Sunday 22 February 2015

Download Sarf, Software Morfologi Bahasa Arab

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Software kali ini tentang Bahasa Arab dan Open Source alias gratis yang siapa saja boleh mengembagkannya, termasuk antum sesuai dengan prinsip open source yang telah disepakati.

Mengenal Aplikasi Sarf

Sarf adalah program engine yang bisa menurunkan bentuk-bentuk kata bahasa Arab, seperti pengasalan kata (etimologi), kata benda (gerunds), dan perubahannya. Baik kata yang berwazan atau bentuk awalnya tiga huruf (tshulatsi) atau empat huruf (ruba’i), sesuai dengan kaidah tata bahasa (nahwu) dan bantuk kata (sharaf).

Dan ilmu Morfologi menurut wikipedia adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.

Software ini dibuat oleh Al-Munadhamah Al-Arabiyah Lit Tarbiyah wa Tsaqafah Wal Ulum yang dikepalai oleh Dr Amin Al-Qalq dan dibantu sekitar delapan programmer yang lain, salah satu programmer handalnya adalah Kefah Isa.

Aplikasi ini memiliki jumlah memori yang luar biasa dan hebat, sehingga bisa menyimpan bentuk-bentuk kata yang banyak sekali di program yang hanya berukuran 1.49 MB saja. Sungguh saya memberi apresiasi besar atas jumlah dan kwantitasnya ini. Dengan jumlah yang banyak seperti itu, tentu mempelajari Sharaf menjadi lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa Sarf bukan software independen, ia bisa dimasukkan ke dalam sub system dari software library yang bisa mengeksekusi perintah-perintah seperti menurunkan kata (derifasi), table konjugasi (tashrif) bentuk kata kerja dan kata benda bahas Arab.

Atau dibundel dengan software bahasa lainnya, seperti aplikasi Arabic Language E-Dictionary, Speech synthesizing, Optical Character Recognition (OCR), Automated Arabic text vocalization (mengenal tanda harakat otomatis), Text error recognition and correction, Arabic Automatic Reading, Arabic Automatic Writing.

Fitur system

Komponen ini memiliki dua poin; Linguistik dan Software.

Linguistik:Memiliki dua fungsi yaitu derifasi, yang berguna untuk mengindikasi bentuk transitif atau intransitive, derifasi kata, vocal infinitive dan standard infinitif. Kedua, Konjugasi, yang berguna untuk mengindikasi bentuk tsulatsi atau ruba’I, derifasi kata dlam bentuk mufrad (singular), mutsanna (dual) dan jama’ (plural) dan bentuk mudzakkar(masculine) atau muannats (feminine).

Software:Memiliki dua fungsi yaitu Database, berisi data-data yang dibutuhkan system yang tersimpan dalam format XML. Format XML bisa diedit dan dimodifikasi dengan text editor apa saja tanpa perlu menggunakan Database Management System (DBMS). Yang tentunya harus disesuaikan dengan prinsip Open Source yang telah disepakati.

Aplikasi ini juga memilki fitur dan kemampuan yang canggih lainnya, berikut ini kehebatannya;
  • Mencakup semua akar kata Bahasa Arab, lebih dari 7000 kata yang berawal tiga dan empat huruf.
  • Meliputi semua kata kerja Bahas Arab, lebih dari 24.000 kata kerja yang berawal tiga dan empat huruf.
  • Mampu menjeneralisir semua kata benda lebih dari 100. 000.
  • Meliputi semua bentuk kata kerja infinitive lebih dari 14. 000.
  • Bisa meninjau aturan karakter hamzah dalam kata benda atau kata kerja.
  • Data base-nya bisa dimodifikasi seperti ditambah, di-update atau di delete.
  • Menu dan pilihan yang user friendly
  • System bisa dijalankan pada platform Windows, Linux, Solarix, atau Mac OS.
Untuk menggunakannya sangat mudah anda hanya perlu mendownload file-nya dibawah ini, karena program ini di java maka anda perlu mendowloadnya juga dibawah ini.




Anda akan diarahkan ke halaman download, tunggu 5 detik hingga muncul kata  Skip This Ad  di sisi kanan atas lalu klik. Dapatkan puluhan software secara offline dan murah dengan memesan kepada kami.klik "Pesan DVD-nya" [recomended]. Atau anda juga bisa mendapatkan software ini dengan mendownloadnya. Dan juga dapatkan berbagai bonus dan kelebihannya.
Apabila link-nya rusak, hilang atau sudah dihapus oleh pengupload harap segera hubungi admin atau apabila file software terlalu besar ataupun susah untuk didownload anda dapat memesan DVD puluhan software dari web ini dan selamatkan kuota anda. Kami siap mengirim ke tempat anda.

Setelah itu install lalu anda tulis pada kolom di sebelah kanan atas kata kerja atau kata benda, misalnya anda tulis kata kerja tsulatsi كتب


Atau kata kerja ruba’i زمجر


Lalu akan muncul table seperti di bawah ini




Aplikasi ini telah terdaftar di Sourceforge.net pada tanggal 9 agusrus 2007 dan kabarnya aplikasi ini akan dimasukkan ke sabily, aminn kita tunggu aja.

Thanks to: Jumal Ahmad

Sumber http://www.zulfanafdhilla.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment