Friday 28 November 2014

18 Cara Mendidik Anak Seputar Aqidah dan Ibadah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Mendidik anak merupakan kewajiban yang begitu mulia sekalis berat yang Alloh embankan kepada para orang tua. Alloh menganugrahkan kita anak dan mengamanahkan agar dapat mendidiknya menjadi anak yang baik akhlak dan agamanya.

merupakan kewajiban yang begitu mulia sekalis berat yang Alloh embankan kepada para orang  18 Cara Mendidik Anak  Seputar Aqidah dan IbadahOleh sebab itu Alloh Subhanahu wa Ta'ala selalu mengingatkan kepada setiap orang tua untuk senantiasa menjaga amanah itu dengan baik. Mengasuh dan membimbingnya pada kebaikan yang akan membawanya ke syurga dan menjauhkannya dari siksa api neraka.

Alloh berfirman yang artinya:
"Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri dan keluarga kalian dari api neraka" [ Qs. At Tahrim: 6 ]

 Rosululloh juga bersabda:
"Jika Anak Adam mati, terputusllah semua amalannya kecuali 3 hal; sedekah jariah, Ilmu yang bermanfaat dan do'a anak sholih yang mendo'akannya"


Berikut ini kami sajikan untuk anda 18 cara mendidik anak mengenai persoalan Aqidah dan Muamalah yang dapat anda terapkan di rumah maupun di sekolah tempat anada mengajar.

Persoalan Aqidah

  1. Ajari anak anda Kalimat Tauhid “ Laa Illaaha Illalloh “ beserta konsekwunsinya.
  2. Ajarkan padanya mengapa kita diciptakan [QS. Adz-Dzariyat: 58 ]
  3. Jangan terlalu banyak menakuti anak dengan neraka, siksa dan kemarahan Alloh, sehingga anak tidak membayangkan bahwa Alloh itu mengerikan.
  4. Buat anak anda lebih mencintai Alloh
  5. Ingatkan agar selalu menjauhi dosa sekalipun dalam keadaan sendiri, karena Alloh maha melihat.
  6. Perbanyak mendengarkan kalimat-kalimat yang mengandung dzikrulloh seperti; Bsmillah, Alhamdulillah, astaghfirulloh dan lain-lain.
  7. Ajari anak ia agar mencintai Rosululloh. Hal ini bisa di tempuh dengan menyebutkan keagungan sifat Rosul atau membacakan sirohnya.
  8. Tanamkan pada dirinya mengenai iman terhadap qodo’ wal Qodar. Ajarkan bahwa aa yang Alloh akan terjadi dan apa yang Alloh tidak kehendaki maka tidak akan pernah terjadi.
  9. Ajukan kepadanya beberapa pertanyaan seputar aqidah. Seperti; 
  • “siapa tuhanmu?”
  • ... Siapa nabimu ?”
  • ...” Apa agamamu ?” “
  • ...Kenapa kita diciptakan ?
  • .... Siapa yang memberi kita rizki dan makan ?” dll.

Persoalan Ibadah

  1. Ajari anak anda Rukun Islam!
  2. Latih dia untuk menjaga sholatnya. Jika sudah berumur 7 tahun keatas anda dapat menderanya dengan deraan yang ringan dan tidak mencederai. !
  3. Bawa dia ke masjid dan contohkan juga bagaimana berwudzu yang baik !
  4. Latih dia berpuasa sejak dini agar kebiasaan ini melekat hingga dewasa !
  5. Motifasi dia untuk menghafal ayat-ayat al quran yang dianggap mudah seperti Juz Amma.!
  6. Berikan dia hadiah saat hafalannya bertambah !
  7. Jangan memberikan tekanan dengan terlalu banyak hafalan dan pelajaran. Berikan sewajarnya agar ia tidak menganggap belajar adalah sebuah hukuman yang mengerikan !
  8. Sadarilah bahwa anda adalah qudwah atau contoh untuk anak. Jika engkau bermalas-malas atau enggan beribadah maka anak anda juga akan terpengaruh oleh sikap anda sebagai  sang ayah. !
  9. Ajarkan anak anda untuk sedekah. Anda bisa mencontohkan dengan bersedekah di depan matanya. Atau anda juga dapat memberikan uang kepadanya dan menyuruhnya untuk mensedekahkan !

Baca Juga:
Demikian 18 Cara Mendidik Anak  Seputar Aqidah dan Ibadah . Semoga dapat menginspirasi untuk menjadikan buah hati atau murid-murid anda anak-anak sholih dan sholihah.

Sumber https://www.abimuda.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment