Tuesday 22 September 2015

Latihan Peregangan Dinamis (Dynamic Stretching)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Peregangan dinamis disebut juga dengan peregangan ritmis, Dynamic stretching, dan ballistic stretching adalah gerakan peregangan dengan cara memantul-mantulkan anggota tubuh secara berulang-ulang. Gerakan pada latihan peregangan dinamic juga dapat dipakai untuk latihan fleksibilitas atau kelentukan tubuh. Peregangan dinamis biasanya dilakukan dengan menggerak-gerakkan tubuh secara ritmis. Latihan peregangan dinamis dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan berirama misalnya memutar atau memantul-mantulkan anggota tubuh sehingga badan terasa teregangkan. Gerakan peregangan bertujuan untuk meningkatkan ruang gerak otot-otot dan sendi-sendi tubuh secara bertahap.

Beberapa contoh latihan peregangan dinamis adalah sebagai berikut:

  1. Berdiri tegak dan kedua lengan diluruskan ke depan kemudian remas-remaskan jari-jemari secara berulang-ulang.
  2. Menyepakkan kaki kanan dan kiri ke atas secara bergantian setinggi mungkin
  3. Berdiri tegak kemudian kaki kanan atau kiri diletakkan di depan sambil berjinjit, kemudian putar pergelangan kaki ke kanan 4 kali kemudian bailik ke kiri 4 kali.
  4. Berdiri tegak, kaki di buka lebar 45 derajat, kedua tangan di pinggang dan putar pinggul ke kanan dua kali, kemudian balik ke kiri dua kali. Ulangi sampai hitungan ke delapan.
  5. Tidur telungkup, sikap back up, kemudian angkat kepala dan dada setinggi-tingginya. Ulangi gerakan sampai delapan kali.
  6. Berdiri tegak, kaki dibuka 45 derajat, badan dibungkukkan, kemudian berdiri tegak lagi. ulangi gerakan sampai delapan kali.
  7. Duduk dengan tungkai diluruskan ke depan. Julurkan kedua tangan ke depan sampai menyentuh jari-jari kaki. Ulangi gerakan ini berkali-kali sampai hitungan ke delapan.
  8. Dan masih banyak lagi gerakan peregangan dinamis yang lainnya.
Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dari aktivitas latihan peregangan dinamis. Peregangan dinamis berguna untuk pemanasan sebelum berolahraga. Jika dilakukan dipagi hari dapat meregangkan otot-otot tubuh setelah lama terlelap tidur. Peregangan ritmis juga bermanfaat untuk pencegahan terhadap timbulnya penyakit, Karena peregangan dinamis yang dilakukan dengan benar dan teratur dapat memperlancar peredaran darah, memelihara pembuluh darah dan menguatkan otot jantung. 



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 comments:

Post a Comment