Tuesday, 18 October 2016

TRIK MENGHITUNG CEPAT BUAT SISWA

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Pelajaran Matematika bagi sebagian anak adalah membosankan, dan sebagian anak mengatakan bahwa pelajaran Matematika adalah pelajaran yang asyik dan penuh tantangan. Bagi anak yang cenderung "bosan" dalam mengerjakan soal matematika, bukan berarti mereka bosan dalam arti sesungguhnya, bisa jadi karena si-anak belum mengetahui benar langkah-langkahnya sehingga cenderung untuk berdiam diri dan atau melakukan aktifitas yang lain. Saya belajar dari sejarah diri, bahwa saya pernah merasakan hal yang sama, borring karena tidak ngerti apa yang harus saya kerjakan. Kini, begitu saya menemukan artikel mengenai tips dari http://gurukeguruan.blogspot.co.id, saya merasa tertarik dan saya rasa ini sangat bagus untuk diterapkan disekolah rekan-rekan sekalian, terutama rekan guru mata pelajaran matematika di SD. Adapun trik yang ingin disajikan adalah trik menghitung cepat berdasarkan rumus matematika. Berikut ini adalah salah satu trik dari banyaknya trik cepat dalam menghitung, diantaranya:
1. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang diakhiri angka Satu
langkah-langkahnya :
a) Kuadratkan angka bulatnya.
b) Jumlahkan angka tersebut dengan angka bulatnya.
c) Hasil akhirnya adalah jumlah dari a) dan b)
contoh :
i. 812 = ?
a) 802 = 6400
b) 81 + 80= 161
c) hasil : 6400 + 161 = 6561
ii. 312 = ?
a) 302 = 900
b) 31 + 30 = 61
c) hasil : 900 + 61 =961
2. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang dimulai dengan Lima
langkah-langkahnya :
a) Tambahkan bilangan 25 dengan bilangan satuannya.
b) Kuadratkan bilangan satuannya.
(khusus untuk angka satuan 1, 2, dan 3, hasil kuadratnya dituliskan 01, 04, dan
09)
c) Hasil akhir adalah gabungan a) dan b)
contoh :
i. 532 = ?
a) 25 + 3 = 28
b) 32 = 09
c) hasil : 2804
ii. 572 = ?
a) 25 + 7 = 32
b) 72 = 49
c) hasil : 3249
3. Pengkuadratan Angka Berakhiran Lima
langkah-langkahnya :
a) Kalikan angka sebelum angka lima dengan angka urutan selanjutnya.
b) Tuliskan angka 25 di belakang angka hasil dari a)
contoh :
i. 752 = ?
a) 7 x 8 = 56
b) hasil : 5625
ii. 1152 = ?
a) 11 x 12 = 132
b) hasil : 13225
4. Perkalian Satu Angka dengan 11 (11; 110; 1,1 dan seterusnya
langkah-langkahnya :
a) Tuliskan angkanya.
b) Sisipkan angka dari jumlah dua angka tersebut. Hati-hati bila hasil penjumlahannya lebih dari 9, angka puluhannya dijumlahkan dengan angka pertama.
contoh :
i. 54 x 11 = ?
a) 5 ? 4
b) 5 + 4 = 9 -->> Hasilnya : 594
ii. 75 x 11 = ?
a) 7 ? 5
b) 7 + 5 = 12 -->> 7 + 1 = 8 -->> Hasilnya : 825
5. Perkalian Satu Angka atau Dua Angka dengan 99 (0,99; 9,9; 990 dst.)
langkah-langkahnya :
a) Kurangi bilangan tersebut dengan angka 1.
b) Kurangi bilangan 100 dengan bilangan tersebut.
c) Hasil akhirnya adalah gabungan dari a) dan b)
contoh :
75 x 99 = ?
a) 75 - 1 = 74
b) 100 - 75 = 25
c) hasilnya : 7425
6. Perkalian Bilangan Genap dengan 1,5; 2,5; 3,5 dst.
langkah-langkahnya :
a) Kalikan bilangan pengali dengan 2.
b) Bilangan yang dikalikan dibagi dengan angka 2.
c) Hasil akhirnya adalah perkalian a) dan b)
contoh :
24 x 7,5 = ?
a) 7,5 x 2 = 15
b) 24 : 2 = 12
c) hasilnya : 15 x 12 = 180
7. Perkalian Satu atau Dua Angka dengan 101 (1,01; 10,1 dst)
langkah-langkahnya :
a) Tuliskan angkanya dua kali.
b) Sisipkan nol atau koma.
contoh :
i. 25 x 101 = ?
a) 2525
ii. 5 x 101 = ?
a) 55
b) hasilnya : 505
8. Perkalian Dua Bilangan yang Nilainya Berselisih Dua
langkah-langkahnya :
a) Kuadratkan bilangan di antaranya.
b) Hasilnya : a) -1.
contoh :
i. 12 x 14 = ?
a) 132 = 169
b) Hasilnya : 169 - 1 = 168
9. Perkalian Dua Bilangan dengan Hubungan Khusus : Bilangan puluhannya bernilai sama dan jumlah bilangan satuannya adalah 10
langkah-langkahnya :
a) Kalikan bilangan puluhan dengan bilangan berikutnya.
b) Kalikan masing-masing bilangan satuannya.
c) Hasilnya adalah gabungan dari a) dan b).
contoh :
i. 16 x 14 = ?
a) 1 x 2 = 2
b) 6 x 4 = 24
c) Hasilnya : 224
Demikian informasi yang saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.


Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment