetapi tidak licin permukaannya bagian dalam harus datar lebih rendah 14 mm sampai 26 mm dari sisi atas tepi lingkaran.

Ukuran garis tengah sebelah dalam lingkaran lempar adalah 2,5 m, tebal besi lingkaran lempar 6 mm dan harus dicat putih. Garis putih selebar 5 cm harus ditarik dari bagian atas lingkaran besi sepanjang 75 cm pada kedua sisi lingkaran.

4.    Faktor-fakor yang mempengaruhi prestasi dalam lempar cakram

a.    Faktor internal atau dari dalam atlet

1.    Kesehatan fisik dan mental yang baik

Kita sebagai manusia terbentuk dari unsur jasmani dan rohani, keduanya memegang peranan penting dan tidak dapat dipisah satu dengan yang lainnya karena saling mempengaruhi. Apabila fisik terganggu oleh suatu penyakit maka faktor fsikispun ikut terganggu. Oleh karena itu kesehatan fisik harus selalu dijaga agar tetap dalam keadaan sehat.

Dengan demikian faktor psikis, pemeliharaan dapat dilakukan dengan jalan pemeliharaan suasana lingkungan sehat sehingga pikiran tetap jernih, serta perasaaan tenteram dan sebagainya, menentukan karena segala kegiatan dalm mencapai prestasi memerlukan pembiayaan yang cukup besar.

b.    Faktor-faktor eksternal (dari dalam atlet)

1.    Lingkungan keluarga

Keluarga dapat dinyatakan sebagai suatu kelompok atau unit terkecil dari masyarakat yang didalamnya terdapat hubungan erat antara anggota-anggotanya. Orang tua dalam suatu keluarga mendidik anaknya secara kodrati dengan memberi dorongan.

2.    Latihan

Latihan adalah suatu proses mempersiapkan organisme atlet secara sistematis untuk mencapai mutu, prestasi maksimal dengan diberi beban latihan fisik dan mental yang teratur, terarah, meningkat dan berulang-ulang (Rusli Nursalam, 1990 : 19).

Petunjuk latihan

Pada dasarnya tidak terdapat perbedaan kebutuhan latihan bagi para pelempar, jika terdapat perbedaan hanya terdapat pada latihan tehnis yang dilakukan (Sugito, 1994 : 232).
Secara garis besar disamping kebutuhan latihan untuk meningkatkan kebutuhan tehnik nomor lempar yang dipilih para pelempar membutuhkan latihan-latihan sebagai berikut :

1.    Latihan kekuatan

Pelempar yang ingin berhasil harus mengembangkan kekuatan otot-ototnya dengan latihan beban atau weight training. Prinsip-prinsip weight training adalah kesedian untuk mengulang-ulang apa yang dipelajari. Gerakan dilang berkali-kali sehingga pada akhirnya gerakan-gerakan itu dapat dilaksanakan tanpa memikir, segala sesuatu sudah berlangsung secara otomatis, cepat dan efesien. Latihan harus cukup berat sehingga dapat merangsang adaptasi-adaptasi dalam badan. Latihan yang ringan tidak akan menimbulkan kemajuan dalam kemampuan begitu pula sebaliknya. Latihan-latihan harus ditingkatkan, latihan harus teratur. Pada akhirnya kemampuan berprestasi ini dibatasi oleh bakat yang tersimpan didalam anak (Bambang Wijanarko, 1994 : 113).

Dalam memilih macam latihan hendaknya disesuaikan dengan nomor lempar yang diikuti, pada masa persiapan tahap kedua dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu, dan pada masa perlombaan masih dapat dilakukan sekali seminggu.

2.    Latihan kecepatan

Seorang pelempar tidak hanya harus kuat, tetapi juga mampu bergerak dengan cepat. Bagi pelempar, kecepatan akan memberikan kekuatan eksplosif yang sangat berguna untuk meningkat prestasi lempar. Latihan kecepatan bagi para pelempar dapat berupa : lari 30 meter, loncat tegap, jingkat 3 kali dan pul-up.

3.    Latihan daya tahan

Seorang pelempar juga harus mempunyai daya tahan. Ini dapat dicapai dengan latihan gross country serta lari interval.

4.    Latihan kelincahan dan keterampilan

Seorang pelempar harus juga memiliki kelincahan dan keterampilan. Ini dapat dicapai dengan latihan : senam lantai dan senam ketangkasan, loncat tali (rope skiping).

E.    Pengaruh panjang lengan terhadap prestasi lempar cakram

Pengaruh lengan terhadap prestasi lempar pada umumnya sangat besar, ditinjau dari fungsi lengan sebagai penahan, pemegang dan sebagai alat lemparan terakhir dengan gaya lenting. Fungsi lengan dalam lemparan ini sesuai dengan pendapat yang mengatakan otot lengan adalah kekuatan otot-otot atau kelompok otot untuk mengatasi suatu beban dalam menjalankan suatu aktivitas (Abdul Hamid Syeeh Nur, 1993 : 135).

Makin tinggi dan besar pelempar cakram, makin baik adanya. Pelempar dengan lengan panjang akan lebih menguntungkan daripada berlengan pendek. Sebab lengan yang panjang mempunyai jangkauan ayunan yang lebih jauh (Winarno surachman, 1992 : 20). Menunjukkan bahwa bukti akan kebenaran pendapat diatas. Oleh karena itu para Pembina olahraga khususnya pelempar cakram perlu kiranya memperhatikan postur atau bentuk tubuh merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian preastasi yang maksimal (Soeharno HP, 1985)

Seorang yang mempunyai tubuh yang lebih tinggi dan besar sudah jelas mempunyai jangkauan yang lebih jauh daripada yang mempunyai bentuk tubuh pendek yang pada gilirannya tidak akan mampu melempar yang lebih jauh.
Lapangan Lempar Cakram



Sumber https://www.gurumapel.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

PENGUSULAN PENILAIAN ANGKA KREDIT GOLONGAN RUANG IV/b KEATAS TAHUN ANGGARAN 2017

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

.net_ Berikut admin sampaikan informasi terkait dengan pengusulan Penilaian angka kredit guru golongan ruang IV/b keatas. Disebutkan dalam edaran bernomor 67506/A3.3/KP/2016 bahwa dalam rangka percepatan serta peningkatan pelayanan kepegawaian khususnya penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional Guru golongan ruang IV/b ke atas yang menjadi kewenangan Tim Penilai pusat sebagaimana diatus dalam Peraturan Menteri Negara dan Reformasi birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional Guru dan Angka Kreditnya, telah dibentuk Sekretariat Bersama Tim Penilai Pusat yang berkedudukan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Adapun LPMP yang ditunjuk sebagaimana dalam lampiran. LPMP dalam hal ini bertugas untuk memfasilitasi penerimaan dokumen berkas usul penilaian, merencanakan jadwal penilaian, dan menyelenggarakan penilaian. Dengan demikian mulai tahun anggaran 2017 pelaksanaan penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional Guru golongan ruang IV/b keatas dilakukan oleh LPMP yang ditunjuk. Untuk informasi yang lebih detail, rekan-rekan bisa baca pada surat edaran berikut:
 unduh file pengusulan Penilaian Angka Kredit Guru Golongan IV/B.pdf
unduh file pengusulan Penilaian Angka Kredit Guru Golongan IV/B.pdf

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Download Aplikasi Analisis Penilaian Dan Raport

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Aplikasi analisis nilai - Tabel analisis hasil belajar adalah salah satu perangkat administrasi pendidikan yang dibuat oleh guru pasca dilakukannya tes.Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah aplikasi analisis nilai yang digunakan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menjawab soal.


Aplikasi ini berbasis excel pengunaanpun cukup mudah. diharapkan dengan adannya aplikasi dapat meringankan beban bapak/ibu guru dalam proses penilaian, baik itu penilaian ulangan harian, tugas -tugas, portofolio, perbaikan, pengayaan, dan lain-lain. 

Didalamnya juga ditambahkan Analisis butir Soal, remidial, distribusi nilai, UTS, UAS, ketuntasan hasil belajar, Nilai Akhir dan Nilai Raport dan Peringkat Siswa yang diperoleh secara otomatis, termasuk Penilaian Akhlak dan Kepribadian.Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan bapak/ibu dapat mengunduhnya lewat link di bawah ini.


Download Aplikasi Analisis Penilaian Upgrade Terbaru merupakan file yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah, bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah Kita, Semoga Bermanfaat!!!



Sumber https://www.gurumapel.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint
download materi Integral, media pembelajaran Integral, integral format powerpoint

Gurumaju.com – Untuk Anda rekan-rekan guru, tidak ada salahnya untuk mencoba melihat materi yang ada dalam media pembelajaran Integral yang telah admin berikan link downloadnya dalam format powerpoint (.ppt).  selain guru, materi pembelajaran Integral ini dapat juga digunakan untuk para siswa yang mungkin sedang mencari materi tersebut.

Berikut beberapa Tampilannya:
Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint
Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint

ARTIKEL LAINNYA:

Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint Download Media Pembelajaran Integral Format Powerpoint

Silahkan bagi rekan-rekan guru, mahasiswa, siswa-siswi atau pihak-pihak yang memerlukan media pembelajaran ini dipersilahkan untuk mendownloadnya.


Media Pembelajaran Integral [Download]

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…



Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Metamorfosis Sempurna - Jenis metamorfosis dalam dunia Biologi terdapat dua jenis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Nah, pada pembahasan ini kami menguraikan tentang Pengertian Metamorfosis sempurna (holometabola). Dalam pembahasan ini tidakhanya tentang pengertian saja tetapi juga contoh metamorfosis sempurna tersebut. Kenapa bisa disebut dengan metamorfosis sempurna? Sempurna maupun tidaknya metamorfosis bisa diketahui dengan bentuk perubahan yang terjadi selama proses metamorfosis berlangsung. Itu artinya terdapat ciri-ciri tertentu yang bisa dijadikan tanda  jenis metamorfisis, ketika proses metamorfoisis.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu metamorfosis sempurna, seperti apa proses metamorfosis sempurna dan contohnya seperti apa, silahkan simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah suatu proses perubahan/ perkembangan kedewasaan yang melalui perubahan bentuk dalam tahap-tahap yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Terdapat beberapa hewan yang mengalami jenis proses metamorfosis. Proses perkembangan dan pertumbuhan hewan yang bermetamorfosis sempurna melalui beberapa tahap. Tiap-tiap tahap tersebut mempunyai bentuk yang tidak sama dengan tahap yang lain. Hewan yang melakukan metamorfosis sempurna tahap-tahap perubahannya yaitu telur berubah jadi larva, larva berubah menjadi pupa, pupa berubah menjadi imago atau dewasa, seperti itu seterusnya membentuk siklus atau daur. Di bawah ini adalah Gambar Metamorfosis Sempurna yang menunjukkan tahapan proses metamorfosis sempurna.
 Jenis metamorfosis dalam dunia Biologi terdapat dua jenis yaitu metamorfosis sempurna dan Pengertian Metamorfosis Sempurna

Contoh Metamorfosis Sempurna

Contoh metamorfosis sempurna yaitu terjadi pada beberapa hewan dengan jenis serangga. Contohnya kumbang, lebah, nyamuk, lalat, dan kupu-kupu. Dalam metamorfosis beberapa serangga tersebut mengalami perubahan-perubahan yang mencolok pada bentuk luar dan organ tubuh dari berbagai tahapan. Pada serangga-serangga ini, bentuk larva dan dewasa sangat berbeda. Selain jenis serangga, hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu katak. Katak melalui beberapa tahap metamorfosis yaitu dari telur menjadi kecebong, kecebong menjadi katak muda, dan katak muda menjadi katak dewasa.

Baca juga artikel: Pengertian Simbiosis mutualisme

Itulah uraian yang dapat kami berikan tentang Pengertian Metamorfosis Sempurna semoga dapat memberikan manfaat.

Sumber https://www.temukanpengertian.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

RPP Alquran Hadits Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

RPP Alquran Hadits Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 ini merupakan RPP terbaru yang dapat anda download secara gratis dalam blog ini. Selain RPP Alquran Hadits Kelas 7/ VII ini saya juga menyediakan RPP Alquran Hadits MTs  untuk kelas 8 dan 9, jika kebetulan anda juga mengajar dikelas tersebut. Tidak hanya RPP, disini juga saya akan lengkapi dengan berbagai perangkat administrasi mengajar lainnya seperti Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Format KKM, Format Nilai, dan perangkat pelengkap Alquran Hadits/ Qur'an Hadits/ Qurdis Kurikulum 2013 lainnya.

RPP Alquran Hadits Kelas 7 MTs Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2


 ini merupakan RPP terbaru yang dapat anda download secara gratis dalam blog ini RPP Alquran Hadits Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Dalam penyusunannya RPP ini sudah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Revisi 2016, jadi anda dapat menerapkannya pada tahun ajaran terbaru 2016/ 2017. Jika anda (guru Alquran Hadits kelas 7) berniat membuat RPP sendiri, mungkin file ini sedikit banyaknya bisa dijadikan referensi untuk anda dalam membuat RPP. Selain itu juga saya akan sedikit juga menjelaskan tentang bagaimana cara membuat RPP dalam ulasan singkat. File RPP ini untuk para guru Mts khususnya yang mengajar Alquran Hadits dan untuk guru PAI sub mapel lainnya seperti SKI, Akidah Akhlak, dan Fikih dapat juga didownload pada blog ini.

Perangkat Pembelajaran Qur'an Hadits Mts Kelas VII/7 Kurikulum 2013
Silabus Qurdis kelas 7 K13
Program Tahunan Qurdis
Program semester
Pemetaan KI-KD smt 1
Pemetaan KI-KD smt 2
Analisis SKL 
Perhitungan KKM

RPP 1.1   lihat                                  RPP 4.1     lihat    
RPP 1.2   lihat                                  RPP 4.2     lihat
RPP 2.1   lihat                                  RPP 5.1     lihat
RPP 2.2   lihat                                  RPP 5.2     lihat
RPP 3.1   lihat                                  RPP 6.1     lihat
RPP 3.2   lihat                                  RPP 6.2     lihat

    Untuk lebih valid dalam membuat RPP Alquran Hadits Kelas 7 MTs Kurikulum 2013 (dan RPP lainnya secara umum), tentu kita harus merujuk pada panduan yang sudah dibuat oleh pemerintah yakni dalam Permendikbud No 53 Tahun 2015. Didalam buku panduan tersebut juga menjabarkan beberapa komponen yang harus terkandung dalam RPP kurikulum 2013.  Komponen tersebut meliputi :
    1. Kelas/ Semester
    2. Materi Pokok 
    3. Alokasi Waktu
    4. Kompetensi Inti (KI)
    5. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
    6. Tujuan Pembelajaran
    7. Materi Pembelajaran
    8. Metode Pembelajaran
    9. Media, Alat, dan Sumber Belajar
    10. Langkah-langkan kegiatan pembelajaran
    11. Penilaian

Download Juga !!!
RPP Alquran Hadits Kelas 7 MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semester 1 & 2
RPP Alquran Hadits Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semester 1 & 2
RPP Alquran Hadits Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semester 1 & 2 

    Proses Penyusunan RPP adalah dengan Mengkaji Silabus, Pada kurikulum 2013, silabus telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan ke dalam bentuk proses pembelajara. Kemudian Mengkaji Buku Guru diantaranya: Kompetensi Inti (KI) Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), Pemetaan Indikator, Tujuan Pembelajaran Media dan alat pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran Penilaian Refleksi, Pengayaan dan Remedial, Pendampingan bersama orangtua.

    Mengkaji Buku Siswa, Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang memudahkan siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran. Terakhir adalah Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran yang Disusun untuk memberikan bantuan kepada para guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional Memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru Merupakan langkah-langkah guru dalam membuat peserta didik aktif belajar.

    Diharapkan dengan RPP Alquran Hadits Mts Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 ini dapat membantu anda dalam menemukan referensi yang ibu/ bapak guru harapkan dalam mebuat RPP sendiri. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan dan perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Sekian yang bisa saya share kali ini, dan tidak lupa saya ingatkan kepada anda yang membutuhkan berbagai administrasi baik yang menyangkut Kegiatan Pembelajaran ataupun administrasi sekolah secara umum dapat anda cari diblog ini melalui kotak pencarian atau daftar menu yang telah saya sediakan diatas.

Sumber http://www.rppkurikulum2013sdsmpsma.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

APLIKASI FORMAT RKAS RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH TERBARU

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

APLIKASI FORMAT RKAS RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH TERBARU




Sumber http://gudangberkasguru.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Mohon bantuan dan dukungan kawan-kawan media sebarkan!! *Aksi Damai 151216 #SahkanRevisiUUASN*

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Mohon bantuan dan dukungan kawan-kawan media sebarkan!!

*Aksi Damai 151216 #SahkanRevisiUUASN*

Kami, Perwakilan pegawai pemerintah bersatus Tidak Tetap, Tenaga Honorer,  Pegawai Tetap
Non-PNS dan Pegawai  Kontrak di Pemerintahan yang tergabung dalam Komite Nasional
Revisi UU ASN akan melakukan *Aksi Damai ke DPR RI*

Kamis, 15 Desember 2016
Pukul 08.00 WIB s/d keputusan DPR di Paripurna

Jumlah massa 15.000 perwakilan dari seluruh Indonesia.

Rekomendasi:
1. Mendukung DPR RI untuk segera mengesahkan perubahan atas UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara  sebagai inisiatif DPR.

2. Mendukung Presiden Jokowi untuk segera menerbitkan Surat Presiden (Surpres) untuk pembahasan Revisi UU ASN antara pemerintah dengan DPR RI

3. Mendukung #SahkanRevisiUUASN yang berkeadilan bagi pegawai pemerintah berstatus tidak tetap, honorer, kontrak dan pegawai tetap non PNS.

Jakarta, 14 Desember 2016

Juru bicara:
Mariani (Presidium Komite Nasional Revisi UU ASN)
No kontak. 085317291666

Komite Nasional Revisi UU ASN terdiri dari:

1. Forum Bidan Pegawai Tidak Tetap Indonesia

2. Pager Nusantara (Paguyuban Honorer Nusantara)

3. Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (FKTHLTBPP)

4. Presidium Perjuangan Ikatan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Indonesia (Presidium Perjuangan ITBBPPI)

5. Forum Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Pengendali Organisme

6. Pengganggu Tumbuhan Pengamat Nama Penyakit Nusantara (FK THL TB POPT PHP)

7. Forum Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Pengendali Organisme

8. Pengganggu Tumbuhan Pengamat Nama Penyakit Nasional ( FK THL TB POPT PHP)

9. Forum Komunikasi Pendamping Perkebunan Indonesia (FKP2I)

10. Forum Komunikasi Penyuluh Perikanan Bantu Indonesia (FKPPBI)

11. Forum Tenaga Inseminator Indonesia (FTII)

12. Forum Komunikasi Bantuan POLISI Pamong Praja Nusantara (FKBPPPN)

13. Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI)

14. Forum Komunikasi Penyelia Mitra Tani Nasional ( FK PMT Nasional)

15. Forum Komunikasi Pondok Kesehatan Desa (FORKOM PONKESDES) Jatim

16. Forum Penyuluh Komunikasi Petugas Lapangan Gerakan Rehabilitasi Lahan Dan Hutan ( FKPLG Indonesia)

17. Forum Pengamanan Dalam (FPAMDAL)

Semoga Tetap Istiqomah sehabat seperjuangan.
Sumber https://www.intipendidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.