Tuesday 20 January 2015

9 Cara Memelihara Kesehatan Mata

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Mata adalah jendela tubuh kita. Dengan mata kita dapat melihat, mengenali, dan merasakan obyek yang ada di sekitar kita. Untuk itu kita harus merawatnya, agar mata kita senantiasa sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Gangguan-gangguan pada mata yang mungkin sudah banyak kita mendengarnya seperti mata minus, mata tidak bisa mengenali warna atau buta warna, sakit mata merah adalah gangguan pada organ mata yang menyebabkan seseorang tidak dapat melihat dengan sempurna. Berbagai penyebab penyakit tersebut dapat menimpa mata siapa saja. Seperti miopi atau rabun jauh yang banyak menimpa kalangan pelajar dan mereka yang sangat hobi dalam membaca buku. 

Berikut ini 9 tips mudah menjaga kesehatan mata anda :

1.       Jangan membaca buku terlalu dekat . Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal  membaca buku yaitu 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
2.       Jangan membaca buku sambil Tiduran. Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.
3.       Jangan membaca buku dengan pencahayaan yang kurang. Karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.
4.       Istirahatkan Mata. Jika pekerjaan anda adalah di depan computer atau laptop, Ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop, mata anda akan mengalami kecapekan. Maka istirahatkan mata anda. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.
5.       Jangan  mengucek mata, Mengucek mata dapat menyebabkan iritasi pada mata, apalagi ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata kita.
6.       Kedipkan Mata. Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop. Umumnya mata seseorang berkedip sebanyak 10-12 kali dalam satu menit. Mata berkedip bertujuan untuk member oksigen pada mata. Mata yang jarang berkedip akan merasa kecapekan karena kekurangan oksigen.
7.       Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah yang banyak mengandung vitamin A misalnya wortel atau papaya.
8.       Tidurlah yang cukup untuk mengistirahatkan mata, dengan tidur yang cukup antara 7 sampai dengan 8 jam akan mampu mengurangi timbulnya peradangan di mata. Kuranya tidur akan menimbulkan kantung mata yang sangat menyebalkan. Selain itu peradangan di mata ini juga bisa menimbulkan area hitam disekitar mata. Khusus bagi yang kerja malam atau sering lembur ada baiknya untuk menyeimbangkan jam tidurnya.
9.       Jangan banyak-banyak makan-makanan yang terlalu asin. Alasannya adalah karena makanan yang sarat akan kandungan garam ini bisa menyokong timbulnya bengkak di mata.  Kenapa demikian ? secara teoritis dikatakan bahwa garam ini bersifat menahan air. Untuk mengimbanginya dan membuang pemicu timbulnya kantung mata dan juga peradangan ini disarankan untuk banyak-banyak minum air putih (8 gelas perhari).


Memelihara kesehatan mata termasuk tindakan preventif atau pencegahan agar tidak terkena penyakit mata, atau gangguan pada mata. Tindakan pemeliharaan ini sangat penting, karena jika seseorang sudah mengalami gangguan pada mata misalnya tidak bisa melihat dalam jarak dekat atau tidak bisa melihat dalam jarak jauh, maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama. Untuk itu sebelum terjadi gangguan pada mata anda, lebih baik lakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memelihara kesehatan mata anda agar selalu sehat dan normal selamanya.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment