Sunday, 13 January 2019

BELAJAR LEBIH CERDAS BUKAN BELAJAR LEBIH KERAS

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.




RPL BIMBINGAN DAN KONSELING

1.       Materi / Topik Bahasan                      :  “Belajar lebih cerdas bukan belajar lebih keras”
2.       Bidang Bimbingan                              :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                  :
4.       Sasaran Layanan / semester            : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan   : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan              :
8.       Metode                                                  : Diskusi kelompok
9.       Tujuan Layanan                                  : Peserta didik  mampu membedakan antara belajar lebih
keras   dengan belajar lebih cerdas
10.    Uraian kegiatan / Skenario                :
a.       Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran peserta didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan belajar yang akan disampaikan yaitu agar peserta didik dapat membedakan antara belajar yang lebih cerdas dengan belajar lebih keras
·         Konselor  menjelaskan tentang tugas yang  akan dilakukan oleh peserta didik
·         Konselor membentuk kelompok  dan meminta peserta didik untuk berada dalam kelompok
b.       Kegiatan inti
1)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon peserta didik terhadap layanan tersebut, yaitu :
“apa yang kalian pikirkan tentang belajar?
“ menurut kalian apakah ada perbedaan antara belajar lebih cerdas dengan belajar lebih keras?”

2)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan peserta didik tentang belajar, yaitu :
“Kapan saat yang menyenangkan, dan kapan saat yang paling tidak menyenangkan dalam belajar?”
“Kesulitan apa yang dialami saat belajar?”

3)       Bersikap :  Konselor meminta peserta didik mengungkapkan bagaimana sikap belajar yang baik dan benar.
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam belajar?”
“Bagaimana sikap belajar yang baik menurutmu?”

4)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan peserta didik agar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang  dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang  akan dilakukan untuk belajar yang lebih cerdas?”

5)       Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan komitmen peserta didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan langkah-langkah tersebut akan dilakukan?”

C. Kegiatan penutup :
- Konselor  mengingatkan  dan memberikan penguatan pada peserta didik bahwa mereka dapat melakukan belajar yang lebih cerdas.
- Konselor mengakhiri kegiatan dengan doa kemudian mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  kertas dan alat tulis
12.    Rencana Penilaian             :
Laiseg  :  penilaian segera bagi peserta didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi sejauh mana peserta didik telah melaksanakan komitmen yang telah dibuat



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2015
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



.................................                                                                                               ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        








































                                                           RPL BIMBINGAN DAN KONSELING
1.       Materi / Topik Bahasan                              :  “MENGHAFAL CEPAT”
2.       Bidang Bimbingan                                      :  Belajar
3.       Fungsi Layanan                                          : Pengembangan
4.       Sasaran Layanan / semester                    : Kelas VIII / I
5.       Tempat penyelenggaraan                         : Kelas
6.       Waktu Penyelenggaraan                           : 40’
7.       Pihak-pihak yang dilibatkan      :
8.       Metode                                                          : Dinamika kelompok
9.       Tujuan Layanan                                          : Peserta didik dapat  menerapkan metode
 menghafal  cepat

10.    Uraian kegiatan / Skenario        :
c.        Kegiatan pendahuluan              :
·         Konselor mengucapkan salam dan  menanyakan kabar
·         Konselor  mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan
·         Konselor  mengecek kehadiran peserta didik
·         Konselor  menjelaskan tujuan layanan belajar yang akan disampaikan yaitu agar peserta didik dapat menerapkan metode menghafal cepat
·         Konselor  menjelaskan tentang tugas yang  akan dilakukan oleh peserta didik
d.       Kegiatan inti
6)       Berfikir   : Konselor  memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui  respon-respon peserta didik terhadap layanan tersebut, yaitu :
“apa yang kalian ketahui tentang metode menghafal cepat?

7)       Merasa : Konselor  mengungkap perasaan peserta didik tentang  menghafal, yaitu :
“Apa yang dirasakan saat menghafal?”

8)       Bersikap :  Konselor meminta peserta didik mengungkapkan bagaimana cara mereka menghafal
“ Mengapa kalian mengalami kesulitan dalam menghafal?”
“Metoda apa/ bagaimana yang dilakukan saat menghafal ?”

9)       Berbuat : Konselor menanyakan apa yang akan dilakukan peserta didik agar dapat  belajar lebih cerdas
“apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?”
“Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk dapat menghafal  dengan cepat?”

10)   Bertanggungjawab :  konselor  menanyakan komitmen peserta didik terhadap apa yang akan dilakukannya
“ Kapan metoda tersebut akan diterapkan ?”



C. Kegiatan penutup :
- Konselor  mengingatkan  dan memberikan penguatan pada peserta didik bahwa mereka dapat melakukan metode yang lebih cepat.
- Konselor mengakhiri kegiatan dengan doa kemudian mengingatkan pertemuan berikutnya dengan pembahasan materi lain yang lebih menyenangkan.

11.    Sumber/bahan dan alat :  peralatan yang ada di ruangan
12.    Rencana Penilaian     :
Laiseg  :  penilaian segera bagi peserta didik yang terlihat belum memahami
Laipen : mengevaluasi hasil dari metoda yang telah diterapkan



Mengetahui,                                                                                                         Kasembon,      Juli  2015
Kepala ....................                                                                                              Konselor,



........................................                                                                                        ___________________
NIP. -                                                                                                                      NIP        


Sumber https://pendidikanalmun.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment