Wednesday 3 October 2018

Cara agar Bisnis Tidak Bangkrut, Gunakan Teknis Analisa SWOT Ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Dalam sebuah bisnis akan terjadi pasang surut penjualan yang sering sekali tidak terduga. Kamu perlu melakukan marketing secara optimal untuk bisa membuat bisnis tetap bisa memiliki konsumen dan penjualan dapat tetap stabil. Selain marketing, kamu dapat menemukan cara agar bisnis tidak bangkrut dengan menggunakan teknis analisa SWOT. 

Manfaat dari teknis analisa SWOT untuk dapat mengoptimalkan kekuatan dari bisnis yang kamu jalankan dan mencari jalan keluar dari kelemahan yang dimiliki. Analisa SWOT akan menghindari kamu dari risiko kebangkrutan yang bisa terjadi kapan saja, tanpa bisa diduga. Hasil analisa nantinya akan mendapatkan jalan keluar untuk tetap membuat bisnis berjalan lancar. 
 Dalam sebuah bisnis akan terjadi pasang surut penjualan yang sering sekali tidak terduga Cara agar Bisnis Tidak Bangkrut, Gunakan Teknis Analisa SWOT Ini
Perlu diketahui bahwa, SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. keempat poin inilah yang akan dijadikan dasar analisa agar bisnis tetap stabil. berikut penjelasan detailnya:

1. Strength 


Bagian pertama dari SWOT adalah strength atau kelebihan yang perlu kamu analisa dari bisnis yang dijalankan. Bagian pertama ini merupakan sebuah langkah untuk mencari tahu kekuatan yang dimiliki oleh bisnis. Lakukan pendataan secara detail terkait kelebihan bisnis kamu untuk bisa memberikan dampak positif terhadap penjualan yang dijalankan. 

Langkah ini merupakan cara agar bisnis tidak bangkrut. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu buat ke dalam daftar dan mengisinya dengan jelas. Cari tahu apa kelebihan bisnis kamu dibandingkan bisnis orang lain dengan produk yang sama. 

Bandingkan dari segi harga yang kamu tawarkan, keunggulan dari produk yang ditawarkan, dan keuntungan yang akan didapatkan konsumen saat berbelanja. Misalnya jika kamu membuka bisnis coffeeshop. Harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dengan kualitas produk kopi yang terjamin rasa dan tampilannya. 

Konsumen akan mendapatkan keuntungan dengan free Wi-Fi dan juga berbagai diskon menarik untuk setiap pembelian. Tersedianya kupon belanja dan juga kartu member sebagai potongan harga dari setiap produk yang dibeli menjadi kelebihan yang dimiliki. Daya tarik bisnis kamu akan terletak dari kelebihan yang ada. 

2. Weakness 


Cara agar bisnis tidak bangkrut dengan melakukan tahap ke dua dari teknis analisa SWOT yaitu weakness (kelemahan). Penting buat kamu mencari tahu kelemahan dari bisnis yang dijalankan untuk bisa membuatnya tetap stabil dan terhindar dari kebangkrutan. Kelemahan ini merupakan bagian yang membuat konsumen lama menjadi berkurang ke coffee shop kamu. 

Misalnya setelah dianalisa, bisnis coffee shop kamu memiliki kelemahan yaitu konsumen memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan pesanan. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan melakukan evaluasi terhadap karyawan yang dimiliki. Mencari tahu kendala lain yang menyebabkan pesanan terlambat diantarkan. 

Jika masalahnya di karyawan barangkali kamu bisa mencari karyawan baru atau memberikan peringatan kepada karyawan yang ada. Pastikan di setiap meja terdapat menu makanan untuk bisa melakukan pemesanan lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu lama. 

Jika keterbatasan kamu dalam menyediakan tenaga pelayan maka bisa mengatasinya secara praktis dengan menyediakan bel di setiap meja. Konsumen akan memencet bel sehingga bisa melakukan pemesanan. Hal ini merupakan langkah yang lebih praktis untuk membuat kuangan tetap stabil tanpa menambah karyawan. 

3. Opportunities 


Setelah melakukan analisa pada dua tahap teknis SWOT di atas, selanjutnya yang menjadi cara agar bisnis tidak bangkrut dengan menganalisa peluang. Tahap ini akan membantu kamu untuk mengetahui peluang perkembangan bisnis kamu di kemudian hari. 

Kamu harus melihat kesempatan yang bisa digunakan untuk membuat kamu memiliki konsumen. Ketahui kebutuhan yang paling pesat di pasaran untuk menstabilkan bisnis. Misalnya jika kamu memiliki bisnis coffee shop maka kamu bisa melihat peluang dengan menjalin kerja sama bersama beberapa perusahaan. 

Kamu bisa menjadi sebuah jasa penyedia coffee shop di acara meeting perusahaan tersebut atau di berbagai event. Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan berbagai media untuk melakukan promosi lebih gencar lagi agar bisa mendapatkan konsumen. 

Peluang juga bisa kamu analisa dari kebisaan muda-mudi hari ini dengan gaya kekinian dari foto-foto yang instagramable. Lakukan renovasi tempat bisnis menjadi semakin kekinian yang unik sesuai selera anak muda. Hal ini akan menjadi daya tarik untuk para konsumen datang ke tempat kamu. 

Peluang lainnya dari perkembangan teknologi yang bisa kamu manfaatkan yaitu penjualan coffee shop secara online atau delivery. Kamu bisa menjadikan peluang ini untuk meningkatkan penjualan dan tentunya dengan harga yang sama atau tidak jauh berbeda. 

Langkah ini bisa diterapkan oleh semua jenis bisnis makanan. Jika bisnis berupa barang seperti baju atau barang-barang sejenisnya bisa menjalin kerja sama dengan marketplace yang ada. Peluang adalah jalan untuk bisa meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan dalam jangka panjang. 

4. Threats 


Cara agar bisnis tidak bangkrut terakhir yang bisa kamu terapkan dari teknis SWOT adalah menganalisa ancaman yang bisa terjadi. Kamu harus menganalisanya dengan sebaik-baik mungkin, jangan sampai terjadi kesalahan. Langkah ini hampir sama dengan analisa kekurangan yang dapat dilakukan. 

Misalnya ancaman dari coffee shop kamu karena kurang populer atau tidak booming sehingga kalah dari bisnis pesaing yang ada. Kamu bisa membuat akun Instagram sebagai media sosial yang sangat hits untuk menarik konsumen lebih banyak. 

Lagi-lagi di bagian ini kamu harus meningkatkan marketing agar bisa terhindar dari ancaman kebangkrutan. Sediakan fasilitas di mana para pembeli akan mendapatkan satu tempat fotonya untuk di posting di akun Instagram coffee shop. 

Buatlah akun menjadi akun bisnis untuk bisa membuat informasi coffee shop menjadi lebih luas jangkauannya. Tidak hanya di coffee shop, langkah ini juga berlaku untuk bisnis jenis lainnya. Analisa anacaman yang akan didapatkan dengan detail dan pastikan kamu melakukan solusi untuk mengatasinya secara cepat. 
Itulah ulasan tentang Cara agar Bisnis Tidak Bangkrut, mengguunakan teknis analisa SWOT. Segera terapkan pada bisnis Anda.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment