Monday 12 January 2015

CARA INSTALL DAPODIKDAS TERBARU 3.02

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Install Dapodik Terbaru 3.02 - Pastikan anda sudah mendownload aplikasi terbarunya di sini. Kemudian anda sudah memiliki aplikasi dapodikdas 3.02, perhatikan cara di bawah ini sebelum anda melakukan instalasi :

Cara-caranya mohon diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan.

UNINSTALL APLIKASI LAMA
Sebelum melakukan instalasi versi 302, lakukan uninstall/ deinstalasi versi lama terlebih dahulu. Jika tidak maka aplikasi akan mengalami crash/ bentrok dengan aplikasi sebelumnya.

Mohon Perhatikan : Proses deinstalasi/ uninstall akan menghapus program pendataan dan databasenya. Pastikan Anda sudah melakukan sinkronisasi data. Sebelum melakukan deinstalasi pastikan aplikasi pendataan sudah dihentikan atau ditutup. Dan profil-profil dalam bentuk excel di export semua. untuk memastikan memiliki salinan data.

Untuk melakukan deinstalasi aplikasi dapodikdas, klik Start -> Control Panel maka akan tampil seperti ini :
 Pastikan anda sudah mendownload aplikasi terbarunya  CARA INSTALL DAPODIKDAS TERBARU 3.02
ATAU
  Pastikan anda sudah mendownload aplikasi terbarunya  CARA INSTALL DAPODIKDAS TERBARU 3.02


lalu pilih Dapodikdas, dan pilih [Uninstall]

INSTALLASI VERSI 3.0.2
Untuk melakukan instalasi, sebelumnya unduh dahulu installer aplikasi dapodikdas versi 3.02. dan jika anda akan mengunduh prefill, klik berikut ini, kemudian masukkan kode registrasi sekolah yang dimaksud.

Peringatan kode reg tidak di temukan, apa yang harus dilakukan?

Kasus 1:
Silahkan cek kembali KODEREGISTRASI yang dientrykan lalu Cek pada folder prefill yang ada di C:/prefill_dapodik apakah prefill nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut/belum. Kalau belum maka segera unduh prefill nya pada alamat 
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php , atau
http://118.98.166.70/alternatif_prefill/generate_prefill.php 

Kemudian Prefill baru pada bagian unduh Download Data Prefill, kemudian masukan kode registrasi setelah itu klik unduh ditulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/prefill_dapodik.
 Pastikan anda sudah mendownload aplikasi terbarunya  CARA INSTALL DAPODIKDAS TERBARU 3.02

Kasus 2 :
Biasa terjadi penamaan dalam prefill mengandung angka (angka) akibat unduhan yang berulang kali, Solusi : Mengedit penamaan file prefill dan hilangkan tanda (angka) peringatan sebagian data tidak masuk, apa yg harus dilakukan? Silahkan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang bila belum berhasil silahkan hubungi dinas kab/kota setempat.

REGISTRASI
Pada saat pertama kali instalasi belum ada data sekolah yang tersimpan pada database lokal. Untuk itu perlu dilakukan proses registrasi sekolah dengan cara menekan tombol [Registrasi]Jika data sekolah sudah ada, bisa masuk ke dalam aplikasi dengan mengisi email dan password setelah itu menekan tombol [Login].

Untuk proses registasi akan dimunculkan formulir dengan isian sebagai berikut:
  • Nama Lengkap
  • User name/email (pastikan email tersebut aktif dan tidak fiktif karena akan ada
  • konfirmasi)
  • Password
  • Konfirmasi Password
  • Nomor Handphone
  • Nomor Telepon (tidak wajib)
  • Yahoo Messenger (tidak wajib)
  • Skype (tidak wajib)
  • Kode registrasi

PENTING: Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi dapat diperoleh dengan menghubungi KK-DATADIK (kab/kota) di tiap-tiap daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.

Catatan: File prefill yang sudah diregistrasikan otomatis akan hilang, hal ini dibuat agar prefill yang lama tidak dipakai kembali setelah proses input data oleh sekolah. Jika ingin
memulai kembali, harus diawali dengan proses generate prefill.

Sumber : qizz234

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment