Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.
Tadi saya secara tidak sengaja mendengar diskusi anak-anak SMP yang sedang ngumpul di rumah tetangga sebelah, ungkap Ema membuka diskusi mereka di sore hari ini.
Apa yang mereka diskusikan Ema?, tanya Mat sambil makan gorengan dengan lahap... Kamu makannya lahap bangat, lapar iya.. balas Ema sambil tertawa 😂😂, mereka diskusi tentang materi-materi pokok matematika kurikulum 2013 yang akan dipelajari selama duduk di SMP.
Lach..., itukan hampir sama dengan diskusi kita tadi siang potong Tika semangat, materi-materi pokok matematika kurikulum 2013 di SMA, seperti kata guru matematika saya tadi pagi bahwa semua materi pokok pembelajaran kurikulum 2013 bersumber dari permendikbud yang sama yaitu permendikbud no.24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
Sekarang kita coba buka permendikbud no.24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013, dan kita coba lihat untuk matematika SMP.
Ini dia ternyata ada pada Permendikbud Tahun 2016 Nomor 024 Lampiran 15, coba kita rangkum apa-apa saja materi pokoknya.., tunggu aku ambil pulpen dan kertas, biar Tika yang bacakan dan aku yang catat, sahut Ema.
Ok,. sambil aku ambil kertas dan pulpennya kalian bisa menikmati teh hangat dan goreng pisangnya, ayo Tika dimakan!, ntar.. hanya Mat yang habisin goreng pisangnya 😂😂... iya iya aku makan, balas Tika.
Ema datang bawa kertas dan pulpen dan siap untuk menulis, sekarang kita mulai baca permendikbud nya,...
Disini disampaikan bahwa Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu [1] kompetensi sikap spiritual, [2] sikap sosial, [3] pengetahuan, dan [4] keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli [toleran, gotong royong], santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung [indirect teaching], yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
- 3. Memahami pengetahuan [faktual, konseptual, dan prosedural] berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret [menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat] dan ranah abstrak [menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang] sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Materi pokok pembelajaran yang kita ambil dari penjabaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan.
Matematika SMP Kelas VII
- Urutan pada bilangan bulat [positif dan negatif] dan pecahan [biasa, campuran, desimal, persen].
- Operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
- Bilangan berpangkat bulat positif dan negatif.
- Himpunan: Himpunan bagian, Himpunan semesta, Himpunan kosong, Komplemen himpunan dan Operasi biner pada himpunan.
- Bentuk aljabar dan Operasi pada bentuk aljabar [penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian].
- Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
- Rasio dua besaran [satuannya sama dan berbeda].
- Perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan.
- Aritmetika sosial [penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara].
- Hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal.
- Keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat [persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang] dan segitiga.
- Data dengan cara penyajiannya [tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran].
Matematika SMP Kelas VIII
- Pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek.
- Kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius.
- Relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi [kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan].
- Fungsi linear [sebagai persamaan garis lurus] dan grafiknya.
- Sistem Persamaan Linear Dua Variabel [SPLDV].
- Teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras.
- Sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran.
- Garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya.
- Luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar [kubus, balok, prisma, dan limas].
- Data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
- Peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
Matematika SMP Kelas IX
- Operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
- Persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.
- Fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.
- Hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.
- Transformasi geometri [refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi].
- Kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.
- Luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung [tabung, kerucut, dan bola]
Sudah, itu materi pokok pembelajaran matematika untuk kelas VII sampai kelas IX. Seperti yang disampaiakan oleh guru matematika saya kemarin bahwa materi pokok pembelajaran ini boleh ditambah tapi dikurangi jangan. Karena harapan pemerintah, kompetensi dari permendikbud tahun 2016 no.24 adalah kompetensi minimal yang dicapai oleh peserta didik.
Sebagai tambahan, katanya dalam kurikulum 2013, buku paket hanya salah satu sumber informasi dalam belajar, banyak sumber informasi yang lain yang bisa digunakan, misalnya modul-modul matematika SMP kurikulum 2013 atau dari internet.
Diskusi kita hari ini, sudah lumayan panjang dan berhubung hari sudah mulai gelap, ada baiknya teh dan gorengan ini kita habiskan dan kita pulang iya... kata Mat sambil melahap gorengan dengan semangat dan menghabiskan teh manis yang tinggal setengah gelas, sedangkan Tika segera membantu Ema untuk membereskan meja. See You 😉.
Ada masukan yang sifatnya membangun terkait masalah Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013, silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊.
Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀
Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini;
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
0 comments:
Post a Comment