Sunday 16 June 2013

Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru (UKG)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Materi: Persamaan Kuadrat

1. Kedua akar dari $ x^2 + 3x + 1 = 0$ adalah bilangan ...
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan jenis bilangan akar-akar persamaan kuadrat dapat kita tentukan dengan melihat nilai Diskriminan [D].
$ D = b^2 - 4ac$
$ D = 3^2 - 4(1)(1)$
$ D = 9 - 4$
$ D = 5$

Lalu kita ke rumus abc, yaitu:
$ x_{1,2}=\frac{-b\pm \sqrt{D}}{2a}$
jika kita substitusikan nilai D = 5 maka kita peroleh $ x_{1,2}=\frac{-3\pm \sqrt{5}}{2}$ dan hasilnya adalah bilangan irasional karena $ \sqrt{5}$ adalah bilangan irasional.


Materi: Persamaan Kuadrat

2. Salah satu akar dari $ 2x^2 + (a-4)x -2a = 0$ adalah x = -3, maka nilai a adalah...
Alternatif Pembahasan:

Akar persamaan kuadrat adalah nilai variabel persamaan kuadrat sehingga persamaan kuadrat benar sama dengan nol. Pada soal didapat nilai x = -3 sehingga $ 2(x)^2 + (a-4)x -2a = 0$ kita ubah menjadi:
$ 2(-3)^2 + (a-4)(-3) -2a = 0$
$ 2(9) + (-3a+12) -2a = 0$
$ 18 - 3a +12 -2a = 0$
$ 30 - 5a = 0$
$ 30 = 5a$
$ 6 = a$


Materi: Barisan dan Deret

3. Baris pertama ada 4 kursi, baris kedua 7 kursi, baris ketiga 10 kursi, maka jumlah kursi sampai baris ke-15 adalah...
Alternatif Pembahasan:

Dengan melihat pola banyak kursi setiap baris, pola membentuk deret aritmatika dengan suku pertama $(a)= 4$ dan beda $(b)= 3$ sedangkan yang ditanyakan adalah jumlah kursi sampai baris ke-15 $(S_{15})$
$ S_{n}=\frac{n}{2}(2a+(n-1)b)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(2 \cdot 4+(15-1)3)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(8+(14)3)$
$ S_{15}=\frac{15}{2}(50)$
$ S_{15}=(15)(25)$
$ S_{15}=375$
Jumlah kursi sampai baris ke-15 adalah 375


Materi: Barisan dan Deret

4. Jumlah 20 bilangan ganjil berurutan adalah 600. Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah...
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh pola bilangan ganjil berarti pola membentuk deret aritmatika dengan beda $(b)=2$ dan jumlah 20 bilangan adalah 600 $(S_{20}=600)$
$ S_{n}=\frac{n}{2}(2a+(n-1)b)$
$ S_{20}=\frac{20}{2}(2a +(20-1)2)$
$ 600=10(2a+38)$
$ 60= 2a+38$
$ 22= 2a$
$ 11= a$
Dengan memperoleh nilai suku pertama $(a = 11)$ maka bilangan terkecil adalah 11. Sekarang kita coba menentukan bilangan terbesar yaitu suku ke-20 $(U_{20})$ dari persamaan berikut:
$ U_{n}=a+ (n-1)b$
$ U_{20}=11+ (20-1)2$
$ U_{20}=11+ 38$
$ U_{20}=49$

Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah 49-11 =38


Materi: Polinomial

5. Bentuk sederhana dari $ \frac{2x^{3}+4x^{2}-18x-36}{x^{2}-2x-3}$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

$ \frac{2x^{3}+4x^{2}-18x-36}{x^{2}-2x-3}$

$ =\frac{2(x^{3}+2x^{2}-9x-18)}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x-3)(x^{2}+5x+6}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x-3)(x+2)(x+3)}{(x+1)(x-3)}$

$ =\frac{2(x+2)(x+3)}{(x+1)}$


Materi: Persamaan Garis Lurus

6. Persamaan garis sejajar sumbu y dan melalui titik $(-3,3)$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Garis yang sejajar sumbu y adalah garis $ x=1$ atau $ x=2$ atau $ x=-1$ atau $ x=-2$ atau secara umum dapat kita tuliskan $ x=a$
karena garis melalui titik $(-3,3)$ sehingga garis yang diminta adalah garis $ x=-3$


Materi: Trigonometri

7. Jika $ sin\ a\ =\ 0,8$ dan $ 0 < a < \frac{\pi }{2}$, maka $ tan\ (a-\pi )\ =...$
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh $ 0 < a < \frac{\pi }{2}$ berarti a berada di kwadran yang pertama dan $ (\pi-a)$ berada di kwadran yang kedua.
$ tan\ (a-\pi )\ = tan\ [-(\pi-a)]$
$ tan\ (a-\pi )\ = - [tan\ (\pi-a)]$
$ tan\ (a-\pi )\ = - [- tan\ a]$
$ tan\ (a-\pi )\ = tan\ a$

Karena $ sin\ a\ =\ 0,8$ dengan menerapkannya pada segitiga siku-siku atau pada identitas trigonometri kita peroleh $ cos\ a\ =\ 0,6$ dan $ tan\ a\ = \frac{8}{6}$


Materi: Trigonometri

8. Jika $ tan\ a\ =\ t$ maka $ sin\ 2a\ =...$
Alternatif Pembahasan:

Dari soal kita peroleh $ tan\ a\ =\ t$ berarti $ tan\ a\ = \frac{t}{1}$, lalu dengan teorema pythagoras kita peroleh sisi miring segitiga $ \sqrt{t^2+1}$ [*perhatikan gambar]


$ sin\ a\ = \frac{t}{\sqrt{t^2+1}}$ dan $ cos\ a\ = \frac{1}{\sqrt{t^2+1}}$

$ sin\ 2a\ = 2\ sin\ a\ \cdot\ cos\ a$

$ sin\ 2a\ = 2\ \cdot\ \frac{t}{\sqrt{t^2+1}} \cdot\ \frac{1}{\sqrt{t^2+1}}$

$ sin\ 2a\ = \frac{2t}{t^2+1}$


Materi: Matriks

9. Jika $ \begin{pmatrix}2 & 3\\ 3 & 4 \end{pmatrix} \cdot M\ = \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$ maka Matriks M adalah...
Alternatif Pembahasan:

Jika A, B dan M adalah matriks 2x2 yang memenuhi persamaan $ A \cdot M\ =\ B$ maka berlaku persamaan
$ M\ = A^{-1} \cdot B$

$ M\ =\ \frac{1}{2\cdot 4-3\cdot3}\begin{pmatrix}4 & -3\\ -3 & 2\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}-4 & 3\\ 3 & -2\end{pmatrix}\cdot \begin{pmatrix}1 & 3\\ 2 & 2\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}-4+6 & -12+6\\ 3-4 & 9-4\end{pmatrix}$
$ M\ =\ \begin{pmatrix}2 & -6\\ -1 & 5\end{pmatrix}$


Materi: Matriks

10. Bila $ A \cdot B = I$ dan I adalah matriks identitas. Jika $ B\ = \begin{pmatrix}3 & -1\\ 5 & 2\end{pmatrix}$ maka Matriks A adalah...
Alternatif Pembahasan:

$ A \cdot B\ =\ I$ maka $ A\ = I \cdot B^{-1}$

$ A\ =\ \begin{pmatrix}1 & 0\\ 0 & 1\end{pmatrix} \cdot \frac{1}{3\cdot2 - (-5)\cdot(-1)}\begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}1 & 0\\ 0 & 1\end{pmatrix} \cdot \begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}2+0 & 1+0\\ 0+5 & 0+3\end{pmatrix}$
$ A\ =\ \begin{pmatrix}2 & 1\\ 5 & 3\end{pmatrix}$


Materi: Himpunan

11. Jika $Y$ adalah himpunan, $Y’$ menyatakan komplemen himpunan $Y$, $n(Y)$ banyaknya anggota $Y$, sedangkan $S$ himpunan semesta. $n(S)=26$, $n(P)=18$, $n(Q)=12$ dan $n(P' \cap Q')=3$.
maka $n(P \cap Q)=...$
Alternatif Pembahasan:

$n(S) = n(P) + n(Q) - n(P \cap Q) + n(P \cup Q)'$
ekuivalensi dalam himpunan yaitu $(P \cup Q)' \equiv (P' \cap Q')$, sehingga persamaan diatas dapat kita tuliskan sebagai berikut:
$n(S) = n(P) + n(Q) - n(P \cap Q) + n(P' \cap Q')$
$26 = 18 + 12 - n(P \cap Q) + 3$
$26 = 33 - n(P \cap Q)$
$n(P \cap Q) = 33 - 26$
$n(P \cap Q) = 7$


Materi: Himpunan

12. Jika $Y$ adalah himpunan, $Y’$ menyatakan komplemen himpunan $Y$, $n(Y)$ banyaknya anggota $Y$, sedangkan $S$ himpunan semesta. $n(S)=34$, $n(A)=17$, $n(B)=18$, $n(A' \cap B')=2$ maka $n(A \cap B)=...$
Alternatif Pembahasan:

$n(S) = n(A) + n(B) - n(A \cap B) + n(A \cup B)'$
ekuivalensi dalam himpunan yaitu $(A \cup B)' \equiv (A' \cap B')$, sehingga persamaan diatas dapat kita tuliskan sebagai berikut:
$n(S) = n(A) + n(B) - n(A \cap B) + n(A' \cap B')$
$34 = 17 + 18 - n(A \cap B) + 2$
$34 = 37 - n(A \cap B)$
$n(A \cap B) = 37 - 34$
$n(A \cap B) = 3$


Materi: Fungsi

13. Jika $ g(x)=(a-b)x+c$ maka $ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}=...$
Alternatif Pembahasan:

$ g(x)=(a-b)x+c$ maka $ g(a)=(a-b)a+c$ dan $ g(b)=(a-b)b+c$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{[(a-b)b+c]-[(a-b)a+c]}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)b+c-(a-b)a-c}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)b-(a-b)a}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= \frac{(a-b)(b-a)}{b-a}$

$ \frac{g(b)-g(a)}{b-a}= (a-b)$


Materi: Vektor

14. Titik $A(2,5,4)$, $B(2,-1,-2)$, $C(p,q,1)$. Jika $A$, $B$ dan $C$ segaris maka nilai $p$ dan $q$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Titik A, B dan C segaris [kolinier] maka akan memenuhi persamaan berikut:
$ \overrightarrow{AB}=k \cdot \overrightarrow{BC}$ dan k adalah konstanta [bilangan real]

$ \begin{pmatrix}2-2\\ -1-5\\ -2-4\end{pmatrix}=k \cdot \begin{pmatrix}p-2\\ q+1\\ 1+2\end{pmatrix}$

$ \begin{pmatrix}0\\ -6\\ -6\end{pmatrix}=k \cdot \begin{pmatrix}p-2\\ q+1\\ 3\end{pmatrix}$
Dari persamaan diatas kita peroleh:
☛ $-6=3k$, nilai $ k = -\frac{1}{2}$
☛ $-6=k(q + 1)$, nilai $(q+1)=12$ maka $q = 11$

☛ $0=k(p-2)$, nilai $(p-2)=0$ maka $p = 2$


Materi: Peluang

15. Huruf A,B,C,D,E,F disusun acak. Peluang huruf A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua adalah...
Alternatif Pembahasan:

Banyak kemungkinan susunan huruf $ =6 \cdot 5 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1\ = 720$
Banyak kemungkinan susunan huruf tetapi A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua $ =1 \cdot 1 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1\ = 24$
Peluang huruf A dan B berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua $ \frac{24}{720}$


Materi: Geometri

16. Jumlah sudut dalam segi-40 adalah...
Alternatif Pembahasan:

Untuk menghitung sudut dalam segi-n dapat menggunakan persamaan suku ke-n pada barisan aritmatika, tetapi sekarang kita hitung dengan persamaan yang lebih sederhana.
Jumlah sudut dalam segi-n $ = (n-2) \cdot 180^0$

Jumlah sudut dalam segi-40 adalah $ = 38 \cdot 180^0\ =6840$


Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Soal diatas hanyalah sebagian dari soal yang diujikan, kalau Anda ikut UKG dan masih ingat soal yang lainnya mari kita saling berbagi disini sebagai bahan pembelajaran untuk sesama guru terkhusus soal kompetensi pedagogik😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Lihat video kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;
Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru  Soal dan Pembahasan Uji Kompetensi Guru (UKG)


Sumber https://www.defantri.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment