Monday 20 May 2024

Sejarah Kerajaan Majapahit

 


Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di Nusantara pada masa kejayaannya. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1527 Masehi. Majapahit dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada yang mampu memperluas wilayah kekuasaan hingga mencakup wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian Malaysia.


Berdirinya Majapahit dimulai dengan berkuasanya Kertanegara dari Singhasari. Setelah Kertanegara meninggal dunia tanpa penerus tahta, terjadi perang saudara antara cucu Kertanegara, Raden Wijaya dengan Jayakatwang yang akhirnya berhasil mengalahkan Jayakatwang dan mendirikan Kerajaan Majapahit. Raden Wijaya kemudian bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi dan menjadi raja pertama Majapahit.


Kerajaan Majapahit menonjolkan keberagaman budaya dan agama. Majapahit merupakan kerajaan yang toleran terhadap berbagai agama dan budaya yang berkembang. Hal ini terbukti dengan adanya peninggalan-peninggalan seperti candi-candi Hindu dan Buddha, serta naskah-naskah yang mencerminkan pluralitas budaya yang ada pada masa itu.


Salah satu keunggulan Majapahit adalah dalam bidang perdagangan. Majapahit terkenal sebagai kerajaan perdagangan yang makmur dan maju. Para pedagang dari Tiongkok, India, Arab, dan Eropa datang ke pelabuhan Majapahit untuk melakukan perdagangan. Majapahit menguasai jalur perdagangan rempah-rempah dan komoditas lainnya sehingga menjadi salah satu kerajaan terkaya di dunia pada masanya.


Namun, kejayaan Majapahit tidak bertahan lama. Setelah Raja Hayam Wuruk meninggal dunia, Majapahit mulai mengalami kemunduran. Krisis keuangan, peperangan internal, dan serangan dari luar membuat Majapahit terpecah-belah dan akhirnya runtuh pada tahun 1527 Masehi.


Meskipun Kerajaan Majapahit telah tiada, warisan budaya dan sejarahnya tetap hidup hingga saat ini. Para peneliti dan arkeolog masih terus menggali dan mempelajari peninggalan Majapahit untuk mengungkap kejayaan dan keagungan kerajaan tersebut. Sejarah Kerajaan Majapahit menjadi salah satu bagian yang penting dalam memahami perkembangan peradaban Nusantara dan menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment