Thursday 20 November 2014

Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kaum Remaja

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kerusakan para remaja adalah karena penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya atau disingkat Narkoba. Telah banyak berjatuhan korban narkotika di kalangan remaja. Anak yang sering mengkonsumsi narkoba maka fisiknya akan terganggu juga mentalnya menjadi rusak tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya dan bagi orang lain.

Untuk mencegah kerusakan bagi kaum remaja, maka jauhkan para kaum remaja itu dari pengaruh pemakaian narkoba. Langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba bagi para remaja antara lain:

1. Situasi dan kondisi di rumah

Lingkungan keluarga sangat mempengaruhi pertumbuhan danperkembangan identitas para remaja. Apakah situasi dan kondisi rumah penuh kasih saying dan harmonis. Anak-anak sebaiknya tidak hanya mendapatkan belaian berupa materi dan kebendaan. Tetapi juga harus mendapatkan belaian emosional dan rohaniah. Perlu dipupuk suasana keagamaan di rumah dan cara mendidik ecara efisien.

Biasanya keluarga yang tidak harmonis baik yang broken home atau broken home semu. Sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja.

2. Situasi dan kondisi di sekolah

Kerusakan para remaja adalah karena penyalahgunaan narkotika dan obat Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kaum Remaja

Bagi remaja yang keluarganya kurang harmonis, maka teman di sekolah menjadi pelarian untuk melepaskan semua persoalan di rumah. Cara curhat seperti ini akan mendorong remaja mendapat kepuasan yang semu di luar rumah. Oleh karena itu situasi dan kondisi di sekolah perlu benar-benar di buat yang dapat menunjang dalam membentuk identitas para remaja. Peran guru di sini angat penting, karena guru sebagai pengganti orang tua siswa yang bertanggung jawab memberikan pendidikan kepada siswa dan menjadi pamong dan panutan para siswa.

3. Situasi dan kondisi pergaulan sesame remaja

Pengaruh teman sangat besar terhadap remaja. Pada usia remaja, ada rasa kebanggaan tersendiri akan popularitas. Arahkan mereka bergaul, tetapi ada bimbingan orang tua dengan memberikan pengarahan dan contoh kepada anak-anak yang masih remaja. Sering dijumpai karena mendapat tekanan dari lingkungan, remaja menjadi merasa rendah diri. Menjadi frustasi dan akhirnya menjadi apatis. Ia menyendiri dan mengucilkan diri dari teman, keluarga, dan lingkungannnya..
Dalam hal ini peran orang tua sangat besar dalam menyadarkan dan mengembalikan kepercayaan diri serta harga dirinya. Perlu mendidik remaja agar bersifat formal dan tegas. Agar mereka terhindar dari pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungan sekitarnya.

4. Situasi dan kondisi Pemerintah

  Sudah banyak usaha pemerintah dalam menanggulangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba termasuk minuman keras. Bukti keseriusan pemerintah dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba adalah di dirikannya BNN (Badan Narkotika Nasional).  Pengawasan yang lebih intensif dari upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba oleh kaum remaja secara terpadu harus dilakukan oleh orang tua, para guru, masyarakat, dan pemerintah secara bersama-sama.  Ketrpaduan dan kerja sama dari masyarakat dan pmerintah akan memegang peranan dan menentukan dalam membina dan member identitas remaja ini.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment